buku resep sehat JSR

Liputan Grand Launching Buku Resep Sehat JSR

Facebooktwitterredditmail

Hari Sabtu tanggal 6 Maret 2021, tak seperti Sabtu lainnya. Biasanya setiap Sabtu, saya akan mengantar anak pertama saya untuk play terapi. Tapi hari ini, ayahnya yang mengantarnya. Sedangkan saya akan mengikuti Grand Launching Buku Resep Sehat JSR karya dr. Zaidul Akbar.

Saya sangat bahagia bisa menjadi bagian dari peluncuran buku terbaru dr. Zaidul Akbar yang dikenal dengan JSR (Jurus Sehat Rasulullah) -nya. Saya sudah bersemangat sejak pagi. Menyiapkan laptop dan smartphone dalam kondisi full baterai, agar peralatan tersebut tidak mati tiba-tiba selama saya mengikuti launching buku Resep Sehat JSR.

Karena pandemi, peluncuran buku Resep Sehat JSR dilakukan secara virtual melalui zoom dan Youtube live Syaamil Quran.

Acara launching buku Resep Sehat JSR dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an. Suara merdu sang qari membuat bulu kuduk merinding. Ia melantunkan Surat Al Isra, yang artinya bagi orang-orang yang beriman tatkala kembali pada Al-Qur’an, Insyaallah ada syifa (obat) di dalamnya.

Selanjutnya, Chairman Syaamil Group Bapak Riza Zacharias menyampaikan sambutan dalam rangka meluncurkan buku Resep Sehat JSR. Buku ini adalah buku kedua dari dr. Zaidul Akbar, sahabat dari Pak Riza sejak 10 tahun yang lalu. 

Sambutan Chairman Syaamil Group

Pak Riza muncul di panggung zoom dengan gestur percaya diri tapi tetap membumi. Beliau menggunakan kemeja (atau koko) berwarna putih yang dipadukan dengan jas hitam. Kacamata yang dipakainya, membuat aura kecerdasan semakin memancar.

Pak Riza mengatakan betapa Allah sangat benar sesuai janjinya dalam Al Quran, tidaklah Allah menciptakan segala sesuatu secara sia-sia. Termasuk makanan, dan minuman, Allah berikan petunjuk tidak sekedar halal, tapi juga thoyib. 

Al Quran adalah obat untuk siapapun. Semua penyakit di dunia, memiliki pasangan obat. Kita juga meyakini, jika ada pola hidup yang tidak sehat, maka Allah memberikan padanannya yaitu makanan dan minuman yang membuat kita sehat.

Pak Riza menambahkan bahwa dr. Zaidul Akbar, telah bersusah payah memberikan resep jitunya yang diambil dari Al Quran dan hadits-hadits. Sehingga ilmu ini luar biasa mahal. 

“Betapa banyak kebaikan, efek yang positif dari bahan-bahan di sekitar kita. Ketika kita mau mengkajinya, untuk menjadi solusi bagi pola hidup sehat. Berkembangnya imunitas tubuh dari makanan dan minuman, tidak ada artinya tanpa perkembangan iman. Oleh karena itu, imunitas tubuh juga ditingkatkan dari jalan membaca Al Quran, mentazaburinya, mengamalkannya,” kata Pak Riza.

Sambutan ditutup dengan ucapan terima kasih Pak Riza kepada dr. Zaidul Akbar karena telah bersedia membagikan ilmunya, pengalamannya melalui buku Resep Sehat JSR. Insyaallah akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mempraktikkannya.

Launching Buku Resep Sehat JSR

Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku Resep Sehat JSR oleh Pak Riza dan dr. Zaidul Akbar. Keduanya berdiri di tengah panggung zoom dan memencet sebuah tombol. Kamerawan mengabadikan momen tersebut.

Saat tombol dipencet, tiba-tiba muncullah video cinematic yang mengabadikan penampakan visual dan isi buku Resep Sehat JSR. Video berdurasi sekian menit itu sungguh menarik sehingga membuat penonton penasaran ingin segera memiliki buku Resep Sehat JSR 😊

Sebagai informasi, buku Resep Sehat JSR berisi 200 resep, ditulis langsung oleh dr. Zaidul AKbar. Total isi buku adalah 524 halaman full colour, tidak ada fotocopy -an.

