Tips Tetap Bugar di Usia Kepala Tiga

Facebooktwitterredditmail

Membaca judulnya sebenarnya membuat saya tersipu-sipu malu, karena ketahuan deh usianya. Meskipun masih sering dikira anak kuliahan (sama tukang ojek online, wkkka) tapi usia enggak bisa bohong.

Yang namanya memasuki atau bahkan sudah berada di kepala tiga, tentu saja terjadi banyak perubahan dalam tubuh. Apa saja?

Dari referensi yang saya baca, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh perempuan berusia di atas 30 tahun, yaitu:

  1. Peliharalah berat badan yang ideal
  2. Jagalah agar kulit tetap segar dan tampak muda
  3. Isu terkait reproduksi (kehamilan ampun memilih metode yang tepat untuk KB)
  4. Kurangi stres
  5. Cegah permasalahan tulang

Perlu diketahui bahwa medical cek-up dan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan hal yang amat penting. Pola hidup yang baik dan pencegahan penyakit dapat membantu para perempuan berusia kepala tiga untuk tetap bugar dan sehat, bahkan ketika mencapai usia 40 tahun.

Perubahan Pada Tubuh

Saya sendiri merasakan di usia kepala tiga ini badan mulai mudah lelah. Tak hanya itu, berat badan juga gampang naik. Ternyata memang terjadi pelambatan metabolisme. Oleh karena itu, saya tahu banget kalau seharusnya mula rutin berolahraga aerobik seperti jalan santai, jogging, berenang dan bersepeda. Pilih olahraga yang paling teman-teman sukai. Kalau saya sih suka senam aerobik dan berenang.

Penggunaan alat untuk mengukur kesehatan selama berolahraga juga penting. Mengingat daya tahan tubuh tidak seperti saat berusia 20 tahunan. Contoh alat yang saya maksud adalah fitness tracker.

Selain itu, makanan juga perlu diperhatikan, antara lain sebaiknya makan masakan yang rendah lemak jenuh, perbanyak buah dan sayur, serta jauhi makanan cepat saji. Duh bagian terakhir agak susah ya? Hayo ngaku siapa yang sudah enggak pernah makan junk food?:D

Bagaimana dengan kondisi kulit?

Kulit di usia 30-an biasanya tampak agak kusam dan keriput halus juga mulai terlihat. Terutama di bagian bawah mata, kening, dan daerah wajah lainnya. Hal tersebut terjadi karena sel-sel kulit baru tidak terbentuk secepat saat usia masih di bawah kepala tiga. Ini merupakan hal normal dari penuaan. Oleh karena itu, pakailah pembersih dan pelembab ringan serta sebisa mungkin jauhi paparan sinar matahari atau gunakan tabir surya.

Kondisi tulang perempuan di usia 30?

Pengeroposan tulang sebenarnya berlangsung cepat setelah perempuan mengalami menopause. Tetapi, pengeroposan tulang dimulai pada usia 30-an dan dapat menjadi osteoporosis (penyakit penipisan tulang) di kemudian hari. Otot-otot juga akan mulai kehilangan kekuatan sehingga mempengaruhi keseimbangan, dan kebugaran. Teman-teman dapat mencegah pengeroposan tulang dan kehilangan otot dengan cara-cara ini:

  1. Pastikan diet teman-teman kaya kalsium dan mineral sehingga tulang dan gigi tetap kuat dan sehat.
  2. Lakukan olahraga aerobik secara konsisten. Misal berenang, jogging, naik sepeda, dan sebagainya. Lakukan selama minimal 30 menit per hari,
  3. Konsultasi pada dokter mengenai makanan apa saja yang kaya kalsium untuk kesehatan tulang. Bisa juga meminta rekomendasi vitamin dan suplemen.

Kisah Seru Kelas Inspirasi

Ngomong-ngomong soal perubahan tubuh, saya merasakan perbedaan yang signifikan di usia kepala tiga. Beberapa hari yang lalu, saya bepergian ke Cilacap paling barat, yaitu Dayeuhluhur. Perjalanannya cukup panjang sekitar 9 jam.

kic 2
Naik mobil bak terbuka. Foto by Windhi

Saya berangkat pukul 6.00 wib dari Jogja, naik bus efisiensi tujuan Maos, Cilacap. Pukul 10.30 sampai di Maos dan langsung melanjutkan perjalanan ke Banjar. Pukul 12.50, saya bersama teman sampai di Stasiun Banjar. Kami naik becak ke Pasar Banjar, untuk melanjutkan perjalanan menggunakan angkot ke Mergosari. Pukul 13.30, kami sampai di Mergosari dan makan siang terlebih dahulu sambil menunggu teman-teman relawan Kelas Inspirasi Cilacap. Pukul 16.00 wib, saya bersama rombongan relawan menaiki colt bak (mobil bak terbuka) menuju Dayeuhluhur. Perjalanan memakan waktu kurang lebih dua jam.

