Resep Bahagia Lewat Ketawa

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Resep Bahagia Lewat Ketawa. Siapa bilang pandemi bikin orang baik-baik saja? Enggak semua orang dapat privilage untuk hidup seperti biasa kala pandemi belum ada. Setahuku, ada yang di PHK, ada yang dirumahkan sampai waktu yang belum ditentukan, ada pula yang terkena covid19 sehingga harus dirawat di rumah sakit. Semua orang punya ujiannya sendiri, dan berjuang dengan caranya masing-masing.

Dari ujian tersebut, apakah ada yang gagal melewatinya? Atau berhasil dan naik kelas? Tentu berbeda-beda. Nah, salah satu cara agar berhasil melewati keterpurukan ternyata adalah dengan menjadi bahagia. Tapi bahagia itu kan butuh kenyamanan? Gimana kalau kondisinya lagi enggak nyaman?

Aku pernah bikin survei, hal-hal aoa saja yang membuat orang bahagia. Ini hasilnya:

Definisi bahagia

Oleh karena itu, waktu @homecreditid mengadakan Fun talk bareng Kak Ardit Erwandha hari Rabu tanggal 26 Agustus 2020, aku tertarik dan penasaran banget. Topiknya tentang gimana “Resep Bahagia Lewat Ketawa”. Pas banget dengan kondisi selama pandemi ini, apa-apa serba enggak pasti. Jadi kita kadang sedih, kecewa, dan bingung. Its okey dan wajar banget. Asal enggak berlarut-larut.

Sementara itu, kalau kita melihat dari kacamata yang berbeda, semua hal negatif akibat pandemi bisa dijadiin bahan buat ketawa. Bukan berarti menertawakan hidup ya. Tapi memandang hidup dengan optimis. Seperti Kak @arditerwandha stand up comedian yang inspirasi konten stand up nya justru dari masalah yang dia lihat/sedang terjadi. Istilahnya, mengubah tragedi jadi komedi. Inspiring, kan?

Kak Ardit cerita gimana dia bisa menjadi komika dan inspirasi kontennya datang dari mana saja. Jadi, awalnya tuh Kak Ardit menjadi komika justru karena dia introvert, enggak nyaman ngobrol sama orang lain, dan enggak berani ngomong di depan banyak orang. Makanya sebagai terapinya, dia memberanikan diri untuk tampil ngomong di atas panggung.

Kalau kita lihat kan ya penonton stand up comedy tertawa melihat dan mendengar joke yang dilempar oleh komika. Padahal kenyataannya, justru para komika yang lega dan terbantu saat lagi stand up. Yup, mereka itu sebenarnya sedang curhat di atas panggung. Sama lah kayak aku senang nulis dan curhat di blog. Pembaca blogku senang, aku juga bahagia.

Lalu bagaimana Resep Bahagia Lewat Ketawa?

Sepakat banget, ketawa bikin badan dan pikiran sehat

1. Ikhlas

Kalau lagi terpuruk ya kita harus ikhlas dulu. Setelah ikhlas dengan kondisi yang dihadapi, baru deh kita bisa berpikir mau ngapain, harus ngapain agar bahagia kembali datang.

2. Tertawalah untuk diri sendiri, sebelum membuat orang lain tertawa

Kalau mau membuat orang lain bahagia atau tertawa, tentunya diri sendiri dulu yang harus bahagia. Tertawalah untuk diri sendiri, baru membuat orang lain tertawa. Mirip dengan tangki cinta yang harus diisi. Ketika tangki cinta kita penuh, kita baru bisa bagi-bagi cinta ke orang lain, kan? Samalah dengan para komika yang harus tertawa ke dirinya dulu, baru bisa bikin penonton ketawa ngakak mendengar joke -nya.

3. Ubah tragedi jadi komedi

Pandemi ini memang menimbulkan banyak tragedi ya. Dalam hidup kita, hidup orang lain, termasuk hidup para nakes. Setiap tragedi yang datang bisa menjadi komedi kalau kita memandangnya dari kacamata lain.

