banana split new es krim Tentrem

New Es Krim Tentrem Legendaris Solo

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

New es krim Tentrem adalah sebuah tempat makan es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1952.

Siapa yang suka makan es krim legendaris saat mengunjungi kota-kota tertentu? Saya salah satunya. Sewaktu dulu PKL di Surabaya, saya dan teman-teman mencicipi es krim jadul di Zangrandi. Lalu ketika jalan-jalan ke Malang, hasrat hati ingin masuk ke Toko Ice Cream Oen, sayang tidak jadi karena jadwal backpaker – an yang mepet.
Jogja juga punya tempat makan es krim yang legendaris, yaitu di Tip Top.

Saya rasa, hampir semua kota di Indonesia memiliki toko es krim jadul. Mungkin ini pertanda bahwa es krim memang digemari sejak dulu.

Oleh karena itu, saat berencana ke Solo tempo hari, kuliner es krim masuk ke dalam daftar itenerary. Sebenarnya opsi tersebut muncul ketika saya mencari tempat wisata atau tempat makan apa yang dekat dengan Pasar Triwindu. Karena tujuan utama kami adalah ke Pasar Triwindu.

Eh, ternyata muncul kata kunci es krim Tentrem sebagai kuliner jadul yang dekat dengan Pasar Triwindu, dan wajib dicoba. Cocok dengan selera saya yang doyan makan es krim.

Lokasi New Es Krim Tentrem

es krim legendaris Solo

Es krim Tentrem mengalami pembaruan terutama di bagian toko. Saat ke sana, saya mengamati bangunan toko masih baru. Tulisan plangnya pun bernama New Es Krim Tentrem. Sebagai informasi, lokasinya berada di Jalan Slamet Riyadi Street No.132, Keprabon, Banjarsari, Surakarta City, Central Java 57131.

Letaknya sendiri sangat dekat dengan Pasar Triwindu. Saya dan teman saya, Meigi berjalan kaki kurang lebih 300 meter saja. Kami menyeberang jalan, dan di pojokan perempatan lampu merah terlihat lah bangunan megah New Es Krim Tentrem.

Saat berjalan kaki, saya melihat pemandangan yang agak berbeda yaitu di sebelah New Es Krim Tentrem terdapat toko kaset. Yup, kaset! Selain itu dari kejauhan juga ada piranti musik zaman dulu seperti piringan hitam dan alat pemutarnya. Ah, i love Solo. Saya senang bernostalgia di Solo.

Menu di New Es Krim Tentrem

Dari namanya jelas bahwa berbagai jenis es krim ada di sini. Mulai dari es krim cup (sejenis es putar) aneka rasa, es serut, hingga yang berbentuk lucu seperti beruang dan Ipin Upin. Varian es krim dengan buah seperti banana split dan mangga juga tersedia.

Saya kira di New Es Krim Tentrem hanya ada es krim saja. Ternyata tidak. Selain es krim, kamu juga dapat menikmati waffle, jus, camilan, dan makan besar.

Untuk camilannya ada klapertart, kroket, pastello, sosis panggang dan lumpia. Sedangkan makan besar ada nasi tumpeng, nasi gudeg kendil dan nasi liwet. Oh ya, kopi juga tersedia di sini lho. Jadi kalau kamu lebih menggemari kopi dibanding es krim, lebih baik memesan kopi saja.

Fasilitas New Es Krim Tentrem

Fasilitas yang dari sejak masuk begitu menggoda adalah free wifi, hehe. Untuk password nya langsung tanya di lokasi ya. Fasilitas lainnya adalah wastafel, toilet, dan sepertinya juga ada musola.

toko es krim jadul Solo

Kursi dan meja makannya cukup banyak. Bahkan ada sofa empuk di dalam toko.

kuliner jadul Solo

Area luar yang asri

Sedangkan di luar ruangan tersedia tempat untuk menikmati aneka menu di New Es Krim Tentrem. Dengan kata lain, kamu bisa memilih duduk di dalam toko yang dingin karena ber-AC, atau di luar ruangan tanpa AC. Kelebihannya tentu bisa merokok.

harga new es krim tentrem

Sofa empuk yang instagramble

New Es Krim Tentrem cukup instagramble. Ada beberapa tulisan terkait ikon toko ini. Terdapat pula kursi tinggi dengan lampu gantung yang cantik, bagus jika difoto. Tempatnya pun bersih, tidak kumuh. Recomended untuk membawa keluarga besar seperti orangtua dan anak-anak.

Harga Es Krim dan Makanan di New Es Krim Tentrem

Untuk harga es krim bervariasi mulai dari belasan ribu hingga 20 ribuan rupiah. Untuk harga makan besarnya juga dihargai 20 ribuan. Murah, bukan? Untuk kopi dibanrol seharga 15 ribu rupiah.

Es krim family pack juga ada dan diberi harga 35 ribu rupiah. Sementara camilan seperti lumpia seharga 18 ribu rupiah. Camilan lain berkisar belasan ribu rupiah.

Review Banana Split dan Tuty Fruity

banana split new es krim Tentrem

Banana split dengan isian es krim, strawberry, buah kaleng, chocochips, dan astor

Saya memesan waffle tapi sudah habis sehingga saya berganti pesanan menjadi banana split. Sedangkan Meigi memesan Tuty Fruity. Dari penampilannya, banana split nya sangat menggoda karena berisi tiga jenis es krim. Pisangnya juga jenis Sunpride yang halus, empuk, manis itu. Belum lagi taburan choco chips aneka warna dan dilengkapi dengan astor.

Es krimnya memang bukan gelato, tapi seperti es puter zaman dulu sehingga mudah cair. Tapi dari rasanya sih enak, tidak berasa artifisial.

tuty fruity new es krim Tentrem

Potongan buahnya enak bangets

Bagaimana dengan Tuty Fruitynya? Teman saya, Meigi memilih es krim ini karena dia suka rasa buah-buahan. Dan buahnya memang terasa sekali. Selain rasa es krimnya, di dalam es krim juga terdapat potongan kecil aneka buah. Menambah kelezatan rasanya. Saya yang mencicipi saja ingin nambah dan nambah.

Jam Buka New Es Krim Tentrem

Toko es krim ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam, kecuali hari Sabtu hingga pukul 10 malam.

makan es krim di solo

Nah, tunggu apalagi, cobain gih es krim jadul di Solo kalau kamu sedang berwisata ke kota Solo.

(Visited 31 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

3 Comments

  • Ilham July 23, 2019 Reply

    Saya termasuk penggemar es krim ya walau kadang masih suka ngilu saat makanin es krim. Makasih rekomendasi tempat makan es krimnya mba, kapan kapan mampir kesana keliatannya enak banget tuh es krimnya.

  • fika anaira August 15, 2019 Reply

    mba aku penasaran..jadi pengen ke Solo nih. Apalagi Surabaya ke Solo cuma 3 jam lewat tol

  • prananingrum August 17, 2019 Reply

    waaah…es krimnya bikin ngiler nih mbak. pingin mampir nanti kalau ke solo.murah ya untuk makan besarnya cuman 20 ribuan

Leave a Reply

error: Content is protected !!