Lido Adventure Park, Paket Outbond Lengkap Untuk Keluarga

Facebooktwitterredditmail

Lido Adventure Park, bermain seru sekeluarga. Beberapa hari yang lalu, saya sudah mengunggah tulisan tentang pengalaman staycation di Lido Lake Resort. Oleh karena itu, di artikel ini saya akan berbagi kisah tentang keseruan outbond di Lido Adventure Park.

Arena bermain di sukabumi

Lido Adventure Park merupakan bagian dari Lido Lake Resort. Berlokasi di area seluas 3000 hektar dan dikabarkan akan menjadi lokasi outbond terluas se-Asia Tenggara. Tak hanya itu, area yang dikembangkan oleh MNC Land ini digadang-gadang akan menjadi DisneyLand -nya Indonesia.

Di Lido Adventure Park banyak terdapat permainan yang memicu adrenalin seperti sky bike, high rope, kayaking, flying fox, archery, paint ball, shooting target, raft building, bamboo rafting, hingga fun off-road. Selain itu, sahabat ismi juga bisa menikmati sensasi makan durian langsung dari pohonnya, sambil melihat hewan-hewan lucu di mini zoo.

Untuk anak-anak tersedia playgrund and kids adventure. Ditambah lagi tree house yang bisa digunakan untuk bersantai. 

Detailnya lanjut baca yuks.

Petualangan Apa Saja yang Ada di Lido Adventure Park?

  1. Jembatan Gantung

Untuk menuju ke lokasi Lido Adventure Park, sahabat ismi harus melewati jembatan gantung sepanjang kurang lebih 200 meter. Jembatan ini berwarna merah dan berada diatas Danau Lido.

Sensasi goyangnya lumayan kuat ketika ada banyak orang yang berjalan di atas jembatan. Serem-serem gimana gitu. Anak-anakku sih suka dan enggak takut. Malah orang dewasanya yang rada takut, hehe.

  1. Mini Zoo

Sesampainya di area outbond, saya dan rombongan berbelok ke kanan untuk melihat mini zoo. Di antara pohon-pohon durian yang menjulang tinggi, terdapat rusa lucu yang berkejar-kejaran. Tentu saja area rusa dibatasi oleh pagar agar tetap aman. Sahabat ismi bisa memberi makan rusa dengan membeli sayuran di dekat tempat rusa.

Selain itu, adapula kandang landak lengkap dengan landak yang bulu tajamnya berdiri ketika dia merasa terancam. Landaknya besar-besar pula. Kali ini para landak juga dibatasi oleh kandang.

Makan durian di lido
Kawasan asri penuh pohon durian di sekitar mini zoo

Di dekat kandang landak, ada kebun strawberry mini. Bila sahabat ismi ingin memetik buahnya boleh banget, tentunya membayar biaya tertentu. Makan durian juga bisa. Sayang ketika saya ke sana, buah duriannya belum pada matang.

Selain rusa dan landak, di dekat area high rope terdapat kandang kelinci. Anak-anak sangat senang karena bisa memberi makan dan mengelus kelinci.

  1. High Rope

Ini dia petualangan yang ditunggu-tunggu di Lido Adventure Park. Saat saya ke sana sedang ada rombongan kantor yang sedang bermain high rope. Jadi high rope ini merupakan aktivitas outbond di ketinggian tertentu dengan cara melewati rintangan yang tingkat kesulitannya berbeda-beda. Semakin tinggi levelnya, semakin sulit tantangan yang dilewati.

High rope dipasang di antara pohon-pohon. Semua pesertanya dilengkapi peralatan keselamatan seperti tali pengaman, jaket, pengaman lutut, sarung tangan hingga helm.  

High rope lido

Lintasan high rope amat panjang sehingga ketahanan amat diperlukan. Jangan lupa persiapkan diri dengan botol air mineral agar tidak dehidrasi.

Outbond di bogor

Apakah high rope bisa dimainkan oleh anak-anak? Ternyata bisa lho. Kak Sara dan Najla semangat sekali bermain high rope. Mereka sangat senang karena menantang dan tidak membosankan. Seru katanya.

High rope lido sukabumi

Aktivitas di lido adventure park
Kak Najla in action
  1. Sky Bike

Sky bike adalah bersepeda di lintasan yang berada di ketinggian. Lintasan sky bike di Lido Adventure Park berada di atas Danau Lido. Kebayang deh deg-deg annya bersepeda hanya di jalur lurus kecil seperti tali dari besi.

Saya sendiri tidak mencoba sky bike di Lido Adventure Park, tapi saya pernah mencoba flying bike di Baturaden. Pastikan alat pengamannya lengkap, sehingga kalau terjadi sesuatu, sahabat ismi tetap selamat.

