Konsultasi Dokter dan Beli Obat Aman di SehatQ

Facebooktwitterredditmail

SehatQ start up teknologi kesehatan favoritku. Awal Februari kemarin, saya dan keluarga harus merasakan menjadi Sarjana Omicron. Saya pikir varian Omicron ini tidak akan terlalu berat, tapi ternyata rasanya lebih parah daripada flu biasa.

Saat dulu kena flu, saya tidak pernah merasa sesak. Sedangkan omicron membuat saya mengambil napas dengan terbata-bata, satu-satu. Waktu itu saya ingin memastikan saturasi oksigen, tapi tidak punya alatnya.

Mau ke dokter atau rumah sakit juga tidak memungkinkan, karena sudah positif corona. Saya tidak mau membahayakan pasien lainnya. Oleh sebab itu, saya minta tolong suami yang negatif corona, untuk membeli obat bebas sesuai gejala yang dialami.

Saya berani memutuskan obat apa yang akan dibeli karena background pendidikan saya adalah seorang apoteker. Obat yang dipilih juga merupakan obat bebas dan atau bebas terbatas. Karena saya tahu obat keras selain OWA (Obat Wajib Apotek) tidak boleh diberikan tanpa resep dokter.

Lain halnya jika saya bukan apoteker, pasti saya memilih untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat. Bukan rahasia umum bahwa pasien bisa mendapatkan obat keras tanpa resep di pasaran. Belum lagi obat palsu yang merajalela di marketplace. Double kill deh!

Akibatnya tidak main-main. Obat keras tanpa resep dokter bisa saja berinteraksi dengan kondisi medis pasien. Karena riwayat kesehatan pasien kan berbeda-beda. Ada yang punya penyakit diabetes, jantung, hipertensi, asma, yang bisa jadi mereka juga minum obat lain dengan rutin.

Belum lagi bila ternyata yang dikonsumsi adalah obat palsu. Boro-boro gejala coronanya berkurang, yang ada justru gejala tidak membaik bila diberikan obat yang tidak efektif seperti obat palsu.

Lalu bagaimana caranya agar sahabat ismi terhindar dari obat palsu?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu sahabat ismi harus mengetahui apa yang dimaksud dengan obat palsu?

Obat Palsu dan Ciri-Cirinya

Sebagai informasi, obat palsu tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di belahan bumi lainnya.

Obat palsu di Indonesia

Bagaimana cara membedakan obat palsu dan asli

Kesimpulan dari gambar di atas, obat palsu ada banyak sekali jenisnya, dan sesungguhnya tidak mudah untuk diketahui, kecuali sahabat ismi jeli.

Selain mengetahui makna dari obat palsu, sahabat ismi juga perlu tahu apa ciri-cirinya. Cek gambar di bawah ini ya

Bagaimana cara mengenali obat palsu

Apa akibatnya jika mengonsumsi obat palsu? Seperti telah saya sampaikan di atas, obat palsu bisa berbahaya bagi tubuh. Bukan hanya untuk pasien omicron saja, tap juga untuk penyakit lainnya. Sekalipun gejalanya ringan, tapi kalau obat yang dikonsumsi palsu, ya justru meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Jika meminum obat palsu

Cara Meminimalkan Konsumsi Obat Palsu

Kasus obat palsu

Memang kesannya ribet, tapi semua itu demi kesehatan sahabat ismi. Oh ya, saya punya tips mudah anti ribet agar terhindar dari obat palsu. Nah, salah satu tipsnya adalah membeli obat di sarana resmi dan tersertifikasi PSEF. 

Waspada Obat Palsu, Beli di Layanan Kesehatan Terpercaya

Kalau sahabat ismi sedang tidak bisa keluar rumah, pembelian online adalah solusinya. Berbeda dengan marketplace yang tidak memiliki izin untuk mendistribusikan obat, layanan kesehatan online seperti SehatQ

SehatQ adalah

SehatQ telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan. Sertifikasi ini merupakan regulasi untuk penjualan obat secara online yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sertifikasi ini merupakan tanda bahwa SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah.

PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara PSEF ini. Persyaratan tersebut antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan pemerintah, dan izin dari Kementerian Kesehatan.

Dikutip dari akun YouTube Manajemen dan Klinikal Farmasi, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menjelaskan telefarmasi adalah pelayanan farmasi kepada pasien dengan memanfaatkan teknologi informasi di mana pasien tidak langsung bertemu secara fisik dengan apoteker. Dengan kata lain telefarmasi menjadi garda depan agar pasien mendapatkan obat berkualitas dan asli.

SehatQ, Tempat Konsultasi Dokter dan Beli Obat Terpercaya

Apakah ada sahabat ismi yang belum mengenal SehatQ?

