Soto Lenthok Pak Gareng, Sarapan Segar di Depan Stasiun Tugu

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Soto Stasiun Tugu Jogja apakah ada yang enak? Tentu ada! Lanjut baca ya.

Soto di Jogja itu kuahnya bening? Benar. Tidak ada kuah santan, atau kuah soto berwarna seperti kuliner Makasar atau daerah lain. Nah, kalau kamu ingin merasakan soto di Jogja yang unik dan nikmat rasanya, cobalah Soto Lenthok Pak Gareng. 

Lokasi Soto Lenthok Pak Gareng tepat di seberang pintu timur Stasiun Tugu Yogyakarta. Bentuk tempat makannya berupa sebuah tenda yang lumayan besar. Katanya, kursi-kursi di tenda tersebut mampu menampung hingga 40 orang.

Saya dan suami memesan dua porsi soto lenthok dengan nasi yang dicampur. Semangkuk soto datang dalam waktu yang cepat. Kuahnya mengepul, masih panas. Sekilas, saya dapat melihat bihun, ayam kampung suwir, kecambah, irisan daun kubis, lenthok, irisan seledri dan bawang goreng tabur di dalam soto. 

Soto stasiun tugu jogja

Kesegarannya tak tertandingi

Ada yang belum tahu lenthok itu apa? Lenthok adalah semacam perkedel yang dibuat dari singkong. Aslinya lenthok itu renyah dan garing, karena digoreng. Namun setelah dimasukkan ke kuah panas soto, lenthok menjadi basah. Justru inilah yang saya sukai, meski bagian dalamnya sudah basah, kulit lenthok masih terasa kriuk.

Ayam yang digunakan juga bukan ayam sembarangan, melainkan ayam kampung. Daging ayam suwirnya lembut dan lumayan banyak. Anak saya bisa mengunyahnya dengan mudah. 

Secara keseluruhan, rasa soto lenthok ini cocok di lidah saya. Bumbunya tidak tajam, tetapi tetap gurih. Rasa gurihnya semakin mantap, karena menyatu dengan kaldu ayam di kuah soto. 

Saya menyantap soto lenthok sesuap demi sesuap dengan lahap. Ditambah kerupuk dan sate ati ampela. Tanpa sadar, nasi dan sotonya sudah tandas. Kalau kamu menyukai tempe goreng dan tahu bacem, Soto Lenthok Pak Gareng menyediakan kedua lauk tersebut sebagai pelengkap. Ada juga sate telur puyuh dan lenthok tambahan yang tersaji di meja.

Semangkuk Soto Lenthok Pak Gareng harganya 8000 rupiah. Harga yang murah bila dibandingkan dengan kelezatannya. Sarapan soto lenthok segar saat sampai di Stasiun Tugu, menjadi rekomendasi saya untuk kamu yang akan berkunjung ke Jogja.

Alamat: Jalan P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tangen, Kota Yogyakarta

Jam buka: 06.00- 15.00 wib

Kalau teman-teman suka soto dengan kuah bening, silakan cicipi Saoto Bathok Jogja ya.

(Visited 18 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

One Comments

  • Dian February 20, 2021 Reply

    wah baca ini jadi kangen yogya
    iya ya mbak, klo di joya sotonya bening

Leave a Reply

error: Content is protected !!