Bumbu Nasi Kebuli Praktis dan Ekonomis

Facebooktwitterredditmail

Bumbu nasi kebuli mengobati rindu masakan khas Arab. Halo Assalamualaikum pembaca ismyama.com, gimana nih lebaran hari keenamnya? Masih makan ketupat dan opor ayam? Atau sudah beralih ke lauk lain? Coba baca dulu tips masak ala saya selama pandemi.

Kalau saya sih terus terang, ketupat dan lauk lebarannya habis di hari pertama. Soalnya pesan ke teman, jadinya enggak banyak. Dan orang di rumah yang makan juga banyak.

Nah, hari-hari setelah lebaran berikutnya, saya dan keluarga makan lauk lainnya. Mulai dari kentang goreng, mi, bakso, hingga fastfood. Tapi, ada satu menu yang sebenarnya saya rindukan. Masakan ini selalu dihidangkan kalau saya lebaran ke Lampung, kampung halaman Bapak saya.

Kalau dihitung – hitung, saudara di Lampung ada ratusan orang, puluhan keluarga. Ketika dulu saya masih kecil sampai remaja, pasti diajak keliling silaturahmi ke rumah saudara. Mulai dari daerah Bandar Lampung, Kalianda, Tanjung Karang, sampai Metro.

Yang bikin saya bahagia adalah, makanannya enak-enak. Terutama karena Bapak saya keturunan Arab, yaitu Kakek saya orang Arab asli.

Jadinya, menu lebarannya bervariasi, ada masakan khas Arab juga. Misalnya Om Ali (puding roti khas Arab), marak kambing (sup kambing khas Arab), dan tentu saja nasi kebuli.

Saya biasanya tinggal makan saja. Sambil bantu cuci piring, atau beres-beres meja makan. Hehe. Saat sudah menikah, saya sempat satu kali berlebaran ke Lampung. Waktu itu baru punya satu anak. Lalu setelahnya, belum ke Lampung lagi di hari lebaran. Hingga akhirnya corona melanda. Tambah enggak mungkin lagi berlebaran di Lampung.

Sedih banget, sampai-sampai kebawa mimpi. Dalam mimpi, salah satu sepupuku ngajak makan gitu di rumahnya. Di hadapanku terpampang meja makan besar nan panjang. Di atasnya begitu banyak terhidang beraneka masakan. Semuanya enak-enak, khas Lampung dan Arab. Giliran mau makan, eh kebangun. Hiks.

Saya pingin banget makan nasi kebuli. Untuk mengobati kerinduan, saya pesan makanan via online. Nasi kebuli terdekat dari rumah. Enak sih, tapi harganya lumayan. Padahal nasi kebuli ayam. Apalagi yang pakai kambing, lebih mahal. Itupun hanya beli satu porsi, untuk saya seorang.

Pikiran hemat ala emak-emak pun mulai menyeruak. Sepertinya bakal lebih irit dan puas kalau masak sendiri. Tapi gimana caranya ya agar rasanya pasti enak?

Maklum, karena sudah pernah merasakan langsung nasi kebuli bikinan saudara-saudara saya yang keturunan Arab, bakalan skeptis kalau saya asal masak.

Apalagi bumbu nasi kebuli itu lumayan banyak. Kalau sampai kurang satu bumbu, bisa-bisa rasanya beda. Hmm, gimana ya?

Bumbu Nasi Kebuli Praktis

Bumbu Nasi Kebuli

Aha, Alhamdulillah banget saya menemukan bumbu nasi kebuli yang praktis dan ekonomis. Namanya Bumbu Kebuli Cairo Food. Saya penasaran sama bumbu ini karena terbuat dari 100% rempah alami, bukan kimia atau perisa. Selain itu juga bebas MSG, tanpa pewarna, tanpa pengawet, tanpa campuran/ filler, dan anti kempalnya alami yaitu dari beras.

Penasaran enggak isi bumbu nasi kebulinya apa saja? Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food mengandung: Kayumanis, Biji Kelabat, Bunga Lawang, Biji Ketumbar, Cumin, Biji Pala, Lada Hitam, Cengkeh, Lengkuas, Jahe Putih, Serai, Kapulaga Putih, Daun Salam, Kapulaga Hijau, Daun Jeruk Purut, Caraway, Kunyit Kuning, Beras Putih. Super lengkap, kan, bumbunya? Kebayang kalau harus nyediain atau ngulek sendiri. Buanyak pol.

