Resep Sehat JSR, Buku Terbaru Karya Dokter Zaidul Akbar

Facebooktwitterredditmail

Resep Sehat JSR, Buku Terbaru Karya Dokter Zaidul Akbar. Saya pertama kali mengenal resep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) beberapa tahun lalu. Sempat booming di Facebook berbagai foto dan resep JSR yang menggoda untuk dipraktikkan. Beberapa teman saya juga melakoni hidup sehat ala JSR. Dan mereka merasakan manfaatnya. Mulai dari badan terasa lebih nyaman, pencernaan lebih lancar, hingga bonusnya menjadi jarang sakit.

Lalu, apakah saya pernah mempraktikkannya? Tentu saja. Meskipun tidak rutin, alias saat sedang enggak enak badan saja. Misalnya saat pilek melanda. Langsung deh nyiapin berbagai herbal yang bermanfaat untuk meredakan pilek. 

Sewaktu hamil anak ketiga, saya sempat rutin menyiapkan air nabeez (rendaman kurma) untuk menambah tenaga saat harus beraktivitas selama hamil. Selain itu, suami juga pernah rutin mengonsumsi jeruk nipis/ lemon ditambah madu untuk meruntuhkan lemak-lemak didalam tubuhnya. Alasannya karena hasil medical check-up menunjukkan fakta bahwa kolesterol suami tinggi, yaitu di atas 200.

Tak hanya meminum air jeruk nipis+madu di pagi hari, suami juga mengubah pola makannya. Yang tadinya senang makan gorengan, diganti rebus dan kukus. Karbohidrat bervariasi, bahkan sering enggak makan nasi. Sebagai gantinya, saya mengukus kentang, jagung, ubi untuk dimakan oleh suami. 

Lauk rebus dan kukus, bukan berarti enggak enak lho. Kalau pintar membumbuinya, tetap terasa enak. Misalnya ikan kukus dibuat sedemikian rupa agar tidak amis, dan tetap terasa segar. Menu gado-gado atau salad juga terasa enak dengan aneka topping.

Oke, kembali ke buku kedua karya dr. Zaidul Akbar, buku Resep Sehat JSR ini diluncurkan pada tanggal 6 Maret 2021 secara virtual oleh Syaamil Quran. Saya takjub dengan berbagai keunggulan dari buku ini. Apa saja ya?

Keunggulan Buku Resep Sehat JSR

1. Mengandung 200 Resep Menyehatkan

Saya cukup kaget ketika mengetahui ada 200 resep sehat yang dicantumkan dalam buku Resep Sehat JSR. Dua ratus resep itu banyak lho, apalagi sudah dibagi-bagi sesuai dengan efeknya. Jadi pembaca bisa mencari resep sesuai dengan kebutuhannya, hanya dengan membaca daftar isinya.

Resepnya mudah dibuat, simpel, dengan bahan-bahan yang juga mudah didapat. Bahkan banyak bahan yang biasanya ada di rumah sebagai bumbu dapur. Atau berupa sayuran dan buah-buahan yang tersedia di tukang sayur atau di pasar terdekat.

Di akhir tulisan ini, saya akan mencantumkan beberapa resep yang sudah saya coba di rumah. Bahkan anak-anak saya bersemangat untuk mempraktikkannya, karena mereka tertarik dengan fotonya.

2. 524 Halaman Full Color

Buku Resep Sehat JSR berisi 524 halaman full color. Menggunakan kertas art paper glossy, dan hard cover. Harga 249 ribu rupiah sangat worth it mengingat kertas berwarna yang digunakan. Apalagi isi buku juga berkualitas.

Saat grand launching, dr. Zaidul menjelaskan bahwa buku Resep Sehat JSR yang asli tanpa fotocopy-an sama sekali, sehingga pembaca lebih mudah mencari tahu apakah buku yang dibelinya asli atau bajakan.

3. Ditulis langsung oleh Dokter Zaidul berdasar Pengalaman dan Ilmu yang Didapatkannya

Seperti teman-teman ketahui, Zaidul Akbar adalah seorang dokter yang dikenal sebagai ahli pengobatan islami. Beliau menulis buku Resep Sehat JSR berdasarkan pengalamannya mencoba langsung khasiat resep-resep tersebut. Ditambah klien atau pasien yang berhasil sembuh atau membaik kondisinya setelah mempraktikkan resep JSR.

Selain itu, saat grand launching, dr. Zaidul Akbar juga menyampaikan bahwa banyak ilmu mengenai pengobatan islami yang beliau dapat dari guru-gurunya. Semua ilmu tersebut tentu saja bersumber dari Al-Quran dan Al Hadits. Hal inilah yang menjadi salah satu keutamaan buku ini.

4. Dilengkapi dengan Foto Cantik dan Berkualitas

Siapa sangka, 524 halaman buku Resep Sehat JSR dilengkapi dengan ratusan foto menarik. Berbagai foto ramuan minuman, dan jus menghiasi setiap halaman buku. Pembaca menjadi semakin ngiler untuk segera mempraktikkan resep dan menyantap minuman yang dibuat.

