Ingin Sehat Sampai Tua? Lakukan 3 Cara Ini

Facebooktwitterredditmail

Sehat Sampai Tua? Lakukan 3 Cara Ini

Agar sehat sampai tua

Sahabat ismi tahu enggak kalau pada tahun 2020, Angka Harapan Hidup (AHH) masyarakat di provinsi DI Yogyakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia? Untuk jenis kelamin laki-laki, AHH DI Yogyakarta mencapai 73,22 tahun. Sedangkan untuk jenis kelamin perempuan mencapai 76,83 tahun.

AHH tertinggi berikutnya diperoleh oleh provinsi Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Kalimantan Utara.

Pada penasaran enggak kenapa AHH Jogja bisa tertinggi? Sebagai warga yang lahir dan tinggal di Jogja selama 25 tahun, aku mau kasih tahu fakta yang aku lihat.

Jawabannya adalah rata-rata masyarakat Jogja itu kondisi kesehatan fisik dan psikisnya bagus. Tingkat stres mereka rendah, dan mereka aktif bergerak.

Aku jadi ingat Mbah Buyut dari suamiku, saat ini beliau berusia 80 tahun dan masih aktif bergerak. Aktivitas Mbah Buyut antara lain memijat bayi dan anak-anak di rumahnya, atau ke rumah orang tua mereka, menimba air di sumur, mencuci baju sendiri, memasak, dan melaksanakan salat di masjid. Beliau kemana-mana berjalan kaki, kecuali ada acara keluarga sehingga harus berangkat bersama anggota keluarga lainnya.

Ayahku sendiri alhamdulillah berusia 72 tahun dengan segudang aktivitas. Masih mengajar di kampus, mengawasi proyek pembangunan, dan aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan. Sama halnya dengan ibuku yang berusia 71 tahun. Katanya, kalau enggak aktif bergerak, badan justru terasa lemas.

Nah, sebenarnya apa saja faktor yang bisa membuat seseorang menjadi berumur panjang? Ternyata faktornya ada banyak, antara lain kondisi kesehatan, riwayat penyakit keluarga, kondisi ekonomi, lingkungan, sosial, psikis, jenis kelamin, dan ras.

Fasilitas dan layanan kesehatan setempat, terutama untuk lansia, juga menjadi faktor penentu. Begitu pula dengan kebiasaan positif yang dimiliki masyarakat, seperti hidup bersih, rajin bergerak, dan pola makan yang sehat.

Kalau melihat faktor-faktor di atas, ada yang bisa sahabat ismi usahakan sendiri, tidak tergantung oleh orang lain atau pemerintah. Ada pula faktor yang enggak bisa dikontrol atau kendalikan misalnya fasilitas kesehatan di tempat tinggal sahabat ismi.

Sehat Sampai Tua? Ini Caranya

Oke, jadi apa yang sebaiknya sahabat ismi lakukan agar bisa sehat sampai tua? Aku rangkum menjadi 3 hal ya.

1. Bergerak Aktif

Seperti yang aku ceritakan di atas, Mbah Buyut suamiku itu aktif banget. Sahabat ismi bisa melakukan hal yang sama. Maksudnya, enggak harus menimba air di sumur ya, hehe. Tapi sahabat ismi bisa memulainya dengan berolahraga.

Di masa pandemi, ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah saja, contohnya yoga, senam (aerobik, zumba, dan lain-lain), berjalan, berlari, dan melompat. 

Aku jadi ingat acara bersama Anlene dan Ibu-ibu Doyan Nulis hari Minggu tanggal 1 Agustus kemarin, karena ada sesi yoga bersama. Gentle yoga ini dipandu oleh Mbak Amanda Tasning, seorang instruktur yoga.

Sehat sampai tua

Aku dan teman-teman yang mengikuti webinar, melakukan gerakan yoga yang cukup mudah dan sederhana. Gentle yoga berfokus pada pernapasan, persendian, dan peregangan bagian tubuh lainnya. Makanya jenis yoga ini cocok untuk dipraktikkan oleh lansia.

Walaupun mudah, keringatku mengucur deras lho. Sempat ngos-ngosan juga di beberapa pose. Maklumlah, badan melar sehabis melahirkan tiga anak. Beneran belum konsisten olahraga lagi nih:(

Sebenarnya aku sudah mempunyai matras yoga, dan sudah sempat 3 minggu rutin yoga. Tapi saat kesibukan melanda, aku beralasan enggak punya waktu untuk berolahraga. Duh, jangan ditiru ya. Makanya kalau membahas sehat sampai tua, aku jadi ketampar banget. Pingin sehat dan panjang umur sampai melihat punya cucu, kok olahraganya males-malesan?