Buku Resep Sehat JSR bisa didapatkan melalui mitra atau rumah Syaamil Quran, dan di toko buku serta agen Syaamil Quran. Untuk kontak kemitraan Syaamil Quran bisa menghubungi 082117630395.

Demo Resep oleh dr. Zaidul Akbar

Setelah momen peluncuran buku Resep Sehat JSR selesai, kamera langsung diarahkan ke dr. Zaidul Akbar yang sudah duduk di samping MC. Dokter Zaidul menggunakan kemeja berwarna biru (atau abu-abu) muda, dan jas berwarna hitam. Seperti biasa, sebuah peci putih terlihat menutupi kepalanya. Beliau sangat bahagia karena buku Resep Sehat JSR akhirnya bisa terbit juga, setelah sempat tertunda.

Dokter Zaidul mengucapkan rasa syukurnya pada Allah SWT, bershalawat pada Rasulullah, dan mengucapkan terima kasih pada orang tuanya, anak istrinya terhadap semua dukungannya selama penulisan buku. Begitu pula pada PT. Sygma Media Inovasi selalu penerbit, dan Teh Isma selaku fotografer pada resep-resep yang diterbitkan di buku Resep Sehat JSR.

Sebagai pengantar, dr. Zaidul menyampaikan dua hal pokok, yaitu:

  • Tidak ada jaminan kesembuhan dari ini semua, karena konsep kesehatan dan pengobatan bagi seorang Muslim adalah keyakinan kepada Allah. 

“Maka kembalikan semua kepada Allah. Bisa saja, hanya dari meminum air putih, Allah berikan kesembuhan. Ada juga yang mengonsumsi bahan-bahan sederhana, tapi Allah izinkan untuk sembuh. Konsep ini yang menjadi kekuatan kita, karena tidak ada dalam pengobatan Barat”, kata dr. Zaidul Akbar.

  • Allah menunjukkan tanda-tanda kebesaranNya terhadap semua yang diciptakanNya.

Dokter Zaidul sangat kagum terhadap bahan-bahan ciptaan Allah, tapi ia lebih kagum terhadap penciptaNya. Beliau berpesan agar tidak lupa berdoa saat mengonsumsi resep-resep tersebut, minta pada Allah dengan sepenuh hati, sepenuh jiwa. Insyaallah akan merasakan Allah Maha Baik.

Pengobatan sejati adalah yang menjadikan Al Quran dan Sunah Nabi menjadi pengobatan yang utama. Ketika penyakit tidak kunjung sembuh, maka naikkanlah dosis membaca dan mentazaburi Al Quran.

Acara selanjutnya adalah yang paling saya tunggu-tunggu, yaitu dr. Zaidul akan mempraktikkan beberapa resep dari buku Resep Sehat JSR. MC mengatakan bahwa nanti juga akan ada testimoni dari beberapa sahabat yang alhamdulillah atas izin Allah SWT bisa sehat kembali setelah mengonsumsi resep JSR.

Di meja acara launching, ada tempe mentah. Menurutnya dr. Zaidul Akbar, bila tempe mentah ini dimakan bersama madu dan garam, akan banyak manfaatnya. Tempe menjadi favorit dr. Zaidul karena tempe termasuk the best food di dunia. 

Tempe adalah makanan probiotik, fermentasi menggunakan ragi. Ketika makanan fermentasi bertemu dengan madu yang merupakan prebiotik, maka akan menjadi simbiotik.

Tangan lincah dr. Zaidul Akbar menari menghaluskan tempe di dalam mangkuk. Setelah tempe cukup halus, ia menuang madu dan menaburkan sedikit garam ke atas tempe. Dokter Zaidul mengaduk ramuan tersebut, dan memberikannya kepada pemuda di sebelahnya.

