Les Ngaji Online Bersama Alif Iqra

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Les ngaji online ke rumah. Assalamualaikum pembaca ismyama.com, gimana nih nemenin sekolah daring anak-anak? Masih sabar atau sudah mulai bertanduk? Terus terang, semenjak Maret 2020 anak-anak mulai belajar online, semakin kesini saya semakin santuy. Bukan berarti enggak ingin anak sekolah dengan disiplin. Tapi lebih ke menjaga kewarasan ibu dan anak. Daripada anak mogok sekolah, lebih baik Moms turunkan standar tugas-tugas sekolah.

Saya enggak mau anak terbebani dengan tugas sekolahnya. Dan yang lebih penting lagi, saya enggak mau anak dan ibu sama-sama stres karena target tugas sekolah. Tapi ada satu hal yang bikin saya sedih, anak pertama saya, Najla sudah jarang mengaji di rumah.

Dulu saya santai karena SD nya adalah sekolah islam. Jadi pasti diajarkan di sekolah. Sekarang masih sama, beberapa kali dalam seminggu ada pelajaran Al-Quran mulai pukul 10.00-11.00 siang. Tapi sayang, Najla kadang tidak mengikuti pembelajaran jarak jauh tersebut. Entah karena dalam zoom terlalu banyak anak (ada 28 anak bergantian membaca Iqra atau Al Quran) atau Najla tidak mau karena hal lain.

Saya sebenarnya ingin sekali memanggil guru ngaji ke rumah. Offline dengan protokol kesehatan. Privat mengaji online Jabodetabek juga boleh deh. Makanya, saya mencari informasi rekomendasi tempat ngaji.

Alhamdulillah saya diberi tahu oleh Mbak Kartika Nugmalia (teman di Jogja), ada les privat mengaji yaitu online learning Alif Iqra.

Nah, sebelum mendaftar, kita bisa ikutan trial -nya dulu lho. Hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020 kemarin, Najla ikutan trial -nya. Yuk, baca ceritanya seseru apa.

Keseruan Trial Alif Iqra Najla Bersama Misa Fitri

Guru Alif Iqra, Miss Fitri, memulai PJJ dengan mengucapkan salam dan menyapa Najla. Ia juga memperkenalkan diri sehingga lebih akrab dengan Najla. Miss Fitri sempat menanyakan Najla sudah makan belum? Dan dijawab sudah oleh Najla.

Karena Najla makan puding berwarna ungu, Miss Fitri berkata bahwa materi yang ia buat juga berwarna ungu seperti warna puding dan kerudung Najla. Perkataan tersebut membuat Najla tertarik.

Setelah Najla mulai nyaman, Miss Fitri menanyakan sebelum memulai aktivitas sebaiknya membaca apa? Najla malu-malu menjawab membaca basmalah. Mereka pun membaca basmalah bersama-sama.

Najla membaca basmalah dan doa belajar

Miss Fitri menjelaskan bahwa kita sebagai muslim harus mengucapkan Bismillah setiap kali akan memulai suatu kegiatan seperti makan, minum, tidur, dan belajar. Mengucap basmalah bertujuan agar selalu dijaga oleh Allah.

Setelah membaca basmalah, Miss Fitri mengajak Najla membaca istigfar, syahadat, shalawat Nabi, dan doa sebelum belajar.

Aktivitas selanjutnya adalah membaca tilawati. Najla sudah Iqra 3 sehingga dia bisa membaca satu kata berbahasa Arab. Meski begitu, Najla masih terlihat malu sehingga dibantu dan dipandu oleh Miss Fitri.

Privat mengaji online Jabodetabek

Najla memperhatikan penjelasan Miss Fitri

Selain membaca Iqra, Miss Fitri memberikan aktivitas Fun Learning yaitu Hijaiyah QUIZ. Miss Fitri akan menyebutkan sebuah kata dalam Bahasa Arab, lalu Najla menyebutkan huruf hijaiyah apa yang terdapat dalam kata tersebut.

Yang seru, jika Najla benar, ia akan mendapatkan es krim ungu. Yeay! Anak mana yang enggak senang dapat es krim? Meskipun hanya dalam bentuk virtual. Ini adalah apresiasi yang dibutuhkan oleh anak seperti Najla.