Tragedi tersebut juga jadi materi konten para komika. Misalnya saja ada orang mengalami kecelakaan, nah para komika otomatis mikir apakah kecelakaan tadi bisa dijadikan bahan buat ngelawak atau enggak. Tapi lawakannya harus tetap dalam koridor ya. Artinya cari sikon dan waktu yang pas. Jangan sampai malah membuat orang lain sakit hati.

Kak Ardit sudah biasa membuat tragedi menjadi komedi dalam hidupnya sehingga ia mudah bahagia. Contohnya, selama pandemi ini banyak job yang batal, terutama job offline. Job online pun juga mulai sedikit secara corona masih tinggi kasusnya. Tapi Kak Ardit tidak putus asa. Justru pandemi membuat kreativitasnya meningkat.

“Jadi banyak waktu buat bikin konten, karena nganggur”, kata Kak Ardit. Hehe

Intinya, Kak Ardit berusaha mengambil sisi positif dari kejadian negatif dalam hidupnya. Nah, hal yang sama bisa kita lakukan juga lho.

4. Cari hiburan sesuai selera

Tips lain dari Kak Ardit agar tetap bahagia lewat ketawa adalah mencari hiburan sesuai selera. Misalnya menonton stand up comedy, mendengarkan podcast atau video call bareng teman-teman.

Aku pribadi lebih suka nonton film komedi sebagai media hiburan. Beberapa drakor ada adegan lucunya sehingga aku jadi ketawa. Saat remaja dulu, aku juga suka baca komik yang lucu gitu. Siapa sangka ternyata cara tersebut bisa bikin kita lebih bahagia.

Ada satu hal yang aku pelajari dari IG live @homecreditid bareng @arditerwandha kemarin, yaitu meskipun ia sudah menjadi komika yang terkenal, ia tetap hidup seperti biasa. Tetap jadi Kak Ardit yang kayak dulu, enggak sombong. Meskipun taraf hidup sudah meningkat, karena ia memang memulai semuanya dari bawah, enggak instan. Mungkin hal itu yang bikin Kak Ardit enggak terkena star syndrom ya.

Pesan dari Kak Ardit, buatlah konten yang bisa membuat diri kita ketawa. Jika kita sendiri tertawa, artinya bisa jadi membuat orang lain tertawa. Inspirasi konten bisa datang dari mana saja, dari masalah juga bisa. Kalau hidup tanpa masalah, malah jadi enggak ada inspirasi buat bikin konten, wkkkka.

Fun talk seru dengan berbagai topik

Terakhir, kemarin ada games seru juga, yaitu tebak judul film. Ngakak abis deh pada pintar-pintar penonton IG live nya, tebakannya benar semua. Seru banget Funtalknya. Aku jadi enggak sabar mau lihat IG live minggu depan, topiknya tentang apalagi ya? Pantengin IG @homecreditid untuk informasi siapakah inspiring thought leader yang bakal diajak Fun talk setiap minggunya.

(Visited 185 times, 2 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

53 Comments

  • Mbak Avy August 29, 2020 Reply

    Makanya sekarang banyak komedian bermunculan
    Karena banyak orang butuh hiburan
    Jadi bisa buat peluang nih hehehe

  • bundadzakiyyah August 30, 2020 Reply

    Setuju banget nih mbak, bahagia lewat ketawa

  • Si Klimis September 1, 2020 Reply

    Aku tipe orang yg sering bikin ketawa teman2, pokoknya klo orang2 ketawa gara2 aku tuh aku bahagia gtu

  • Sam September 1, 2020 Reply

    Wah bisa nieh dipraktekin

  • Kartika Nugmalia September 1, 2020 Reply

    Ketawa itu emang bikin kondisi fisik kita lebih baik, imun lebih tinggi. Bener banget kalau orang bahagia itu lebih jarang sakitnya

  • Mei Daema September 2, 2020 Reply

    setuju banget niy ketawa itu bikin kita happy banget, kalau misalkan aku lagi sedih, mumet, atau udah pada tahap paling bawah solusinya nonton acara-acara lucu niy kayak acara humor-humor gitu dan itu langsung naik lagi mood baiknya

  • widyanti yuliandari September 3, 2020 Reply

    Aku akhir2 ini jadi banyak ketawa. Nonton YouTube yang lucu2 diantaranya Bu Tejo🀣

    Tapi aku tetap ingat, bahwa tertawa saja gak cukup. Terkadang juga harus ada upaya lain untuk tetap waras di masa sulit ini.