Kang Zikri Muhammad selaku MC mencoba resep tersebut, dan ia mengatakan, “Enak, tidak seperti tempe mentah.”

Menurut dr. Zaidul Akbar, resep tempe madu garam tadi dapat menghasilkan hormon bahagia. Bisa dimakan ketika sarapan pagi, atau siang hari. Bisa juga dibuat jus tempe +air+kurma+madu+jahe sedikit.

Resep untuk Masalah Menstruasi dan Reproduksi

Dokter Zaidul mengatakan bahwa banyak resep yang simpel, mudah dan murah. Apalagi bisa menanam sendiri bahan-bahannya di rumah. Salah satu resep luar biasa yang bermanfaat untuk perempuan yang menstruasinya bermasalah, atau ingin promil, yaitu menggunakan kunyit.

Kunyit adalah herbal terbaik Indonesia. Bahkan di India, ada penelitian bahwa kejadian demensianya terendah karena sering konsumsi kunyit sebagai bumbu pada makanan.

Resepnya yaitu kunyit+serai+air panas+jeruk nipis+madu+sedikit garam. Manfaatnya untuk membersihkan rahim, memperbaiki pencernaan, pembuluh darah dan reproduksi. 

Tiga bulan rutin mengonsumsi reser di atas insyaallah jantung baik, pembuluh darah lancar. Diminum setengah jam sebelum tidur malam. Maka nanti bahan-bahan tersebut akan menjadi petugas kebersihan yang membersihkan organ-organ di tubuh kita. Cocok untuk orang yang nyeri menstruasi, punya masalah jantung dan kolesterol. Kalau dibongkar, maka kandungan dari tiap bahannya memang diperlukan oleh tubuh.

Resep yang bisa menjadi solusi penyakit degeneratif bagi masyarakat Indonesia adalah rempah-rempah yang ada di sekitar. Tinggal di rebrand saja agar jamu bisa menjadi lifestyle

Resep Antigatal pada Eksim/Psioriasis

Jahe+ lengkuas+serai. Masing-masing 5 cm diparut, tambah air mendidih selama 3 menit, lalu disaring. Hasil saringannya, ampas ditambah minyak zaitun, ampas dibalur ke bagian yang gatal. Sedangkan airnya diminum. Sehari cukup 2x saja. Satu pekan selesai kasus psioriasis, atas izin Allah.

Resep Andalan untuk Batuk, Pilek

Dokter Zaidul Akbar mempraktikkan resep andalan untuk batuk, pilek, atau badan sedang meriang yaitu jahe diseduh dengan air panas tambah jeruk nipis, tambah garam sedikit, dan madu. Jeruk nipis membuat rasa minuman menjadi lebih segar. Bisa juga kombinasi jahe dan serai, boleh ditambah madu dan lainnya.

Untuk kunyit, jika ditambah lada hitam, maka yang terserap oleh tubuh akan lebih banyak. Indonesia sangat beruntung karena berlimpah bahan-bahan herbal. Hanya kita saja yang belum mengoptimalkannya.

Resep Ultimed Jahe

Ketika jahe bertemu pandan, maka akan menjadi obat tidur yang sangat efektif. Wah, ini kayaknya perlu saya coba, agar tidur lebih berkualitas. Semenjak menjadi ibu dan massiv menyusui, waktu tidur saya kakao sehingga akhirnya menjadi insomnia

Resep untuk Autoimun

Hanya serai saja.

Kecenderungan makanan orang zaman sekarang sangat kompleks dan tidak sehat sehingga minuman herbal yang diperlukan juga multi formula (lebih dari satu bahan). 

Salah satu resep andalan dr. Zaidul Akbar adalah teh tawar ditambah ketumbar. Resep andalan lainnya adalah kayu manis yang dapat mengurangi keinginan untuk sering makan. Kayu manis juga dapat menurunkan gula darah sehingga pemakaiannya harus hati-hati. Dengan kata lain, kayu manis bisa digunakan untuk pasien diabet.

Resep diare dengan secang, ditambah jahe, dan serai, jadi deh. Wah, perlu dicoba nih kalau ada anggota keluarga yang mengalami diare.

Testimoni Resep JSR oleh Teuku Wisnu

Dalam acara Grand Launching Buku Resep Sehat JSR, dihadirkan juga Teuku Wisnu yang sudah mempraktikkan resep JSR di rumah sebagai ikhtiar untuk menjaga kesehatan.

Teuku Wisnu berpakaian kasual, dan ia sedang berada di rumahnya. Suasananya begitu riil karena ada suara anak kecil sedang bersenda gurai. Sampai-sampai Teuku Wisnu harus berpindah ke tempat yang lebih sepi.

Ketika suasana sudah lebih kondusif, Teuku Wisnu bercerita bahwa saat flu, istrinya akan membuatkan resep lemon+madu+kunyit+air hangat. Diminum pagi, siang, malam selama 3 hari berturut-turut, alhamdulillah flu menghilang.

Teuku Wisnu tersenyum simpul, karena sekarang sudah ada buku Resep Sehat JSR. Buku ini akan sangat membantunya ketika sedang sakit, sehingga ia bisa membuat sendiri resep-resep tersebut, tanpa harus meminta istrinya mencari resep JSR di internet. Apalagi bahan-bahannya sangat mudah dicari.

Testimoni Resep JSR oleh Pak Rizal

Salah seorang yang mempraktikkan resep JSR mengungkapkan testomoninya saat Grand Launching Buku Resep Sehat JSR. Nama orang tersebut adalah Pak Rizal.

Pada tahun 2015, Pak Rizal terkena serangan jantung. Pak Rizal bercerita bahwa ia mengonsumsi herbal JSR selama satu bulan. Setelah sebulan, Pak Rizal harus dicek kesehatannya dengan angiografi untuk memastikan ada sumbatan atau tidak.

Herbal yang Pak Rizal konsumsi adalah jahe merah dan bawang putih tunggal, lemon, madu dan cuka apel. Konsumsi pagi, siang, sore. Selain itu, beliau juga meminum obat resep dokter, mengubah pola makan, dan tilawah Al Quran.

Kata dokter, jika ada sumbatan, maka Pak Rizal harus pasang ring. Ternyata, alhamdulillah hasil angiografi menyatakan bahwa jantung Pak Rizal bersih dari sumbatan. Dari suaranya terdengar bahwa Pak Rizal amat bersyukur bisa mengenal resep JSR dan mempraktikkannya.

dr. Zaidul Akbar Menjawab Beberapa Pertanyaan dalam Grand Launching

Setelah Pak Rizal selesai menceritakan pengalaman dan testimoninya, dr. Zaidul Akbar menjawab pertanyaan dari para penonton Grand Launching Buku Resep Sehat JSR. Pertanyaan pertama adalah bagaimana agar bisa hidup sehat?

Menurut dr.Zaidul, hidup sehat adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Maka berikhtiarlah, ketika jasad dan ruh kita kembali kepada Allah, khususnya jasad agar bisa kembali kepada Allah dalam bentuk sebaik-baiknya. Inilah motivasi utama hidup sehat. Jadi hidup sehat bukan karena ikut-ikutan.

Kapan memulai hidup sehat? Ya saat ini juga. Sebenarnya kita sudah paham mana makanan yang sehat, dan mana yang tidak. Tapi seringkali nafsu mengendalikan manusia sehingga tetap makan makanan yang tidak sehat.

Makanlah yang halal, thoyib, dan tidak berlebihan. Jadi makanan sehat juga harus dibatasi alias tidak berlebihan. Sayangilah badan kita.

Untuk kasus kista, mulailah untuk rutin berpuasa.

Cara paling mudah untuk membersihkan rahim adalah puasa sunah, dan puasa dari makanan-makanan yang bikin masalah. Seperti gorengan, tepung-tepungan, gula pasir, dan makanan kemasan sehingga tubuh optimal dalam melakukan detoksifikasi.

Setelah makanan tidak sehat dikurangi, baru praktikkan resep JSR untuk reproduksi yaitu kunyit, serai dan jeruk nipis. Rutinkan 2-3 kali sehari selama tiga bulan. Jika tubuh bisa membersihkan, maka kista insyaallah akan bersih. Karena tubuh kita adalah dokter terbaik.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara menurunkan kadar gula darah?

Yang membuat gula darah naik adalah makanan atau minuman yang banyak mengandung gula, termasuk tepung-tepungan sehingga sumber makanan dan minuman yang berpotensi menaikkan gula darah ya harus di stop. Contohnya nasi putih yang memiliki indeks glikemiks tinggi, bisa diganti berasa cokelat, beras hitam, atau beras merah.

Untuk ramuan bisa menggunakan kayu manis dan temulawak. Bisa ditambah pare. Meskipun pahit, pare bisa memperbaiki sensitivitas insulin atau pankreas. Dan yang paling penting jangan stres karena gula darah bisa naik karena stres atau masalah emosi.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mendeteksi tubuh kita sehat atau tidak? Badan gemuk atau kurus pertanda apa?

Menurut dr. Zaidul Akbar, untuk cek kesehatan bisa memeriksakan diri di laboratorium. Tapi ada juga yang secara laboratorium hasilnya bagus, tapi ternyata masih punya penyakit. Jadi kalau mau tahu kita sakit atau tidak, perhatikan kita mengeluh berapa kali tentang tubuh.

Misal di pagi hari sudah sakit kepala, siang hari mata merah, seharian susah buang air besar, dan sebagainya. Kalau tidak ada keluhan, berarti kita fit. Dengan kata lain, yang paling paham akan kesehatan kita adalah diri sendiri.

Standar ideal berat badan dengan keluhan minimal menjadi patokan apakah gemuk atau kurus berbahaya atau tidak. Misalnya saja ada dua orang dengan tinggi badan sama, dan berat badan sama-sama 60 kg. Orang pertama, massa lemaknya > 20%, sedangkan orang kedua massa lemaknya < 20% karena yang besar adalah massa ototnya. 

Nah, untuk yang mengalami obesitas karena massa lemak berlebih, ya harus mempraktikkan olahraga. Bukan sekedar kardio, tapi olahraga untuk membentuk massa otot seperti push up, squad, angkat barbel, dan lain-lain.

dr.Zaidul juga menambahkan bahwa ada jenis gen tertentu dalam tubuh laki-laki yang mengubah testosteron laki-laki menjadi estrogen dengan bantuan lemak. Bukan berarti laki-laki menjadi bencong, tapi lebih buruk dari itu, yaitu leadership -nya akan menurun. Jadi jangan main-main dengan lemak. Selain olahraga, kalau ingin turun berat badannya maka bisa mencoba mengurangi nasi, tepung, dan minyak.

Teuku Wisnu sampan bertanya tentang waktu tidur dalam Islam

Islam memiliki panduan kapan bangun dan tidur. Panduan tersebut dijelaskan dalam Al Quran dan bisa diikuti dari keseharian Rasulullah. Untuk keseharian Nabi Muhammad sendiri, beliau tidur ba’da Isya. Misal kalau berdasarkan waktu Indonesia, setelah setengah 8 malam. Lalu ada perintah Allah untuk bangun sepertiga malam. Berarti Rasulullah bangun pukul 1 atau setengah 2 malam sampai subuh. Kalau dijumlah maka sekitar 6 jam. Waktu 6 jam ini menjadi lama ideal untuk tidur. Dan Islam melarang tidur berlebihan. salah satunya karena malam hari justru growth hormon keluar sehingga bagus untuk berpikir atau melakukan aktivitas.

Saat adzan pertama salat subuh, biasanya Rasulullah tidur. Setengah jam kemudian, beliau bangun untuk salat subuh. Dengan kata lain, hampir sebagian malam digunakan untuk beribadah. dr.Zaidul menambahkan, kalau kita mau begadang untuk urusan agama silakan, misalkan baca Al Quran, mempelajari kitab, dan sebagainya.

Meminum ramuan JSR harus dalam keadaan tidak cemas. Tingkatkan dulu keimanan kita sehingga kecemasan berkurang. Karena tidak ada musibah terjadi tanpa izin Allah. Mau ada pandemi atau tidak, jika ikhtiar dirutinkan tiap hari, maka apa yang perlu dikawatirkan. Apalagi jika iman sudah terjaga.

Resep temulawak+kunyit+secang+pandan bisa untuk bersih-bersih liver. Kalau liver kacau, maka mood bisa kacau. Makanan berpengaruh ke perilaku. Istilah lainnya good food is good mood. Makanan yang tinggi mineral, asam amino akan memberikan efek baik ke mood.

Ada pula pertanyaan dari seorang ibu dengan bayi 8 bulan mengenai cara meningkatkan fungsi otak bayi

Resep ASI booster bisa dilihat di buku Resep Sehat JSR (halaman 266), salah satunya dengan kurma, madu, kacang-kacangan, dan habbatussauda. Ibu juga bisa memulai konsumsi makanan yang menguatkan fungsi otak seperti zaitun atau VCO, dan ikan. Makan ikan sampai ke sisiknya karena omega -3 atau lemak baik dalam ikan ada di sisik. Kolagen juga terdapat banyak di sisik ikan.

Jika bayi sudah mendapatkan MPASI, maka saat membuat bubur ikan, bisa ditambahkan minyak zaitun, sedikit madu, atau bee pollen dan sedikit garam. Biasakan ibu mengonsumsi probiotik seperti tempe, atau cairan probiotik karena probiotik termasuk bahan yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Pertanyaan terakhir mengenai resep untuk penyakit jantung nyaris pasang ring

Pada pasien jantung yang hampir pasang ring, maka bisa memperbaiki pola makan, dan mempraktikkan ramuan JSR seperti testimoni Pak Rizal di atas. Lalu untuk substitusi obat-obatan jantung misal melancarkan BAB dapat menggunakan rumput laut+kolang-kaling+madu, bisa tambah lidah buaya juga. Untuk mengencerkan darah, maka makan bawang-bawangan, bisa dibuat sup saja, kuahnya diminum.

Pesan Penutup dari dr. Zaidul Akbar

Tanpa terasa, acara Grand Launching Buku Resep Sehat JSR sudah berlangsung selama dua jam. Kini, tiba di penghujung acara yaitu penutup.

Sebelum acara ditutup, Kang Zikri selaku MC meminta pesan penutup dari dr. Zaidul Akbar. Beliau menyampaikan bahwa manusia yang Allah SWT ciptakan dan takdirkan untuk menjadi khalifah di bumi, memerlukan sarana dan prasarana untuk hidup sehat, sehingga Allah menciptakan berbagai tanaman dan tumbuhan di atas bumi.

“Optimalkanlah, jagalah, manfaatkan sarana prasarana tersebut dengan sebaik-baiknya dalam rangka menjalankan peran kita di muka bumi. Mudah-mudahkan dengan hal tersebut membuat kita dicatat menjadi hamba yang bersyukur,” kata dr. Zaidul.

“Semoga buku Resep Sehat JSR bermanfaat bagi umat. Dan menjadi syiar Islam karena pesan yang biasanya saya sampaikan baik dalam buku atau kajian-kajian, adalah mari jadikan kesehatan yang diberikan oleh Allah sebagai sarana untuk taat kepadaNya. Percuma sehat jika tidak taat,” tambah dr. Zaidul.

Selesai sudah acara Grand Launching Buku Resep Sehat JSR bersama dr. Zaidul Akbar dan Syaamil Quran. Tak terasa saya sudah mengikuti acara tersebut selama dua jam lebih. Begitu banyak ilmu dan hikmah yang saya dapat. Bahkan beberapa diantaranya membuat saya berpikir lebih lanjut. Sudah sehatkah saya? Sudahkah saya bersyukur dengan cara menjaga tubuh saya? Apakah makanan dan minuman yang masuk ke badan saya, tidak hanya halal, tapi juga thayib? Masyaallah, saya merasa masih banyak yang perlu dibenahi.