Dengan kandungan yang selengkap itu, pantas saja kalau bumbu kebuli dari Cairo Food dipakai dan dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan katering. Auto enak ini mah nasi kebulinya.

Oh ya, bumbu kebuli dari Cairo Food sudah punya nomor PIRT lho, yaitu P – IRT No. 7.11.3173.03.0049-24. Saya jadi tambah yakin dengan keamanannya.

Bumbu nasi kebulinya sudah dapat, langkah selanjutnya tentu saja memasak nasi kebuli. Nah, saya mau share resep anti gagal nih. Dijamin enak, soalnya ini resep langsung dari Cairo Food.

Resep Lezat Warisan Cairo Food

Resep nasi kebuli kambing

Bahan:

1 kg Daging Kambing dengan atau tanpa tulang
1 Liter Beras Basmati atau Beras Pera IR 42
250 gram Bawang Bombay dipotong dadu kecil
6 siung Bawang Putih dipotong kecil
4 sdm Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
3 sdm Minyak Samin/Mentega
Air secukupnya
Garam sesuai selera

Cara memasak:

1. Tumis bawang bombay di dalam panci dengan Minyak Samin/Mentega hingga layu, lalu masukkan bawang putih hingga semuanya berubah warna menjadi lebih coklat.

2. Masukkan Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food lalu tumis sebentar hingga aroma nya terium kuat.

3. Masukkan Air secukupnya sekitar 1.2 Liter tergantung jenis beras yang anda gunakan. Jika anda akan menggunakan Beras Pera IR 42, maka gunakan Air sebanyak 1.2 Liter. Jika anda menggunakan Beras Basmati, maka anda bisa menggunakan 1.4 Liter air. Semua tergantung selera anda, tambahkan air jika ingin lebih basah.

4. Masukkan daging kambing lalu rebus hingga empuk. Selalu jaga agar volume air agar tidak berubah selama proses merebus daging. Daging kambing membutuhkan waktu berkisan dari 45 menit hingga 2 jam tergantung umur dan jenis kambing. Selalu cek dan coba tusuk dengan garpu untuk melihat apakah daging sudah empuk atau belum.

5. Jika daging sudah empuk, silahkan cuci Beras beberapa kali hingga bersih lalu masukkan kedalam panci. Khusus untuk beras basmati, anda harus merendam beras terlebih dahulu dalam air selama 5-10 Menit, lalu tiriskan dan masukkan kedalam panci. Jika anda menggunakan Beras Pera IR 42, maka anda bisa langsung memasukkan kedalam panci setelah beras dicuci dan ditiriskan.

6. Masak Nasi Kebuli hingga matang.

7. Sajikan dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Tips

1. Karakter beras dan skala air selalu berbeda, perhatikan hal ini agar anda bisa mengatur volume air dalam nasi agar tidak pulen.

2. Teman-teman bisa menggunakan cara dan resep lainnya.

3. Setiap merek garam memiliki kadar asin yang berbeda.

4. Rendam beras basmati sebelum dimasak.

5. Teman-teman bisa menambahkan santan atau susu kedalam air.

Gimana? Sudah ngiler belum? Kalau sudah, langsung aja pesan Bumbu Kebuli Aromatic Cairo Food di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia, Shopee.

Teman-teman juga bisa memesan langsung di website resmi yaitu www.cairofood.id. Atau via Whatsapp ke 081218222610.

Psst, ukuran bumbu nasi kebuli dari Cairo Food ada yang 100 gram dan 1 kg lho. Harga yang 100 gram 35.000 rupiah. Sedangkan untuk yang 1 kg 300.000 rupiah. Kalau mau masak banyak, atau sering masak kebuli, lebih hemat yang ukuran 1 kg nih. Buat restoran atau katering cocok banget.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Enggak bingung lagi kalau pada mau makan nasi kebuli. Yuk, masak sendiri aja.

(Visited 111 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

1 thought on “Bumbu Nasi Kebuli Praktis dan Ekonomis

Leave a Reply

Your email address will not be published.