brownies kukus tanpa mixer anti gagal

Brownies Kukus Rice Cooker Cosmos Harmond

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Rice Cooker Cosmos Harmond, sebuah review. Alhamdulillah, Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Rasanya Ramadan berlalu begitu cepat ya. Terus terang, saya pribadi merasa kurang maksimal di Ramadan kali ini. Masih beruntung bisa ikut puasa dalam kondisi hamil. Dua kehamilan sebelumnya, saya selalu tidak kuat puasa.

Tahun ini saya masih tinggal di rumah orangtua di Jogja. Nanti setelah lebaran, saya dan anak-anak akan pindah ke Depok, Jawa Barat, berkumpul lagi dengan ayahnya anak-anak. Doakan semuanya lancar ya.

Oleh karena itu, saya sangat jarang ikut menyiapkan makan besar untuk sahur atau berbuka. Otomatis masakan Mama lebih enak. Tapi, naluri memasak ala saya enggak pudar begitu saja. Bila Mama sudah capek memasak lauk, saya lah yang menyiapkan camilannya.

Mulai dari camilan asin sederhana, hingga kue kering saya buat sebisanya. Saya suka makanan manis sehingga selalu muncul hasrat untuk mencoba berbagai resep roti atau kue manis. Sewaktu membuat kue kering tempo hari, saya lumayan tepar karena waktu baking yang dibutuhkan cukup panjang.

Kali ini saya mencari resep simpel, dengan waktu memasakย yang cepat. Pilihan saya jatuh pada brownies kukus. Siapa sih yang enggak suka dengan brownies?

Saya jadi ingat dulu ketika sedang dekat dengan calon suami, saya sempat membuatkannya brownies panggang. Uhuy, brownies nya dibawa pulang sama suami. Terus kata ibunya, brownies bikininan saya enak.

Padahal ternyata suami saya enggak terlalu suka camilan manis. Wkkka. Enggak papalah, yang penting kan dibuat denga cinta. Eaaa.

Kembali ke brownies kukus, resep ini agak beda dengan yang biasanya. Karena saya mengukus brownies menggunakan rice cooker. Iya, rice cooker yang buat masak nasi. Saya menggunakan Rice Cooker Anti Gores dari Cosmos.

Apa bisa bikin brownies menggunakan rice cooker? Lanjut baca ya kalau mau tahu.

Resep ini saya dapatkan di Youtube dengan keyword brownies kukus rice cooker. Saya pilih yang bahannya paling simpel. Cara membuatnya juga mudah, tanpa mixer. Dan saya berani jamin hasilnya anti gagal.

Resep Brownies Kukus Rice Cooker

Bahan Brownies Kukus Rice Cooker:

bahan brownies rice cooker

Gula pasir 10 sdm
Cokelat bubuk 6 sdm
Chocolate beng-beng atau chocolatos 2 bungkus
SKM cokelat 4 bungkus
Telur 2 butir
Terigu 12 sdm
Baking soda 1 sdt
Garam 1 sdt
Vanili 1 sdt
Mentega cair 12 sdm

Cara Membuat Brownies Kukus Rice Cooker:

Sudah saya share di video ini ya. Silakan ditonton biar enggak salah cara membuat brownies kukus rice cookernya.

Kalau bahan dan cara membuatnya diikuti dengan benar, saya jamin anti gagal=)

Saya membuat adonan dua kali lipatnya sehingga jumlah semua bahan dikali dua. Resep aslinya menggunakan minyak 5 sdm. Khusus untuk minyak saya ganti dengan margarin cair 10 sdm. Tapi di akhir adonan saya tambahkan lagi sekitar 2 sdm karena feeling adonan terlalu pekat.

brownies kukus anti gagal

Panci rice cooker dioles mentega dulu ya agar tidak lengket

Adonan brownies dimasak di Rice Cooker Cosmos selama 40 menit. Dalam rentang waktu tersebut, saya sempat ngelonin anak dan bolak- balik mengecek apakah tombol cook -nya turun ke warm. Ternyata iya. Saya hitung tombolnya dua kali turun ke warm. Jadi saya naikkan lagi tombolnya ke cook.

