website penting untuk usaha online

Mengapa Website Penting Untuk Usaha Online?

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Website penting untuk usaha online. Benarkah?

Terus terang, awal mula saya menulis blog adalah untuk mengembangkan bisnis. Waktu itu ada banner yang ingin saya pasang di blog sebagai salah satu media promosi. Kemudian saya berpikir, daripada harus bayar untuk memasang banner di blog orang lain, lebih baik saya membuat blog sendiri.

Apalagi kala itu website gratisan mudah dibuat. Jadi pemula seperti saya mencari jalan promosi yang semurah mungkin. Salah satunya secara online menggunakan blog atau website. Semakin lama saya semakin menyadari bahwa website harus dibuat dan dikelola secara profesional.

website penting untuk jualan online

Dampak dari website yang profesional tentunya akan dirasakan secara langsung oleh pemilik bisnis atau usaha online. Siapa sih yang tidak mau omzetnya naik berkali-kali lipat?

Kembali ke alasan mengapa website penting untuk usaha online, saya rangkum dalam sebuah list ya.

Alasan Website Penting Untuk Usaha Online

1. Website sebagai Portofolio

Website dapat menjadi media portofolio perusahaan. Segala sepak terjang, prestasi, hingga CSR yang pernah dilakukan atau didapatkan oleh perusahaan dapat didokumentasikan di website.

Bentuk portofolio nya tidak hanya berupa tulisan, tapi juga foto dan video. File multimedia tersebut dapat ditampilkan di website.

2. Website Meningkatkan Kepercayaan

website penting untuk toko online

Memiliki website artinya seperti mempunyai kantor di dunia digital. Para calon klien, calon patner kerja, calon pembeli dapat masuk ke kantor atau toko anda dan mencari tahu apakah produk atau jasa yang mereka butuhkan ada di sana atau tidak.

Website dapat meningkatkan kepercayaan karena disana terdapat kontak owner, kontak customer care, serta portofolio perusahaan. Website yang profesional tentu akan membuat calon patner kerja dan klien lebih percaya terhadap kredibilitas usaha anda.

Tentu saja website berdomain pribadi lebih meningkatkan kepercayaan dibanding website gratisan. Oleh karena itu, anda sebagai pemilik bisnis memang perlu berinvestasi terhadap website. Website adalah aset yang jelas return of invesment nya.

3. Website sebagai Media Promosi

Usaha online membutuhkan berbagai media untuk promosi. Bila sosial media digunakan sebagai cara memasarkan produk, maka calon pembeli sebaiknya diarahkan ke website. Alasannya agar mereka tidak terdistraksi dengan keriuhan sosial media.

Di website, seluruh produk dan jasa dijelaskan dengan lebih rinci sehingga calon customer merasa puas. Website dapat di- share ke sosial media ataupun menggunakan ads untuk meningkatkan reach dan view.

4. Website Meningkatkan Penjualan

Website dapat dibuat sedemikian rupa sesuai kebutuhan. Ada website yang menggunakan copy writing, lalu mencantumkan kontak di bagian akhir. Kontak tersebut langsung terhubung dengan pesan WhatsApp sehingga calon pembeli dapat melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.

website penting untuk usaha online

Ada juga website yang menyediakan keranjang pembelian dan menampilkan stok barang. Dengan kata lain, transaksi terjadi di website. Website yang dioptimasi sehingga tampil di halaman awal Google jelas akan membuat penjualan usaha online menjadi meningkat.

online marketing

Bayangkan ketika ada calon pembeli yang mengetik kata kunci kue kering lebaran Jogja, atau rumah murah di Jogja, lalu yang muncul adalah website anda. Otomatis mereka akan membuka website untuk mencari apakah produk atau jasa yang tersedia di website sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka.

5. Website Mudah Dibuat, Mudah Digunakan, danTerjangkau

Website membuat usaha online semakin melebarkan sayapnya. Usaha online tidak lagi perlu toko offline. Website sebagai toko maya dapat memberikan segalanya.

Website mudah dibuat. Bahkan banyak penyedia jasa pembuatan website. Anda sebagai pemilik perusahaan tinggal menjelaskan ingin website yang seperti apa, budget berapa, maka penyedia layanan pembuatan website akan memberikan gambaran dan rincian yang dibutuhkan.

Biaya pemeliharaan website cukup terjangkau dibanding dengan harga sewa toko atau ruko. Biaya hosting juga terjangkau bila anda menggunakan WordPress sebagai pilihan website perusahaan.

Dengan adanya website, anda bahkan dapat memanfaatkan tools Google Analitic untuk menganalisis siapa pengunjung website anda. Apa jenis kelaminnya, kata kunci apa yang dicari, berapa usianya, dan sebagainya.

website untuk usaha online

Data analitik tersebut bisa menjadi masukan terhadap penentuan stok ataupun inovasi produk dan jasa yang anda jual. Anda tidak perlu bersusah payah menginput data sendiri dengan mengamati siapa yang datang seperti saat zamannya toko offline. Dengan website, semua data terekam dan terangkum.

Hosting Indonesia yang terpercaya adalah Qwords. Qwords akan membantu anda memiliki website yang profesional dan berkualitas. Pemanfaatan website untuk mengunggah konten seperti foto, audio, video, tulisan akan lebih maksimal jika anda mempunyai website khusus perusahaan.

Go Online, Tidak Hanya Go Digital

Lima alasan di atas rasanya sudah cukup mewakili mengapa website penting untuk usaha online. Go digital artinya memindahkan semua perilaku atau cara konvensional terkait A-Z usaha, menjadi 100% menggunakan teknologi. Bila teknologi yang dipakai terkoneksi internet, maka disebut sebagai go online.

Namanya saja usaha online, tentu harus terkoneksi dengan internet, kan? Standar Operasional Prosedur, Human Resourches Departement (HRD), laporan keuangan, sebaiknya memang sudah go digital dan go online. Hal ini memudahkan pemilik bisnis yang memiliki banyak cabang. Jadi, tidak hanya pemasaran saja yang go online. Tapi di semua aspek bisnis anda.

Website akan semakin maksimal fungsinya, bila aspek lainnya sudah go online. Bila anda adalah pebisnis pemula, jangan khawatir, semuanya dapat dipelajari karena aneka tutorial pun tersedia secara online.

Saya berharap, setelah membaca artikel ini, anda tidak ragu lagi untuk memiliki website untuk usaha online. Semoga bermanfaat ya. Silakan coment jika ada yang ingin ditanyakan.

(Visited 12 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!