SehatQ merupakan penyedia kesehatan digital yang berdiri pada November 2018. Di SehatQ, kamu bisa mengakses berbagai layanan kesehatan, mulai dari chat dokter, booking dokter dan layanan kesehatan, serta membeli obat dan vitamin.

Review SehatQ

Cara menggunakan teknologi kesehatan SehatQ sangat mudah. Cukup buka SehatQ.com atau download aplikasi SehatQ di Playstore. Kemudian isi data, dan verifikasi. Setelah itu sahabat ismi bida langsung memilih layanan kesehatan apa yang ingin digunakan.

Selain tersertifikasi PSEF, saya menyukai SehatQ karena tampilan aplikasinya user friendly dan tidak lemot. Siapa yang enggak kesal kalau mau konsultasi ke dokter tapi justru lemot banget aplikasinya? Nah di SehatQ, sahabat ismi tidak akan kesulitan karena aplikasinya amat nyaman digunakan.

Layanan di SehatQ bukan hanya konsultasi dokter dan beli produk kesehatan saja, tapi juga bisa mencari lab terdekat, mencari home service dan tes Covid-19.

Layanan Kesehatan di SehatQ

1. Chat/ Konsultasi Dokter

Jadi selain layanan telefarmasi, sahabat ismi juga bisa mengakses layanan telemedicine.

SehatQ Beli obat resep secara online

Dengan kata lain, untuk gejala berat covid atau penyakit lain yang membutuhkan obat keras, sahabat ismi bisa langsung konsultasi ke dokter sehingga mendapatkan resep yang bisa ditebus langsung di SehatQ.

Layanan telemedicine di SehatQ menggunakan chat bertarif 5000 rupiah yang dibatasi selama 30 menit, dan video chat dengan tarif bervariasi mulai belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu tergantung dokter yang dipilih (dokter umum atau spesialis).

SehatQ Layanan telefarmasi

Sahabat ismi tinggal mengisi keluhan, data tanggal lahir, nomor handphone, dan melakukan pembayaran. Untuk dokter tertentu akan diminta memilih jadwal konsultasi.

SehatQ Telemedicine aman

Untuk pembayaran tersedia dalam berbagai pilihan antara lain e-wallet (gopay, OVO, Shopepay), transfer virtual account ( BNI, BCA, Bank Permata, Bank Mandiri), dan kartu kredit.

2. Toko

SehatQ beli obat asli

Selain obat bebas, bebas terbatas, dan obat keras (dengan resep), di SehatQ sahabat ismi juga dapat membeli aneka produk kesehatan. Mulai dari vitamin, herbal, suplemen, produk ibu dan anak, alat kesehatan, sampai makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan (madu, susu, beras organik, larutan penyegar, dan sebagainya).

Detailnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini ya. Beneran lengkap banget.

Tebus obat resep online

3. Rumah Sakit (Direktori Fasilitas Kesehatan)

Sahabat ismi akan sangat terbantu dengan fitur rumah sakit karena terdapat 4536 faskes yang bisa dihubungi. Selain itu sahabat ismi juga dapat mencari dokter dan layanan pemeriksaan apa saja yang tersedia di faskes tersebut.

Bahkan saya dapat melihat biaya dokter dan biaya layanan kesehatan lainnya seperti medical check up, papsmear, spirometri, tes golongan darah, pemeriksaan feses, urinalisa, tes fungsi ginjal, dan sebagainya.

SehatQ Klinik online

Faskes yang ada di SehatQ bukan hanya rumah sakit tapi juga klinik, dental care, laboratorium, dan klinik rumah spesialis diabetes. Lengkap sekali, bukan?

4. Promo

Fitur terakhir di aplikasi SehatQ adalah promo. Terdapat aneka promo yang tentunya bermanfaat buat pengguna SehatQ.

Promo beli obat online

SehatQ beli obat gratis ongkos kirim
SehatQ Layanan telefarmasi jakarta
5. Artikel

Untuk mengedukasi masyarakat, SehatQ juga menyertakan berbagai artikel yang ditulis oleh ahlinya. Baik tentang vaksin corona, kesehatan mental, ibu dan anak, makanan diet, hingga olahraga.

6. Booking Layanan Pemeriksaan

Home care Covid-19

Bila di fitur rumah sakit, sahabat ismi dapat melihat tarif pemeriksaan, maka di fitur booking layanan pemeriksaan, sahabat ismi bisa langsung mendaftarkan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang dibutuhkan. Misalnya saja USG, rontgen, CT scan, cabut gigi, dan sebagainya. Dengan kata lain, sahabat ismi juga bisa booking dokter melalui SehatQ.