Kemudian ada juga TTS (Teka-Teki Silang) dalam Bahasa Inggris. Najla berhasil menyelesaikan dua TTS yaitu hewan besar apa yang terdapat dalam Al Quran? Miss Fitri menyebutkan hewan tersebut terdapat dalam Surat Al-Fiil. Jawabannya adalah gajah. Tapi karena TTS nya berbahasa Inggris maka jawaban yang benar tentu saja Elephant.

Les ngaji online ke rumah

TTS dari Miss Fitri Alif Iqra

TTS kedua adalah jumlah malaikat yang harus kita ketahui dan imani, jawabannya ada tiga huruf. Seingat saya, Najla belum pernah saya ceritakan tentang jumlah malaikat. Paling malaikat tertentu saja yang saya ceritakan seperti Malaikat Jibril yang menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah Miss Fitri juga mau menjelaskan ke Najla, dan menyampaikan berapa jumlah malaikat yang wajib kita imani. Yup, jawabannya sepuluh. Dalam Bahasa Inggris yaitu ten.

Miss Fitri terus memberikan semangat pada Najla agar ia mau menjawab dan berkomunikasi dengannya. Saya bahkan melihat Najla beberapa kali tersenyum dan tertawa.

Ketika mengetahui Najla memegang boneka kura-kura dan Barney, Miss Fitri tak segan ikut larut dan berkomunikasi seolah-olah menjadi kura-kura atau menjadi Barney agar Najla merasa lebih nyaman. Alhamdulillah cara tersebut berhasil.

Rekomendasi tempat ngaji

Kura-kura dan Barney ikut mengaji=)

Keahlian menyelami dunia anak tidak dimiliki oleh semua guru. Menurut saya, guru yang mengerti psikis anak dan sudah terlatih menghadapi berbagai karakter anaklah yang mampu mencairkan suasana sehingga anak senantiasa bersemangat belajar online. Dan Miss Fitri dari Alif Iqra berhasil melakukannya.

Setelah itu, Miss Fitri mengajak Najla untuk murojaah surat pendek yaitu An-Nas. Najla sebenarnya sudah hafal, tapi dia masih malu-malu.

Pembelajaran ditutup dengan hamdalah dan doa sesudah belajar. Miss Fitri juga menjelaskan bahwa setiap kali kita selesai melakukan kegiatan yang baik harus mengucapkan Alhamdulillah agar kegiatan yang sudah dilakukan menjadi berkah. Najla dan Miss Fitri juga membaca Al Fatihah bersama-sama.

Gimana, seru, kan? Pada penasaran tentang Alif Iqra enggak? Kita kenalan dengan Alif Iqra yuk.

Alif Iqra Itu Apa Sih?

“Alif Iqra hadir untuk memudahkan orang tua di kota-kota besar mencari guru mengaji yang sesuai dengan kebutuhan anak, dengan metode yang mudah dan menyenangkan. Dengan semangat untuk menjadi oase dan alternatif pendidikan Al-Quran di tengah pergerakan arus teknologi yang dekat sekali dengan anak-anak. Kami ingin membangun budaya bahwa Al-Quran juga bisa menjadi kawan dekat anak sejak usia dini.”Ibu Fenty Noverita,Direktur Utama Alif Iqra.

Alif Iqra merupakan Platform aplikasi yang dikelola oleh PT. Sahabat Alif Indonesia bertujuan untuk mempertemukan murid dan guru mengaji yang kompeten dan berpengalaman.

Berawal dari program home privat Alif School yang berjalan dengan sistem offline sejak 2016, permintaan privat di beberapa daerah semakin meningkat. Sehingga Alif Iqra mulai dirintis pada akhir tahun 2018 untuk memudahkan orang tua menemukan guru mengaji yang sesuai kebutuhannya dengan akses teknologi melalui sistem aplikasi.

Alif Iqra mengkombinasikan materi pembelajaran klasik dengan media kreatif yang akrab dengan anak-anak seperti tracing, colouring, painting, game-learning, video-learning, crafting, dan story telling. Materi tersebut kami sampaikan secara Bilingual (pembiasaan penggunaan bahasa inggris dan arab dasar).

Kesimpulannya, Alif Iqra hadir untuk memudahkan pencarian guru mengaji dari mana pun dan kapan pun.

Alif Iqra Bisa Ditemui Dimana Saja?

Hingga saat ini, Alif Iqra sudah hadir di kota-kota besar seluruh Indonesia antara lain Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Pekanbaru, Makassar, Medan, Denpasar, Palembang dan Balikpapan.