Cara sehat sampai tua

Selain gentle yoga, di akhir acara juga ada yoga conditioning. Gerakan yoga conditioning lebih sulit, haha. Ada adegan cium lutut, push up, dan plank segala. Ulala, yang jarang olahraga bisa pegel-pegel deh:D

Yoga conditioning

Dengan bergerak aktif maka pernapasan, otot, dan sirkulasi darah kita akan bekerja lebih baik. Metabolisme dan imunitas tubuh juga meningkat. Bergerak aktif juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, bergerak aktif juga meningkatkan hormon endorfin lho. Hormon ini bisa meningkakan kebahagiaan dan meredakan stres. Kebayang kan betapa bermanfaatnya hormon ini untuk kesehatan mental?

Oh ya, menjaga kesehatan fisik dengan cara aktif bergerak sebenarnya termasuk self care. Self care di masa pandemi amat penting. Dengan menjaga kesehatan, artinya kita menghargai dan berterima kasih pada diri sendiri yang selama ini sudah kuat menghadapi segala tantangan selama pandemi.

2. Pola Makan Sehat

Cara kedua agar bisa sehat sampai tua adalah dengan memperbaiki pola makan. Hayo ngaku siapa yang masih suka makan junk food dan gorengan? Aku tunjuk diri sendiri deh. Rasanya memang sulit untuk mengubah pola makan.

Tapi aku percaya bahwa hal kecil yang dilakukan dengan konsisten pada akhirnya akan mengabulkan impian yang rasanya enggak mungkin. Sama halnya dengan impianku bisa mempunyai pola makan yang sehat.

Ada beberapa temanku yang benar-benar sudah stop gorengan, dan memilih raw food misalnya. Bagus banget sih. Kalau aku pribadi, jujur masih belum bisa. 

Nutrisi agar sehat sampai tua

Saat ini yang aku lakukan adalah selalu mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, mengurangi gorengan, dan makanan manis berkadar gula tinggi. Meskipun belum 100%, tapi setidaknya aku sudah memulai.

3. Asupan Nutrisi yang Mendukung 

Bergerak aktif perlu didukung asupan nutrisi yang dapat memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan otot. Nutrisi pendukung tersebut bisa berasal dari makanan atau minuman.

Marketing Manager Anlene
Marketing Manager Anlene

Rhesya Agustine sebagai Marketing Manager Anlene, PT Fonterra Brands Indonesia menyatakan bahwa Anlene selama dua dekade selalu berinovasi. Anlene ingin menginspirasi masyarakat bergerak aktif sebagai wujud implementasi self-care, dengan meluncurkan produk terbaru yaitu Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X yang memberi manfaat nutrisi unggul untuk memberikan kekuatan, fleksibilitas, energi lebih sepanjang hari, tanpa khawatir akan risiko kesehatan terkait usia.

Kenalan Yuk dengan Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X

Haryadi Raharjo selaku Scientific and Nutrition Manager, PT Fonterra Brands Indonesia menyatakan bahwa aktivitas fisik yang berkualitas yang didukung nutrisi berkualitas akan membantu memelihara organ-organ gerak kita sehingga tubuh lebih sehat dan terus bisa aktif hingga nanti.

Harga Anlene Gold

Oleh karena itu, Anlene menawarkan rangkaian produk susu berkalsium tinggi yang diformulasikan secara khusus dengan manfaat nutrisi unggul untuk mendorong kesehatan tulang yang optimal dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen Indonesia dalam agar hidup aktif dan sehat.

Harga Anlene Actifit 3X

Produk Anlene terbaru lebih dari susu dibedakan berdasarkan kebutuhan dan dapat dikonsumsi usia dewasa. Lalu apa bedanya Anlene Actifit 3X dengan Anlene Gold 5x?

Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X dengan formula Movemax mengandung nutrisi lengkap yaitu kalsium untuk kepadatan tulang dan gigi, kolagen dan vitamin C yang mendukung kesehatan sendi, protein untuk otot agar tetap aktif dan berenergi sepanjang hari, dan Vitamin B6 yang merupakan faktor penting dalam metaboliesme energi dan pembentukan jaringan.

Anlene Gold 5X

Anlene Gold 5X

Anlene Gold 5X dengan formula Movemax mengandung nutrisi superior yaitu kalsium untuk kepadatan tulang, kolagen mendukung kesehatan sendi, dan protein untuk otot.  Anlene Gold 5X juga merupakan sumber kalium  untuk menjaga tekanan darah tetap normal, dan Vitamin B12 yang berperan untuk menjaga sirkulasi darah dan pembentukan sel darah merah.

