Amankah Kadar Gula dalam Energy Drink yang Anda Minum?

Facebooktwitterredditmail

Kratingdaeng Red Bull amankah untuk tubuh? Selama pandemi, aktivitas saya semakin padat. Yang tadinya hanya mengantar anak sekolah dan bekerja freelance, mendadak harus menjadi guru pendamping. Bahkan anak saya yang masih TK “terpaksa” cuti sekolah karena ia tidak mau masuk pembelajaran online. Saya dan suami ingin memasukkannya ke TK dekat rumah, namun biaya masuknya bikin melongo. Jadi di sinilah saya, jadi guru TK juga.

Ada masa dimana saya sangat lelah. Terutama saat support system menghilang. Pernah suatu hari di akhir Bulan Desember, ART saya mudik dan ternyata tidak kembali lagi. Wah, auto stres dong. Yang biasanya tinggal supervisi saja, jadi harus mengerjakan printilan pekerjaan domestik.

Memang sih suami juga ikutan mengerjakan urusan rumah, tapi dia juga sibuk WFH. Mau tidak mau saya yang masak, mencuci (menggunakan mesin), menjemur, melipat pakaian, beberes rumah, hingga memandikan dan menyuapi batita. 

Agar tidak jatuh sakit, saya meminum suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi. Energy drink yang saya minum adalah Kratingdaeng Red Bull.

Apa bedanya Kratingdaeng dan Red Bull

Saya tidak asal memilih minuman berenergi, terutama karena saya punya tanggung jawab yang besar untuk memastikan keadaan anak dan rumah tangga berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi sesuatu, saya terlebih dahulu memastikan zat apa saja yang terkandung di dalamnya. Termasuk efek dan manfaatnya bagi tubuh.

Komposisi dan Manfaat Minum Kratingdaeng Red Bull

Minuman berenergi ini sudah lama saya kenal, bahkan sejak masih bersekolah dulu. Biasanya diminum oleh laki-laki, atau bapak-bapak. Padahal boleh saja lho diminum oleh perempuan asal tidak berlebihan dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Saya meminum Kratingdaeng yang kemasan botol 150 ml. Di bagian belakang botol, terdapat list komposisinya antara lain taurin; kafein; inositol; berbagai vitamin yaitu Vitamin B3, Vitamin B6, Provitamin B5, Vitamin B12; gula; dan zat pengawet serta perasa.

Komposisi Kratingdaeng Red Bull

Sahabat ismi ingin tahu satu per satu manfaat dari kandungan Kratingdaeng? Yuk, simak lanjutan tulisan ini.

  1. Taurin

Taurin adalah jenis asam amino yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh manusia, seperti di otak, mata, jantung, hati, dan juga otot.

Meski tubuh memproduksi taurin dengan sendirinya, zat ini juga dapat ditemukan di makanan atau minuman, seperti daging, ikan, produk susu, suplemen, serta minuman energi.

Manfaat taurin

Manfaat taurin dalam tubuh antara lain menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, mengatur kadar kalsium, membentuk  garam empedu, menjaga daya tahan tubuh, menjaga fungsi sistem saraf pusat dan mata, serta memiliki efek antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel.

Selain itu, taurin dalam energy drink juga membantu meningkatkan performa terutama dalam olahraga. Performa yang dimaksud adalah membantu otot bekerja lebih lama, meningkatkan kemampuan kontraksi dan kekuatan otot. 

Dengan kata lain, atlet yang mengonsumsi taurin, kapasitas ototnya meningkat sehingga siapapun dapat bertahan lebih lama dalam berolahraga, dan risiko mengalami nyeri otot pun berkurang. 

Wah, penting banget nih manfaat taurin untuk saya yang juga mulai sering berolahraga. Harapannya saya bisa menurunkan berat badan ke kondisi ideal sekaligus membentuk otot.

Oh ya, sahabat ismi perlu mengetahui bahwa jumlah taurin pada Kratingdaeng botol 150 ml adalah 1000 mg. Bagaimana dengan jumlah batas amannya? Saat ini, dosis taurin yang umum digunakan adalah antara 500-2.000 mg setiap harinya.

Pada suatu penelitian tahun 2009, menunjukkan bahwa taurin aman dikonsumsi hingga dosis 3.000 mg, namun belum diketahui efek jangka panjangnya ketika menggunakan dosis tinggi. Oleh karena itu, dalam botol Kratingdaeng 150 ml terdapat peringatan untuk hanya meminum maksimal 3 botol per hari. 