Menjelang magrib, saya dan rombongan sampai di rumah Ibu Kepala Sekolah SD Cijeruk dan beristirahat sebentar. Subhanallah, perjalanannya menguras tenaga. Apalagi medan yang dilalui terjal dan berliku. Naik turun gunung gitu. Perut saya sampai kembung, glegekan mulu keluar gasnya.

Dayeuhluhur suasananya asri. Masih banyak pohon dan perkebunan. Para relawan dapat menghirup udara bersih. Bu Sri yang merupakan Kepala Sekolah baik banget. Beliau memasak untuk kami, padahal sehabis isya para relawan kumpul di Balai Desa dan ada makan malamnya juga.

Singkat cerita, malam itu ada briefing mengenai acara Kelas Inspirasi Cilacap (KIC) yang akan berlangsung esok harinya. Setelah sambutan dari perangkat desa, dan ketua KIC, kami masih menyelesaikan ubo rampe yang akan dibawa. Pukul 23.00 wib, kegiatan briefing selesai. Pukul 23.30, saya dan teman-teman relawan SD Cilumping sampai di rumah Pak Kadus untuk menginap. Saya baru dapat memejamkan mata pada pukul dua belas malam:D

Saya bangun saat azan subuh berkumandang. Para relawan antri mandi terlebih dahulu baru bertolak ke Balai Desa untuk sarapan. Sekitar pukul 06.30, kami sudah sampai di Balai Desa.  Perjalanan dari Balai Desa ke SD Cilumping (SD tempat saya akan mengajar sehari) memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh 3 km.

kelas inspirasi cilacap
Mengenalkan profesi blogger. Foto by Rury

Alhamdulillah perjalanan lancar dan pada pukul 7.30 kami sudah sampai di SD Cilumping. Saya hanya mengajar 4 kelas. Lumayan tepar, teriak-teriak selama 30 menit x 4 kelas, haha.

kelas inspirasi cilacap 2018
Relawan Kelas Inspirasi SD Cilumping bersama beberapa anak SD. Foto by Mas Nur

Usai mengajar, ada sesi foto dan video untuk dokumentasi. Tentang keseruan hari H KIC akan saya tulis diartikel lainnya ya. Sedangkan di tulisan ini, saya akan menceritakan lebih ke kondisi badan saya yang sudah berusia kepala tiga.

Kami kembali ke rumah Pak Kadus untuk makan siang. Kemudian istirahat dan salat, lalu menuju Balai Desa untuk evaluasi sekaligus penutupan. Pukul 2.00 wib, saya dan beberapa teman yang pulang dengan kereta Banjar pamit duluan. Kami menaiki mobil dari Dayeuhluhur menuju stasiun Banjar.

Pukul 16.00 wib, rombongan sudah sampai di stasiun, dan kami makan bakso untuk mengisi tenaga. Badan saya sudah mulai enggak enak. Sebenarnya sebelum berangkat juga lagi enggak enak badan sih, karena begadang nonton drama korea (jangan ditiru ya:D).

Dari Stasiun Banjar, kereta berangkat pukul 17.20 wib dan sampai di Stasiun Maos pukul 18.57 wib. Setelah itu, saya masih melanjutkan perjalanan ke Jogja dengan bus efisiensi. Kebayang ya betapa capeknya. Capek tapi senang karena telah berbagi inspirasi di pelosok Cilacap.

Terus terang, selama beberapa hari, saya belum buang air besar. Pencernaan saya bermasalah. Entah karena kurang minum, atau kurang serat. Apalagi kalau melakukan perjalanan jauh seperti ini, kadang saya susah BAB, kadang malah diare.

Pukul dua belas malam, saya sampai rumah. Langsung tidur karena kelelahan. Paginya sudah bangun lagi dan beraktivitas bersama anak-anak. Untung hari libur, dan ada Pak Suami sehingga saya bisa bermalas-malasan.