Selain itu, Anlene Gold 5X rendah kolesterol sehingga mendukung pola hidup sehat, dan tanpa gula tambahan sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Anlene dapat diminum dua kali sehari, setiap hari, untuk melengkapi nutrisi agar tubuh selalu sehat.

Bergerak Aktif dan Ikuti Kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah

Salah satu hal yang bikin aku semangat ikutan webinar bareng Anlene adalah karena ada Butet alias Liliyana Natsir, pemain bulu tangkis yang mengharumkan nama bangsa.

Liliyana Natsir
Senangnya satu frame bareng idola

Saat acara kemarin, Butet menyampaikan tentang pentingnya investasi kesehatan, karena menjaga kesehatan adalah untuk investasi masa depan.

Jadi yang penting enggak hanya investasi finansial ya, investasi kesehatan juga sama pentingnya. Nah, caranya bagaimana? Butet mengatakan ada tiga cara yaitu investasi nutrisi, investasi olahraga, dan investasi melalui minuman sehat.

Butet juga bercerita tentang kesehariannya sejak aktif menjadi atlet. Butet berolahraga setiap hari, dan rajin minum susu. Apalagi ada dokter ahli gizi yang memantau kesehatan para pemain bulu tangkis.

Bagaimana saat PPKM dan harus di rumah saja? Apakah Butet juga berolahraga? Tentu saja! Jenis olahraganya saja yang disesuaikan.

Tetap bergerak aktif di rumah bermanfaat agar kesehatan tulang, dan kelenturan sendi terjaga. Selain itu, bergerak aktif juga membuat otot tidak kaku.

Sehat sampai tua seperti orang Jogja
Jangan lupa pemanasan dulu ya

Olahraganya apa? Olahraga paling mudah antara lain berjalan, berlari, dan melompat di tempat. Lebih fokus di kaki sehingga pemanasan juga di kaki. Gerakannya jangan langsung yang ekstrim ya. Pelan-pelan, yang ringan dulu. Yang penting bukan durasi atau rumitnya gerakan, tapi konsistensinya.

Butet enggak ingin hanya segelintir orang saja yang bergerak aktif dan berinvestasi di kesehatan. Oleh karena itu, Butet mengajak sahabat ismi untuk mengikuti kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah. 

Melalui tantangan ini, Butet dan Anlene mengajak masyarakat berlari, berjalan, dan melompat di rumah dengan mudah, sekaligus mendukung atlet Indonesia yang sedang berlaga di Tokyo. #JadiAtletDiRumah diselenggarakan pada 23 Juli 2021 – 8 Agustus 2021.

Bagaimana cara mengikuti #JadiAtletDiRumah?

  1. Follow Instagram @Anlene_Indonesia.
  2. Buat Video gerakan olahraga berlari, berjalan, atau melompat saat di rumah.
  3. Upload Video di Instagram Feed dengan menggunakan hashtag #JadiAtletDirumah, #PilihYangLebih, dan #LebihDariSusu.
  4. Pastikan produk Anlene terlihat.
  5. Tag @Anlene_Indonesia dan mention 5 teman untuk ikutan.

Tentu saja ada hadiah menarik bagi sahabat ismi yang menjadi juara. Hadiah tersebut antara lain voucher Tokopedia senilai Rp300.000 untuk satu pemenang, voucher Indomaret Rp100.000 untuk 3 pemenang dan hadiah eksklusif dari Anlene untuk 3 pemenang.

Untuk 50 peserta pertama, ada hadiah langsung voucher belanja Anlene Rp50.000 di Tokopedia (minimal pembelanjaan Rp50.000).

Sahabat ismi cukup mengunggah video berlari, berjalan, dan melompat yang disediakan di laman instagram @anlene_indonesia.

Manfaat bergerak aktif

Untuk infromasi lebih detail tentang kompetisi #JadiAtletDirumah, sahabat ismi bisa mengunjungi instagram @anlene_indonesia 

Sebagai komitmen Anlene terhadap kesehatan masyarakat Indonesia, Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis dengan mengunjungi http://anlenemovecheck.com/. Sahabat ismi bisa mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene, yaitu alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana. Menarik, bukan?

Yuk, sahabat ismi mulai bergerak aktif, dan penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, agar bisa sehat sampai tua. Jangan lupa ikuti kompetisi #JadiAtletDirumah, dan ikuti juga Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene supaya tahu mobilitas sahabat ismi sudah optimal atau belum.

Semoga kita bisa sehat sampai tua ya. Aamiin.

(Visited 352 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

89 thoughts on “Ingin Sehat Sampai Tua? Lakukan 3 Cara Ini

  1. Hastira Reply

    betul. gerak itu penting agar badan gak kaku. begitu juga pola makan sehat yang sering terabaikan

  2. Yuniari Nukti Reply

    Duuh jadi pingin ke Jogja, deh. Tapi bener lho orang Jogja sehat-sehat walaupun udah sepuh. Mungkin kultur daerahnya tenang dan menyenangkan.

    Mungkin orang dulu selain bergerak aktif, mereka juga rajin konsumsi minuman yang mengandung nutrisi. Orang sekarang malas numbuk baham herbal, biar gampang rajin minum susu aja, hehe

  3. Rani R Tyas Reply

    Alhamdulillah ya Mbak, seneng kalau melihat para sesepuh masih sehat di usia lansia. Bener juga sih, beliau-beliau ini hidupnya banyak bergerak.

  4. Nurul Rahma Reply

    Ini webinar Anlene bener2 ‘nampol’ bangettt 😀
    Karena selama PPKM, banyak di rumah aja, trus jadi mager dehh
    Padahal Self care dan investasi kesehatan jiwa raga penting banget utk dilakukan secara konsisten.
    Salah satu caranya, dgn rutin gerak.
    Juga jangan lupa, nutrisi berkualitas kudu rutin dikonsumsi.
    Sehat sehaaattt ya kita semua, aamiiin

      • Okti Reply

        Melakukan satu point saja belum tentu bisa menghasilkan secara maksimal ya. Jadi jangan sampai terpisah antara bergerak aktif, pola hidup sehat dan makanan yang mengandung nutrisi cukup. Goal deh hidup sehat hingga masa tua…

      • diane Reply

        Anda tidak sendiri hhehehe secara emang godaan selama di rumah aja tuh emang kasur dan sejenisnya ya.. Tinggal geletak aja udah..betah bener.. Makanya kita kudu melawan rasa malas..tetap aktif bergerak biar sehat sampai tua nanti ya

  5. Katerina Reply

    Cara untuk sehat sampai tua nya sudah tepat banget mbak, jitu. Karena bergerak itu memang penting, dan nutrisi juga penting. Tinggal kita laksanakan saja dengan rutin biar tetap sehat sampai tua, dan tetap menarik di berapa pun usia.

    Sore ini aku belanja, dan udah niat mau beli Actifit 3X nya. Soalnya pengen tulang sehat sampai tua 😀

    • dian.ismyama Post authorReply

      Iya mba aq dulu pernah cek tulang via alat Anlene zaman dulu dan ternyata densitas tulangku masih kurang hiks. Makanya kudu tambah asupan lain

  6. Jeanette Agatha Reply

    Walaupun di rumah aja harus tetap olahraga ya, mbak. Tidak perlu menggunakan alat yg mahal, hanya berlari, melompat, dan berjalan juga uda olahraga ya, mbak

  7. Ade UFi Reply

    Jadi ikutan yoga juga ya pas webminar.. seru banget ya. Anlene ini memang susu bagus buat kesehatan tulang sih ya. Mamerku minum ini. Jadi mau ikut kompetisinya deh. Sapa tau menang kaan? hahaha hadiahnya lumayan. bisa buat jajan anlene lagi

  8. Wiwied Widya Reply

    Iya bener jg, orang2 jaman dulu tuh masih banyak yg tetap aktif dan kuat meski usianya udah tua ya. Kalau nggak gerak katanya badan malah pegal. Kebalik ama aku, kalau gerak banyak dikit malah badannya sakit. Kayaknya emang kudu mulai dibiasain lebih aktif nih.

  9. andiyani achmad Reply

    bergerak sederhana di rumah penting buat kesehatan tulang dan otot, apalagi kalo diimbangi sama olahraga yang rutin dan minum susu anlene ya. maki sehat makin aktif deh

  10. Dyah ummu AuRa Reply

    Pengen banget pastinya bisa sehat sampai tua, terimakasih banyak infonya mbak. Sepertinya tips di atas mesti aku lakuin nih. Plus minum susu Anlene.

  11. diane Reply

    Pokoknya olahraga meski di rumah aja tuh manfaatnya banyak ya… Bikin kita jadi lebih sehat dan itu penting di masa pandemi kayak sekarang ini

  12. Eni Rahayu Reply

    Pandemi gak boleh dijadikan alasan untuk gak gerak ya Bun. Beruntung sekali bisa ikutan yoga bareng-bareng gini. Pastinya lebih semangat ya. Oiya, saya juga suka yoga karena low impact dan minim cedera jika dilakukan dengan benar.