  1. Kafein

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga di dalam energy drink seperti Kratingdaeng. Perlu sahabat ismi ketahui bahwa dalam setiap botol Kratingdaeng Red Bull  (Botol): SUPLEMEN KESEHATAN mengandung kafein sebanyak 50 mg. Jumlah ini masih jauh dari jumlah kafein yang terkandung dalam secangkir kopi (rata-rata 80 hingga 135 mg).

Apa manfaat kafein?

Konsumsi kafein yang aman adalah 200–400 mg per hari. Namun, bila memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalnya penyakit jantung, sahabat ismi harus mengurangi dosis konsumsi kafein hingga setengah dari rekomendasi asupan normal (100-200 mg per hari).

Oleh karena itu, dalam kemasan botol Kratingdaeng Red Bull  (Botol): SUPLEMEN KESEHATAN juga tertulis maksimal mengonsumsi 3 botol sehari, terkait kandungan kafein ini.

Lalu bagaimana dengan manfaat kafein?

Benarkah kafein memiliki manfaat? Menurut alodokter, kafein tidak hanya bermanfaat untuk mengusir kantuk. Kafein memiliki manfaat lain seperti meningkatkan fokus dan kewaspadaan, menurunkan risiko sakit jantung dan diabetes, menurunkan berat badan, mengurangi rambut rontok, meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, mencegah penyakit kanker.

Selain itu, sama seperti taurin, kafein juga meningkatkan performa olahraga. Mengonsumsi sedikit kafein 1 jam sebelum berolahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, stamina, dan daya tahan tubuh. Hal ini karena kafein bisa mengoptimalkan penggunaan lemak sebagai sumber energi. Efek stimulan kafein juga dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga.

  1. Inositol

Inositol secara alami ditemukan pada beberapa jenis buah, biji-bijian dan kacang-kacangan. Senyawa tersebut juga diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. 

Fungsi inostol

Fungsi inositol adalah bekerja sama dengan protein, lemak, gula, dan fosfat untuk menunjang pembentukan membran sel yang optimal. Senyawa tersebut juga mengoptimalkan fungsi hormon tertentu. Selain itu, inositol juga memaksimalkan pengiriman sinyal serta zat kimia otak.

Menurut National Institutes of Health, inositol dapat mengoptimalkan proses pembuatan serotonin yaitu neurotransmitter otak yang bisa memperbaiki suasana hati. Jadi kalau sahabat ismi lagi tidak mood, inositol bisa membantu meningkatkan mood.

Inositol disebut dapat mengoptimalkan fungsi insulin di dalam tubuh sehingga bisa mengontrol gula darah. Bahkan ada penelitian yang dimuat dalam jurnal Gynecological Endocrinology menyatakan bahwa asupan inositol dan folat yang tepat dapat mendorong ovulasi khususnya pada wanita menderita PCOS. Selain itu, gejala yang dialami oleh pasien PCOS juga dapat diringankan oleh inositol.

Penelitian yang tak kalah menakjubkan berasal dari jurnal Clinical Psychopharmacology. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa orang dengan gangguan panik, mengalami penurunan jumlah serangan setelah konsumsi inositol.

Tak hanya bermanfaat pada serangan panik, inositol juga memperbaiki masalah kesehatan terkait serotonin dan otak, seperti gangguan kecemasan, obsessive compulsive disorder (OCD).

  1. Vitamin B Kompleks

Vitamin yang terdapat dalam Kratingdaeng Red Bull  (Botol): SUPLEMEN KESEHATAN antara lain Provitamin B5 sebesar 6 mg, Vitamin B6 sejumlah 2 mg, Vitamin B12 sebanyak 4 mcg.

Vitamin B kompleks memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, yaitu:

    • Membantu proses pembentukan energi, dan membantu mengubah karbohidrat , protein dan lemak menjadi energi
    • Berperan dalam kesehatan otot dan saraf.
    • Dalam metabolisme energi, membantu meningkatkan fungsi enzim, pembentukan hormon, serta menjaga kesehatan saluran cerna, saraf, dan kulit.
    • Menjaga kesehatan mata, membantu perkembangan dan menjaga sel saraf, kulit, dan sel darah merah (membantu dalam produksi sel darah merah)
    • Membantu pembentukan berbagai hormon
    • Dalam pembentukan insulin, melawan infeksi, dan pembentukan asam amino non-esensial.
    • Menjaga kesehatan tulang dan rambut. Mencegah terjadinya kelainan bawaan pada saraf dan tulang belakang
    • Membantu pengaturan DNA

Secara general, vitamin B kompleks menjadi salah satu kandungan dalam energy drink Karena manfaatnya dalam metabolisme dan pembentukan energi. Dengan kandungan vitamin B yang cukup, proses pembentukan energi dalam tubuh akan maksimal.

