Tips Belanja Online Bahan Makanan Selama Pandemi

Facebooktwitterredditmail

Tips Belanja Online Bahan Makanan Selama Pandemi.

Lomba tujuhbelasan apa yang paling hits?

Lomba makan kerupuk? Lomba balap karung?

Bukan!

Yang bener adalah lomba lari dari rasa bosan selama pandemi.

Hmm, agak satir sih memang kalimat di atas. Bahkan di beberapa meme tentang lomba kemedekaan RI ke-76 ada yang menuliskan lomba bertahan hidup, lomba estafet PPKM, dan lomba mewarnai hari-hari sepi.

Enggak salah sih, semua lomba tadi memang dialami oleh sebagian besar masyarakat, termasuk saya. Masih syukur hanya bosan di rumah saja. Bukan bosan di rumah sakit.

Lalu, gimana caranya mengurangi risiko tertular corona?

Selain vaksin corona, protokol kesehatan 5M dan 7M, sudahkah sahabat ismi mewaspadai titik lengah penyebaran covid? Kalau belum, yuk, sama-sama lebih waspada.

Meskipun diri sendiri sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, masih saja bisa terkena corona. Ternyata ada banyak titik lengah yang sebaiknya diwaspadai.

Titik lengah penularan covid19

Sahabat ismi bisa melihat pada infografis, terdapat beberapa titik lengah baik di tempat umum maupun di lingkungan rumah dan keluarga. Kalau di lingkungan rumah, termasuk berbelanja ke pasar, supermarket, minimarket, ataupun tukang sayur.

Meskipun sahabat ismi sudah mematuhi protokol kesehatan, tapi kalau orang yang berinteraksi dengan sahabat ismi justru sebaliknya, ya sama saja. Mereka berpotensi menularkan corona. Oleh karena itu, saya pribadi lebih memilih untuk belanja online.

Apa Saja Tips Belanja Online di Masa Pandemi?

Tips belanja online dari rumah

Saat ini, belanja online tidak hanya untuk membeli baju atau mainan anak, tapi juga bahan makanan. Saya punya tips bagaimana belanja bahan makanan online selama pandemi.

1. Menerapkan Protokol Kesehatan

Kurir dan semua yang terlibat dalam proses belanja online seharusnya menerapkan protokol kesehatan. Saat mengantar pesanan, kurir menggunakan masker dan tidak melepasnya.

2. Cashless

Cashless selain memudahkan dalam pembayaran, juga mengurangi kontak langsung mengingat kasus covid yang penyebarannya amat cepat.

Pembayaran cashless biasanya melalui bank transfer atau dompet digital seperti OVO, Go-Pay, Dana, Link aja, dan sebagainya.

3. Diantar Tepat Waktu

Semua orang pasti membutuhkan pengantaran yang cepat. Apalagi kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan merupakan kebutuhan pokok yang bila habis akan membuat anggota keluarga kesulitan untuk memasak dan memenuhi nutrisi yang diperlukan selama pandemi.

Kalau belanja di marketplace kecepatan pengantaran dipengaruhi oleh jenis layanan ekspedisi yang dipilih. Sehari sampaikah, atau 3-5 hari baru sampai. Bagaimana dengan pengantaran pesanan dari mobile app groceries?

4. Pelayanan Berkualitas

Saya yakin, excellent services adalah hal utama yang diharapkan oleh konsumen. Pelayanan yang diberikan oleh customers service, kurir, dan pekerja di garda depan lainnya sebaiknya memperhatikan aspek-aspek seperti keramahan, kesopanan, dan tidak membeda-bedakan konsumen.

Pelayanan berkualitas juga dapat dilihat dari cara menghadapi komplain. Apakah dijawab dengan baik hingga masalah selesai, atau justru menganggap enteng seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Perlu diketahui bahwa testimoni dari konsumen bisa mempengaruhi keputusan jadi tidaknya seseorang menggunakan sebuah layanan atau belanja online di suatu tempat. Oleh karena itu, SOP komplain juga perlu dipikirkan secara serius.

5. Harga Terjangkau

Saya pernah membandingkan harga bahan makanan di supermarket, dengan di tukang sayur dan di tempat belanja online. Ternyata harganya bervariasi. Ada yang lebih murah di tukang sayur, ada yang lebih murah di tempat belanja online. Tergantung kebutuhan.

Apalagi jika minimarket atau supermarket jaraknya jauh, sahabat ismi juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi.

6. Ongkos Kirim Gratis

Biasanya di marketplace ada promo ongkir gratis di tanggal cantik. Ada pula promo gratis ongkir jika menggunakan metode pembayaran tertentu atau belanja jumlah tertentu.

Promo gratis ongkos kirim sangat disukai oleh ibu-ibu yang menjadi menteri keuangan rumah tangga. Lumayan banget ongkos kirimnya bisa dipakai untuk membeli bahan makanan lain.

7. One Stop Shopping

Kalau ada tempat belanja yang one stop shopping, tentu saya akan lebih memilihnya dibanding tempat lain yang kurang lengkap. Selain membeli bahan makanan seperti sayur, lauk, dan buah, setiap keluarga juga memerlukan bumbu dapur, minuman, makanan ringan, peralatan rumah tangga, dan sanitary yang sangat dibutuhkan di masa pandemi.

KedaiMart, One Stop Groceries Mobile App

KedaiMart belanja online

Ada yang belum kenal dengan KedaiMart?

KedaiMart mengusung tagline supermarket in your pocket. Dengan kata lain, KedaiMart merupakan supermarket online yang bisa digunakan melalui aplikasi.

Seperti tips yang saya tuliskan di atas, saya mencari tempat belanja online yang lengkap, gratis ongkir kirim, dan diantar tepat waktu. Alhamdulillah, KedaiMart merupakan jawabannya.

Cara Belanja Online di KedaiMart

Cara menggunakan KedaiMart sangat mudah. Cukup download aplikasinya di Playstore, lalu ikuti alur agar bisa masuk ke aplikasi. Setelah registrasi /sign up, sahabat ismi bisa melengkapi data akun terutama alamat dan nomor telepon untuk pengiriman.

Kemudian, sahabat ismi bisa berselancar mencari kebutuhan bulanan atau mingguan keluarga. Klik tombol home (bergambar rumah) untuk belanja. Lalu pilih kategori agar memudahkan dalam memilih bahan makanan atau barang lainnya.

Di bagian atas kiri juga ada kolom search untuk mencari barang sesuai namanya. Sahabat ismi bisa menggunakan tombol search bila ingin lebih cepat dalam mencari yang dibutuhkan.

Kategori di KedaiMart

Saat berbelanja di KedaiMart, saya terbantu sekali dengan kategori yang dibuat. Ada sayuran, buah segar, lauk pauk, makanan beku, bumbu dapur, organik, rempah, sembako, dan kopi. Wah, penggemar kopi senang banget nih karena bisa memilih kopi favoritnya di KedaiMart.

Kategori lainnya adalah minuman, makanan ringan, roti dan kue, sanitary, peralatan rumah tangga, kedai bunga dan lain-lain. Lengkap, kan? Bagi sahabat ismi yang menyukai bunga segar bisa pesan sekalian di KedaiMart.

Cara memesan di KedaiMart sangat mudah. Tinggal klik saja, dan pilih jumlahnya. Jangan lupa untuk mengecek ukuran per pack nya. Misalnya di kategori lauk pauk ada ikan yang dikemas per 100 gram, 150 gram, dan 250 gram.

Belanja Online groceries
Cek berat per packnya ya

Begitu pula di kategori sayuran, ada yang dikemas persatuan, per 250 gram, 500 gram, bahkan per 1 kg. Jadi harganya juga dicek sesuai dengan berat masing-masing bahan.

Kategori yang paling saya sukai dari KedaiMart adalah sanitary. Lengkap banget ada hand sanitizer, desinfektan, pembersih lantai, sabun, sampo, dan sebagainya. Benar-benar lengkap layaknya supermarket.

Cara pembayarannya juga cashless. Sahabat ismi bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Ada pilihan virtual account (BCA, Mandiri, Danamon, Niaga, dan Permata), OVO, dan kartu kredit.

Promo Pesan Sekarang Besok Sampai

KedaiMart gratis ongkos kirim
Perhatikan syarat dan ketentuannya

Yang paling seru dari KedaiMart adalah promo pesan sekarang sebelum pukul 15.00, maka pesanan akan diantarkan besok pukul 8.00-10.00 wib. Cepat sekali bukan?

Review KedaiMart

Saya memesan bahan makanan di KedaiMart saat PPKM. Alhamdulillah pesanan sampai dengan selamat dan dalam keadaan bagus. Tidak ada yang penyok, basi, atau layu. Semua dalam kondisi segar.

Bagaimana dengan pengemasannya? 

Bahan makanan dimasukkan dalam kardus besar dan di bagian atasnya terdapat list pesanan sehingga saya bisa mengecek apakah barang yang datang sesuai dengan pesanan atau tidak. Termasuk bila ada barang yang out of stock, akan tertulis di lembaran kertas tersebut.

Beli hati sapi online
Saya memesan hati ayam dan hati sapi

Untuk lauk pauk seperti hati ayam dan hati sapi, KedaiMart mengemasnya menggunakan ice gel dan styrofoam.

Tips belanja online selama pandemi

Sedangkan buah-buahan ada yang dikemas menggunakan jaring-jaring. Ada pula yang dikemas menggunakan styrofoam. Untuk telur, dikemas menggunakan paper egg tray.

Review KedaiMart

Buah-buahannya segar, tidak terlihat layu atau busuk. Begitu juga dengan bawang bombay dan bawang putih kupas yang saya pesan. Penampakan luarnya amat bagus.

Aplikasi supermarket online

Bagaimana dengan groceries lainnya? Saya memesan masker, minyak kayu putih, biskuit, mayonaise, selai, hingga gula. Semuanya berada dalam kondisi prima ketika sampai. Tidak ada wadah yang penyok atau rusak. Biskuit juga tidak hancur.

Kurir yang mengantar menerapkan protokol kesehatan dengan mamakai masker.

Ketika saya memakai bahan makanan dari KedaiMart untuk memasak, semuanya masih dalam kondisi segar. Masakan tetap enak seperti biasanya.

Over all, pelayanan di KedaiMart memuaskan. Dan pengalaman belanja online di KedaiMart juga memuaskan. Tentu saja saya jadi ketagihan untuk belanja online lagi di KedaiMart.

Bagaimana dengan sahabat ismi? Apakah ada pertimbangan tertentu saat memilih belanja offline atau online selama pandemi? Sharing, yuk!

(Visited 74 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

1 thought on “Tips Belanja Online Bahan Makanan Selama Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published.