Start Up Sindrom Second Lead

Facebooktwitterredditmail

Halo teman-teman, ada yang mengikuti drama korea Start Up enggak? Tadinya saya enggak mau bahas di blog. Tapi ternyata pingin juga membahas. Apalagi preview episode 13 kemarin cukup menguras emosi.

Oke, aku mulai dengan kesan pertamaku pada episode 1 Start Up ya. Tapinya aku nyaris enggak selesai lho episode 1.

Soalnya awal-awal tuh masih gimana gitu jalan ceritanya. Enggak ada yang menarik atau bikin penasaran. Nah, waktu akhirnya Bapaknya Seo Dalmi meninggal dunia, mulai deh vibes dramanya dapat. Sedih bo!

Aku kesal kenapa sang bapak enggak ke rumah sakit aja, kan bisa ditangani lebih lanjut. Tapi aku sadar sih dia enggak mau ke rs karena mau presentasi bisnisnya. Tuh, kan, tambah sedih.

Apalagi pas adegan meninggal dunia di bus itu, huaa. Kebayang ya gimana sedihnya dia meninggal di hari kemenangannya. Di hari beliau pertama kalinya mendapat investor. Di hari beliau membelikan ayam goreng kesukaannya dan bersiap mengabarkan berita gembira pada putrinya. Hiks.

Nah, adegan berikutnya mulai membuatku penasaran. Apalagi ketika dibumbui drama romance. Sejak surat yang dikirim oleh Nam Do San palsu sebenarnya aku sudah mulai terbawa oleh alur. Tapi karena waktu itu female lead -nya masih anak-anak ya jadi beda feel nya. Begitu Seo Dal Mi beranjak dewasa, aku mulai bisa relate dengan drakor Start Up ini.

Episode 1 berlalu begitu cepat. Dan khas drakor adalah akhir episode selalu membuat penasaran. Apalagi ada preview yang pinter banget memotong adegan-adegan yang bikin penonton panas dingin.

Enggak pakai lama, aku menamatkan episode 1-10. Hingga akhirnya episode 11 dan 12 pun tayang. Sedihnya, aku enggak nyangka kalau Han Ji Pyong itu second lead male. Kukira dia first lead lah. Secara muncul sejak awal episode. Ternyata first lead nya Nam Do San asli.
Udah gitu perbandingan Pak Han dan Do San bagai bumi dan langit pula. Hehe. Meskipun ada #timDosan tetap saja kalau dihitung-hitung lebih banyak #timPakHan.

Kenapa Penonton Start Up Terkena Sindrom Second Lead?

Kenapa bisa begitu? Kenapa para penonton banyak yang terkena sindrom second lead? Yup, sampai ada istilah sindrom second lead coba untuk menggambarkan penonton yang cenderung mendukung second lead menjadi ending bahagia bagi si first lead female.

Han Ji Pyong start up
Duh, cocok ya mereka, hoho

Jawabannya tentu karena karakter second lead dibuat sedemikian rupa sehingga susah untuk ditolak. Siapa sih yang rela menolak cowok cakep, dewasa, kaya, pintar, dan tulus seperti Pak Han? Apalagi lesung pipit dan senyummya itu lho.

Sementara itu, Nam Do San sebagai first lead justru digambarkan banyak kekurangan. Mulai dari enggak percaya diri, pendendam, gegabah, ngeselin, dan sebagainya. Huft!

Walaupun pada akhirnya penulis skenario membuat karakter first lead berkembang ke arah yang lebih baik, tapi kami para penonton terlanjur jatuh cinta pada Pak Han.

Sudahlah yatim piatu, ai anak baik ini tak henti-hentinya membantu Dal Mi dan selalu memikirkan kebahagiaannya. Apakah akhirnya Pak Han merelakan Do San demi kebahagiaan Dal Mi? Huaa mewek deh!

Second lead sindrom
Kalau jadi Dalmi kamu pilih siapa?

Aku sampai nulis di Ig story kalau perbandingan Do San dan Pak Han kurang sebanding. Kecuali Do San datang 10 tahun kemudian, mungkin bisa menyamai Pak Han. Tapi ternyata episode 13 nya 3 tahun kemudian. Huaa

Jadi inget sebuah kalimat, yang penuh kelebihan pun akan kalah dengan yang dipilih oleh si wanita. Intinya tergantun Dal Mi jatuh cintanya sama siapa, kan? Kalau dia cintanya sama Do San, mau Pak Han sesempurna apapun tetap enggak akan memengaruhi keputusannya. #timPakHan mulai sedih deh kalau menganalisa hal ini.