  1. Kayaking

Saya dan suami sempat mendaftar untuk kayaking di Danau Lido. Tapi kami enggak jadi bermain kayak karena si bungsu tidur di gendongan. Kan enggak mungkin ninggalin dua anak di high rope, lalu melimpahkan si bungsu yang tidur ke tantenya. Bisa pusing nanti tantenya anak-anak.

Saya pribadi sudah pernah bermain kayak di WBL (Wisata Bahari Lamongan), dan di Banjarnegara. 

  1. Makan di Perahu

Danau lido bogor
Pemandangan Danau Lido dari atas perahu

Petualangan terseru berikutnya adalah makan siang di atas perahu. Jadi panitia family gathering mencarter perahu gitu untuk mengarungi Danau Lido. Di dalam perahu sudah disusun aneka menu lezat lengkap dengan minumannya.

Sensasi makan di perahu

Saya dan rombongan tinggal duduk tenang sambil makan dan menikmati pemandangan Danau Lido. Untuk menunya sendiri ikannya enak, es jeruknya manis asam, dan sayurannya segar.

Perahu di danau lido

Saya pikir makan di atas perahu bakal goyang-goyang, tapi ternyata enggak lho. Air Danau Lido yang tenang membuat perjalanan lancar dan mulus. Si bungsu bahkan tetap tertidur di atas perahu.

  1. Flying Fox

Petualangan paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak ya flying fox. Mereka enggak sabar untuk mencobanya. Bagi anak-anak, menaiki flying fox harus didampingi oleh orang dewasa. Jadi ada minimal beratnya gitu.

Flying fox lido adventure

Kak Najla naik flying fox berdua dengan anaknya teman suami. Sedangkan Kak Sara bersama dengan tantenya. Fying fox di Lido Adventure Park melintasi alur zip line sepanjang 200 meter di atas Danau Lido. Kata anak-anak, flying fox –nya sama sekali enggak nyeremin, justru seru!

Sebenarnya masih banyak permainan yang bisa sahabat ismi coba di Lido Adventure Park, seperti paint ball dan archery. Jadi kalau ke sini, pastikan untuk mencoba seluruh permainannya, hehe.

Oh ya, saya ada tips nih bagi para orangtua yang ingin mengajak anaknya outbond atau berpetualang baik di Lido Adventure Park atau tempat lain. Simak, yuk.

Tips Outbond Bersama Anak

  1. Pastikan Alat Pengaman Lengkap dan Berkualitas

Outbond seperti high rope, flying fox, sky bike atau lainnya jelas cukup berbahaya sehingga membutuhkan alat pengaman yang lengkap. Tidak hanya lengkap tapi juga berkualitas jangan sampai ternyata karatan atau tidak berfungsi dengan baik. 

Pastikan anak memakai semua pengaman mulai dari pelindung lutut, siku, tangan hingga helm pelindung kepala. 

  1. Pastikan Anak dalam Keadaan Sehat 

Anak yang mengikuti outbond harus dalam keadaan sehat dan tidak lelah. Karena outbond menguras tenaga. Bila anak sudah terlihat pucat, sebaiknya hentikan aktivitas dan beristirahat.

  1. Bawa Makan dan Minum

Jika orangtua tidak tahu apakah di lokasi tersedia kantin/ food court, sebaiknya bawalah bekal makanan dan minuman. Setidaknya anak bisa minum sehingga mereka tidak dehidrasi ketika outbond.

  1. Bawa Baju Ganti

Baju ganti penting apalagi anak biasanya berkeringat. Aktivitas air juga membuat Baju menjadi basah sehingga mereka perlu membawa baju ganti. Kalau di Lido Adventure Park sih anak-anak tinggal kembali ke kamar hotel dan bisa ganti baju.

5. Bila Perlu, Rekam Kegiatan Anak untuk Kenang-kenangan

Anak pasti senang bila kegiatannya didokumentasikan. Mereka akan terharu ketika tahu orangtuanya merekam outbond sehingga bisa dilihat lagi bersama-sama.

Yuk, kapan nih sahabat ismi mengajak anak-anaknya beraktivitas di luar ruangan? Menghirup udara segar sekaligus menaikkan adrenalin. Sebagai informasi, semua aktivitas outbond dan petualangan ini bagus untuk stimulasi sensori vestibular dan proprioseptif anak. Kapan-kapan saya bahas tentang sensori ini ya.

(Visited 37 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

1 thought on “Lido Adventure Park, Paket Outbond Lengkap Untuk Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published.