Herbadrink Untuk Kesehatan dan Kebugaran

Saya cek lemari minuman di rumah, alhamdulillah ada Herbadrink Lidah Buaya. Lidah buaya memang dikenal dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan memperlancar BAB. Tak hanya itu, manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangat banyak. Teman-teman dapat melihat gambar di bawah ini.

manfaat minum aloe vera

Lidah buaya bermanfaat mencegah konstipasi karena dapat menyerap racun di saluran cerna, meningkatkan sistem imun, dan menurunkan berat badan. Lidah buaya juga mengurangi nyeri dan bersifat antiradang. Selain itu, lidah buaya dapat mencegah penyakit jantung dan mengontrol gula darah.

Sebenarnya kandungan apa saja dalam lidah buaya yang membuatnya baik untuk kesehatan?

manfaat aloe vera

  1. Vitamin dan Mineral

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, E, asam folat, kolin, vitamin B1, B2, B3 dan B6.

  1. Asam Amino dan Asam Lemak

Asam aminonya berfungsi sebagai zat pembangun protein.

  1. Pencernaan

Lidah buaya dapat menyehatkan saluran pencernaan sehingga kesehatan tubuh terjaga.

  1. Detoksifikasi

Lidah buaya merupakan tanaman bergelatin, seperti rumput laut dan chia.

  1. Membasakan Tubuh

Penyakit tidak dapat berkembang di dalam lingkungan yang basa. Sedangkan kebanyakan orang justru makan makanan asam. Oleh karena itu, lidah buaya penting memberikan suasana basa di tubuh.

  1. Kesehatan Kardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)

Lidah buaya meningkatkan sirkulasi, menjaga tekanan darah, dan menurunkan kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pada gambar di atas, terdapat langkah untuk membuat jus lidah buaya. Hemat sih, tapi buat saya lumayan ribet.

herbadrink lidah buaya

Makanya waktu tahu Herbadrink mempunyai varian lidah buaya, langsung deh saya mencobanya. Hasilnya, pencernaan membaik. Kalau rutin minum Herbadrink lidah buaya, saya yakin beberapa permasalahan kesehatan terkait usia kepala tiga dapat teratasi. Sebut saja soal berat badan ideal, stres, dan penuaan pada kulit.

herbadrink sari temulawak

Ada juga Herbadrink Sari Temulawak dan Herbadrink Sari Jahe lho. Saya sudah pernah mencobanya. Biasanya rasa temulawak itu rada pahit, tapi ini enggak. Ngapain sih minum Herbadrink sari temulawak? Untuk yang belum tahu manfaat temulawak, saya ceritain ya. Beberapa jurnal ilmiah dan penelitian membuktikan bahwa temulawak merupakan antioksidan alami. Efek ini didapatkan dari kandungan curcuminnya. Ekstrak temulawak terbukti menghambat aktivitas oksidasi.

Di dalam tubuh, pasti terjadi proses oksidasi. Nah, masalah terjadi ketika jumlah radikal bebas dan pertahanan tubuh (antioksidan) tidak seimbang sehingga lebih banyak radikal bebas. Oleh karena itu, diperlukan antioksidan tambahan dari luar tubuh. Temulawak ini oke buat teman-teman yang sering terpapar polusi, asap rokok, sinar matahari, atau limbah industri yang merupakan pemicu munculnya radikal bebas di dalam tubuh.

Selain minum Herbadrink sari temulawak, jangan lupa untuk mengubah pola makan dan gaya hidup. Biar tubuh jauh-jauh dari radikal bebas yang merusak.

herbadrink sari jahe

Sementara itu, Herbadrink Sari Jahe hangatnya membuat perut nyaman. Sama seperti temulawak, jahe merupakan antioksidan alami. Jahe juga dipercaya bersifat antiinflamasi (antiradang) dan memperlambat proses penuaan. Tuh, kan, cocok untuk yang usianya di atas 30 tahun:D. Saat flu nyaris melanda, minum sari jahe membuat badan saya membaik. Masuk angin langsung bablas, enggak jadi menyerang.

Banyak sekali manfaat dari Herbadrink, baik Sari Jahe, Sari Temulawak dan Lidah Buaya bagi perempuan berusia kepala tiga seperti saya. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh tentu harus dijaga. Sama halnya dengan pikiran agar tidak mudah stres.

