optimasi website dengan seo

Manfaat SEO dan Cara SEO Website Gratis

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Saat memulai ngeblog, saya sama sekali tidak tahu tentang SEO. Menulis ya menulis saja. Tidak peduli berapa orang yang membaca. Atau artikel saya berada di halaman berapa mesin pencarian.

Semakin lama menggeluti dunia blog, akhirnya saya tahu ada yang namanya SEO. Artikel yang tidak terindeks oleh mesin pencari akan tenggelam dan tidak ada lagi orang yang membacanya. Untuk seorang blogger dan pebisnis yang menggunakan website sebagai salah satu media promosi, tentu hal ini menjadi masalah.

Oleh karena itu, saya akan ajak teman-teman semua mengenal apa itu SEO, apa manfaatnya dan bagaimana cara memaksimalkan website dengan menggunakan SEO website gratis.

Apa itu SEO?

seo website gratis

SEO adalah Search Engine Optimization. Dengan kata lain bagaimana cara mendapatkan rangking terbaik pada mesin pencari sehingga website dan artikel banyak dikunjungi. Caranya adalah dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu sesuai dengan algoritma sebuah mesin pencari. Mesin pencari yang sering kita gunakan adalah Google sehingga faktor yang diperhatikan disesuaikan dengan algoritma Google.

Manfaat SEO yang Perlu Diketahui

Manfaat SEO adalah agar website kita lebih banyak pengunjungnya. Bagi pebisnis dapat terkonversi ke meningkatnya penjualan baik produk maupun jasa.

Sedangkan bagi blogger akan meningkatkan kepercayaan brand atau klien yang akan bekerja sama.
Bahkan bisa saja kerja sama terjadi karena ada yang menemukan website atau blog kita di halaman awal mesin pencari. Asyik, kan?

Artikel kita juga lebih banyak dibaca. Bila artikel tersebut berkualitas maka akan banyak pula pembaca yang menbagikannya. Untuk pemain adsence jelas bermanfaat sekali. Peningkatan pengunjung berarti pemasukan dari adsence akan meningkat pula.

Cara Memaksimalkan Website dengan SEO Website Gratis

SEO website gratis dibagi menjadi 2, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.

SEO On Page

Yang dimaksud dengan SEO On Page adalah bentuk optimasi SEO website gratis yang dilakukan pada konten yang di- publish. SEO On Page juga dapat disebut sebagai optimasi SEO untuk blog/artikel dari dalam blog kita sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai SEO On Page, yaitu:

1. Fokus Keyword Harus Ada di

a. Judul Artikel

Judul harus memuat kata kunci atau keyword utama dan keyword turunan. Carilah kata kunci yang sering dicari oleh pembaca. Bisa dengan mengecek di Google search atau Google console. Usahakan panjang judul tidak lebih dari 70 karakter dengan spasi.

Misalkan saya membuat judul dengan keyword *Hotel Dekat Jatim Park 3*. Untuk keyword turunan sifatnya optional yang didapatkan saat riset keyword di google search. Antara lain
– hotel terbaik dekat jatim park 3
– hotel dekat jawa timur park 3
– rekomendasi hotel dekat jatim park 3
– villa dekat jatim park 3
– hotel di batu dekat jatim park 3
– hotel dekat jatim park 3 batu malang

Maka judulnya dapat berupa 10 Hotel Terbaik Dekat Jatim Park 3, Tips Memilih Hotel Dekat Jatim Park 3, atau Hotel di Jatim Park 3.

b. Permalink

Permalink yang dimaksud adalah link artikel disesuaikan dengan keyword, yaitu https://ismyama.com/hotel-dekat-jatim-park-3/. Mudah, bukan?

c. Heading

Fokus keyword juga harus ada di sub-heading (H2).

d. Konten Artikel

Keyword disebar pada (paragraf 1 dan 2, tengah artikel dan akhir artikel).

e. Image

cara seo website

Keyword utama harus ditulis pada judul gambar, ALT gambar dan caption gambar ke-1.

f. Meta/Box/Kolom Deskripsi dan Meta Keyword Artikel

Kolom deskripsi dan meta keyword artikel berisi keyword utama.

2. Keyword Turunan Ada Pada

Selain fokus keyword atau keyword utama, keyword turunan wajib ada pada awal artikel, tengah dan akhir. Begitu juga pada sub-heading (H3) dan H4 (optional), judul gambar, ALT gambar dan caption gambar ke 2 s/d terakhir, serta meta/Box/Kolom Deskripsi dan Meta Keyword Artikel.

3. Keyword Density pada Konten

Keyword density atau pengulangan kata kunci pada artikel minimal 0,5% dan maksimal 2,5%. Blog saya menggunakan WordPress, dan saya memaksimalkan SEO website gratis dengan memakai plugin Yoast SEO. Pada Yoast SEO, saya dapat melihat sudah berapa kali kata kuncinya diulang, sehingga keyword density juga dapat terlihat sudah mencapai berapa persen.