ALIF (Alquran Learning and Islamic Foundation) sendiri merupakan lembaga pembelajaran Al-Quran dan Pembelajaran Islam (Islamic Studies) bagi anak-anak (3-9), Remaja (10-17), dan Dewasa (18+) dengan strategi pembelajaran Fun learning, Bilingual, dan Intensive.

Mengaji Bersama Alif Iqra Untuk Anak Usia Berapa?

Belajar ngaji anak online

Program dan segmentasi Alif Iqra

Alif Iqra menerima murid usia toddler yaitu 3 – 5 tahun dengan materi pengenalan huruf hijaiyah, hafalan doa dan surat pilihan, pembentukan karakter (kisah islami dan moral), praktik ibadah (wudlu, dan sholat) dan kreasi hijaiyah (kaligrafi dan crafting).

Untuk anak diatas 5 tahun atau kids dengan materi baca tulis Al-Quran, hafalan doa dan surat pilihan, pembentukan karakter (kisah islami dan moral), akidah dan fiqih ibadah, praktik ibadah (wudlu, dan sholat) dan kreasi hijaiyah (kaligrafi dan crafting).

Apa Saja Keunggulan Alif Iqra?

1. Pembayaran yang mudah

Pembayaran bisa dilakukan dengan internet banking, bank transfer, indomart, dan alfamart terdekat.

Pembayaran aman dan mudah karena melalui sistem auto verifikasi pembayaran.

2. Laporan Perkembangan Pembelajaran

Orang tua murid akan mendapatkan laporan pembelajaran setiap pertemuan dan foto ter- update dari guru.

3. Metode yang menyenangkan/ Fun Learning.

Alif Iqra menyelenggarakan pembelajaran Al-Quran dengan benar dan menyenangkan. Beberapa strategi yang digunakan, antara lain :
1) Crafting, painting, coloring
2) Hijaiyah games dan puzzle
3) Islamic Story Movie
4) Hafalan Surat Metode Gerakan Makna

Bagaimana dengan Profil Gurunya?

Tentu Moms penasaran siapa saja pengajar di Alif Iqra? Apakah ada standar pendidikan dan sertifikasi tertentu?

Guru ngaji online

Para guru di Alif Iqra. Mereka punya seragam lho.

Ternyata, pengajar Alif Iqra harus memiliki Sertifikasi Mengajar Alif Iqra. Sertifikasi ini didapatkan setelah memenuhi berbagai persyaratan, yaitu:
1. Lulusan Pondok Pesantren (Menjamin pengetahuan dasar keagamaan)
2. Mengikuti Microteaching dengan jaminan minimal 180-450 menit class handling
3. Memiliki Sertifikasi Metode Pengajaran Al-Quran Tilawati (Diakui secara nasional)
4. Mengikuti Pelatihan Dasar Psikologi Anak dan Bahasa Inggris.

Wah, lengkap sekali ya persyaratannya. Enggak heran cara mengajarnya enak dan bilingual juga. Pantas saja les ngaji online Alif Iqra dicari oleh banyak keluarga untuk membantu mengajar mengaji anak-anaknya.

Bagaimana dengan Biaya Les Ngaji Online di Alif Iqra?

Berikut biaya les ngaji online untuk Jabodetabek ya Moms:
Trial (1x kedatangan) Rp 150.000
Regular (4x sebulan) Rp 637.500
Intensive (8x sebulan) Rp 1.275.000

Harga yang masuk akal dengan segudang materi yang menyenangkan. Apalagi mengaji merupakan bekal akhirat yang dibutuhkan hingga anak-anak menjadi dewasa. Al-Quran sebagai panduan hidup sebaiknya menjadi ilmu utama yang dipahami oleh anak.

Guru ngaji ke rumah

Bunda ikut mendampingi

Buat Moms yang mencari les ngaji privat Yogyakarta dan les ngaji online Jabodetabek, bisa langsung menghubungi kontak di bawah ini ya:

Website: www.alifiqra.id
Instagram Alif Iqra: @alifiqra
Instagram Alif Iqra Yogyakarta: @alifiqra.yogyakarta
Direct Whatsapp: 0811 9844 113

(Visited 46 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

One Comments

  • Kartika Nugmalia October 19, 2020 Reply

    Wah senengnya kak Najla belajar ngaji ditemani Bunda dan kak Fitri. Semangat terus ya sayang

Leave a Reply

error: Content is protected !!