Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui dengan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum

Facebooktwitterredditmail

Mengatasi rambut rontok saat menyusui bukan perkara mudah. Sembilan tahun menjadi Mama, dengan tiga anak berjarak 3-4 tahun, membuat saya akrab dengan permasalahan rambut rontok ini. Sebenarnya, apa sih penyebab rambut bisa rontok saat menyusui?

Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui

Kenapa rambut rontok saat menyusui

Menurut alodokter.com, saat hamil, terjadi peningkatan berbagai hormon, antara lain estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Tak hanya itu, terjadi pula peningkatan volume darah dan sirkulasi dalam tubuh. Nah, ternyata perubahan hormon dan sirkulasi darah ini dapat membuat rambut Mama hamil menjadi lebih tebal dan kuat.

Tetapi setelah bayi lahir, terjadi hal sebaliknya, yaitu kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan. Volume darah juga mengalami penurunan secara bertahap dan kembali normal beberapa minggu setelah melahirkan. Perubahan inilah yang menyebabkan rambut rontok.

Secara medis, rambut rontok saat menyusui disebut sebagai postpartum hair loss atau kerontokan pasca melahirkan. Dengan kata lain, menyusui atau tidak, sebagian besar Mama yang baru saja melahirkan akan mengalami rambut rontok.

Perlu saya tegaskan bahwa menyusui tidak ada hubungannya dengan rambut rontok yang dialami oleh Mama menyusui. Menyusui justru memberi banyak manfaat bagi Mama dan bayi.

Senada dengan alodokter, sebuah artikel yang dipublikasikan di researchgate.net menyatakan bahwa selama hamil terjadi perubahan hormon, rutinitas makan, dan vitamin prenatal yang dikonsumsi sehingga mempengaruhi perkembangan rambut.

Selama kehamilan, rambut Mama akan tetap dalam tahap perkembangan atau transisi. Sekitar tiga bulan setelah melahirkan, rambut Mama akan terus rontok. Saat itulah, Mama harus merawat rambutnya dengan hati-hati sampai rambutnya tumbuh dengan normal lagi.

Rambut rontok pascamelahirkan terjadi empat bulan setelah melahirkan. Kondisi ini dapat berlangsung hingga 24 minggu. Meskipun jarang, ada Mama yang mengalami kerontokan rambut hingga 15 bulan setelah melahirkan.

Orang normal kehilangan sekitar 80-90 rambut setiap hari, meskipun kadang kita tidak melihatnya. Siklus perkembangan rambut melibatkan dua tahap, yaitu anagen (tahap perkembangan) dan telogen (tahap istirahat). Sekitar 90% rambut berkembang pada waktu tertentu, sementara sekitar 10% berada dalam tahap istirahat dan mengalami kerontokan rambut dalam jangka panjang.

Setelah melahirkan, tingkat estrogen kembali normal, membuat lebih banyak folikel ram-but memasuki tahap telogen/istirahat. Hal ini menyebabkan rambut menjadi rontok setelah melahirkan.

Pada tahun 1963, sebuah studi terhadap 98 pasien dengan alopecia postpartum dipublikasikan di JAMA. Beberapa subjek penelitian memberikan riwayat keluarga rambut rontok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keturunan bukanlah faktor risiko yang menjadi penyebab kerontokan rambut. Sebanyak 88,7% kasus kerontokan rambut, terjadi antara 8 dan 16 minggu setelah melahirkan.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kerontokan rambut mengenai kulit kepala anterior sebanyak 59,1%, 20,4% menyebar ke seluruh kulit kepala, dan 11,2% daerah frontal saja yang terkena. Seborrhea mungkin bukan merupakan faktor yang signifikan.

Diperlukan waktu empat sampai enam bulan untuk rambut kembali normal pada 66,6% kasus. Dengan hanya dua pengecualian, dimana terdapat kelainan lain yang menjadi penyebab kegagalan rambut untuk kembali tumbuh normal.

Pengalaman Rambut Rontok Saat Menyusui

Sebelum hamil dan melahirkan, rambut saya cukup sering mengalami kerontokan. Saat hamil, sepertinya mulai berkurang. Entah karena nutrisi saya lebih terpenuhi dari makanan dan suplemen kehamilan yang saya konsumsi. Atau memang saya saja yang enggak ngeh.

Hal berbeda terjadi setelah melahirkan. Rambut mulai terlihat rontok dalam jumlah yang lebih banyak. Awalnya saya pikir penyebabnya adalah karena menyusui. Ternyata hasil penelusuran secara ilmiah menyatakan bahwa penyebabnya adalah hormonal.

Kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan hal yang wajar terjadi. Tapi bukan berarti saya Mama lainnya bersikap pasrah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kerontokan rambut berkurang dan rambut menjadi lebih kuat selama menyusui.

Tips Perawatan Rambut Saat Menyusui

Mengapa rambut rontok saat hamil

Saat hamil dan menyusui terjadi perubahan hormon yang signifikan. Selain itu, Mama juga menjaga dirinya dari berbagai produk yang tidak aman bagi Mama hamil dan menyusui. Dengan demikian perawatan rambut yang dilakukan harus alami atau menggunakan produk khusus Mama hamil dan menyusui.

Di internet, terdapat berbagai tips perawatan rambut yang aman dilakukan saat hamil dan menyusui. Intinya adalah tetap membersihkan rambut seperti biasa. Gunakan sampo, conditioner, dan nutrisi rambut yang aman untuk Mama hamil dan menyusui.

Selain itu, Mama dapat mengatasi rambut rontok saat menyusui dengan menggunakan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum.

Mengenal Mama’s Choice, Aman Untuk Mama Hamil dan Menyusui

Saya mengenal Mama’s Choice sebagai brand yang menyediakan rangkaian produk yang aman, halal, natural serta teruji melalui hasil klinis dan riset. Mama’s Choice mengisi gap di pasar dengan menyediakan produk yang aman, natural dan halal dengan harga terjangkau secara kualitas untuk Mama dan calon Mama.

Aman yang dimaksud tidak hanya lolos BPOM, namun juga memilih bahan terbaik serta mengeliminasi bahan toksin berbahaya untuk perkembangan janin, bayi dan kesehatan diri.

Saya pribadi sudah lebih dari dua tahun menggunakan berbagai produk dari Mama’s Choice. Mulai dari calming tummy oil untuk bayi, baby body and hair wash, sampai herbal oil untuk mengatasi pegal saat menyusui.

Review Mama’s Choice Strengthening Hair Serum

Netto: 50 ml

POM NA 18211000011

MUI 00150074891115

Mengatasi rambut rontok saat menyusui

Klaim

Mama’s Choice Strengthening Hair Serum merupakan serum untuk mengatasi rambut rontok parah dan bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Diformulasikan khusus untuk Mama hamil dan menyusui. Kombinasi optimal dari Kiwi, Kemiri, dan Green Pea membantu merawat rambut agar kuat dan terlindungi.

Cocok untuk semua jenis rambut. Untuk hasil optimal, gunakan juga Mama’s Choice Treatment Shampoo dan Mama’s Choice Treatment Conditioner.

Komposisi

Kandungan utama Mama’s Choice Strengthening Hair Serum adalah Kiwi, Kemiri, dan Green Pea. Masing-masing bahan mempunyai manfaat sebagai berikut:

Kiwi: Menguatkan akar rambut

Candlenut: Menutrisi dan melindungi rambut serta kulit kepala

Green Pea: Merawat pertumbuhan rambut yang sehat.

Packaging / Kemasan

Mama's choice Strengthening Hair Serum

Mama’s Choice Strengthening Hair Serum dikemas dalam kemasan sekunder/ kemasan luar dari karton berbahan doff dengan warna dominan magenta dan putih. Di bagian depan kemasan sekunder terdapat logo halal MUI dan nomornya.

Pada kemasan sekunder terdapat deskripsi mengenai ingredients, cara pakai, caution /perhatian, tips penggunaan, diproduksi oleh, diimpor oleh, manufacture date (tanggal produksi), expired date (tanggal kadaluwarsa), nomor batch, dan nomor POM.

Kemasan primer Mama’s Choice Strengthening Hair Serum berbahan dasar kaca transluent (bening) yang dilapisi stiker dominan putih berisi berbagai informasi mengenai produk.

Tips mengatasi rambut rontok

Pada tutup Mama’s Choice Strengthening Hair Serum terdapat pipet yang sekaligus berfungsi untuk mengambil serum. Penggunaan pipet memudahkan saya sehingga tidak kebanyakan saat akan menotolkannya ke kulit kepala.

Tekstur dan Aroma

Cara mengatasi rambut rontok

Tekstur Mama’s Choice Strengthening Hair Serum cukup kental, seperti gel tetapi ringan. Hair serum ini memang dibuat dengan lightweight formula. Warna serumnya bening. Aromanya harum, ada aroma kiwi yang sedikit tercium.

