SehatQ

SehatQ.com, Website Kesehatan Andalan Ibu Baru

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

SehatQ sebagai layanan digital kesehatan Indonesia menjadi paket lengkap yang cocok untuk ibu baru.

Saya ingat ketika menjadi ibu baru tujuh tahun yang lalu. Saya merasa butuh belajar ilmu tentang parenting dan kesehatan anak. Meskipun saya adalah apoteker, tetapi ketika anak sendiri yang sakit, saya harus mencari rujukan terpercaya.

Bila sakitnya ringan atau termasuk self limited disease (sakit yang akan sembuh sendiri) maka saya melakukan observasi dan terapi rumahan. Baik dengan cara tradisional, ataupun menggunakan obat bebas di apotek. Tapi jika dalam 3 hari tidak kunjung membaik atau terdapat gejala yang justru memburuk, tentu saja saya langsung membawa anak ke dokter.

Latar belakang pendidikan saya sebagai tenaga kesehatan jelas membuat saya lebih tenang ketika menghadapi anak sakit. Berbeda dengan ibu baru minim pengetahuan terkait kesehatan dan obat.

Di media sosial, terdapat banyak forum ibu-ibu. Seperti di Facebook grup dan WhatsApp grup. Zaman saya mempunyai anak pertama, ada pula yang namanya milis. Jika grup-grup atau forum ini dikelola oleh tenaga kesehatan, tentu informasi yang diberikan akan valid.

Sayangnya, tidak semua grup memiliki admin yang ahli dibidang kesehatan anak. Ada pula yang belajar otodidak atau sharing berdasar pengalaman saja.

Saya sampai terkejut ketika bergabung dengan salah satu Facebook grup yang benar-benar antipati dengan obat. Mereka memilih ASI, madu, dan herbal untuk semua jenis penyakit anaknya.

Padahal kita tahu bahwa ada beberapa penyakit yang terapinya spesifik. Misalnya pada penggunaan antibiotik untuk infeksi. Sungguh, saya sangat sedih dan miris ketika ada seorang ibu dengan anak yang telinganya sudah mengeluarkan cairan berwarna dan berbau, tapi malah diberi masukan untuk meneteskan ASI atau madu. Solusi yang tidak pada tempatnya, alias tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Ibu-ibu lain, memilih untuk browsing artikel kesehatan dan tidak pergi ke dokter. Mereka mengetikkan kata kunci tertentu terkait gejala sakit yang dialami anaknya untuk mencari terapi apa yang harus diberikan. Lagi-lagi, tujuh tahun yang lalu, website yang keluar di halaman pertama Google justru iklan obat-obatan yang tidak terdaftar di Bpom. Tapi itu dulu, karena semenjak beberapa tahun yang lalu, algoritma Google sudah berubah. Artikel kesehatan yang berada di halaman awal berasal dari website yang berkualitas.

Beberapa hari yang lalu melalui Instagram stories, saya sempat bertanya pada follower mengenai layanan kesehatan digital di Indonesia. Informasi apa yang sebenarnya mereka butuhkan?

Ternyata ada yang menjawab mengenai gizi anak dan imunisasi. Kemudian penyakit tidak menular yang sekarang sepertinya makin sering terdeteksi di usia muda. Ada pula yang ingin informasi tentang acara kesehatan.

Bagaimana bila ada website yang memenuhi semua kebutuhan tersebut? Apakah ada? Ada dong! Namanya SehatQ.com

Ada apa saja di SehatQ?

SehatQ

SehatQ dapat diakses melalui laptop maupun mobile

1. Direktori Penyakit

Direktori penyakit berisi berbagai macam penyakit yang dibuat urutan berdasarkan abjad. Dengan demikian, para pembaca akan lebih mudah mencarinya.

Untuk anak, penyakit-penyakit umum seperti diare, alergi, bintitan, biduran, bahkan beraneka jenis batuk ada semua penjelasannya. Isi artikel juga cukup lengkap seperti pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, hingga informasi dokter Dengan demikian, ibu baru mendapatkan informasi yang lengkap, akurat, dan terpercaya.

2. Informasi Obat

 

Informasi obat juga disajikan dalam urutan abjad, baik nama dagang maupun nama generiknya. Informasi yang tertera antara lain bentuk sediaan, aturan pakai, dosis, efek samping, peringatan, interaksi hingga kategori untuk kehamilan dan menyusui. Lengkap sekali bukan?

Yang unik, di akhir artikel terdapat nama-nama dokter yang ahli terkait penyakit yang membutuhkan obat tersebut.

3. Forum Tanya Jawab

fitur tanya jawab dokter

Daripada bertanya di grup media sosial, lebih baik tanya pada ahlinya

Di Forum Tanya Jawab, ibu baru dapat bertanya kepada dokter tim SehatQ hanya dengan cara mengisi kolom pertanyaan di website. Sebagai pembaca, ibu baru juga dapat melihat daftar pertanyaan dan jawaban yang sudah lebih dulu ada. Jadi kalau pertanyaannya sama, kita bisa melihat riwayat tanya jawab pada forum.