SehatQ Daftar dokter gratis

Keren ya SehatQ, satu tempat bisa untuk semua layanan kesehatan. Konsultasi, booking pemeriksaan medis, sekaligus beli produk kesehatan. Yang jelas, transaksi aman, dan pasien terhindar dari obat palsu.

Saya sih merekomendasikan SehatQ bagi sahabat ismi yang ingin memeriksakan kesehatan dan beli obat secara online. Enggak perlu keluar rumah dan antri di fasilitas kesehatan. Mudah dan cepat.

Oh ya, seluruh data pasien dijamin kerahasiaannya oleh SehatQ sehingga sahabat ismi enggak perlu khawatir dengan gejala penyakit yang dikonsultasikan ke dokter. Begitu juga dengan data lainnya seperti data diri.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya bagi sahabat ismi yang sedang sakit atau membutuhkan layanan kesehatan secara online.

Referensi:
1. WHO guidance on testing of “suspect” falsified medicines – TRS 1010- Annex 5, WHO Technical Report Series 1010, 30 September 2018.
2. https://www.fda.gov/drugs/buying-using-medicine-safely/counterfeit-medicine
3. https://www.sehatq.com/

(Visited 91 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

18 thoughts on “Konsultasi Dokter dan Beli Obat Aman di SehatQ

  1. Okti Li Reply

    Alhamdulillah ya di saat kita isoman harus menjaga jarak dan mengurangi berinteraksi ada aplikasi sehatq yang bisa membantu kita dan urusan obat vitamin dan Konsul kesehatan

  2. Didik Reply

    Zaman pandemi ini emang sangat berisiko kalo kita pergi ke rumah sakit ya kak. Untungnya ada platform seperti Sehatq ini yang memfasilitasi kendala tersebut. Kita tetap dapat konsultasi plus resep obat sesuai penyakit yang kita derita. Lebih aman biar ngga terpapar virus COVID-19.

  3. bening Reply

    Ini kan bahas obat palsu ya, yg langsung masuk ke dalam tubuh. Dan memang harus hati-hati. Jadi kepikiran aja, bukan hanya obat, kosmetik&skincare juga banyak yg palsu. Harus diri sendiri yg lebih hati-hati emang

  4. Wahyu Eko Reply

    ngeri banget sih kalau sampai terkena dan ikut menggunakan obat palsu, mesti aware banget

  5. Fenni Bungsu Reply

    Obat palsu ini terbilang susah juga ya dibedakan, maka dari itu perlu hati-hati saat membeli dan hendak konsumsi. Karena kan dampaknya besar juga

  6. Gioveny Reply

    Layanan kesehatan secara online memang penting banget sih. Aku juga merasa terbantu saat keadaan darurat ingin konsultasi dengan dokter

  7. Sugianto Reply

    Jadi makin aman dengan aplikasi sehatQ ya, Kak. Apalagi ada fitur yang bisa kitabgunakan untuk konsultasi langsung

  8. hallowulandari Reply

    layanan telemedicine emang membantu banget sih ya, apalagi masa pandemi, aku pernah pake layanan telemedicine pas awal-awal pandemi, jadi bisa konsul online dulu sama dokternya

  9. eka fitriani larasati Reply

    sekarang kalau aku mau cari tahu soal penyakit dan informasi obat gak bakalan salah alamat lagi deh, gak bakalan miss informasi lagi. apalagi untuk beli obat, aman soalnya takut banget beli obat online. takut palsu.

  10. Dila Reply

    Pakai skincare palsu aja serem apalagi mengkonsumsi obat palsu. Untuk ada aplikasi SehatQu yang memudahkan kita untuk konsultasi, booking pemeriksaan medis hingga beli obat asli.

  11. Dirman Reply

    Apalagi untuk masalah kesehatan, sudah tentu tidak boleh main-main. Adanya aplikasi seperti sehatq, akan lebih memudahkan dan juga aman, yah kak..

  12. Ulfah Aulia Reply

    Kalau sudah berhubungan dgn kesehatan ini mesti benar2 pilih obat yg sesuai dengan kita ya kak… Nah makanya bisa bagi kita berkonsultasi langsung dgn para dokter lewat aplikasi sehatq ini ya kak

  13. Antin Aprianti Reply

    Serem banget kalau sampe salah beli obat ya kak, Alhamdulillah sekarang ada SehatQ jadi bisa konsultasi dan beli obat juga tanpa perlu repot keluar rumah

  14. Ria Fasha Reply

    Ngeri banget ya kak kalo sampai dapat obat palsu
    bukannya jadi sehat malah nambah penyakit
    jadi memang penting banget untuk konsultasi dan beli obat ditempat yang aman seperti di sehatQ

Leave a Reply

Your email address will not be published.