Cara Penggunaan

Mama’s Choice Strengthening Hair Serum dipakai setiap sehabis keramas. Cukup totol di kulit kepala menggunakan pipet dilanjukan dengan pijatan halus.

Mengatasi rambut rontok saat menyusui dan hamil

Tips penggunaan:

Bagi rambut menjadi beberapa bagian. Teteskan hair serum pada kulit kepala yang bersih. Lalu pijat lembut hingga merata dan terserap ke akar rambut. Tidak perlu dibilas, dan tata rambut seperti yang diinginkan.

Impresi

Pertama kali menggunakan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum saya langsung suka karena mudah cara pemakaiannya. Apalagi tidak perlu dibilas. Anti ribet lah. Kalau mau romantis, bisa sekalian minta pakaikan dan dipijat oleh suami, hehe.

Aromanya fresh, tidak nyegrak, dan tidak membuat pusing. Saat dipakai, Hair serum Mama’s Choice tidak lengket di tangan, dan mudah menyerap di kulit kepala. Rambut menjadi harum seketika. Apalagi setelah dipijat, kepala terasa lebih ringan dan fresh. Tidak lepek sama sekali.

Keunggulan Produk

Yang paling aku suka, Mama’s Choice Strengthening Hair Serum ini bebas paraben, silikon, pewarna, alkohol, dan phthalates. Mama tahu, kan, kalau perubahan hormon pada Mama hamil menyusui bisa membuat Mama lebih sensitif dan mudah iritasi terhadap bahan-bahan toksin sehingga Mama memerlukan produk yang bebas toksin.

Hair serum aman untuk bumil busui

Hair Serum Mama’s Choise berbahan dasar tumbuhan sehingga aman untuk Mama hamil dan menyusui. Bahan-bahan tersebut adalah Kemiri, Kiwi, dan Green Pea yang berfungsi menutrisi rambut dan kulit kepala. Apalagi hair serum ini sudah mengantongi halal MUI. Saya sebagai muslim jelas merasa lebih tenang dan nyaman.

Pemakaian selama empat hari membuat rambut semakin sehat dan rontok berkurang. Serum aman dan efektif untuk mengatasi rambut rontok saat menyusui.

Bagaimana dengan harganya? Menurut saya, harganya sebanding kualitas dan keamanannya yaitu 104.900 rupiah, diskon 41% dari harga normal 179.000 rupiah. Worth to buy untuk isi 50 ml.

Repurchase?

Absolutely! Saya merasa nyaman menggunakan hair serum dari Mama’s Choise. Sebagai Mama yang anti ribet, pakai hair serum Tanpa dibilas adalah sebuah kemewahan. Rambut rontok juga berkurang. Bonusnya, rambut wangi jadi makin sering dicium-cium rambutnya sama suami:D

Cara mengatasi rambut rontok saat menyusui

Buat Mama yang ingin rambut rontoknya berkurang, Mama bisa dapatkan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum di sini ya. Oh ya, untuk info lebih detail bisa langsung ke website Mama’s Choice dan instagramnya.

Sharing di komentar dong Ma, rambutnya rontok juga enggak saat menyusui?

(Visited 229 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

50 thoughts on “Mengatasi Rambut Rontok Saat Menyusui dengan Mama’s Choice Strengthening Hair Serum

  1. Sari Reply

    Pantesan, kakaku kalau lagi hamil langsung potong rambut, katanya biar rontoknya gak terlalu banyak. Kalau pakai serum, rambut dalam keadaan benar-benar kering atau keadaan rambut setengah kering (masih becek gitu setelah keramas)

    • Deris Afriani Reply

      Wah kebetulan aku lagi hamil enam bulan nih. Memang rambut gak rontok parah sekarang. Tapi habis melahirkan biasanya yang mengkhawatirkan. Pengen coba serum mama’s choice ini jadinya. Mungkin cocok juga di saya.

  2. Didik Purwanto Reply

    Keren sekali serumnya. Emang buat emak yang hamil dan menyesuai cenderung mengeluarkan banyak hormon yg mengganggu perttumbuhan rambut. Untung ada Mama’s Choise. Ada diskon gede tuh. Sikaaaatttt.

  3. Avizena Zen Reply

    Iya Kak, habis melahirkan tuh emang rambut jadi rontok banget, kalau sisiran dan helai demi helai bertaburan di lantai, agak ngeri jadinya.

