7 Cara Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Vipro-G untuk daya tahan tubuh.

Halo apa kabar pembaca ismyama.com? Masih bertahan di rumah saja? Atau sudah mulai bosan dan ingin bepergian? Tahan dulu ya. Kalau enggak penting-penting amat, atau karena pekerjaan, lebih baik di rumah saja. 

Saya sendiri akhir-akhir ini agak sedih, karena lingkaran orang yang positif corona semakin dekat. Awal-awal pandemi, ada tetangga perumahan yang positif. Tapi rumahnya beda blok. Sedangkan sekarang, satu blok bahkan hanya selisih dua rumah.

Siapa yang tidak cemas ketika pasien positif semakin banyak? Meskipun saya dan keluarga berusaha semaksimal mungkin tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Tapi kami masih berpotensi terkena virus corona, karena tetap berinteraksi dengan dunia luar. Seperti membeli sayur dan kebutuhan rumah tangga di tukang sayur atau ke toko kelontong. Aktivitas tersebut tetap kami lakukan, karena menjadi kebutuhan pokok yaitu memenuhi pangan sekeluarga. 

Total 8 bulan sudah pandemi ini melanda Indonesia. Bukan waktu yang sebentar. Sejak anak ketiga saya, Bintang berusia 3 bulan, hingga kini ia hampir berusia 1 tahun. Selama 8 bulan itu pula, suami saya wfh (work from home), dan dua anak saya lainnya juga sfh (school from home). 

Bukan hal mudah beradaptasi dengan semuanya. Jadwal harian yang berubah. Bahkan tugas sebagai ibu juga bertambah. Tadinya saya hanya menyiapkan anak-anak untuk berangkat sekolah. Sedangkan 8 bulan ini, saya harus turut mengajar mereka. 

Yang lebih mengenaskan, tepat sebelum corona, pengasuh Bintang berhenti. Lalu saya juga memberhentikan ART saya. Drama ART membuat saya trauma sehingga selama 7 bulan berikutnya, saya sama sekali tidak memakai jasa ART. 

Jangan ditanya bagaimana lelahnya. Malam hari masih begadang menyusui bayi. Kemudian pagi menyiapkan sarapan dan mendampingi anak belajar. Lalu siang menyuapi dan bermain bersama bayi. 

Kadang siang hari saya bisa istirahat sejenak kalau anak-anak juga istirahat. Lalu sore hari menyuapi dan memandikan bayi. Begitu seterusnya sampai malam tiba lagi. Terbayang ya, betapa banyak tugas seorang ibu. 

Dengan demikian, pepatah bahwa ibu tidak boleh sakit benar adanya. Bukan benar-benar tidak boleh, tapi sebaiknya jangan sakit. Kalau ibu sakit, bisa kacau dunia perdapuran dan sekolah anak. 

Oleh karena itu, saya harus menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Termasuk terserang virus corona. Daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh yang kuat seperti benteng pertahankan yang menjaga dari masuknya zat asing baik virus, bakteri, maupun parasit. 

Selama 8 bulan ini, alhamdulillah saya sehat. Pernah sih sakit gigi satu kali, karena gigi berlubang sehingga harus ditambal. Selebihnya, kondisi tubuh saya baik-baik saja. 

7 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Nah, pada tulisan ini, saya ingin berbagi tujuh cara untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi. Semoga saja pembaca ismyama.com bisa mempraktikkannya. 

1. Berolahraga 

Terus terang, olahraga favorit saya adalah berenang. Sedangkan pandemi ini membuat kolam renang ditutup dan saya juga tidak berani berenang di kolam umum. Bisa dibilang, saya sudah tidak berenang selama 8 bulan. Tapi bukan berarti saya berhenti berolahraga. 

Olahraga di rumah

Badminton bisa dilakukan di depan rumah atau di halaman

Masih banyak olahraga lain yang bisa dilakukan di dalam rumah atau di sekitar rumah. Misalnya saja aerobik, yoga, atau badminton. Pilih yang paling mudah dan paling memungkinkan untuk kamu lalukan secara rutin. 

