Menu Buka Puasa Praktis Lengkap Bergizi

Facebooktwitterredditmail

Menu buka puasa praktis ala keluarga ismi. Assalamualaikum halo sahabat ismi, gimana puasa hari keempatnya? Kalo di keluarga saya, tanggal 4 April ini masuk hari kedua puasa. Saya pribadi belum sempat berpuasa Ramadan karena masih datang bulan. Meski begitu, saya tetap berkoordinasi dengan teteh di rumah soal menu sahur dan berbuka puasa.

Kemarin sih kami beli ayam goreng. Jadi cuma masak nasi dan sayur saja. Sama bikin es buah. Pokoknya yang anti ribetlah.

Bagi keluarga dengan tiga anak kecil, menyiapkan menu berbuka puasa ini agak trikcy. Harus yang anak-anak suka, tapi juga enggak susah buatnya. Jangan lupa musti bergizi juga.

Menu Buka Puasa Praktis Bergizi

Nah, gimana dengan menu buka puasa lainnya? Biasanya menu praktis apa saja kah yang kami persiapkan? Setidaknya ada beberapa syarat menu yang disiapkan untuk berbuka puasa agar tetap lengkap dan bergizi:

1. Ada camilan manis/asin

Menu buka puasa manis
Kolak biji salak buatan sendirišŸ˜

Camilan yang simpel seperti kolak, bubur kacang hijau, donat, puding atau yang asin seperti gorengan, martabak telur, lumpia, dan sebagainya.

Menu buka puasa puding
Puding caramel homamade

Terus terang gorengan masih menjadi primadona di keluarga kami. Padahal kalau bukan bulan puasa, kami jarang makan gorengan lho. Lebih sering mengukus camilan seperti bakpao, ubi, singkong, edemame, dan lain-lain.

2. Ada minuman yang menyegarkan

Misal es buah, es campur, es kelapa muda, jus buah, es kacang hijau, es teler, timun suri, blewah dan sebagainya. Semuanya praktis tinggal potong-potong atau kerok buahnya.

3. Ada protein

Setelah ngemil saat buka puasa, tibalah saatnya makan besar. Yang harus ada selain karbohidrat adalah protein.

Menu buka puasa ikan
Ikan dori panggang dan teman-temannya

Saya memilih lauk-lauk yang anti ribet seperti telur balado atau kecap, ayam ungkep (sudah diungkep sebelum ramadan sehingga tinggal goreng), bakso kuah (baksonya beli saja di tempat yang terpercaya), ayam kecap atau opor, ikan digoreng /bakar, udang mentega, bebek goreng (beli frozen tinggal goreng).

Kalau sempat sebelum puasa bisa bikin kering tempe kacang teri, kering kentang, abon, dan sambal goreng kentang.

4. Ada sayur

Sayur untuk buka puasa

Sayur sebagai sumber vitamin harus ada di menu harian keluarga saya. Bikin yang berkuah atau tumis agar mudah dimasak. Misal sop, tumis jagung wortel, sayur asam, sayur lodeh, steam boat sayuran, pecel berisi sayuran yang dikukus /rebus, dan sebagainya.

5. Menu pasta (spageti, makaroni, fusilli, dll)

Menu pasta ini pengganti nasi kalau bosan makan nasi terus. Pasta mudah diolah dan rasanya biasanya enak meskipun dengan bumbu minimalis.

Menu buka puasa pasta
Spageti corn mozarela praktis dan enak

Sahabat ismi bisa memasak spageti carbonara, makaroni cream keju, spageti bolognase, spageti pesto, fusilli aglio olio, fettucini mushroom ragu dan lain-lain. Menu ini dijamin bakal jadi favorit anak-anak. Jangan lupa tambahkan daging ya agar kebutuhan protein juga terpenuhi.

6. Kurma dan madu

Kurma untuk puasa

Keluarga kami biasanya juga berbuka dengan kurma. Ramadan kali ini, saya sudah pesan kurma di teman, walaupun belum datang. Kalau punya madu, sahabat ismi juga bisa minum madu langsung menggunakan sendok, atau dicampur dengan air hangat.

Gimana dengan keluargamu? Apakah menyiapkan menu yang sama dengan keluargaku? Intinya sih bebas ya mau buka puasa dengan apa saja. Yang penting gizi seimbang. Dan jangan lupa perbanyak cairan saat berbuka dan sahur.

(Visited 69 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published.