Foto-foto cantik nan berkualitas ini adalah karya Teh Ismalia Shara, fotografer utama buku Resep Sehat JSR. Teh Isma sangat total dalam memotret. Properti foto dan bahan-bahan yang digunakan benar-benar sesuai isi resep. Bila resepnya mengandung pare, ya fotonya beneran ramuan pare. Bila resepnya mengandung akar alang-alang, ya fotonya adalah ramuan dengan akar alang-alang. Bukan animasi atau ilustrasi, tapi foto riil.

5. Diterbitkan oleh Syaamil Quran

Siapa sih yang enggak kenal dengan Syaamil Quran? Penerbit Al Qur’an terbaik di Indonesia. Tak hanya Al Qur’an, buku-buku atau produk yang diterbitkan oleh Syaamil Quran secara konsisten berbasis islami. Termasuk buku Resep Sehat JSR ini.

Syaamil Quran juga enggak main-main saat meluncurkan buku Resep Sehat JSR. Acara grand launching-nya sangat meriah. Diawali dengan Kajian MQ Pagi Jurus Sehat Rasulullah bersama Aa Gym dan dr. Asep Hermana, Sp.B., FinaCS., MM pada tanggal 6 Maret 2021 pukul 5 pagi. Kemudian diikuti dengan Launching Buku Resep Sehat JSR pukul 9 pagi sampai selesai. dr. Zaidul AKbar sampai berulang kali berterima kasih kepada Syaamil Quran karena telah banyak membantu dalam menerbitkan bukunya. Menurut pandangan saya, bertemu penerbit itu seperti bertemu jodoh. Makanya buku Resep Sehat JSR bisa diterbitkan oleh Syaamil Quran adalah sebuah kelebihan tersendiri.

Isi Buku Resep Sehat JSR

Seperti sudah saya tulis di atas, buku Resep Sehat JSR berisi 200 resep menyehatkan. Buku ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bab pertama adalah tentang Kita dan Penyakit. Terdapat empat subbab yaitu Sakit dan Penyakit, Samakah? Tiga Sehat, Penyakit Tidak Mendekat, Sakit adalah Ujian bagi Orang Beriman, Iman Kuat Badan Sehat.

Salah satu halaman yang paling saya ingat adalah kunci kesehatan melalui 3 sehat, yaitu hati yang sehat, raga atau fisik yang sehat, dan makanan yang sehat. Ketiganya harus seimbang agar penyakit tidak datang mendekat.

Dalam buku Resep Sehat JSR, dr. Zaidul Akbar juga menulis agar kita bersemangat untuk hidup sehat, maka milikilah motivasi atau tujuan. Sebagai muslim, tentu motivasinya adalah sebagai rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan. Sedangkan tujuannya, jika kita sehat, maka akan lebih mudah dan lebih baik dalam beribadah.

Allah menciptakan penyakit, diikuti dengan obatnya. Dan obat tersebut ada di sekeliling kita. Tinggal kitanya yang mau mengenali dan memanfaatkannya atau tidak.

Hal yang pertama yang dilakukan seorang muslim saat sakit adalah bertobat. Karena pada dasarnya sakit datang untuk menggugurkan dosa kita. Dan adapula yang menjadi ujian. Maka bertobatlah terlebih dahulu agar hati menjadi bersih, iman meningkat. Baru obati dengan resep JSR.

Kita lanjut ke bab berikutnya ya. Bab kedua berisi Penyakit dari Allah, Obatnya pun dari Allah. Bab ini juga dibagi ke dalam beberapa subbab antara lain Mengapa Harus Obat Alami? Bumbu Dapur Obat Herbal Penuh Khasiat, Buah-buahan Nikmat Kaya Manfaat, Sayuran Segar Bikin Bugar, Umbi Tersembunyi tetapi Khasiatnya Sudah Teruji, Daun-daunan, Bunga-bungaan, Kacang-kacangan, Tumbuhan Biasa yang Luar Biasa, Air Zamzam Air Terbaik di Muka Bumi.

Kemudian bab ketiga baru membahas tentang 200 Resep JSR dan Cara Meraciknya. Di bab ketiga ini, dr. Zaidul Akbar sudah membagi-bagi resep sesuai manfaatnya, misalnya untuk Infeksi dan Alergi, resep bagi Sistem Pencernaan, Sistem Reproduksi, Sistem Pernapasan, Sistem Kekebalan Tubuh, dan sistem lainnya.

Isi buku Resep Sehat JSR sangat lengkap, bukan? Semua yang ingin teman-teman ketahui tentang tanaman yang bahan-bahan yang bermanfaat untuk tubuh ada di dalam buku ini. Isi buku yang berwarna membuat saya juga beta membacanya.

Praktik Resep JSR, Cara Mudah untuk Sehat

Saat menerima buku Resep Sehat JSR, saya langsung penasaran dan ingin mencoba berbagai resepnya. Justru anak saya yang pertama kali memilih resep untuk dicoba, yaitu resep untuk batuk. Yuk, kita lihat resepnya seperti apa.