Pertanyaan dari Penonton

Sayangnya, diawal digembar-gemborkan cinta pertama Dal Mi adalah penulis surat 15 tahun yang lalu. Sampai ketika neneknya bertanya siapa yang lebih dia sukai, Dal Mi menjawab Do San 15 tahun yang lalu. Do San yang sekarang terasa asing, tetapi Dalmi merasa bersemangat dan apa gitu (aku sampai lupa kalimat yang diucapkan Dalmi)

Pertanyaannya, kenapa giliran semua kebohongan terbongkar, Dal Mi malah enggak nostalgia isi surat bareng Pan Han? Atau nostalgianya ada di episode 13 ke atas ya? Aamiiin. Aku terlanjur baper sewaktu Dalmi bawain bubur pas Pak Han sakit. Kalau enggak ada rasa, kan enggak mungkin sampai kayak gitu.

Entahlah, sebagai penonton aku cuma bisa menganalisa dan menunggu kelanjutan cerita Start Up ini.

Harus kuakui ada banyak pertanyaan di benakku kayak siapa sih orangtua kandung Pak Han? Kok bisa anaknya secerdas itu. Main saham, jadi investor belajar otodidak lho. Terus dia kayak enggak punya inner child yang seseram bayanganku. Meskipun bisa aja inner child -nya muncul ketika sudah berkeluarga sih. Walaupun nyatanya diusianya yang ke 35, dan nanti di episode ke-13 di usia 38, Pak Han belum juga menikah=(

Well, aku sempat dikirimin IG feed akun mana gitu oleh temanku. Ada adegan Pak Han main Go Stop berempat bareng Dal Mi, nenek dan ibunya Dalmi. OMG! Pertanda apa ini? Pertanda dianggap keluarga, atau benar-benar menjadi anggota keluarga alias menikah dengan Dal Mi? Baper deh jadinya.

Review drama korea Start Up
Poster ini bikin kesel #timPakHan

Tapi kalau melihat official poster Start Up yang Dal Mi berdua Do San, tentu saja aku jadi sedih lagi. Seolah sudah ketahuan dan bisa ditebak endingnya seperti apa. Plis dong writernim, jangan buat kami #timPakHan patah hati.

Wah, tak terasa tulisanku udah panjang nih. Kalau kalian #timDosan atau #timPakHan? Silakan komentar apa alasannya.

(Visited 172 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

33 thoughts on “Start Up Sindrom Second Lead

  1. Dwi Puspita Reply

    Jujur saya bukan tim untuk salah satu dari mereka, saya kalau nonton drakor biasanya dicepetin dulu atau baca ceritanya dulu di blog teman-teman

  2. Santi suhermina Reply

    Ehhmm.. Bener nih mau punya kelebihan apa pun masih kalah ama yg di pilih wanita. Yg penting wanitanya kudu cerdas nih biar gak salah pilih. Haha
    Drakor mah selalu bikin baper

  3. Suci shaumia Reply

    Aku masih jadi anggota #timpakhan sejak episode pertama sampe sekarang. Yaaaa… Klo pake logika aku, siapa sih yang nolak cowok paket komplit gini.. udah ganteng, mapan, manis, penyayang, senyumnya bikin selalu gagal move on (walo masih lebih manis senyum parkbogum) ??

  4. Suzannita Reply

    Iya aku pun update tiap minggu nonton drama Start Up ini, memang syndrom Second Lead jadi buat baper ya, tapi aku tim Dosan nih mbak

  5. Dani Ristyawati Reply

    Jujur aku belum nonton drama ini terakhir nonton drakor 3 bulan yang lalu itu pun hospital playlist yang aku tonton untuk kedua kalinya wkkwkw cuma lumayan mengikuti di sosial media dari euforia yang dirasakan tmen-temen pendukung Pak Han atau Do San 🙂

  6. Nurul Rahma Reply

    Han Ji Pyeong pemilik senyum dan lesung pipi paling paripurna sejagat rayaaaa ???

    Buatku, ji pyeong better relakan Dalmi buat Do San aja dah.

    Ntar biar ada cameo cewe lain yg jauhhh lebih berkualitas. Semangaatttt ?

  7. Fenni Bungsu Reply

    Bagus sih kalau Nam Do san nolak Pak Han yang cakep dengan lesung pipit nya itu, berarti kan peluang daku dengan si tampan, kaya, dan tulus itu lebih besar, asli daku gak nolak dah hihi.. Edisi halu ?