Begitu sudah 40 menit, aroma harum brownies menguar. Saya membuka rice cooker dan menusukkan garpu ke brownies (soalnya enggak punya tusuk gigi jadi pakai garpu). Kalau sudah tidak ada adonan basah yang menempel di garpu, itu artinya brownies kukus rice cooker sudah matang.

brownies cokelat kukus rice cooker cosmos

Matikan colokan listrik rice cooker. Lalu angkat pancinya dan balikkan ke atas piring. Brownies kukus rice cooker otomatis akan lepas dan mendarat mulus di piring.

brownies kukus tanpa mixer anti gagal

Saya beri topping misis, keju dan irisan pisang

Topping -nya sesuaikan dengan selera ya. Kalau saya kan pakai keju, misis dan pisang iris. Kamu juga bisa pakai selai strawberry atau nanas. Brownies cokelat cocok dengan berbagai variasi topping.

Rice Cooker Cosmos Harmond untuk Membuat Kue

Saya enggak menyangka ternyata rice cooker beneran bisa untuk membuat kue. Hasilnya di luar dugaan karena brownies nya lembut dan enak.

brownies kukus rice cooker cosmos

Ketika dipotong dan dimakan, lembut sekali

Anak kos pasti senang sekali kalau tahu mereka bisa membuat camilan manis menggunakan rice cooker.

bahan brownies kukus rice cooker

Saya pribadi memakai Rice Cooker Cosmos Harmond dan mengakui keunggulannya. Apa saja?

Keunggulan Rice Cooker Cosmos Harmond

1. Pancinya Dilengkapi Teknologi Harmond

Harmond adalah teknologi anti gores pada innerpan (panci) rice cooker Cosmos. Bagaimana caranya sehingga panci pada rice cooker Cosmos bisa anti gores? Ternyata panci diproses dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0ยฐC sehingga innerpan (panci) menjadi anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat dan tahan lama.

Wah, teknologi anti gores ini penting banget. Saya jadi ingat rice cooker pertama saat masih jadi pengantin baru dulu. ART saya ketika itu sudah sering dikasih tahu kalau panci rice cooker belum lepas kerak nasinya, direndam dulu sampai benar-benar lepas, baru dicuci. Tapi ternyata beliau ngeyel, panci rice cooker lama saya dikorek-korek pakai spons logam pula=(

Buat yang belum tahu spons logam itu yang mana, saya beri tahu ya. Jadi spons logam itu biasanya berbentuk bulat, dengan serabut yang terbuat dari logam, dan berwarna abu-abu tua sepertilogam. Fungsi dari spons ini adalah untuk membersihkan kerak serta bagian belakang panci dan wajan yang menghitam.

Iya sih memang buat membersihkan kerak, tapi bukan kerak di panci rice cooker, hiks. Seharusnya mencucinya tetap menggunakan spons selulosa yang berwarna kuning itu. Alhasil, panci rice cooker lama saya menjadi terkelupas. Makin banyak kerak nasi yang nempel deh, karena lapisan aslinya hilang.

Nah, kondisi panci rice cooker lama tersebut berbeda dengan panci berteknologi Harmond. Kok bisa? Karena teknologi Harmond membuat panci rice cooker menjadi anti gores dan tidak mengelupas meskipun disikat dengan sikat baja (sama halnya dengan spons logam)

Saya baru tahu kalau partikel lapisan panci rice cooker yang terkelupas sangat berbahaya jika terkonsumsi, karena biasanya bersifat karsiogenik sehingga bisa memicu penyakit kanker. Serem juga ya. Untung rice cooker saya sekarang yaitu dari Cosmos memiliki teknologi Harmond.

