keunggulan WordPress

Mengapa Saya Memilih WordPress?

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Beberapa teman blogger yang blognya belum TLD (Top Level Domain) atau bahkan yang belum mempunyai blog menanyakan sebaiknya membuat blog WordPress atau apa? Tanpa berpikir dua kali, saya langsung jawab WordPress dong.

Sejak awal ngeblog, saya memang sudah memakai WordPress. Agak lupa sih waktu masih domain gratisan kenapa kok bikinnya di WordPress. Kemungkinan besar Pak Suami yang bikinin blog gratisan. Karena beliau lulusan IT, ya saya terima jadi dan percaya saja.

Begitu butuh dan merasa sudah saatnya mempunyai domain sendiri, langsung deh WordPress gratisannya dibuat TLD. Bertahun-tahun kemudian, saya mulai mengenal beberapa jenis blog. Baru deh tahu beda-bedanya.

Beberapa teman mengatakan bahwa WordPress biayanya mahal karena harus membeli hosting juga. Tapi bagi saya, justru itulah salah satu keunggulan WordPress.

Jadi, apa alasan saya memilih WordPress?

Keunggulan WordPress yang Harus Kamu Ketahui

1. Dashboard -nya User Friendly

alasan menggunakan WordPress

Selama menggunakan WordPress, dashboard nya itu user friendly banget. Posisi berbagai tombol enak dipandang sehingga mudah dicari. Untuk pengisian artikel juga mudah.

Saya yang dulu blogger amatir merasa sangat terbantu dengan dashboard yang user friendly tersebut. Percayalah, bila kamu baru memulai ngeblog, kamu juga akan merasakan hal yang sama.

Oh ya, proses instalnya juga mudah. Tinggal ikuti saja step by step -nya. Setelah dinstal, WordPress dapat langsung digunakan.

2. Fleksibilitas tinggi

WordPress yang merupakan salah satu CMS CMS (Content Management System) amat fleksibel untuk membangun sebuah website. Jika kamu tidak ingin mempunyai personal blog, tetapi membutuhkan website untuk bisnis atau perusahaan, WordPress adalah pilihan yang tepat.

3. Masalah-Masalahmu Teratasi dengan Plugin

Apa itu plugin? Plugin adalah software untuk menjalankan fitur tambahan dalam sebuah program. Program yang dimaksud adalah WordPress.

Saya ingat ketika banyak spam robot yang masuk ke komentar saya. Duh, jumlahnya sampai ribuan. Waktu itu kolom komentar belum dimoderasi pula. Atas saran seorang teman, akhirnya saya memasang plugin Akismet.

Akismet adalah plugin anti spam di WordPress. Tak hanya itu, masih banyak plugin lain yang sangat bermanfaat. Contohnya adalah plugin Yoast. Saya juga menggunakan plugin ini lho. Fungsinya adalah untuk optimasi artikel, alias SEO.

Selain Yoast, plugin lain untuk SEO bernama All in One SEO Pack. Plugin SEO ini mempermudah saya untuk mengecek apakah tulisan saya sudah sesuai persyaratan SEO sehingga dapat muncul di halaman awal Google.

Plugin berikutnya yang saya pakai adalah Jetpack. Jetpack adalah plugin dari segala plugin. Dengan plugin Jetpack, saya dapat melihat statistik pembaca blog. Artikel mana yang paling banyak dibaca, kata kunci apa yang paling banyak dicari, sampai rangkuman page view per bulan juga dapat diketahui.

keunggulan WordPress

Dengan mengaktifkan Jetpack, tampilan kolom komentar di artikel dan tombol subscribe akan lebih user friendly. Selain itu, tombol share media sosial juga mudah dimasukkan. Jika theme blog yang kamu gunakan belum mendukung fitur related post, maka fitur ini dapat diaktifkan melalui Jetpack.

Yang paling menarik adalah, Jetpak merupakan plugin keamanan. Jetpack akan melindungi blogmu dari serangan usaha login yang tidak diinginkan.

Selain itu, fitur keamanan Jetpack juga dapat melacak, mendeteksi dan memblokir IP yang mencurigakan. Masih banyak plugin WordPress lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik blog.

Makanya saya senang sekali ketika ada masalah terkait SEO misalnya, ternyata dapat diselesaikan hanya dengan mengaktifkan plugin tertentu atau fitur tertentu dari plugin yang sudah saya jelaskan di atas.

Saya tidak perlu coding untuk mengatasi permasalahan seperti spam, copas artikel, loading page lambat, dan sebagainya. Semua masalah selesai dengan mudah dengan plugin=)

4.Keamanan WordPress Terjamin

keamanan WordPress

Seperti sudah saya jelaskan di atas, kadang ada orang yang tidak bertanggung jawab yang berusaha menyerang blog atau website kita. WordPress selalu mengirimkan update terkait aktivitas di website kita sehingga serangan dapat dicegah. Apalagi WordPress mempunyai plugin khusus untuk keamanan.

Keunggulan WordPress yang satu ini jelas sebuah anugerah yang berguna bagi para blogger dan pengguna WordPress.

5. Mobile Friendly

Tidak hanya dashboard -nya saja yang user friendly, tampilan WordPress juga mobile friendly. Pemilik blog atau website dapat menulis artikel, menyunting, bahkan mengubah theme menggunakan smartphone.

Saya sendiri memilih theme yang mobile friendly karena sebagian besar pembaca blog saya menggunakan smartphone untuk mengakses blog. Bahkan, saya nyaris melakukan semua hal terkait update blog hanya dengan menggunakan smartphone.

Saat ini laptop saya sedang diservis karena tidak dapat menyala. Praktis, saya mengandalkan smartphone untuk berbagai aktivitas terkait blog. Saya merasa benar-benar dimudahkan oleh tampilan WordPress yang mobile friendly.

Tak hanya itu, keunggulan WordPress yang tidak boleh disepelekan adalah kemudahan dalam menambahkan berbagai jenis file. File yang saya maksud antara lain gambar dan video.

Cukup dengan drag dan drop file, gambar atau video langsung masuk ke artikel. Cara lainnya adalah dengan copy dan paste URL file yang dinginkan.

Saya dapat memanfaatkan aplikasi lain seperti Flickr dan Photobucket untuk menyimpan gambar, kemudian tinggal copas url nya di WordPress. Atau masukkan link url Youtube bagi file berbentuk video. Mudah sekali, bukan?

WordPress juga mempunyai media library sehingga kamu dapat mengelola file multimedia tadi dengan rapi dan mobile friendly.

kelebihan WordPress

Masih banyak keunggulan WordPress yang bisa dirasakan saat kamu menggunakannya sendiri. Pendaftaran WordPress sebenarnya gratis, tapi jika kamu ingin mengubah blog atau websitemu menjadi TLD atau berdomain sendiri, maka diperlukan WordPress Hosting.

WordPress Hosting biayanya lebih terjangkau. Enggak percaya? Coba cek ke Qwords, salah satu penyedia WordPress Hosting.

Ada beragam manfaat jika kamu menggunakan Hosting Indonesia. Blog/website dan datamu akan tetap tersimpan dengan aman. Dengan begitu, kamu tinggal berkonsentrasi meningkatkan kualitas konten dan digital marketing.

(Visited 20 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

One Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!