    Syukurlah sekarang sudah ada serum rambut dari Mama’s choice ya. Wangi pula. Jadi penasaran.

  4. Okti Li Reply

    Saya baru tahu untuk rambut juga ada serumnya. Hehehe
    Maklum untuk wajah aja saya nih jarang pakai serum. Gak begitu telaten dalam perawatan.
    Padahal kalau rambut rontok saya juga mengalaminya sampai sekarang lho… Sewaktu sebelum menikah sih tidak rontok

  5. Kiky Reply

    Vegan yaaa ini cruelty free semuanya dari tumbuh2an. Proses untuk punya anak memang banyak keajaibannya yaaa. Postpartum hair loss memang perlu solusi yg diriset secara serius dan baik.

  6. YSalma Reply

    Keren Mamas Choice euy, ada produk untuk menguatkan akar rambut bagi Mommy yg baru melahirkan dan menyusui. Kalau untuk bunda yg ga lagi menyusui, juga cocok pastinya, mumpung diskon nih 🙂

  7. Yanti Ani Reply

    Beruntung banget ada produk ini ya mba, jadi ingat waktu dulu baru lahiran dan menyusui anak pertama rambut pada rontok dibiarkan begitu saja karna karna produk kayak ini

  8. Dian Reply

    wah wah
    sekarang Mama’s Choice ada seeum rambutnya juga ya mbak?
    keren
    makin lengkap membantu kebutuhan para mama ya

    • Fenni Bungsu Reply

      Bener juga kak. Jadi makin lengkap kebutuhan para mama yang sesuai, dan ternyata udah ada tersedia lengkap di Mama Choice

  9. Putu Sukartini Reply

    Jadi ingat masamasa menyusui dulu trus rambut rontok parah
    Bikin aku jadi agak trauma mau nyisir rambut, tiap tarikan langsung banyak yang ikut
    Keren ih mamachoice bener-bener tau kebutuhan ibu nih
    Jadi gak waswas lagi rambut rontok saat menyusui ya
    Btw, ini bisa dipakai juga buat mama yang gak menyusui khan?

  10. Eri Udiyawati Reply

    Pasca melahirkan rambut saya juga rontok parah. Bahkan sampai sekarang anak udah 15 bulan. Dipegang aja sama tangan sendiri, pasti dah ada rambut yang nyangkut di tangan. Apalagi disisir. Karena rontok parah, saya jadinya potong rambut ke salon langganan. Terus dia juga kaget, “rambutnya sekarang jadi lebih tipis apa ya?”

    Saya perlu cobain Mama’s Choice ini daah. Buat nguatin akar rambut pasca melahirkan. Kali aja setelah pakai Strengthening Hair Serum ini, rambut saya kembali sehat.

    Makasih ya Mba Dian. Udah share.

  11. Wahyu Eko C Reply

    baru tahu ternyata menyusui juga bisa menyebabkan rambut rontok. sepertinya serum rambut dari mama’s choice juga cocok untuk penggunaan wanita yang sedang tidak menyusui ya bun?

  12. Lasmicika Reply

    Bener banget sih, ini saya lagi menyusui juga dan rontok. Baru 47 hari debay-ku. Ternyata karena penurunan hormon n darah ya, baru tau penyebabnya itu. Kata orang orang tua karena habis ngeden lahiran, hihi…. Kalau ada produk aman untuk busui seperti ini pasti lebih bagus.

  13. Mei Daema Reply

    makin banyak ya sekarang produk mama choice mengerti banget kebutuhan mama agar rambutnya tidak rusak lagi, btw saya mau cobain ah lagi rontok banget niy meski belum jadi momi

  14. Fenni Bungsu Reply

    Kalau untuk ditujukan pada ibu hamil maupun menyusui, memungkinkan aman kandungannya. Sehingga bisa dipakai oleh siapa saja juga ya, biar gak banyak rontok juga

  15. Nyk Reply

    Hiya dulu habis melahirkan rambut jadi rontok. Ternyata bukan karena menyusui ya tapi karena hormon. Dan kalau sekarang rontok tidak khawatir karena ada produk Mamaschoice. Jadi pengen coba nih mba keberulan rambutku rontok. Makasih ya infonya

  16. Muna Hidayat Reply

    Wih. Canggih.
    Sekarang Mama’s Choice punya serum rambut.
    Emang iya sih. Habis melahirkan, rambutku ruontok parah. Sampe otw botak nih.
    Tapi kebanyakan produk untuk rambut rontok punya efek samping bikin rambut kering.
    Coba deh aku coba serumnya Mama’s Choice ini.