  1. Gula

Kratingdaeng bahaya

Seperti sahabat ismi ketahui, gula merupakan karbohidrat yang diolah menjadi glukosa dan digunakan tubuh sebagai bahan bakar energi. Mengonsumsi makanan atau minuman mengandung gula dapat membantu otak, sistem saraf pusat, dan sel darah merah berfungsi dengan baik.

Lalu bagaimana dengan batas aman konsumsi gula?

Berapa batas maksimal minum Kratingdaeng?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan konsumsi gula harian sebanyak 50 gram atau setara dengan 5 hingga 9 sendok teh per hari. Jumlah kandungan gula dalam Kratingdaeng botol 150 ml sebesar 25 mg. Berarti batas aman konsumsinya maksimal 2 botol per hari.

Manfaat Minum Kratingdaeng Red Bull

Berbagai penelitian yang dilansir dari Pubmed mengatakan minuman energi dapat meningkatkan fungsi otak, seperti memori, konsentrasi dan waktu reaksi, sekaligus mengurangi kelelahan mental. Studi dari National Institute of Health menyatakan bahwa mengonsumsi satu kaleng minuman energy drink (500 ml) terbukti meningkatkan konsentrasi dan memori sekitar 24 %. 

Oleh karena itu, saya percaya bahwa Kratingdaeng Red Bull sebagai salah satu minuman berenergi juga memiliki manfaat di atas. Apalagi manfaat dari tiap komposisinya juga sudah saya jelaskan di artikel ini.

Manfaat Kratingdaeng Red Bull

Yang jelas, bagi sahabat ismi yang aktif berolahraga atau punya segudang aktivitas, Kratingdaeng Red Bull dapat membantu meningkatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kratingdaeng Red Bull juga memiliki efek samping. Efek samping minuman energi membuat kita lebih konstentrasi dan lebih bertenaga. Bagaimana dengan bahayanya? Sebagai informasi, obat bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan dan menjadi racun.

Keunggulan Kratingdaeng Red Bull

Kapan waktu yang tepat minum Kratingdaeng

Minuman berenergi Kratingdaeng Red Bull  (Botol): SUPLEMEN KESEHATAN bisa sahabat ismi minum ketika akan berolahraga, belajar, bekerja, dan melakukan aktivitas lain yang butuh energi seperti traveling.

Kratingdaeng Red Bull memiliki keunggulan yaitu tersedia dalam kemasan botol (150 ml) yang travel friendly. Selain itu rasanya juga enak dan menyegarkan. Tentu saja setelah minum, tubuh akan langsung bertenaga.

Apakah Kratingdaeng sudah BPOM?

Yang paling penting adalah, Kratingdaeng Red Bull sudah sertifikasi POM dan Halal MUI. Mantap, kan?

Tips Konsumsi Kratingdaeng Red Bull 

Berdasarkan product knowledge Kratingdaeng Red Bull, saya punya tips untuk mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull, yaitu:

Apakah Kratingdaeng berbahaya?

  1. Konsumsi sesuai batas aman yaitu maksimal 2-3 botol per hari
  2. Jika sedang hamil atau menyusui, jangan meminum energy drink
  3. Sebaiknya diminum sekitar 1 jam sebelum mulai beraktivitas.
  4. Tetap minum air putih minimal 2 liter per hari
  5. Tetap makan makanan bergizi seimbang
  6. Pastikan istirahat cukup (tidur 6-8 jam per hari) meskipun badan tidak merasa lelah karena sudah minum energy drink

 

Kratingdaeng Red Bull  (Botol): SUPLEMEN KESEHATAN mudah didapat karena tersedia di minimarket, supermarket dan e-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang berlogo Official Store.

Sumber referensi:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653564/kadar-gula-aman-dalam-energy-drink

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653569/manfaat-taurin-dalam-energy-drink-ampuhkah-tingkatkan-energi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3653565/energy-drink-mengandung-vitamin-b-kompleks-ini-manfaatnya

(Visited 197 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

36 thoughts on “Amankah Kadar Gula dalam Energy Drink yang Anda Minum?

  1. nurulrahma Reply

    Wohoo, banyaaakk banget manfaat yg terkandung dalam Kratingdaeng RedBull!
    Aku sukaaakk bgt karena sekarang aku kan juga kudu ngurangi gula, mba.
    Tapiii, teteup, aku butuh asupan minuman seperti Kratingdaeng ini.
    Ciamiikk!

  2. diane Reply

    Tadinya agak takut sih konsumsi Kratingdaeng ..kesannya untuk yang kerja berat banget butuh melek banget gituh hehe..Ternyata formulanya sebenarnya sudah sangat aman ya.. selama dikonsumsi sesuai aturan dan asupan alami lainnya juga seimbang ya aman2 aja ya..

    • Lia Lathifa Reply

      Gak heran jadinya, aku pernah liat para pekerja keras, kaya supir, kuli, suka minum Kratingdaeng ini, rupanya memang kandungannya cocok buat nambah energi dan stamina ya, sip deh!

  3. Dian Restu Agustina Reply

    Semangat Mbak…menjadlani multi profesi di rumah mesti sehat ya kita, di antaranya didukung suplemen kesehatan seperti Kratingdaeng Red Bull ini yang bisa jadi solusinya

  4. Lisdha www.daily-wife.com Reply

    Bener banget soal anggapan Kratingdaeng sebagai minuman maskulin (hahah, minuman pun punya gender :D). Saya juga baru tahu belakangan ini kalau Kratingdaeng bisa untuk perempuan. Mengubah pandangan konsumen jelas butuh upaya dan waktu yaa..

  5. Tanti Amelia Reply

    Nhaa iya ini bener, kan orang selama ini mikirnya Kratingdaeng itu berbahaya terutama untuk kinerja jantung ya, dan malah digantikan oleh minuman sachet yang “seolah olah” pengganti energi padahal tinggi kadar gula! Lebih berbahaya lagi sebenernya.

  6. Inna Riana Reply

    wah ini minuman favoritku waktu masih kuliah dan jamannya banyak aktivitas. abis minum kratingdaeng badan rasanya seger dan penuh energi. apalagi kalau diminum dingin… maknyeess

  7. Nurul Sufitri Reply

    Minuman berenergi Kratingdaeng Redbull biasanya dikonsumsi saat beraktivitas di perjalanan agar lebih kuat dan ga ngantuk. Tapi beda2 sih tiap orang efeknya tuh. Bagusnya minuman ini kandungan taurin dan kafeinnya bikin performa olahraga meningkat ya. Yang dingin cocok banget pastinya diminum saat kita kegerahan hehehe.

  8. Rach Alida Reply

    Aku pun mengira selama ini kafein hanya ada di kopi. Teryata minuman benergi seperti ini juga ada kafein dan pas banget dikonsumsi jika ada batas aman juga kadar gula ya mba

  9. Nanik Nara Reply

    Saya belum pernah minum kratingdaeng red bull ini mbak, tapi sering beli. Biasanya beliin buat suami. Ternyata bisa juga ya dikonsumsi sama perempuan

  10. Dian Reply

    KLO dikonsumsi sesuai aturan pakai, minuman berenergi aman ya mbak
    Emang kadang kita perlu mengonsumsi minuman berenergi seperti Kratingdaeng ini

    • Ainhy Edelweiss Reply

      Iya bener, apapaun yang dikonsumsi secara berlebihan yah pasti gak baik untuk kesehatan tubuh. Saya pribadi sesekali mengonsumsi minuman energi juga biar stamina tubuh terjaga

  11. lendyagassi Reply

    Sehat dan aktif selalu dengan meminum minuman berenergi yang kaya manfaat.
    Dengan konsumsi kratingdaeng Red Bull, maka tetap fokus saat beraktifitas yang membutuhkan konsentrasi dan tenaga tinggi.

  12. Gusti yeni Reply

    Kratingdaeng ini enak seger. Dulu jaman SMP SMA pas aktif pertandingan karate suka minum kratingdaeng ini.

    Sudah lamaa banget tapi kratingdaeng masih ada menandakan produk ini banyak diminati

  13. Mildaini Reply

    Terima kasih atas ulasannya, saya belum pernah minum beginian tapi kabarnya emang bisa memberikan tenaga extra. Ku sering liat dulu waktu suka naik bus. Sopir yang suka minum ,biar tetap fit katanya dalam perjalanan

  14. Larasatinesa Reply

    Kayaknya seumur-umur aku belom pernah minum kratingdaeng mbak. Ternyata kandungannya banyak manfaatnya buat tubuh. Boleh nih dicoba sebelum kerja, biar naikin mood dan happy kerjanya.

  15. Wiwied Widya Reply

    Dulu aku suka minum kratingdaeng pas zaman skripsi. Rasanya jadi lebih jreng aja gitu kalau minum ini. Langsung lancar nulisnya. Berkesan banget masa-masa itu

  16. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Reply

    Aku tu dulu ngiranya minuman ini khusus buat cowokm atau bapak2 gtu buat jaga stamina haha, mungkin krn faktor nama brand-nya ya
    Ternyata minuman ini lbh ke penambah energi jd siapapun bisa konsumsi ya, termasuk buat kaum freelancer nih buat nemenin kerja biar stamina selalu terjaga 😀

    • Okti Li Reply

      Segala sesuatu berlebihan itu emang gak baik ya. Saya kalau sedang ada kegiatan misalnya pendakian, minuman berenergi itu paling sehari satu kali. Sisanya tetap lebih banyak air putih

  17. Syarifani Reply

    Dulu minuman Kratindaeng Red Bull ini identik sama laki-laki perkasa, biar kuat pas kerja.
    Eh, ternyata bisa diminum ciwi-ciwi biar strongg ngerjain segala rupa urusan rumah yang ngga ada habisnya.
    Semangat yaa mbaa, aku juga lagi HS in si twins nih!
    Eman.. duitnya sih mau nyekolahin anak KB dan TK kalau masih daring, soalnya yang jadi gurunya ujung-ujungnya emaknya sendiri.
    Fitrahnya anak usia TK itu aktif main permainan di luar dan sosialisasi, jadi kalo daring sayang ngga tercapai 2 kebutuhan itu.

  18. Helena Reply

    Kalau temanku minum ini saat jelang ujian supaya bisa melek. Aku belum berani coba. Minum kopi aja deg-degan apalagi minuman berenergi. Suami aja kali yah kalau mau nyetir mudik gitu supaya kuat.

  19. Mirna Rahayu Reply

    Oh pantes kalo habis minum Kratigdeng itu badan jadi enakan ga capek lagi ternyata ada kandungan vitamin B nya,,, beneran baru tau,, aku udah suudzon aja kadang wwkwkwkw,,, dan sekarang kadar gulanya makin dijaga ya mba,,, makin bagus dong ini Kratingdeng

  20. Nia Haryanto Reply

    Alhamdulillah ya, kadar gula di Kratingdaeng masih dalam batas aman. Malah jauh rendah dari ambang batas. Aku sendiri minum nih Kratingdaeng. Terutama sebelum olahraga. Kerasa deh manfaatnya. Bikin badan jadi lebih bertenaga. Kalo sudah gitu, hidup jadi berasa aktif produktif deh. 🙂

  21. Dennise Sihombing Reply

    Good, gula dari Kratingdaeng Red Bull ini masih dalam batas aman ya mbak. Rasanya aku juga memang membutuhkan ini, mengingat sudah setahun ini aku rajin olahraga yang cukup menguras tenaga.

  22. Siti Nurjanah Reply

    Asumsi aku keliru selama ini, kirain Kratingdaeng Itu lebih untuk dikonsumsi para laki-laki dan bapak2
    Tenyata kandungan baiknya lumayan banyak pantas saja disebut minuman berenergi

  23. Stafana Reply

    Aku pernah minum ini di sekolah jaman SMA diketawain cowo² entah kenapa, padahal ngaruh banget biar seger beraktivitas gituu

  24. Yuniari Nukti Reply

    Aku hampir jarang minum suplemen kesehatan mbak. Minum kalau kondisi badan sedang drop aja, padahal sebaiknya minum rutin ya. Dan Kratingdaeng ini kukira hanya untuk pria saja, ternyata boleh dikonsumsi oleh perempuan. Baiklah, kapan-kapan dicoba

  25. Hida Reply

    Nah ini nih, minuman energi yang dicari yang kadar gulanya masih aman. Kadang suka ragu ya kalo mo minum minuman energi takut kadar gulanya itu tinggi.

    • Chairina Reply

      Aku pernah nyoba-nyoba doang hihi suami juga kadang minum kalau lagi butuh. Emang gbisa di konsumsi sering-sering ya.

  26. Annafi Reply

    Aku pernah minta punya ayahku pas aku masih kecil, seingetku rasanya enak 😆 belum pernah coba Kratingdaeng lagi nih!

  27. Sri Widiyastuti Reply

    wah baru tahu saya kandungan Kratingdaeng Red Bull mbak. ternyata kadar gulanya aman yaa dan banyak kandungan yang bermanfaat untuk penambahan energi dalam tubuh kita. thanks infonya mbak

  28. Jihan Reply

    Wah ini sih dulu sering banget aku minum pas masa2 kuliah, lemburan di lab sampai malam trus masih lanjut kerjain tugas sampe tengah malam, dahlah kalau ga ada minuman berenergi kayak kratingdaeng ini ga selesai tugasku wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published.