4. MySehatQ

Ini dia fitur SehatQ.com yang lain daripada lainnya, yaitu berupa solusi cerdas bagi kebutuhan kesehatan keluarga. Di dalamnya terdapat kalender imunisasi, pemantauan tumbuh kembang anak, kalkulator BMI dan lemak tubuh, perencanaan kehamilan, jadwal janji dengan dokter, dan akses asuransi.

5. Dokter

Ibu baru dapat memanfaatkan kolom pencarian nama dokter, spesialisasi maupun provinsi tempat dokter yang dicari. Ada pula filter jenis spesialisasi dokter seperti dokter anak, kandungan, mata, gigi, THT, dan sebagainya.

Tak hanya itu, ibu dapat membuat janji dengan dokter. Pada website akan keluar tempat praktek dan jadwal dokter (tanggal dan jamnya) sehingga kita dapat memilih tanggal janjian konsultasi. Keren!

6. Rumah Sakit

Terdapat 444 rumah sakit di website SehatQ.com. Ibu Baru atau pembaca lainnya dapat menggunakan fitur kolom pencarian nama rumah sakit maupun lokasi rumah sakit yang dicari (provinsi atau kota).

Selain rumah sakit, informasi klinik, klinik gigi, klinik kulit dan kecantikan, laboratorium, dan puskesmas juga tersedia. Wah, sebagai seorang ibu baru tentu sangat terbantu dengan informasi ini. Tidak perlu repot-repot browsing lagi. Cukup dengan membuka SehatQ.com dan informasi terpercaya akan didapatkan.

7. Promo Kesehatan

promo kesehatan paket ibu hamil

Semua ibu pasti melek dengan promo kesehatan. Paket hemat yang dicari-cari informasinya. Jangan khawatir, SehatQ bekerja sama dengan berbagai klinik, laboratorium dan rumah sakit terkait promo kesehatan.

Kita dapat menemukan promo medical check up, paket pemutihan gigi, paket imunisasi anak, paket cek bebas narkoba, hingga paket ibu hamil. Saya barusan cek dan promonya mulai dari 30%- ada yang 70% lebih=D

8. Acara Kesehatan

Seperti saya sampaikan di awal, ibu baru membutuhkan ilmu mengenai kesehatan anak. Di SehatQ, terdapat fitur tanggal dan lokasi acara yang dapat dimanfaatkan.

Kita dapat menemukan informasi acara kesehatan mulai dari talkshow, donor darah sampai event olahraga seperti lari. Sekeluarga bisa ikutan nih. Ibunya talkshow, Ayah ikutan donor darah dan lari.

Bagaimana? Beneran ada layanan kesehatan digital paket lengkap, kan? Mau tahu lebih lanjut tentang SehatQ? Langsung saja follow media sosialnya yaitu di:

Instagram: @sehatq_id
Twitter: @sehatq
Facebook: SehatQ
Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Bagikan ke sesama ibu baru agar terhindar dari hoax terkait kesehatan keluarga.
(Visited 88 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

23 Comments

  • nurulrahma August 26, 2019 Reply

    SehatQ sungguh uhuuuyy!
    Menyajikan semua kebutuhan kita related dgn kesehatan ya Mba

  • Suciarti Wahyuningtyas August 26, 2019 Reply

    Aku nih suka bacain SehatQ juga karena informasinya pun lengkap dan bisa sekalian konsultasi juga dengan dokter yang kita pilih. Semoga dalam waktu dekat ada aplikasinya ya mbak.

  • diane August 26, 2019 Reply

    Wahh komplit ya…fitur-fitur di Sehatq ini…ibarat jalan-jalan..kita gak bakal tersesat…Kalo ada keluhan sakit gak bakalan salah obat

  • D Sukmana Adi August 26, 2019 Reply

    startup sekarang makin keren keren
    mampu memenuhi kebutuhan konsumennya
    cek ah..

  • HM Zwan August 27, 2019 Reply

    SehatQ ini bener2 komplit ya mbk. Semua hal yang berhubungan dengan kesehatan ada semua. Mulai dari info obat sampai info dokter praktek

  • Nanik Nara August 28, 2019 Reply

    Saya ibu lama, sampai sekarang juga kalau anak sakit, masih suka panik mbak.
    Jadi sehatQ ini bukan cuma buat ibu baru, buat ibu lama kayak saya juga banyak manfaat yang bisa diambil. Tinggal tiduran di rumah, bisa dapat info yang valid seputar kesehatan

  • Dedew August 28, 2019 Reply

    Fiturnya lengkap ya, terus bisa konsultasi dengan ahlinya, jadi kita ngga gampang termakan hoax kesehatan di WAG yang makin banyak aja..

  • Nunung yuni August 28, 2019 Reply

    Artikel di SehatQ ini lengkap bangeet. Beberapa artikel tentang penyakit lengkap. Saat saya ketik alergi penjelasan tentang alergi pun bersedia lengkap. Sumbernya terpercaya karena dokter atau ditinjau oleh dokter.

  • Rach Alida Bahaweres August 28, 2019 Reply

    Wah aplikasi kesehatan seperti ini yang harus didukung karena daripada cari berita yang hoax malah menyusahkan euy

  • Dian Restu Agustina August 28, 2019 Reply

    SehatQ memang layanan digital kesehatan paling lengkap yaa..
    Jadi ingat juga 17 tahun lalu jadi Ibu di pedalaman ngikut suami kerja di sana, beneran blank mau nanya kemana tentang kesehatan ini. Kalau ada SehatQ dengan info yang kredibel begini tentu akan membantu sekali yang membutuhkan

  • Milda Ini August 28, 2019 Reply

    nah, aku suka banget bagian informasi obat itu, informatif sekali detil pulak, jadi lega bacanya dan gak pindah2 ke laman lainnya

  • Lina W. Sasmita August 28, 2019 Reply

    Saya suka banget dengan situs ini, direktori kesehatannya lengkap banget. Nama-nama penyakit dan obat dari A sampai Z semua ada.

  • Ainhy Edelweiss August 28, 2019 Reply

    Sebagai calon ibu, ada banyak informasi kesehatan yang saya perlukan khususnya tentang bayi, mudah2an lengkap yah infonya di Web ini

  • artha maula amalia August 28, 2019 Reply

    kalau basicnya nakes, walau gak kerja sesuai profesi tapi setidaknya pernah sekolah kesehatan, bakal lebih tenang untuk masalah menjaga dan menangani kesehatan keluarga ya kak. tapi bagi orang awam, sakit sedikit udah heboh. apalagi bagi yg malas ke dokter dan malah milih browsing. kudu waspada daripada termakab hoaks. mending buka sehatq ajah

  • Siti Hairul August 28, 2019 Reply

    Wah para bumil dan busui seneng mih ada SehatQ. Membantu menjawab banyak pertanyaan para ibu

  • Lidya August 28, 2019 Reply

    Buat ibu lama kaya aku juga jadi andalan kok:) KAlau bingung2 soal kesehatan bisa langsug cari artikelnay di Sehat2 olus tanay2 dokternya

  • April Hamsa August 28, 2019 Reply

    Hahaha aku inget pada zamannya banyak forum2 IG buat ibu baru ya. Cuma bisa meringis sama pengobatan madu, herbal, bla bla gak mau ke dokter dll
    Saking banyaknya arus informasi kesehatan sampai gak tau cara milahnya wkwkwk. Enak kalau ada website kyk SehatQ ini apalagi diasuh oleh org yg kredibel di bidang kesehatan, jd bisa dipercaya ya mbak

  • Utie adnu August 28, 2019 Reply

    Iyap fitur2 nya lengkap ya mba semakin suka krn bnyak artikel yg bermanfaat dah gitu bisa chat lsg dg dokter juga

  • lendyagasshi August 28, 2019 Reply

    Gaya hidup sehat memang harus kita warisi pada anak-cucu niih…
    Kalau buka website sehatq bisa dapat info banyak mengenai ksehatan sekaligus dateng keeven yang bisa dihadiri bersama keluarga.

  • Helena August 29, 2019 Reply

    aku tuh baru ngeh ada website SehatQ. Trus langsung ku kepo-in fiturnya satu persatu dan ku coba dong. Wah seneng banget nemu artikel seputar mitos dan fakta kehamilan yang terpercaya.

  • Sri Widiyastuti August 29, 2019 Reply

    Lengkap banget ya aplikasi SehatQ, jadi enggak usah susah susah browsing nyari tenpat konsultasi dokter atau nyari obat yang pas yang lagi cari, tinggal klik satu aplikasi doang. keren nih. bener deh jadi andalan ibu ibu

  • Damar Aisyah August 29, 2019 Reply

    Jadi ingat juga pas hamil anak pertama. Segala macam buku kehamilan dibeli tapi seringnya nggak sempat baca semua. Coba dulu ada SehatQ kayak gini ya. Tinggal search aja bahasan yang dibutuhkan. Langsung beres deh. Praktis dan informatif banget SehatQ.

  • Arinta Adiningtyas September 1, 2019 Reply

    Kemarin ada temen sakit, dia Googling gejala dan keluhannya, kira-kira dia sakit apa dan bagaimana pengobatannya. Eh, malah habis itu makin parno dia.

    Kalau di SehatQ ini Insya Allah lebih terpercaya ya, Mbak.. Nanti kusarankan dia utk buka SehatQ deh. Apalagi ada forum tanya jawab juga. Biar ngga terjerumus. 😀

Leave a Reply

error: Content is protected !!