Sekali lagi, terima kasih Syaamil Quran yang sudah mengadakan peluncuran buku Resep Sehat JSR sehingga membuat para penonton termasuk saya menjadi terinspirasi untuk hidup lebih sehat.

(Visited 137 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail

12 Comments

  • Bambang Irwanto March 20, 2021 Reply

    Masya Allah, Allah SWT telah menhadirkan berbagai tanaman yang bisa diolah sebagai tanaman herbal ya, Mbak. Yang pastinya sehat dan aman bagi tubuh kita. Bagus ini bukunya penuh resep herbal, jadi pas sakit tidka harus selalu minum obat.

  • Munasyaroh March 20, 2021 Reply

    Penasaran sekali dengan buku, ingin seger memilikinya. Secara saya dan keluarga gak suka ke dokter, mangkanya kalau sakit nya i resep alami buat ikhtiar mengatasi rasa sakit

  • Mutiara Sy March 20, 2021 Reply

    Aku baru pertama akli mendengar nama beliau. Ternyata beliau adalah seorang dokter dan sudah sejak lama mendalami pengobatan islami. Salut sama beliau yang sudah mengeluarkan buku keduanya. Semoga beliau sehat selalu dan bisa terus berbagai ilmu.

  • Akarui Cha March 21, 2021 Reply

    Waaahhh sampai Teulu Wisnu pun turut mengamalkan resep sehat JSR. Jadi penasaran sama bukunya. Pun nampaknya bahan bahannya mudah didapat ya.

  • Narasi Nia March 21, 2021 Reply

    Seru banget ya acaranya, mbak. Ada kajian dan berbagi pemgalaman juga. Eh, bintang tamu nya teuku wisnu? Asyik asyik

  • Siti Mustiani March 21, 2021 Reply

    Menarik nih bukunya, lengkap banget pasti sangat berguna bagi yang memilikinya. Bukunya juga exlusive ya mbak bahannya bagus tulisannya juga disertai gambar yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

  • Triani Retno March 21, 2021 Reply

    Seneng banget ya bisa ikut acara ini. Adeeeem…. Nggak cuma dapat ilmu tentang pengobatan tapi juga dapat penyegaran rohani.

  • Diah Alsa March 21, 2021 Reply

    MasyaAllah, senang sekali rasanya ya Mbak bisa jadi salah satu peserta grand launching buku JSr dr. Zaidul Akbar ya, bisa serap langsung ilmunya ya Mbak walau via online.
    Noted nih, jadi kalau mau konsumsi resep JSR ini pikiran kita harus tenang ya, gak boleh cemas.

  • tukang jalan jajan March 21, 2021 Reply

    dengan banyaknya herbal dan juga tanaman berkhasiat di Indonesia, sayang banget kalau tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. panduan buku ini sangat membantu

  • Hani March 21, 2021 Reply

    Wah, baca artikel ini aja udah dapet beberapa resep. Pengen nyoba tuh yg supaya enak tidur, jahe+pandan. Kombinasi yg belum pernah dicoba sih…Anget wangi gitu kalik yah.
    Apalagi punya sebuku, resepnya pasti lebih joz lagi deh…

  • Yulia Rahmawati March 22, 2021 Reply

    Menarik sekali dan bukunya kayaknya bagus ya Mbak… Saya sudah lama tertarik dengan rempah atau tumbuh an Indonesia yang tentunya memiliki manfaat pada tubuh manusia. Kebiasaan mencintai alam menjadi bagian bahwa Pemanfaatan tumbuh an menunjukan bahwa kita adalah menjadi bagian alam itu sendiri. Tubuh yang sehat tidak lepas dari menjaga pola makan dan menghargai hidup dengan selaras alam.

  • Kakakiky March 22, 2021 Reply

    Maasyaallah amazing sekali buku Resep Sehat JSR ini! Bahkan artis terkenal sekelas Teuku Wisnu juga sudah mempraktekkan obat ramuan herbal dari JSR. Semoga dengan tubuh yang sehat membuat kita semakin taat kepada Allah SWT, aamiin.

Leave a Reply

error: Content is protected !!