Jika teman-teman tidak menggunakan WordPress atau tidak menginstal plugin SEO website gratis, maka keyword density dapat dicek melalui website dan tools berikut:

– Melalui Extension Google Chrome (Desktop)
https://chrome.google.com/webstore/detail/seoquake/akdgnmcogleenhbclghghlkkdndkjdjc
– Melalui Web Tools:
https://www.prepostseo.com/keyword-density-checker
http://tools.seobook.com/general/keyword-density/

4. Jumlah Artikel

Minimal di atas 750 kata agar lebih mudah bersaing dengan artikel dari website lain, termasuk dari marketplace.

5. Memasang Internal Link

Internal link atau link ke dalam artikel di blog sendiri setidaknya terpasang minimal tiga. Internal link tersebut menuju ke artikel yang relevan pada blog pribadi dan bersifat do follow.

6. Memasang Eksternal Link

Eksternal link atau link keluar blog kita yaitu satu link keluar yang mengarah ke web lain yang relevan dan bukan kompetitor dengan topik yang relevan dan bersifat no follow.

7. Teknik Internal Link dari Artikel Tertinggi di Mesin Pencari

Misalnya saya mempunyai 3 artikel yang sudah seminggu berada di halaman pertama atau halaman kedua di mesin pencari. Atau ada beberapa artikel saya yang mempunyai rangking tinggi di Google search dengan jumlah pembaca yamg banyak pula.

Jika ketiga artikel dengan rangking bagus tersebut berbeda tema dengan keyword “hotel dekat jatim park 3”, maka teman-teman masih dapat memanfaatkan tiga artikel tadi dengan cara menambahkan satu paragraf tentang hotel dekat jatim park 3 kemudian berikan internal link menuju artikel baru kita yang berjudul 10 Hotel Terbaik Dekat Jatim Park 3 tadi.
Jangan lupa untuk memasukkan kembali link tiga artikel tadi ke Google console agar diindeks ulang karena kita telah melakukan pengeditan.

SEO Off Page

optimasi website dengan seo

SEO Off Page berarti mengoptimasi SEO untuk blog/website atau artikel melalui luar blog/website kita. Tujuannya agar posisi atau rangking artikel dapat meningkat dengan cepat di mesin pencari.

Teknik yang dapat digunakan adalah link building backlink di website orang lain yang kualitasnya tinggi di mesin pencari. Beberapa website tersebut yaitu Kaskus, Livejournal, Tumblr, Flickr, Medium, Kompasiana, dan sebagainya.
Teman-teman dapat membuat akun atau sign up terlebih dahulu ke website – website di atas. Lalu mulailah menulis artikel lain yang relevan dan tanamlah backlink maksimal 1 anchor text yang sesuai dengan hotel dekat jatim park 3 tadi.

Setelah artikel backlink teman-teman sudah ter- publish di semua website tersebut, lalu copy paste semua link artikelnya dan taruh di Pingfarm.com fungsi Pingfarm adalah untuk mengindeks artikel plus backlink di Google yang sudah kita tanam pada semua website tadi.

Oh ya, teman-teman juga dapat membagikan link artikel ke semua media sosial ya. Jangan lupa beri jarak waktu sehingga tidak dianggap spam oleh media sosial tadi.

Satu hal lagi yang cukup penting yaitu mengenai link website. Jika teman-teman ingin memaksimalkan kata kunci tertentu, maka sebaiknya nama domain sesuaikan dengan kata kunci. Misalnya, pakailah nama domain www.hotelterbaik.com. Otomatis website ini akan unggul secara SEO. Hosting Indonesia dari Qwords dapat teman-teman pilih untuk memesan nama domain.

Qwords juga menggunakan Cloud Hosting yang memiliki banyak keunggulan antara lain website yang kita punya nyaris tidak pernah down. Karena jika salah satu server virtual untuk mengakses websitenya mati, maka pengguna atau pemilik website dapat mengakses website melalui jalur server virtual yang lain. Menguntungkan secara SEO, kan?

Jadi, apakah teman-teman berniat mempraktikkan SEO untuk blog dan websitenya?

(Visited 59 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

5 Comments

  • Kartika Nugmalia June 26, 2019 Reply

    Yeay dapat ilmu baru nih. Aku kurang telaten mencoba pakai SEO, tapi udah mulai belajar dikit dikit sih sekarang

  • Siti Hairul June 27, 2019 Reply

    Aku lagi merombak banyak tulisan lawas nih biar lebih SEO friendly

  • Yoanna Fayza June 27, 2019 Reply

    Ilmunya dalem banget ini.. masih belum maksimalin keyword di dalam heading dan sub heading, padahal penting yaa.. mulai besok kucoba ah 🙂

  • Ardiba June 28, 2019 Reply

    Wooo..baru tau kl pengulangan kata kunci nax 2,5%, tak kiro makin byk makin bagus. Hehe

  • Anisa Ruhyadi August 10, 2019 Reply

    Terimakasih mba tulisannya membantu sekali,dulu pernah belajar SEO tapi malah gak di pake ke blog pribadi karena lupa sama caranya. Alhamdulillah setelah baca ini jadi inget lagi 😊

Leave a Reply

error: Content is protected !!