  13. Hidayah Sulistyowati Reply

    MBah buyut nya seusia bapakku, usia bapakku 84 tahun. Bener sih orang dulu itu selalu aktif bergerak jadi sehat sampai sepuh ya. Menginspirasi banget ikut webinar Anlene kemarin, aku jadi mulai lagi yoga, ngikut gerakan mba Amanda aja.

  14. Ria Rochma Reply

    Sebenarnya, 3 hal untuk AHH tinggi, mudah dilakukan ya mbak. Tapi adaaaa ajah alasan kita menunda-nunda melakukan 3 hal ini.
    Setelah ini, harus lebih perhatian lagi dg gaya hidup sehat

  15. Yanti Reply

    Kita pastinya pingin sehat dong sampai tua nanti makanya 3 hal ini harus kita lakukan salah satunya terus bergerak aktif yg kadang aku suka mles nih asupan nutrisi juga harus kita perhatikan biar selalu sehat sampai tua

  16. Dian Safitri Reply

    yuk gerak!! aku tuh sampai ga sadar kalau ternyata aku mageran berat selama pandemi ini. ya ampuuuuuunn…. abis yoga kemarin, badan merontoks.
    sekarang mah tobat ah, kapok. mau rajin gerak meski di rumah aja, trus minum Anlene juga dong biar nutrisi tetap terjaga.

  17. Susindra Reply

    Sehat itu mudah dan ada banyak cara. Tapi tak jauh dari pola hidup dan selfcare-nya pada tubuh. Dan saya lihat banyak orang yang usianya sudah sepuh tapi tetap ringan saat bergerak. Itu luar biasa.
    Pengen seperti mereka, ya memang banya bergerak, pola hidup sehat dan minum Anlene.

  18. Uniek Kaswarganti Reply

    Mau juga aahh jadi atlet di rumah. Selain ikut kompetisi, aktivitas ini bisa membuat kita terus semangat untuk bergerak meskipun di rumah aja.

  19. Sri Wulandari Reply

    Sepakat banget ini sama tipsnya. Orang” zaman dulu memang lebih banyak yg berumur panjang penyebabnya ya 3 tips di atas. Wajib ditiru sih biar bisa liat senyuman cucu-cucu yg lucu nanti. Hehe

  20. DailyRella Reply

    Semangat bergerak biar sehat sampai tua, yes, setuju… biar kalau wisuda, masih bisa berfoto di samping anak dengan tegap, hehe

  21. Wiwin | Pratiwanggini.Net Reply

    Saat mengikuti gerakan-gerakan Gentle Yoga, terasa bahwa otot-ototku selama ini pada kaku-kaku. Setelah selesai Yoga, terasa lebih rileks dan lentur. Nyesel deh seringkali malas gerak. Padahal ini bagian dari investasi masa depan.

  22. Bambang Irwanto Reply

    3 faktor ini memang penting sekali dilakukan ya, Mbak. Terus bergerak aktif, menjaga pola makan, dan dukungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.
    Jadi walau masih pandemi, dan masa PPKM, Insya Allah semua bisa dilakukan. Termasuk olahraga di rumah.

  23. Tanti Amelia Reply

    jadi ngakak, sama persis mbak, aku udah punya matras yoga dan sempat beli dumbell

    terus terus teruuuuussssss…. kuterlena dengan rebahan dan waktu menggerus tanpa ampun! abis ini rajin latihan lagi yuuuuks

  24. Artha Nugraha Jonar Reply

    Terus bergerak memang bener banget. Kerasanya waktu usia makin tua. Kalau kurang gerak, badan jadi mudah capek dan stamina menurun. Efeknya bisa gampang terkena penyakit.

  25. Wiwin | Pratiwanggini.Net Reply

    Gerakku sangat kurang. Jalan hanya sebatas di dalam rumah dan di dalam kantor. Kebanyakan duduk. Makanya waktu ikutan Gentle Yoga kerasa banget kalo otot-ototku selama ini pada tegang. Hiks…

  26. Jiah Al Jafara Reply

    Mbahku juga usianya sampai 80-an dan jarang banget sakit. Meninggal ya karena udah waktunya aja. Pola hidup kaya gitu emang harus ditiru. Masih ingat banget pernah masuk RS aja semua organ dalamnya bagus. Yuk rajin gerakin badan

  27. Dian Reply

    kalau mau hidup sehat sampai tua, tentu harus banyak melakukan usaha ya mbak
    menjaga pola hidup sehat adalah kuncinya
    makanya nggak boleh mageran
    harus tetap aktif bergerak meski di rumah saja

  28. Nurul Fitri Fatkhani Reply

    Di awal tulisan ngebahas tentang Jogja jadi kangeen sama Jogja. Kangen sama orang-orangnya yang ramah dan suasana di sana itu nyaman sekali. Saya gak heran kalau orang sana pada panjang umur dan sehat.
    Mengerjakan pekerjaan rumah juga sendiri, jadi sehat-sehat, ya. Aktif bergerak.

  29. yayu arundina Reply

    Waaah mau bangets sehat samoe tua. Melihat yang udah pensiun itu seneng rasanya. Bisa jalan-jalan, berkomunitas, bener-bener menikmati hidup. Bebas dari rutinitas jerja. Self care nya harus ditingkatin nih

  30. Rhoshandhayani Reply

    yang penting gerak ya mbak, entah jalan, lari di tempat, maupun lompat-lompat
    ya mari kita sama2 sadar lah ya bahwa kita ini kaum laptop dan kaum rebahan
    jadi harus pandai2 mengeerti apa yg harus dilakukan biar tetap sehat sampai tua

  31. Alfa Kurnia Reply

    Wah tinggi juga AHH Yogya ya, Mbak. Jadi penasaran kalau Jawa Timur masuk peringkat ke berapa ya dan berapa angka harapan hidupnya. Kakek nenekku dulu juga tetap aktif meski udah usia 60-an. Bahkan kakekku suka jalan pagi sampai beliau meninggal umur 70-an. Abis ikut webinar Anlene ini jadi makin termotivasi untuk aktif berolahraga dan konsumsi nutrisi unggul seperti Anlene Actifit 3X

  32. Fenni Bungsu Reply

    Dengan aktif bergerak dan imbangi nutrisi yang cukup untuk kesehatan tulang, bisa bantu buat diri kita memiliki harapan hidup yang tinggi ya. Kuy semangat sehat..sehat

  33. Aswinda Utari Reply

    Pengen jg euy aktif gerak sampe udah tua. Emg salah satu syaratnya kudu rajin olah raga n jaga asupan kalsium ya. Aku dah melek soal rajin minum susu kek anlene gini. Tp soal olah raga masih angin2an. Heu. Soalnya suka olah raga di luar. Masa begini bikin rada parno. Musti cb yoga jg nih

  34. Dwi Puspita Reply

    Bergerak aktif memang penting banget ya mbak untuk melatih kelenturan otot, tulang dan sendi apalagi nutrisinya mencukupi

  35. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Reply

    Investasi emang gak melulu uang atau tanah ya mbak, tapi juga kesehatan. Apalagi zaman skrng yang namanya sehat itu nomor satu.
    Salah satu yang wajib menjadi perhatian adalah kesehatan tulang dengan banyak gerak dan konsumsi nutrisi yg baik utk tulang insyaAllah pas tua kita tetep bugar ya.

  36. Siska Dwyta Reply

    Maa syaa Allaah umur 70 dan 71 tahun orang tua Mbak masih aktif bergerak ya… Bagaimana kita di hari tua nanti memang sangat ditentukan juga dengan aktivitas kita saat ini ya Mbak. Seperti kata Butet di acara yang saya ikuti juga kemarin kesehatan adalah investasi…

    Senang deh Anlene hadir menginspirasi dan memotivasi kita untuk tetap bergerak aktif di ruma lewat ajang kompetisi #JadiAtletdiRumah ini dan menghadirkan juga dua produk terbarunya

  37. Adriana Dian Reply

    Nutrisi tuh emang penting yaaaaa.. karena olahraga aja emang berasa ngga cukup. Tetep harus ditambah dengan asupan nutrisi untuk tulang seperti Anlene Actifit 3X ini yaaa

  38. Ari Santosa Pamungkas Reply

    Bergerak aktif, makanan yang berimbang dan istrahat, beneran bisa membuat badan sehatnya aweeett.. Aku punya temen di lapangan badminton, beliau udah 60th++, tapi masih fit banget.

  39. Wahyu Eko C Reply

    kesehatan emang salah satu investasi hari tua, semoga kita senantiasa di beri kesehatan hingga tua nanti dan selalu menjaga tubuh dengan aktif olahraga serta nutrisi makanan yang sehat

  40. Fakhruddin Reply

    Kamu adalah apa yang kamu makan. Merupakan salah satu tagline yang terus saya ingat. Ya ini memang sesuai bahwa nutrisi yang kamu konsumsi akan membentuk badan kamu. Kalau baik ya akan baik hasilnya.

  41. Wiwid nurwidayati Reply

    Rata-rata generasi nenek atau ibu kita sehat ya sampai tua. Nggak kayak saya yang paling males olahraga. Tapi baca ini jadi bikin semangat gerak tumbuh lagi. Pengin sehat sampai tua.

  42. Bang Doel Reply

    Konsistensi tiga hal ini penting ya mbak. Sebab kadang-kadang saya sendiri susah untuk menerapkannya secara rutin. Misalnya minum suplemen kayak Anlene iya, tapi workoutnya males haha begitu juga kadang sebaliknya.

  43. Susie Ncuss Reply

    Bener-bener harus jaga kesehatan sejak dini agar bisa kuat sampai tua ya…
    alhamdulillah ada anlene yang bisa bantu kita dari sekarang.

  44. Mei Daema Reply

    sejauh ini tiga-tiganya sudah dilakukan hanya saja belum begitu komitmen, masih cuka cheating makan makanan junkfood atau olahraganya kosong-kosong hehehhe

  45. Diah Kusumastuti Reply

    Aamiin.. semoga kita semua bisa sehat sampai tua ya, Mbak. Banyak faktor yang membedakan AHH pada tiap daerah ya ternyata. Kesadaran masyarakat akan kesehatan nih ya sepertinya yang paling berpengaruh.
    Btw bapak ibuku juga suka konsumsi Anlene, Mbak. Apalagi setelah bapak beberapa kali operasi. Anlene memang telah terpercaya kualitasnya 🙂

  46. Karyati Niken Reply

    Bergerak atif di masa pandemi ini penting untuk kebugaran tubuh ya kak. Bonusnya kesehatan tulang dan sendi untuk jangka panjang.

  47. Nyk Reply

    Wah sering bergerak bs nambah panjang usia ya…Jd pengen sering gerak biar bisa hidup lebih lama. Btw usiaku kini dah 50 berrti minumnya susu Anlene yang 5x ya mba…

  48. Nisazet Reply

    Salut sama orang tua dulu, mereka itu punya tubuh yang sehat dan banyak aktif gerak, eh ternyata manfaat nya dirasakan sampai tua sekarang. Harus menerapkan hidup sehat ini kunci utama ya kaa, apalagi dengan namanya kesehatan tulang, poin bngt nih

  49. Happy Hawra Reply

    aaaaak pas banget wkwkwk. aku juga sekarang udah mulai rutin stretching pagi lewat yutub tapi masih yang simple banget dulu karena udah engap. nanti baru naik level ke yoga beneran 🤣

  50. lendyagassi Reply

    Benar yaa…
    Aku juga jadi ingat Bapak rahimahullah. Meskipun usianya sudah senja, tapi masih sangat suka olahraga, terutama tenis. Kita harus mencontoh hidup yang aktif sehingga badan menjadi terlatih dan gak gampang sakit.

  51. Fanny_dcatqueen Reply

    Setuju sih kalo banyak gerak itu bisa memanjangkan umur. Bbrp kali aku merhatiin tiap traveling ke bbrp negara, takjub pas tau orang2tua di sana masih aktif. Awalnya aku pikir isinya palingan 50-60. Ternyata malah ada yg 80!! Dan msh aktif olahraga bowling. Aku tanya Bener2 rahasianya apa. Dan dia bilang Krn rutin gerak, jalan kaki kemana2, juga pengaruh dari makanan sih :).

    Dan aku jadi Bener2 PGN ngerubah kebiasaan yg dulu jelek, LBH milih naik kendaraan padahal lokasinya Deket, makan ga ngeliat gizi. Padahal apa yg masuk ke bdn kita, mempengaruhi kesehatan juga.

  52. Uniek Kaswarganti Reply

    Maunya sampai tua juga tetap sehat ya mba. Tapi klo dari sekarang males gerak waahh repot dong ntar.

    Yuk kita semua makin semangat bergerak di rumah untuk melatih sendi, otot dan tulang agar aktif terus. #jadiatletdirumah bareng Liliyana Natsir yuukk..