    TFS Mbak Dian

  • Lidya September 3, 2020 Reply

    Gimana kita bisa memberi buat orang lain kalau kita sendiri gak dikasih apa-apa ya, begitu juga dengan tertawa. Bener juga ya resep bahagianya

  • Lidya September 3, 2020 Reply

    tertawa itu bikin happy & imun jadi lebih baik bener banget ya jadi mau melakukan aktivitas apapun lebih semangat lagi

  • Dessy Achieriny September 3, 2020 Reply

    Fun talk home credit selalu bagus-bagus ya pembahasannya, kemarin aku ikutan tapi yg tentang kelola keuangan. ❀️ Dinikmati saja, suamiku juga di PHK tapi hikmahnya banyak.. jadi punya waktu lebih di rumah dan bantuin nyuci baju wkwk

  • riawani elyta September 3, 2020 Reply

    iya bener. ketawa bisa jadi obat stres sepanjang gak berlebihan
    semoga lebih banyak program yang menghibur tapi edukatif agar kita bisa tertawa dengan sepenuhnya hehehe

  • Mugniar September 3, 2020 Reply

    Tragedi dibuat jadi komedi … itu keterampilan yang sebaiknya kita miliki ya. Supaya lebih cepat bisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang ditemui. Keren materinya.

  • nurulrahma September 3, 2020 Reply

    Ardit Erwandha ini paket lengkap, dah!
    Udahlah ganteng, kocak, smart pulak
    Daku pernah satu kali dtg ke event, di mana doi jadi host-nya
    Keren paraaahh!

  • Mugniar September 3, 2020 Reply

    Saya belum memperhatikan Ardit nge-stand up comedy. Nanti cari-cari YouTube-nya.
    Butuh kreativitas yang tak biasa ya jadi seorang Ardit.

  • Reyne Raea September 4, 2020 Reply

    Ubah tragedi jadi komedi, jadi ingat Raditya Dika yang bikin buku dan laris manis, padahal dia cuman merangkum tragedi hidupnya hahahaha.

    Zaman now memang butuh banget ketawa, biar nggak stres mulu πŸ˜€
    Jadi pengen ikutan mengubah tragedi saya jadi komedi, kali aja laris manis πŸ˜€

  • Eno September 4, 2020 Reply

    Aku tipe orang seperti Ardit πŸ˜€ Dan sejak zaman mesin ketik udah memilih untuk bahagia dan membahagiakan dengan menulis.

  • andyhardiyanti September 4, 2020 Reply

    Senangnya…ikutan Fun Talk Homecredit ini, bisa dapat banyak insight dari para pembicara. Saya kelupaan nih nyimak livenya sesi ini. Untung mbaknya bahas di blog. Ada deh yang bisa saya baca πŸ™‚

  • Firsty Ukhti Molyndi September 4, 2020 Reply

    kalo ketawa sendirian di tengah-tengah kesendirian padahal nggak ada siapa-siapa di sebelahnya boleh gak mbak? hihii

  • Mechta September 4, 2020 Reply

    Wah seru ya mba..funtalk nya. Jadi penasaran dengan materi funtslk selanjutnya. Mo kepoin akun IGnya ah..

  • siti nurjanah September 4, 2020 Reply

    Membahagiakan diri dengan tertawa bisa jadi healing tersendiri dalam menyenangkan diri. Ardhit Erwandha komika yang bagus, konten2 yang dibuatnya cukup lucu dan menghibur

  • Nurul Fitri Fatkhani September 4, 2020 Reply

    Salah satu hal yang bisa membuat saya bahagia yaitu nonton film komedi juga, bukan genre film lainnya. Rasanya lega dan senang bisa tertawa saat nonton komedi

  • Okti Li September 4, 2020 Reply

    Jadi penasaran masih ada Ig live untuk Minggu besok ya?
    Bener juga kita tertawa tuh biar manfaat dan jadi ibadah harus ikhlas ya. Hehehe

  • Elly Nurul September 4, 2020 Reply

    OMG resep bahagianya beneran bikin aku senyum senyum sendiri lho bacanya haha.. tinggal praktek deh ini, belum praktek aja aku sudah nampak bahagia baca tulisan mbaknya..

  • Linimasaade September 5, 2020 Reply

    Aku baru tahu ada stand-up Comedy kece gini hahah. Resep bahagianya emang mantul mbak ikhlas tuh paling penting ya.

  • nyi Penengah Dewanti September 5, 2020 Reply

    Aku pernah liat ardit pas acara stand up di Kendal ultah ngundang doi
    seru dia ngocolnya pinter banget cakep pula eaa hahaha
    resep ketawanya emang mantep

  • Alfa Kurnia September 5, 2020 Reply

    Terima kasih resepnya, Mbak. Kayanya aku memang butuh lebih banyak ketawa nih. Mumpung malam minggu oke juga cari tontonan yang bisa bikin ketawa.

  • joko yugiyanto September 5, 2020 Reply

    nomor satu itu yang paling penting, hidup itu kudu iklas apapun yang terjadi oh iya satu lagi tetap berpikir positif bisa buat saya lebih bisa bersyukur

  • Arda Sitepu September 5, 2020 Reply

    Tertawa adalah salah satu resep bahagia dan sehat. Untuk mengatasi banyak permasalahan biasanya saya nonton komedi mbak jadi sedikit lebih lega. Oleh karena itu, kadang tragedi jadi bisa komedi mbak hehe.

  • indah nuria September 5, 2020 Reply

    idenya oke bangeet ya mba ..dan memang benar, jika kita bisa rileks dan tertawa dalam memnghadapi segala tantangan dalam hidup ini

  • andyhardiyanti September 5, 2020 Reply

    Yuk..yuk..pada ketawa..makanya saya demennya obrolan di Whatsapp tuh yang seru seru, yang bikin ketawa. Biar tetap bahagia, meski lewat chat aja. Hahahaah

  • Emanuella Christianti September 5, 2020 Reply

    Yang aku salut juga, banyak komika yang di tengah komedinya tetep punya pesan ya Mbak. Jadi happy tapi tetep berisi gitu…. πŸ™‚ semangat di tengah pandemi!

  • Kalena Efris September 5, 2020 Reply

    Emang bener sii tragedi bisa jadi lawakan, asal penyampaiannya tepat. Kyk komika2 yg lawakannya kebanyakan terinspirasi dari keresahan mereka.

  • lendyagasshi September 5, 2020 Reply

    Perasaan bahagia ini yang mesti kita tahu dan sadari yaa, kak..
    Apa yang paling kita butuhkan untuk diri kita sendiri agar bisa tersenyum dan akhirnya kita bisa punya alasan untuk membuat orang lain bahagia.

  • Kurnia amelia September 5, 2020 Reply

    Huaa narsumnya Ardit ya, aku suka sama dia nih orangnya humble dan kocak. Terus babynya juga cantik banget.

  • Caroline Adenan September 5, 2020 Reply

    Di jaman sekarang tertawa itu emang perlu banget sih menurutku ya. Pengen tak praktekkin rasanya πŸ™‚

  • Nurul Fitri Fatkhani September 5, 2020 Reply

    Setiap keadaan itu pasti ada hikmahnya ya, seperti tragedi bisa saja jadi komedi dan membuat kita untuk selalu optimis menjalani hidup

  • Nia Haryanto September 5, 2020 Reply

    Setuju banget dengan resep bahagianya. Ini juga yang kayaknya resep aku dan suami bahagia. Banyak-banyak ketawa. Sesedih dan sepahit apa pun, kami selalu berusaha untuk tertawa. Suami bilang, buat apa kesedihan ditangisi terus menerus. Malah bikin diri sumpek dan cepet tua. Toh gak bikin kesedihan berganti kebahagiaan. Nah kalo ketawa, hati seneng, badan juga jadi semangat dan sehat πŸ˜€

  • echaimutenan September 5, 2020 Reply

    Bahagia itu nular ya mba
    Kalau orang seneng, senengnya nular ❀❀❀

    Ini ada lagi ga sesi selanjutnta biar ikut seneng akunya😍

  • Milda Ini September 5, 2020 Reply

    During the pandemic, i am always effort to laugh 15 minute everyday, fredoom for laugh…sometime watching komika too

  • lendyagasshi September 5, 2020 Reply

    Aku suka banget sama acara yang menghibur.
    Selain gak pakai mikir, bisa bikin ketawa lepas dan happy udahannya.

  • Uniek Kaswarganti September 5, 2020 Reply

    Komika itu hebat ya, bisa mengolah kejadian atau cerita sedih menjadi bahan lucu-lucuan. Tapi ya tetap harus memperhatikan segmen yang dibidik ya agar enggak tampak garing.

  • indah nuria September 5, 2020 Reply

    mari kita tertawa dan rileks ya mbaaa..hidup sudah berat dan jangan dibuat lebih berat lagi yaaa, apalagi di saat pandemi seperti sekarang

  • Uniek Kaswarganti September 5, 2020 Reply

    Dengan banyak tertawa, kita bisa melepaskan segala aura negatif dari dalam diri. Kayak komika itu ya bisa banget mengubah sesuatu yang biasanya diratapi malah jadi hal yang bisa mengundang tawa.

  • Lia Lathifa September 5, 2020 Reply

    Pantesan sekarang konten berisi komedi makin diminati ya, termasuk komika yang suka berkarya menyentil tapi lucu, di masa pandemi gini emang pengennya liat yang bikin ketawa

  • Abdul aziz m September 6, 2020 Reply

    Setuju nih, saatnya buat konten yang segar dan yang paling penting kita senang dengan konten yang kita buat.

  • Achi Hartoyo September 6, 2020 Reply

    Setuju banget sama “Tertawalah untuk diri sendiri sebelum membuat tertawa orang lain” kuote ini penting banget sih agar tetap bahagia sepanjang waktu.

  • Rahmi September 6, 2020 Reply

    Jadi introvert bukan berarti gabisa tampil di depan umum ya. Soal ketawa bener juga nih bikin hati bahagia kadang baca twit receh aja udah bisa ngakak2 sejenak melupakan beban hidup. Tsaaaah….

  • Anisa Deasty Malela September 6, 2020 Reply

    Alhamdulillah resep anti stress nya sangat bermanfaat dan terbukti, kalau kita happy dan tertawa bisa membuat hidup lebih ringan dan terhindar dari stress

  • Bambang Irwanto September 6, 2020 Reply

    Alhamdulillah saya sudah menerapkan hal ini, Mbak Dian. Alhamdulillah sebelum masa pandemi juga. Jadi saya selalu memikirkan hal-hal yang membuat saya senang saja. Sesekali saya posting sesuatu yang lucu di medsos, dengan harapan mengundang teman untuk tertawa. Pastinya saya juga mencari bacaan dan tontonan yang lucu dna menghibur. Ketawa dulu ya, Mbak hahahah

  • Faradillah September 8, 2020 Reply

    Resep bahagianya patut ditiru nih karena menciptakan kebahagiaan emang dari diri sendiri

  • Eni Martini September 10, 2020 Reply

    Hahaha..memang betul ketawa itu bikin bahagia. Aku pernah lagi suntuk terus bisa ketawa tuh legaaa deh

  • Nia Nurdiansyah September 10, 2020 Reply

    Cari hiburan versi aku adalah salah satu koentji happy ku Mbaa… Sama tidur is the best, klo bisa tidur siang sejam tanpa interupsi aja tuh udah bahagia a bgt

  • Meykke santoso September 10, 2020 Reply

    Setuju banget mba kalau ketawa emang bisa bikin mood jadi bagus dan bikin kita happy juga, yang penting jangan menertawakan orang lain ya

Leave a Reply

error: Content is protected !!