2. Makan Rutin dan Bergizi

Jangan tunggu perut sakit karena lapar baru makan. Makanlah di jam-jam tertentu yang kurang lebih sama setiap harinya. Rutinitas adalah kunci. Makan tiga kali sehari, dengan camilan dua kali minimal. Persis kayak jadwal makannya anak-anak lah. Jangan lupa tambahkan menu sayur dan buah dalam menu makanan sehari-hari 

3. Minum Air Putih

Minum air putih itu wajib ya Moms. Apalagi masa pandemi gini virus bertebaran dimana-mana. Enggak hanya virus corona saja, tapi juga virus batuk dan pilek. Dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari, insyaallah tenggorokan kita senantiasa basah, tidak kering. 

Minum air putih baik untuk ginjal

Saat sedang menulis, saya memilih minum air putih

Air putih dalam jumlah yang cukup juga baik untuk ginjal. Moms enggak mau kan sampai kena sakit ginjal hanya karena kurang minum air putih? 

4. Rileksasi

Daya tahan tubuh dapat dijaga dengan cara tetap rileks. Bila terlalu banyak masalah dalam hidup, saya melakukan rileksasi. Bila dengan meditasi, atau mendengarkan musik sembari tiduran. Buat saya, maskeran termasuk cara untuk rileks. 

5. Melakukan Hobi

Siapa yang enggak meningkat hormon bahagianya bila melakukan aktivitas yang disukai? Saya melakukan hobi agar tetap semangat dan bahagia. Sebenarnya hobi saya adalah jalan-jalan. Tapi karena masih ada corona, untuk sementara ini saya tidak traveling dulu. 

Bagi saya, cukuplah saya melakukan hobi lainnya yaitu membaca buku dan menulis. Nonton film atau berkebun juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan lho. 

6. Istirahat Cukup

Istirahat amat penting untuk menjaga stamina kita. Orang dewasa membutuhkan tidur kurang lebih 8 jam sehari. Ditambah tidur siang setidaknya 15-30 menit. Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh beregenerasi. 

Tidur siang untuk ibu menyusui

Tidur malam dan tidur siang harus cukup

Saya akui sejak mempunyai bayi, tidur malam saya sangat kurang. Bayi saya masih bangun hampir tiap jam meskipun usianya sudah hampir 1 tahun. Oleh karena itu, saya berusaha mengganti waktu tidur di siang hari. Bila tidur saya kurang, daya tahan tubuh saya biasanya turun. Bahkan saya pernah pusing dikarenakan tekanan darah menurun akibat kurang tidur. 

7. Konsumsi Vitamin dan Suplemen 

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi, saya mengonsumsi vitamin dan suplemen. Saya sadar bahwa tidak setiap hari makanan saya bergizi. Saya juga sadar tidak setiap hari tidur saya cukup. Saya juga sadar bahwa banyak pekerjaan baik sebagai istri, ibu rumah tangga, dan pekerja lepas yang harus saya tunaikan.

Vitamin dan Suplemen Apa yang Cocok? 

Sebagai ibu dengan mobilitas tinggi, saya memilih Vipro-G sebagai vitamin dan suplemen. 

Bentuk Sediaan Vipro-G

Khasiat Vipro-G

Setelah dilarutkan air warna air menjadi merah muda

Vipro-G merupakan suplemen dalam bentuk tablet yang mudah larut yaitu effervescent. Tablet Vipro-G effervescent dikemas dalam bentuk strip berisi dua tablet. Satu kotaknya berisi 5 strip dan 10 strip.

Mengapa Vipro-G? 

Khasiat Vipro-G adalah untuk daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, meredakan radang tenggorokan, dan vitamin anti lelah dan capek. Cocok sekali dengan keseharian saya yang rentan capek. 

Khasiat Vipro-G tersebut dapat Moms rasakan bila mengonsumsi tabletnya sesuai dosis dan cara pakai. Tablet Vipro-G effervescent diminum dengan cara melarutkannya dalam segelas air. Setelah tablet larut, minumlah airnya hingga habis.

Kandungan Vipro-G 

Vipro-G

Vipro-G untuk menjaga daya tahan tubuh

Vipro-G merupakan suplemen yang mengandung 4 Formula zat aktif yaitu Epigallocatechin Gallate, Vitamin C 1000 mg, Zinc, dan Taurine. Apa saja mandat dari masing-masing kandungan ya?

1. Epigallocatechin Gallate

Sebagai informasi, Epigallocatechin Gallate (EGCG) merupakan antioksidan yang berasal dari teh hijau yang sudah diteliti dan dipercaya manfaatnya aebagai imunomodulator (zat yang dapat memodulasi mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal). 

Berdasarkan penelitian, Epigallocatechin Gallate memiliki efek antioksidan 100 kali lebih kuat dibanding vitamin C dan 25 kali lebih kuat dibanding vitamin E dalam melawan radikal bebas. Dengan jumlah antioksidan yang sebesar itu, Epigallocatechin Gallate mempunyai potensi untuk mencegah kanker. Wah, mantap sekali kegunaan dari zat aktif ini ya. 

2. Vitamin C 1000 mg

Vitamin C 1000 mg adalah antioksidan yamg dapat menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh (imuno stimulator) dan melindungi sel tubuh  dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, dan hipertensi. 

3. Zink Pikolinat

Zink adalah mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zink berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Bila tubuh kekurangan zink, sistem imun akan melemah.  

Zink drekomendasikan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah terjadinya infeksi dari virus serta bakteri. Beberapa penelitian menunjukan bahwa zink dapat menurunkan resiko penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, dan saluran pencernaan. 

4. Taurine 

Taurine adalah asam amino. Taurine sering diaebut sebagai “wonder molecule” atau molekul ajaib oleh beberapa pusat penelitian kesehatan, karena memiliki banyak manfaat tanpa memiliki efek samping. 

Berdasarkan penelitian, Taurine dapat menurunkan resiko terkena penyakit dan meningkatkan performa seseorang ketika berolahraga. Itulah sebabnya taurine sering juga ditambahkan ke dalam minuman berenergi. Secara singkat, Taurin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga meningkatkan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan. 

Dimana Bisa Mendapatkan Vipro-G? 

Tablet Vipro-G effervescent bisa didapatkan di Apotek, Toko Obat, Alfamart, Modern Pharmacy Chain, dan minimarket dengan harga terjangkau.

Kegunaan Vipro-G

Saya beli Vipro-G secara online di Official Store di marketplace

Saya membeli online seharga 13.000 rupiah per strip. Harga bisa sedikit berbeda tergantung kota Moms berada. 

Review Penggunaan Vipro-G 

Di era new normal ini, mengonsumsi suplemen merupakan tindakan preventif agar tidak mudah terkena virus. Apalagi untuk teman-teman yangasih harus keluar rumah baik untuk bekerja atau berbelanja memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti yang dilakukan sebagian besar ibu. 

Kegunaan Vipro-G adalah melindungi tubuh secara menyeluruh, menjaga sistem imunitas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Vipro-G aman dikonsumsi setiap hari sehingga tidak perlu khawatir terhadap efek samping Vipro-G. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa Vipro-G tidak untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Jadi hanya orang dewasa yang boleh meminumnya. 

Efek samping Vipro-G dapat dilihat di kemasan ya. Pastikan Moms tidak memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan dalam produk Vipro-G. 

Epigallocatechin Gallate

Minum Vipro-G satu kali sehari untuk menjaga daya tahan tubuh

Bagaimana dengan pengalaman saya mengonsumsi Vipro-G? Ternyata kegunaan Vipro-G benar adanya. Saya pribadi merasakan manfaatnya. Badan lebih bugar dan tidak mudah capek. Yang biasanya saya mudah pegal-pegal dan mengantuk, kini tidak lagi. 

Saya juga tidak mudah sakit. Kegunaan Vipro-G sebagai suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh benar-benar saya rasakan. Adaptasi jadwal harian semasa pandemi sungguh menguras energi dan seorang ibu butuh suplemen agar tetap sehat dan bisa beraktivitas.

Semoga tujuh cara menjaga daya tahan tubuh ini bermanfaat untuk Moms semua ya:)

(Visited 34 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

One Comments

  • Rudi G. Aswan October 19, 2020 Reply

    Kudu sering olahraga, tapi aku malas banget Mbak. Yang jelas jangan stres ya, relaksasi itu penting. Semoga tetap semangat dan optimis, wabahnya cepat pergi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!