2. Terdapat Pegangan pada Panci Rice Cooker

Pegangan pada panci rice cooker disebut juga Inner Pan Handle. Pegangan ini membuat panci tidak panas dan aman saat dipindahkan. Selain itu, panci jadi dapat digunakan untuk memasak bahan lain, karena tidak panas sehingga aman ketika dipindahkan.

rice cooker cosmos harmond

Kelihatan, kan, pegangan pancinya?

Sewaktu saya baking brownies kukus tempo hari, pegangan panci ini terpakai sekali karena panci harus dikeluarkan dari rice cooker kemudian dibalik agar brownies nya keluar. Ternyata beneran enggak panas karena ada pegangannya. Pegangannya juga nyaman.

3. Terdapat Pengatur Sirkulasi Panas

Rice Cooker Cosmos Harmond memiliki tongolan yaitu pengatur sirkulasi panas untuk nasi sehingga nasi menjadi lebih pulen.

4. Rice Cooker Cosmos memiliki Dew Collector

Dew collector berfungsi menjaga rice cooker tetap bersih. Wah, keunggulan ini penting sekali karena bila rice cooker bersih, nasi tahan lama dan rasanya enak. Nasi enggak mudah basi.

5. Pilihan Warnanya Banyak

Rice Cooker Cosmos Harmond tidak hanya berwarna merah, tapi ada 3 varian warna yaitu merah, biru, dan hijau. Kamu tinggal pilih mau warna apa. Kalau saya sih memang suka warna merah.

6. Kapasitasnya Besar

Kapasitas Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ โ€“ 6288 adalah sebesar 2 Liter. Besar banget, kan? Bisa untuk acara keluarga yang mengundang banyak orang.

7. Fasilitas Rice Cookernya Lengkap

Saya cukup kaget ketika melihat fasilitas rice cooker Cosmos dalam kotak kemasannya. Ada gelas ukur, pengukus dan sendok nasi. Lengkap, kan?

Daya yang dibutuhkan oleh rice cooker ini adalah 400 watt. Sesuailah dengan ukuran pancinya yang dapat menampung 2 liter.

Jadi gimana? Banyak ya keunggulan Rice Cooker Cosmos? Cocok untuk keluarga kecil dan besar.

Produk Cosmos dapat dibeli di toko elektronik, supermarket, dan secara online di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee.

Kalau kamu ingin tahu info detail dan lengkap tentang produk Cosmos, plus resep dan tips oke, langsung saja buka website Cosmos www.cosmos.id

resep brownies kukus tanpa mixer

Setelah itu, praktik bikin brownies kukus pakai rice cooker Cosmos Harmond ya. Nanti mention atau tag saya di IG @dian_ismyama kalau berhasil =)

brownies kukus cokelat rice cooker

Brownies kukus rice cooker Cosmos untuk berbuka puasa

(Visited 54 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

6 Comments

  • meigi May 31, 2019 Reply

    mau nyobainnn ahhh…๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  • ima satrianto June 1, 2019 Reply

    Wah jadi pengin coba bikin brownies kukus dengan rice cooker, terima kasih ya Dian resepnya. Langsung deh bookmark.

  • Eka Wahyuni June 1, 2019 Reply

    Sukaa banget sama brownies, bisa nih

  • Roy Vandi Tambunan June 2, 2019 Reply

    woke noted, akan di coba coba ni dirumah

  • Reyne Raea June 6, 2019 Reply

    Enak banget mba, saya jadi pengen bikin juga deh ๐Ÿ˜€
    Praktis ya pakai cosmos.
    Dulu saya pernah bikin brownies kukus ala Amanda, baca ini jadi pengen bereksplorasi lagi main terigu dan cokelat ๐Ÿ˜€

  • duniamasak June 20, 2019 Reply

    wah mudah sekali dan praktis ya ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

error: Content is protected !!