  17. Retno Kusuma Wardani Reply

    aku banget nih, rambutku rontok semenjak melahirkan sampai sekarang, padahal anakku udah gede… hiks. Meskipun udah nggak menyusui boleh kali ya nyobain Mama’s Choice strengthening hair serum?

  18. Aisyah Dian Reply

    Mama choise serum rambut yang sudah terbukti mengatasi kerontokan rambut ya mbak… Jadi pengen cobain juga nih rambut lumayan rontok nih

  19. Heizyi Reply

    Wiih, lumayan juga ya harganya. Tapi dilihat dari kualitasnya. Worth it lah bun

    Thnks infonya ya. Bisa aku rekomendasikn buat adik ibur yang kebetulan rambutnya masih rontok pasca melahirkan

  20. diane Reply

    Seneng banget pastinya kalau ada solusi buat rambut rontokyang dialami bumil/busui.. Jadi ibu nggak pusing-pusing lagi mikir kerontokan rambut yang biasanya emang parah ya kalo menyusui..

  21. Nabilla - Bundabiya.com Reply

    aku udah selesai menyusui, tapi rambutku masih rontok bangeet nih bund. mau cobain juga ah.. siapa tau masih bisa untuk aku yang punya masalah rambut rontok.

  22. Cory Pramesti Reply

    Produk2 mama choice emang udah terkenal banget bagus buat ibu hamil atau menyusui. Selain produknya yang lengkap, kualitas produknya selalu menjadi nomer satu, termasuk mamas choice strengthening hair serum ini. Luvv banget 💖💖

  23. Malica Reply

    Mbak dian aku sejak lahiran anak kedua tahun lalu rontok parah. Sampai sekrang lebih parah. Aku udah coba beberapa shampoo tapi rambut tetep gitu. Takut sih kenapa2. Kalau coba mama choice ini kira2 bisa nggak ya mba?

  24. Lintang Reply

    Saya juga mengalami postpartum hair loss dan emang bete banget. Selama masa menyusui juga rontok terus, padahal uda nyoba sampo macem2. Ntar nyoba ini deh mama’s choice,,

  25. Jihan Reply

    Mama’s choice lengkap banget yaa mbaaa. Sampe ada shampoo untuk mengatasi kerontokan ibu2 gini. Saya juga rontok banget. Rasanya ngga ada shampoo yang pas, kayak : ngga ada yang ngertiin aku gitu 🙁 ntar nyoba deh yg ini

  26. Hendra Suhendra Reply

    Ternyata rambut bisa rontok pasca melahirkan ya. Untung ada produk anti rambut rontok dari Mama’s Choice ini. Saya rekomendasiin aaah, mana tau ada yang ngalamin hal yang sama. Makasih sharing nya

  27. antung apriana Reply

    wah dalam 4 hari rambut rontoknya sudah mulai berkurang. Mantap banget, Mbak! Rambutku sampai sekarang masih rontok aja nih padahal sudah tidak menyusui. Kayaknya memang rambutnya perlu perawatan lebih kayak serum dari Mama’s choice ini deh

  28. Arni Reply

    Mamachoice ini memang sahabat ibu hamil dan menyusui ya
    Produknya lengkap banget mendampingi perjalanan ibu dari hamil hingga menyusui
    Ibu tetap sehat, cantik dan gak galau lagi dengan rambut rontok

  29. Dian Reply

    benar tu mbak
    dulu saat menyusui, rambutku juga rontok
    beruntung sekarang sudah ada hair serum dari Mama’s Choice ini ya mbak

  30. tukang jalan jajan Reply

    lumayan mengganggu ya kak rambut rontoknya, untung ada pilihan dari mama choice yang aman dan juga ampuh, secara rambut adalah mahkota yang harus terawat dan selalu indah

  31. Jasmi Reply

    Kalau nggak menyusui tapi rambutnya rontok bisa pakai juga nggak mbak? hahaha
    Kayaknya gampang aja cara pengaplikasiannya. Tinggal pakai, usap tanpa bilas. Sebagai club anti ribet, aku bakal suka sama Strengthening Hair Serum Mama’s Choice

  32. Susie Ncuss Reply

    Selalu kagum dengan produk dari mama’s choice yang ramah utk ibu hamil dan menyusui.
    Bravo, Mama’s Choice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *