Manfaat daun katuk

6 Manfaat Daun Katuk Tak Hanya Bagus untuk Wanita Hamil

Facebooktwitterredditmail

6 Manfaat Daun Katuk Tak Hanya Bagus untuk Wanita Hamil

Istilah daun katuk tentunya sudah tidak begitu asing lagi di telinga Anda bukan? Mengingat tanaman herbal yang satu ini kerap kali digunakan sebagai masyarakat untuk sayuran yang dikonsumsi, maupun juga dipakai sebagai obat-obatan. Jika dilihat manfaat daun katuk ini sendiri memang begitu banyak untuk berbagai kalangan. Mulai dari pria sampai dengan wanita bisa mendapatkan khasiatnya jika mengonsumsi secara rutin.

Manfaat daun katuk

Foto dari sehatq.com

Anda cukup mengambil daunnya kemudian direbus, dijadikan sebagai lalapan atau diolah menjadi sayuran lainnya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, ada begitu banyak manfaat untuk kesehatan yang pastinya tak kalah dengan obat-obatan medis.

Daun katuk sendiri pada dasarnya memang mengandung banyak senyawa yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C (sumber antioksidan), protein, serat, kalium, magnesium dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin A dan vitamin B kompleks yang terdapat didalam daun katuk juga begitu banyak.

Khasiat Daun Katuk

Berikut ini beragam khasiat yang dapat Anda rasakan jika mengonsumsi daun katuk secara rutin:

1. Dapat menurunkan kadar gula dalam darah

Bagi Anda yang menderita penyakit kancing manis atau diabetes melitus, konsumsi daun katuk akan membantu menurunkan kadar gula yang ada dalam darah, sehingga dapat mencegah agar kencing manis tidak sampai kambuh kembali.

2. Cegah obesitas

Manfaat daun katuk lainnya adalah untuk mencegah berat badan berlebih atau obesitas. Menurut sebuah studi,  daun katuk berefek untuk mencegah pembentukan jaringan lemak. Selain itu kandungan serat yang terdapat didalamnya juga tinggi.

3. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kandungan vitamin C yang ada pada daun katuk cukup tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan dan antiradang. Berkat efek tersebut, tak heran jika tanaman yang satu ini bagus untuk mempercepat penyembuhan luka.

4. Mengatasi terjadinya peradangan

Zat antiradang yang terkandung di dalam daun katuk ini efeknya memang sangat bagus, karena mampu mengatasi terjadinya peradangan. Peradangan sendiri bisa terjadi sebagai respon alami tubuh akibat infeksi maupun cedera. Namun hal tersebut dapat dicegah, termasuk dengan menggunakan daun katuk

5. Tingkatkan produksi ASI

Manfaat yang satu ini pastinya sudah banyak diketahui, yaitu daun katuk dapat membantu wanita hamil dan yang baru melahirkan untuk memperlancar produksi ASI mereka. Efek ini terjadi karena daun katuk dapat memicu peningkatan hormon prolaktin maupun oksitosin.

6. Membantu dalam meningkatkan sistem imun

Banyak vitamin yang bermanfaat di dalam daun katuk. Antara lain vitamin A dan vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Sejumlah riset juga menunjukkan bahwa daun katuk memiliki manfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

Anda bisa merasakan beragam manfaat daun katuk jika mengonsumsinya secara rutin. Jika Anda merasa kurang praktis mengonsumsinya langsung, karena kadang agak sulit untuk menemukan daun katuk di pasaran, maka Anda bisa memilih yang lebih praktis, yaitu ekstrak daun katuk dari Herbana. Ekstrak ini dibuat dari 100 persen daun katuk, bisa langsung dikonsumsi dan aman.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!