Semoga tips tetap sehat dan bugar meski berusia kepala tiga dapat bermanfaat dan dipraktekkan 🙂

(Visited 233 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

84 thoughts on “Tips Tetap Bugar di Usia Kepala Tiga

  1. Noe Reply

    Skrg ini aku seting bgt beli yg sari jahe, klo lg gk enak badan selalu andalannya minum sari jahe kasih susu. Enaak

  2. Yati Rachmat Reply

    Ketika belum tahu ada herbadrink ini, bunda rajin meracik minuman dari lidah tanaman lidah buaya. Kebetulan banyak tanaman tersebut yang bunda tanam dalam pot-pot. Btw tentang usia 30 itu mah belum perlu khawatir banget kelles, tapi ya memang sih kulit wajah tuh yang harus diperhatiin biar komedo gak mau mampir, hehe…

  3. Lidya Reply

    Mbak Dian sih masih muda lah 🙂 Tapi tips bugarnya bisa aku pakai dong buat yang kepala 4 😀
    Sehat selalu mbak

  4. Desi indriani Desi Reply

    Ayo hidup sehat dengan makan yang bergizi seimbang walau ausah kalo aktivitas banyak, mba aku gagal fokus sama cangkir dan teko jadul mu

  5. Rosanna Simanjuntak Reply

    Yuk tos, dulu mbak, sama-sama praktisi Kelas Inspirasi.
    Hati-hati bisa kecanduan lho, mba, HAHAHA.

    Sama dengan mba Desi, aku juga salfok sama cangkir dan teko which is jadul abis!
    Jadi ingat masa kecil aku dulu.
    Menggunakan peralatan makan dan minum yang sama.

    Setuju mba, semakin banyak usia memang metabolisme semakin melambat, dan justru kita harus banyak beraktivitas dan memilih asupan terbaik untuk tubuh kita.

    • dian.ismyama Post authorReply

      Wah iya nih udah mulai kecanduan. Kemarin aku merasa kurang banget ke edukasi literasinya. Hihi cangkir sama Teko jadul bisa beli di jogja

  6. Elisabeth Murni Reply

    Hiks, baca artikel ini di awal kok saya jadi makin galau ya. Bulan depan usia bakal nambah. Jiwa sih masih boleh ngaku 23, tapi fisik nggak bisa bohong. Merasa sudah tidak setangguh waktu 20an awal. Sudah saatnya memperbaiki gaya hidup nih.

  7. Rach Alida Bahaweres Reply

    Kalau ada Herbardrink ini pasti jadi bisa tetap menjaga kesehatan tapi nggak perlu ribet ya, mba. Apalagi semuanya mudah dilakukan hanya dengan konsumsi herbadrink. Apalagi saat dingin ya 🙂 BUgar selalu ya mba

  8. Eka Mustika Sari Reply

    Aku kalau baca topik usia 30 tahun keatas suka sering gak sadar kalau aku tuh udah 30 tahun keatas dan Memang iya kurang menjaga kesehatan tubuh dan kulit harus lebih diperhatikan lagi ya mungkin dengan minum minuman sehat bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam

  9. Eri Udiyawati Reply

    Mantap, sampai ke Cilacap juga memberikan inspirasi kepada anak-anak SD di sana. Semoga tetap sehat dan fit ya, Mbak. Terus itu jangan lupa sedia selalu herbadrink bakalan terus menemani dan menjaga kondisi badan biar tetap bugar.

  10. Tian lustiana Reply

    Hidup sehat dengan asupan nutrisi seimbang nih sebenernya paling oke ya plus olahraga, namun buat saya ini justru berat huhuhu suka males terus bawaannya

  11. Ety Abdoel Reply

    Baru kepala 3, masih mudah. Tapi sih emnag harus sedari dini kesehatan dijaga biar saat bertambah usia tetap fit. Aku dah mau kepala 4 soale, qeqeqe, mulai agak beda rasanya.

  12. Jiah Reply

    Aku udah lama gak ikut kelas Inspirasi, hihihi. Memang ya tambahnya usia perubahan banyak terjadi termasuk soal kesehatan. Bagusnya minum bahan2 alami kaya Herbadrink ini

  13. Rani Yulianty Reply

    Banyak manfaat ari aloe vera ya, nggak hanya untuk rambut dan kulit ternyata untuk kesehatan tubuh juga, belum pernah cobain minuman lidah buaya, jadi pengen coba herbadrink lidah buaya

  14. sri untari Reply

    inspiratif banget mengajar sampai ke pelosok cilacap yang jarak tempuhnya aja jauh banget gitu padahal pake kendaraan. Lha gimana kalo jalan kaki ya.

  15. Mechta Reply

    Wah seru banget kelas inspirasinya mba Dian.. aku blom berkesempatan ikut kegiatan seperti ini nih..soale agak susah karena harus hari kerja ya..hehe

  16. Desy oktafia Reply

    5 jenis isu diatas aku mulai konsen.
    Bukan karena takut tua.
    Tapi ngeri sama penyakit yang mengintai. Apalagi tulang.
    Duh. Ni tulang udah sering ngilu-ngiluuu..
    Huhuhuhu

  17. Indah Juli Reply

    Seriusan udah tiga puluh? Kok nggak kelihatan ya, masih kek anak kuliahan 🙂
    Baca di sana sini, jadi makin mupeng nyobain herbadrink ini.

  18. Lubnah Lukman Reply

    dari dulu sampa sekarang aku kira lidah buaya cuman untuk rambut loh mba, ternyata kaya manfaat yah mba, apalagi kita toss ini udah masuk 30 harus jaga2 aktifitas dan makanan yah mbaa…

  19. Uniek Kaswarganti Reply

    Luar biasa nih ngisi kelas inspirasi sampe pelosok Cilacap. Menjaga kesehatan tubuh juga penting nih saat bepergian, terutama menangkal konstipasi ya. Paling cucok emang minum herbadrink lidah buaya, tinggal tuang dan seduh 😉

  20. lendyagasshi Reply

    Waah…keren, keren.
    Ini tips badan selalu bugar dan fit dalam menjalani hari-hari.

    Dan berbagi ilmu adalah salah satu mood booster tersendiri yaa..
    Barakallahu fiik…

  21. Naqiyyah Syam Reply

    Perlu banget ya mbak jaga kesehatan tunggu apalagi kalau kita banyak aktivitas cerita kelas inspirasi nya keren banget loh. Sukses ya Mbk

  22. Naqiyyah Reply

    Perlu banget ya mbak jaga kesehatan tunggu apalagi kalau kita banyak aktivitas cerita kelas inspirasi nya keren banget loh. Sukses ya Mbk keren banget

  23. Aswinda Utari Reply

    Bener banget, perempuan itu rentan osteoporosis y mba. Jd viarpun diet hrs ttp kaya kalsium. Ak blm prnh cb herbadrink yg lidah buaya nih. Kyknya bagus jg.

  24. Erin Reply

    Semakin bertambah usia, masalah kesehatan semakin complex, harus bisa jaga ya, mba. Sedia payung sebelum hujan.

  25. Tuty Queen Reply

    Aku suka yang lidah buaya mbak, benar-benar bikin segar kalau dikonsumsi ditambah es, selain itu pencernaan pun jadi lancar.

  26. ophi ziadah Reply

    waah semanta mba Dian
    kepala 3 mah lagi semangat2 nya yaa menjalani segala aktivitas’
    kebugaran dan kesehatan tubuh wajib dijaga

  27. Ririe Khayan Reply

    Sharing cerita yg ikut kelas inspirasi itu kereeen dan two thumbs up deh, wonderful, amazing, dan memorable ever after.

    Sehat selalu MakDi, di usia kepala tiga dan seterusnya.

  28. Rahmah Reply

    Cocok nih ya buat saya karena sering mengalami keletihan kalau sudah lama bermain dengan anak plus gadget buat WAan

  29. April Hamsa Reply

    Jaga makanan, jaga asupan lain2, jaga pikiran, insyaAllah meski kepala 3 tetep bugar walau aktivitasnya segudang ya mbak DIan 😀

  30. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) Reply

    Kalau kata orang sih “faktor u itu nyata adanya” hahahaaa… aku pun merasakan masuk usia kepala 3 agak berbeda banget kondisi tubuhku. Aku sendiri termasuk emak-emak aktif dengan segala kegiatannya tapi biasanya ku imbangi dengan pola makan dan air putih.

  31. diane Reply

    Kesehatan adalah segalanya lah ya pokoknya…Usia semakin bertambah.. yang harus dikerjakan bertambah juga.. jadi harus semakin strong.. Bagus ada Herbadrink.. tinggal seduh beres.. sehat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.