  8. Karyati Niken Reply

    Aku belum nonton, tapi banyak banget yang sudah review Start Up dan bikin aku kepingin nonton. Makin penasaran mau ikutaan nonton. Tapi takut kalau nonton drakor. Heu heu heu

  9. Jiah Al Jafara Reply

    Aku dari awal suka karakter Ji Pyeong. Ini belum lanjut nonton sih karena satu dan lainnya. Nanti kujawab pas bikin reviewnya deh, hahaha. Satu yang pasti, aku awalnya gak ada niat nonton Start-up

  10. Eri Udiyawati Reply

    Aku sedih banget pas ayahnya meninggal. Aduuh, gimana gitu ya, udah janji untuk beli ayam goreng terenak di kota itu.

    Mau tim mana saya juga bingung nih, karena gak full ngikutin ceritanya. Mungkin nanti pas waktu luang saya nonton deh.

  11. Lidya Reply

    Bapak Seo Dalmi gak ke ke rumah sakit soalnya memang umurnya sampai di situ aja mbak di ceritanya hihih. AKu udah suka mulai dari episode 1 sij gak tau kenapa trus lanjut deh sampai sekarang. AKu gak bisa milih tim mana nih akhrinya

    • dian.ismyama Post authorReply

      Maksudnya yg sebelum beliau presentasi mbak. Kan ditawari sama si penabrak buat ke rs karena pe berdarah. Tp dia ga mau krn buru2 =(

  12. Andy Hardiyanti Reply

    Saya baru kemarin nih mulai nonton drama Korea Start Up, dan langsung suka sejak episode pertama. Oh iya, ini drama dengan second lead pertama yang saya tonton wkwkwk.

  13. Ririn Wandes Melalak Cantik Reply

    Ramai banget memang yang nonton nih start up,memang banyak yang terkena sindrom juga. Cowok cakep tentu enggak ada yang mau nolak ya mba. Pantesan lah banyak yang ngepost tentang start up ini tapi sampai sekarang saya pun belum nonton juga.

  14. tukang jalan jajan Reply

    Aihh…. apa saya aja nih yang ngga kena demam start up? kalau dilihat dari jalan ceritanya sih beneran meggoda untuk ditonton dan beneran cakep cakep juga sih pemainnya. cakep bener yak.

  15. Narasi Nia Reply

    Hahaha… Second lead dalam drama korea itu emang selau menarik untuk dibahas ya mbak.

    Pesona dan tingkat kebaperan second lead itu sungguh HQQ. Bikin nagih nonton drakor ?

  16. Putri Santoso Reply

    ini ada dimana-mana loh. aku sampai yang nggak suka drama sampai kepo. wkwkwkwk
    aku nonton akhir tahun aja ya kak. nunggu pas udah lengkap episode nya
    biar nggak penisirin

  17. Afifah Haq Reply

    Belum nonton satu episode pun dari drakor Start Up ini udah dikasih bocorannya di episode 1 haha. Aku belum bisa milih tim siapa. Ini masih on going ya? Nanti aku tonton pas drama nya udah beneran beres deh ahaha

  18. Damar Aisyah Reply

    Drakor ini tuh lagi boom banget ya. Sampek-sampek aku ngikutin status orang-orang. Iya, ngikutin status tentang drakornya, tapi belum pernah nonton Start-Up. Hehehe. emang aku ketinggalan banget urusan per-drakor-an. Tapi menurutku STart-Up ini lumayan menarik.

  19. Adriana Dian Reply

    Tim pak han juga aku sih, lesung pipitnya susah bener ditolak yaaaa.. huhu. Dah gitu nasibnya juga lebih susah dari do san, jadi aku tetep tim pak han sih.. hihi

  20. KakaKiky Reply

    Kalo dulu orang-orang pada sering ngebanggain kalau pacarnya itu tentara atau polisi. Nah, semenjak keluarnya drama Start-up ini waktunya mereka yang punya pacar programmer berbangga hati wwkwkkwkwk. Anyway saya teamnya Do san ..

  21. Malica Ahmad Reply

    Wkwkwk.. Kok ngakak baca artikel ini ya. Kalau aku nebaknya ke Pak Han mbak endingnya. Atau malah tokoh perempuan nggak sama siapa2. Korea suka twist ending sih. Hwhaha

    • dian.ismyama Post authorReply

      Duh aku juga berharap banget akhirnya sama pak han. Tapi episode 14 sudah menunjukkan kecenderungan ke do san nih=(. Beda sama film india yg plot twist dan bikin mewek. Critanya ttg surat juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.