Resep untuk Batuk

Bahan:

1 ruas jahe (seukuran jempol orang dewasa) diiris, digeprek atau diparut (saya digeprek)

1 batang serai

1 buah jeruk nipis

1 sdm madu

Cara:

Rebus irisan jahe dan serai dengan 300 ml air matang hingga berubah warna (tidak perlu sampai mendidih). Tunggu hingga hangat. Setelah itu, peras jeruk nipis dan tambahkan madu.

Mudah, bukan? Ramuan di atas bisa digunakan mengatasi batuk kering pada orang dewasa. Ramuan ini rasanya segar dan manis, karena ada jahe, jeruk nipis dan madunya. Enak diminum saat hangat.

Resep untuk Mengobati Influenza/ Pilek/ Salesma

Resep berikutnya yang saya dan anak-anak pratikkan adalah resep untuk pilek, karena kebetulan anak pertama saya sedang pilek. Kita lihat yuk, resepnya.

Bahan:

1 buah jeruk nipis/lemon

2 buah kunyit seukuran kelingking orang dewasa

1-2 sdm madu

300 ml air

Cara membuat:

Seduh atau rebus kunyit. Jika direbus jangan merebusnya sampai mendidih. Tunggu hingga hangat kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan madu.

Rasanya enak sekali, hangat di tenggorokan gitu. Anak saya sampai menghabiskan segelas ramuan ini. Kayaknya saya bakal sering praktik ramuan ini kalau ada anggota keluarga yang pilek.

Saya juga sempat membuat resep flu lainnya. Teman-teman bisa menonton videonya di bawah ini ya

https://vt.tiktok.com/ZSJF4WWtp/

Resep Anti Infeksi

Resep ketiga yang kami coba adalah resep antiradang (anti inflamasi) yaitu untuk anti infeksi saluran kemih. Saya membuat ramuan ini, karena anak kedua mengeluh perih dan gatal di tempat kencingnya.

Bahan:

1/4 gelas madu murni

1 sdt kunyit bubuk

2 kapsul bubuk jintan hitam/VCO/lada hitam

Cara membuat:

Campur semua bahan sampai seperti bubur. Bahan-bahan ini bisa disimpan dalam kulkas atau dibuat porsi kecil untuk seklai minum. Ramuan ini dapat diminum 2-3 sdm sehari. 

Karena yang meminum adalah anak, maka bahannya ketiga menggunakan VCO, bukan lada hitam. Sedangkan jintan hitam memang kebetulan tidak ada di rumah. Saya juga sempat meminumnya dan rasanya manis. Kunyit bubuk berpadu dengan VCO dan madu ternyata menjadi minuman yang sangat enak.

Resep untuk Menaikkan Berat Badan

Resep keempat yang sempat dipraktikkan oleh anak saya adalah untuk menaikkan berat badan karena ia ingin beratnya lebih ideal. Resep ini enak dan mudah karena berbentuk jus, yaitu jus alpukat.

Bahan:

1 buah alpukat

5 atau 7 butir kurma

1 sdt chia seed

1 sdm madu

300 ml air

Caranya cukup dengan membuat jus dari campuran alpukat dan kurma. Setelah jus tercampur rata, baru tambahkan madu dan chia seed.

Yummy, tentu saja anak saya suka. Saya sendiri juga takjub dengan rasanya karena ternyata jus alpukat tanpa susu kental manis pun bisa tetap enak. Manis dan kental karena diberi kurma, madu dan chia seed. Bakalan jadi resep andalan di rumah nih. Jus alpukat sehat karena tanpa SKM, hehe.

Masih banyak resep dalam buku Resep Sehat JSR yang akan saya praktikkan, salah satunya adalah resep yang menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah seperti pandan, kurma, dan bumbu dapur lainnya.

Oh ya, saya sampai membeli kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, dan pistachio agar bisa membuat ramuan anti osteoporosis untuk saya, dan juga resep jus supernut untuk menaikkan berat badan anak. Doakan saya istiqomah ya mempraktikkan isi buku Resep Sehat JSR, Aamiin.

Oh ya, saya juga membuat review buku Resep Sehat JSR di Youtube lho. Silakan yang mau menonton😊

Jangan lupa like dan subscribe ya🤭
(Visited 101 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

2 Comments

  • Dian March 18, 2021 Reply

    JSR mwmang recommend buat jaga daya tahan tubuh ya mbal
    beberapa resepnya sudah pernah aku coba
    salah satunya mengobati batuk
    dgn adanya buku ini, akan lebih mudah mempraktikkan JSR ya mbak

  • Ngelihat foto-fotonya di buku JSR bisa jadi referensi buat foto minuman yang cakep.

    Makasih bocoran resepnya mba, aku sekarang juga lagi suka bikin-bikin ramuan herbal sendiri. Kadang-kadang ngintip instagramnya dr Zaidul atau nonton YouTubenya. Eh sekarang udah ada bukunya, makin praktis.

Leave a Reply

error: Content is protected !!