Festival Bunda Generasi Maju

Festival Bunda Generasi Maju, Dukung Masa Kehamilan Bunda

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Kehamilan saya memasuki usia 12 minggu, masih di trimester satu. Semenjak menstruasi telat datang, badan saya memang terasa lemas dan mual kerap melanda. Awalnya saya kira hanya meriang biasa, tapi karena tidak kunjung sembuh, pikiran langsung melayang ke tanda-tanda kehamilan.

Kemudian saya membeli testpack untuk memastikan. Hasilnya, dua garis merah menyala dengan terangnya. Alhamdulillah, ternyata saya benar-benar hamil. Sebenarnya rasanya campur aduk. Bahagia, bingung, takut, khawatir, semua campur jadi satu.

Terutama karena tahun ini ada banyak agenda yang sedang menjadi prioritas, yaitu anak sulung masuk SD, dan kami sekeluarga pindah ke Depok, Jawa Barat. Status yang tadinya LDM (Long Distance Marriage) menjadi satu atap kembali.

Bukan perkara mudah, banyak yang saya pikirkan. Pindahan dua rumah dari rumah Jogja ke Depok, ditambah rumah lama di Kelapa Dua pindah ke rumah baru. Belum lagi tentang adaptasi anak-anak terhadap lingkungan rumah dan lingkungan sekolah baru. Juga adaptasi saya terhadap semuanya. Isi pikiran saya terlalu crowded.

Maka kenyataan dua garis merah pada awalnya justru menjadi beban. Apalagi kehamilan kali ini berbeda dengan dua kehamilan lainnya. Saya merasakan mual dengan pemicu yang lumayan banyak pada trimester satu.

Aroma bawang, aroma pesing kamar mandi, aroma bumbu masak, aroma keringat anak, angin dari kipas angin, angin AC, semua membuat saya mual. Bila terpapar terlalu lama, terjadilah muntah.

Belum lagi kondisi badan yamg nge- drop. Bawaannya lemas, malas, ngantukan. Kayak 10 tahun lebih tua. Saya sadar, bahwa usia saya di kehamilan ketiga sudah memasuki kepala tiga. Artinya, tidak sefit dulu kala berusia kepala dua. Tidak segesit dan sekuat dulu saat masih belia.

Perempuan yang usia KTPnya sudah kepala tiga, tapi dia rajin olahraga, dan makan dengan gizi seimbang, bisa jadi fisiknya masih di usia 20-an. Sedangkan saya? Saya sadar diri bahwa pola makan dan gaya hidup masih berantakan sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan.

Sama seperti yang dinyatakan oleh dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, Sp.OG bahwa kehamilan usia 35 tahun ke atas mempunyai risiko lebih tinggi. Kualitas sel telur juga menurun. Oleh karena itu disarankan agar lebih memperhatikan nutrisi. Bahkan sejak sebelum kehamilan yaitu saat mulai program hamil.

Tidak hanya calon ibu saja yang perlu memperhatikan nutrisinya, tapi juga calon ayah. Perbanyak sumber makanan yang mengandung asam folat dan vitamin E. Bila tidak dapat dipenuhi melalui makanan, maka bisa diperoleh dari vitamin atau susu.

Apalagi yang disampaikan oleh dr. Edu mengenai nutrisi kehamilan? Sebelumnya, saya ingin menceritakan dr. Edu hadir sebagai pembicara di acara apa sih?

Festival Bunda Generasi Maju, Dukung 1000 Hari Pertama si Kecil

Pada tanggal 28 Februari 2019 kemarin, SGM mengadakan Festival Generasi Maju di JEC, Yogyakarta. Acara ini dihadirkan sebagai dukungan terhadap masa kehamilan. Seperti kita ketahui bahwa 1000 hari pertama si kecil merupakan masa yang amat penting bagi tumbuh kembangnya.

Kecerdasannya, kesehatan organ-organ di tubuhnya, termasuk otak adalah hasil dari nutrisi yang didapatkan selama 1000 hari pertamanya. Masyaallah rasanya tertampar sekali karena dulu sewaktu hamil anak pertama dan kedua makan ya asal-asalan. Asal enggak muntah. Asal mulut dan perut bisa menerima.

Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan vitamin yang diberikan oleh dokter, serta susu hamil yang saya beli sendiri. Saya menyadari bahwa kondisi kehamilan saya kadang membuat saya muntah dan malas makan sehingga butuh nutrisi tambahan selain dari makanan.

Festival Bunda Generasi Maju edukasi nutrisi

Edukasi oleh dr. Edu merupakan acara pertama yang ditampilkan di panggung Festival Bunda Generasi Maju. Saya merangkum materi yang disampaikan oleh beliau agar kita sama-sama belajar:

1. Pentingnya Nutrisi Makro dan Mikro selama Kehamilan

Nutrisi makro yang dimaksud adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Ketiganya kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Kebutuhan makro ini biasanya dapat dipenuhi oleh ibu hamil melalui makanan.

Bagaimana dengan nutrisi mikro? Yang dimaksud dengan nutrisi mikro adalah vitamin dan mineral, antara lain Asam Folat, Zat Besi, Vit.B1, Vit.B2, Vit.B12, Kalsium, Vit.D, dan Vit.C. Nah, tidak semua nutrisi ini dapat terpenuhi melalui makanan. Kecuali ibu hamil benar-benar memilih jenis makanan yang mengandung nutrisi mikro tersebut.

2. Pentingnya Asam Folat pada Kehamilan

Apa sih pentingnya asam folat? Asam folat berperan untuk pertumbuhan organ-organ janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelainan pada janin. Mengonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Asam folat juga dipercaya dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan kelainan jantung pada bayi. Asam folat juga mungkin dapat membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan.

Selain itu, Asam folat juga bisa mengobati anemia akibat kekurangan asam folat. Konsumsi asam folat yang cukup juga dipercaya dapat mengurangi risiko preeklamsia (sumber: alodokter.com)

Asam folat dapat ditemukan pada makanan seperti hati, bayam, brokoli, buah bit, kacang kering, kacang polong, produk gandum dan jeruk. Kalau ibu hamil jarang memakan jenis makanan tersebut, alangkah baiknya meninum vitamin asam folat atau susu khusus ibu hamil yang mengandung asam folat.

3. Pentingnya Zat Besi pada Kehamilan

Kebutuhan zat besi pada ibu hamil meningkat, mengapa? Karena tubuh ibu memproduksi persediaan darah tambahan untuk ibu dan bayi. Tubuh akan memerlukan zat besi lebih banyak untuk pembentukan persediaan darah tersebut dan juga untuk mendukung percepatan pertumbuhan bayi.

Zat besi dan asam folat dapat mencegah terjadinya anemia. Yang disebut anemia pada ibu hamil adalah jika kadar Hb <11 mg/dl pada trimester 1 dan kadar Hb <10,5 mg/dl pada trimester kedua.

Hal ini perlu mendapat perhatian karena anemia pada ibu hamil dapat berakibat buruk antara lain terjadinya perdarahan, kelainan plasenta, berat badan bayi lahir rendah, keguguran, kematian bayi dalam kandungan, gagal jantung, dan bayi lahir prematur. Hiks, tentu tidak ada ibu yang mau mengalami hal di atas.

Oleh karena itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan zat besi hariannya baik melalui makanan, vitamin, maupun susu.

Susu SGM Bunda dengan Complinutri, Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Setelah sesi edukasi dari dr. Edu, Mbak Renta selaku perwakilan dari SGM menyampaikan bahwa susu SGM Bunda mengandung asam folat dan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi makro dan mikro lainnya juga terdapat dalam susu tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan formula Complinutri? Ternyata, susu ini:

1. Mengandung minyak ikan, yang fungsinya mendukung perkembangan saraf dan otak janin.
2. Tinggi Zat Besi, yang mendukung pencegahan anemia pada Bunda.
3. Tinggi Asam Folat, yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.
4. Tinggi Kalsium & Vitamin D, yang fungsinya membantu pembentukan tulang janin.