  53. Aisyah Dian Reply

    Nutrisi dari susu Anlene Actifit ini memang bagus sekali ya kak buat kesehatan tulang Kita. Habis baca artikel ini jadi tercerahkan deh rasanya

  54. Narasi Nia Reply

    Rahasia sehat selama stay at home ya harus rajin gerak ya kak. Walau cuma sekedar naik turun tangga, kan lumayan bakar lemak. Paling bagus juga kalau diimbangi dengan minum susu supaya kekuatan otot dan tulang tetap terjaga

  55. novaviolita Reply

    aktif bergerak dan nutrisi seimbang.., alm ibuku aftif bergerak dan rajin banget..tapi ntah nutrisi yang gak tercukupi ntah pola istirahat yang kurang..dimasa tua malah terkena osteoporosis..gak bisa jalan. Nutrisi penting banget.. mulai sekarang mo biasaain minum anlene

  56. ruziana ina Reply

    saya juga sedang berusaha mengubah gaya hidup khususnya pola makan
    udah ngurangin makanan yang memicu kolesterol
    tiap hari diupayakan makan sayuran dan buah serta hindari gorengan
    cuma untuk olahraga masih kurang ini
    harus menguatkan komitmen untuk jalan pagi ni
    terus juga harus minum anlene supaya tetap sehat

  57. Siti Hairul Reply

    Anlene memang concern ya mak menjadi nutrisi tulang terbaik. Apalagi kemarin menggandeng atlet Ci Butet jadi semakin tertarik untuk banyak gerak nih

  58. Bunda Xi Reply

    Ibu mertuaku juga minum Anlene, Mbak. Pas dan suka rasanya, alhamdulillah mendukung produktivitas saat usia senja.

  59. Dwi Priatiningsih Reply

    Cocok banget nih anlene untuk ibu2 dengan anak2 yg lagi aktif2nya sperti aq ,😁 harus selalu gerak dan lincah

  60. Seno Reply

    Pas banget iki buat yang takut keluar rumah. Bisa tetap sehat meski tanpa keluar rumah. Mantab, kak.

  61. Indah Primadona Reply

    iya yang orangnya aktif dari muda, pasti pas tuanya tetep semangat, aku juga dari sekarang udah mulai rajin olahraga walau cuma 5 sampai 10 menit udah lumayan lah, biar tetap semangat

  62. Hastira Reply

    benear juga setelah pensiun dan berkurang aktivitas justru harus diatmbah aktivitas olahraga agar badan tetap bugar

  63. diane Reply

    yeayy tetep semangat bergerak meski di rumah aja ya… Jangan lupa konsumsi Anlene juga secara teratur biar tulang dan sendi juga sehat

  64. Alvi Suryani Reply

    Bener banget mbak, aku pun ngerasain efek nya doyan manis dan jarang sayur. Kena wabah deh ujung2nya.

    Akhirnya gulanya aku ganti madu kalau minuman, kemudian sayur ini cuman beberapa karna suami asam lambung nggak bisa kena sawi.

    Konsumsi susu juga.

    Olahraga jalan pagi 30menit hehe karna ada bocil.

  65. Travel Galau Reply

    sepertinya aku harus sering-sering balik ke tulisan ini deh. masa setelah kemarin udah mulai semangat bergerak, minggu ini semangatku melempem dan kembali mageran. wakakakakaka

    yokkk besok aku olahraga lagi deh. sekarang udah kesiangan soalnya kan ya (alasan)

  66. Ririn Wandes Melalak Cantik Reply

    Pastinya banyak yang mau sehat sampai tua ya tapi enggak banyak yang mau terus aktif bergerak bahkan untuk melakukan olahraga ringan. Memang sudah saatnya nih melakukan 3 cara ini agar sehat sampai tua.

  67. Ririn Wandes Melalak Cantik Reply

    Pastinya banyak yang mau sehat sampai tua ya tapi enggak banyak yang mau terus aktif bergerak bahkan untuk melakukan olahraga ringan. Memang sudah saatnya nih melakukan 3 cara ini agar sehat sampai tua. Semangat ah

  68. Kurnia amelia Reply

    Bener banget kak banyak gerak tuh bisa panjang umur soale otot kita terus bekerja ya jadi ga kaku dan ga kendor yes. Semoga kita panjang umur dan sehat selalu ya.

  69. Yuniari Nukti Reply

    Semagernya di rumah tetap harus bergerak walaupun sekadar lari lompat dan jalan. Bagus inspirasi yang diberikan Butet, kenapa gak kepikiran dari kemarin-kemarin ya. Kalau cuma itu aja kan nggak harus keluar rumah. Belakang pintu juga bisa hehe

  70. Fenni Bungsu Reply

    Banyak bergerak aktif berpengaruh juga dengan angka harapan hidup ya. Makanya memang kudu diimbangkan antara bersantai dan aktif bergerak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *