Suplemen Buat Olahraga, Pentingkah?

Facebooktwitterredditmail

suplemen buat olahraga

Pentingkah Suplemen Buat Olahraga?

Olahraga bukan lagi soal menjaga kesehatan semata, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Munculnya berbagai fasilitas untuk berolahraga merupakan salah satu bukti bahwa olahraga telah sedemikian luasnya menjangkau masyarakat kita. Yoga, jogging, fitness/ nge-gym, aerobic, berenang, futsal dan tenis adalah beberapa jenis olahraga yang digemari beragam usia.

Saya sih biasanya berolahraga aerobik, fitnes dan berenang. Meskipun semenjak hamil dan melahirkan, saya belum berolahraga lagi, tapi keinginan untuk segera aktif berolahraga tentu sangat kuat. Sementara suami, lagi getol-getolnya ikutan aikido, sejenis olahraga beladiri.

Mengapa kita perlu berolahraga?

Kita butuh olahraga agar sehat, kuat, aliran darah lancar sehingga daya tahan tubuh juga meningkat. Dengan berolahraga, faktor risiko berbagai penyakit terutama penyakit jantung dan pembuluh darah, berkurang. Dengan berolahraga, selain fisik menjadi kuat, emosi kita pun lebih stabil. Kok bisa? Karena kita juga berlatih pernafasan, dan berlatih menyalurkan energi negatif dengan gerakan-gerakan yang bermanfaat. Wuih,lengkap ya keuntungan berolahraga. Bonusnya, berat badan pun menjadi ideal dan kulit menjadi lebih segar, tentunya bila diimbangi dengan makan makanan yang sehat yaJ

Kapan berolahraga?

Idealnya, setiap manusia berolahraga minimal 3x seminggu, 30 menit/hari. Bila teman-teman masih pemula, mulai dengan waktu yang lebih singkat terlebih dahulu. Misalnya saja, 10 menit per satu kali naik sepeda statis. Lalu lama-lama waktu tersebut ditambah, sehingga tubuh juga tidak kaget ketika ada aktivitas pembakaran kalori tersebut.

Biasanya, olahraga dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, atau di sore hari. Saya sih kalau renang biasanya pagi, masih fresh. Aerobic alias senam kadang pagi, kadang sore, tergantung ada waktunya kapan. Lebih ideal lagi kalau berolahraga per harinya sebanyak dua kali, pagi dan sore.

Apa saja yang disiapkan saat akan berolahraga?

Tentu saja niat. Harus niat dulu lho kalau mau berolahraga. Contoh mudahnya, mau ikut senam masal jam 6 pagi, nah otomatis harus bangun lebih pagi, dan berangkat ke tempat senam maksimal jam setengah enam, kan?

Hal kedua adalah peralatan atau perlengkapan olahraga. Olahraga paling simpel yaitu joging juga memerlukan perlengkapan lho, yaitu pakaian joging. Jangan sampai joging pakai seragam sekolah ya, haha. Lalu, jangan lupa bawa air putih dan handuk kecil untuk mengelap keringat. Bisa juga membawa mp3 dan headset untuk mendengarkan musik sambil lari. Olahraga lainnya tentu membutuhkan peralatan yang bermacam- macam. Mulai dari baju renang untuk berenang, raket dan kock untuk badminton, sepatu bola untuk futsal dan sepakbola, hingga busur dan panah untuk olahraga panahan misalnya. Pilihlah sesuai budget dan kebutuhan.

Pentingkah suplemen buat olahraga?

Suplemen itu, sifatnya sebagai pelengkap agar hasil dari olahraga dapat terasa dengan optimal, dan suplemen menjadi penting kalau kita masih tidak tahan godaan makanan atau minuman yang seharusnya tidak dimakan atau seharusnya dibatasi.

Terus terang, saya sendiri mengonsumsi minuman kesehatan sebelum dan sesudah berolahraga, agar tidak lemas, tetap berenergi dan tidak kliyengan karena berkeringat misalnya. Suami saya juga mengonsumsi suplemen buat olahraga lho, supaya otot-otot yang dilatih saat berolahraga, dapat terbentuk secara maksimal.

Jadi, sudah siapkah kita berolahraga rutin?

(Visited 211 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

16 thoughts on “Suplemen Buat Olahraga, Pentingkah?

  1. mariana Reply

    aku jarang olahraga berat, paling jalan kaki aja sering alias jalan-jalan sehat (red baca ke mall)

  2. farizalfa Reply

    Kalau saya sih jarang memanfaatkan suplemen saat olahraga, kata trainer gym tidak baik untuk stamina di kemudian hari, katanya jadi ketergantungan gitu. Saya iya-iya kan saja sih, kan seperti tulisan ini sifatnya optional. 🙂

    • dian.ismyama Post authorReply

      Yuhu, benar, sebenarnya di cek komposisinya bisa. Protein untuk membentuk massa ototkah? Atau peningkat energi dan stamina? Nah, asal makanan yg masuk udah sehat sih suplemen sifatnya pelengkap

  3. Dhani's Blog Reply

    selain suplemen buat olahraga juga perlu cara berolahraga yang baik dan benar agar hasilnya sesuai dengan tujuan awal

    • dian.ismyama Post authorReply

      Yup benar. Cara berolahraga kalau ada pelatihnya enak ya. Kalo yg otodidak mungkin harus bljr dulu dr yang ahli

  4. Dwi Murniati Reply

    Sejauh ini sih saya belum pake suplemen macam2. krn saya rasa belum perlu. paling banyak minum air putih dan makan yang cukup supaya badan kuat. mba Ismyama ayo kita jogging bareng, aku paling suka jogging, dan paling klo minggu pagi ikut senam masal di taman honda tebet. yang gratis2 yang penting badan sehat yak, hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.