Wah, lengkap sekali bukan? Dengan demikian, ibu hamil tidak perlu khawatir bila mual muntah sehingga nutrisi yang kurang, dapat dilengkapi oleh susu SGM Bunda. Kesehatan Bunda dan perkembangan janin akan optimal demi terbentuknya calon anak generasi maju.

Edukasi untuk Ibu Hamil melalui Aktivitas Offline dan Online

Selain menghadirkan produk bernutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, SGM Bunda berkomitmen memberikan edukasi dan informasi bagi Bunda melalui aktifitas offline dan online.

Salah satu aktivitas offline -nya adalah acara Festival Bunda Generasi Maju, yaitu dengan serangkaian acara seperti prenatal couple yoga yang bikin baper abis, cooking demo, dan beauty demo.

Prenatal Couple Yoga Bermanfaat untuk Kehamilan dan Persalinan

Prenatal couple yoga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil. Yoga selama kehamilan juga mengajarkan cara pernapasan perut yang benar, yang nantinya akan digunakan selama proses persalinan.

Instruktur yoga yang mengisi acara prenatal couple yoga berasal dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga). Saya sempat mengikuti keseruan prenatal yoga tersebut. Mak Juli, sesama blogger menjadi pasangan saya.

prenatal couple yoga

Yang pertama kali saya rasakan adalah mengantuk, hehe. Kemudian di sesi yang sudah mulai ada gerakannya jadi semangat. Yoga memang terlihat mudah, padahal sebenarnya gerakan-gerakannya punya tujuan.

Di trimester kedua nanti, saya ingin mengikuti kelas yoga, karena saya tahu manfaatnya sangat besar untuk kelancaran persalinan. Apalagi saya bertekad untuk VBAC. Doakan ya.

Cooking Demo, Menu Es Segar untuk Ibu Hamil

Siapa yang saat hamil mual-mual? Pinginnya makan yang segar-segar kayak es. Nah, susu SGM Bunda dapat dikreasikan menjadi menu es yang menyehatkan lho. Salah satunya adalah es jeruk pelangi.

kreasi susu SGM Bunda

Es ini berasal dari susu SGM Bunda rasa jeruk yang diblender menggunakan es, lalu untuk isiannya ditambah agar-agar serut, jelly, dan nata de coco. Saya mencobanya dan ketagihan.

Aneka menu kreasi es susu SGM Bunda sudah disatukan dalam mini booklet resep Festival Bunda Generasi Maju. Ada es sirsak strawberry, es alpukat lapis cokelat, es kelapa muda jeruk, puding cokelat, dan sebagainya. Dari tiga rasa susu SGM Bunda, bisa menjadi aneka camilan yang bervariasi.

Beauty Demo dari Wardah

Acara terakhir di panggung #festivalbundagenerasimaju adalah beauty demo dari Wardah. Salah satu Bunda menjadi model make over dengan maju ke depan. Masa kehamilan memang membuat Bunda jadi malas berdandan. Padahal dandan enggak harus menor, dan enggak harus lama.

Festival Bunda Generasi Maju beauty demo

Wardah juga menyampaikan bahwa permasalah kulit yang kerap datang saat kehamilan adalah jerawat. Oleh karena itu Bunda harus tahu cara membersihkan wajah yang benar, dan tidak boleh sembarang memilih produk kosmetik. Pilihlah produk yang aman untuk ibu hamil dan janin.

Bercak hitam kadang juga muncul karena meningkatnya pigmentasi. Bila memang sangat mengganggu, Bunda bisa konsultasi ke dokter. Tapi umumnya akan menghilang seiring dengan lahirnya bayi.

Yang paling penting adalah menjaga kondisi kulit dengan perawatan yang benar. Bila kulit sudah terawat, ibu hamil tidak perlu memakai make up tebal.

Selain tiga acara di atas plus edukasi nutrisi, di area Festival Bunda Generasi Maju juga terdapat booth yang mendukung ibu hamil, yaitu:

Beragam Area di Festival Bunda Generasi Maju

1. Area Bunda Cantik

Booth ini berisi aneka produk kosmetik yang dapat dicoba. Penjaga booth akan membantu menganalisa kulit Bunda sehingga dipilihkan produk yang sesuai.

2. Area Bunda Jajan

Di area ini, Bunda akan mendapatkan makanan gratis. Cukup dengan menunjukkan paspor Festival Bunda Generasi Maju, dan beragam camilan serta air mineral bisa dinikmati selama acara. Pas banget saya yang sedang hamil mudah lapar dan haus, alhamdulillah.

3. Area Bunda Photo

Momen kehamilan pastinya merupakan momen langka yang membahagiakan. Oleh karena itu, semua Bunda ingin mengabadikannya. Festival Bunda Generasi Maju memfasilitasi sebuah area lengkap dengan background lucu untuk tempat berfoto.

Festival Bunda Generasi Maju bunda photo

Pssst, ada lomba fotonya juga lho. Bunda boleh berpose bersama suami, teman, atau Mama.

4. Area Bunda Santai

Ini dia area favorit saya, dipijatin. Dengan menunjukkan paspor, Bunda dapat memilih mau di totok wajahnya, atau mendapatkan foot massage. Saya kemarin memilih foot massage. Enak sekali rasanya, pegal-pegal di kaki hilang.

Festival Bunda Generasi Maju bunda santai

Pinginnya sih nambah totok wajah juga. Tapi setiap Bunda hanya bisa memilih satu saja. Di area ini juga disediakan head set untuk mendengarkan musik. Bunda dipastikan menjadi lebih rileks.

5. Area Bunda Cerdas

Festival Bunda Generasi Maju area bunda cerdas

Ada yang pernah mendengar mitos selama kehamilan? Yuk tebak-tebakan mana mitos mana fakta? Ada 10 pertanyaan yang harus dijawab Bunda. Bila benar semua jawabannya, Bunda akan mendapatkan hadiah berupa tote bag. Tapi bila ada yang salah, Bunda tetap mendapat pouch. Asyik, kan?

6. Area Bunda Sehat

Festival Bunda Generasi Maju area bunda sehat

Area ini juga saya tunggu-tunggu. Ibu hamil diperiksa tekanan darah dan berat badannya. Kemudian masuk ke ruangan untuk dicek USG oleh dr. Edu.

Alhamdulillah saya jadi tahu bahwa kehamilan saya secara hitungan manual sudsh mencapai usia 12 minggu, dan ketika di USG keluar hasil 13 minggu berdasarkan ukuran janin. Lebih seminggu merupakan hal yang bagus, kata dr. Edu.

7. Area Susu SGM Bunda

susu SGM Bunda

Di area ini, Bunda dapat membeli susu SGM Bunda berbagai rasa. Ukuran karton pun bermacam-macam. Setiap pembelian akan mendapatkan poin yang bila sudah mencapai jumlah tertentu dapat ditukarkan dengan hadiah. Wah, seru sekali ya, beli susu dapat hadiah.

SGM Bunda, sebagai #LangkahAwalDukungGenerasiMaju juga menghadirkan edukasi seputar masa kehamilan dan menyusui melalui platform social media yaitu Facebook SGM Bunda.

Facebook ini berisi edukasi dan tips tentang kehamilan, live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi, serta berbagai aktivitas menarik lainnya. Jangan lupa like Facebook SGM Bunda ya untuk mendapatkan informasi – informasi keren di atas.

Selain melalui Facebook, Bunda juga dapat membaca informasi seputar kehamilan di website generasi maju. Di website ini terdapat artikel-artikel yang dapat menambah pengetahuan Bunda.

Untuk Bunda yang berada di luar kota Jogja, atau tanggal 28 April kemarin belum sempat datang ke Festival Bunda Generasi Maju di JEC, masih ada lho acara Festival Bunda Generasi Maju di kota lain. Yang terdekat adalah di Jakarta tanggal 21 Juli 2019 dan Bandung pada tanggal 28 Juli 2019. Jangan sampai terlewatkan ya.

(Visited 42 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!