Cara Memilih Cemilan Baik untuk Anak

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Siapa sih yang enggak suka ngemil? Baik orang dewasa maupun anak-anak, menyukai cemilan terutama yang rasanya enak. Begitu juga dengan saya dan keluarga. Kami mempunyai jadwal ngemil sendiri. Untuk anak-anak, setiap pukul 10 pagi dan pukul 4 sore. Mereka juga saya bolehkan ngemil sebelum tidur malam. 

Apalagi semenjak anak-anak sekolah dari rumah, saya harus putar otak agar anak-anak enggak bosan dengan cemilan yang tersedia di rumah. Dulu, anak pertama saya yang duduk di bangku SD, makan siang dari katering sekolah, dan sesekali mendapatkan snack dari sekolahnya. Begitu juga dengan anak kedua saya yang duduk di bangku KB (Kelompok Bermain), setiap hari Jumat, ia mendapat cemilan sehat dari sekolahnya. Sedangkan sekarang, semua cemilan ya disediakan oleh orang tuanya.

Selama ini saya bertanya-tanya, benarkah cemilan yang saya berikan ke anak-anak merupakan cemilan baik? Atau jangan-jangan saya menjerumuskan mereka ke dalam pola makan yang enggak baik?

Cara memilih cemilan baik

Saya mengikuti Virtual Presscon

Pucuk dicinta ulam tiba, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2021, saya mengikuti Virtual Presscon peluncuran logo Cemilan Baik Untukmu bersama Paddle Pop. Dipandu oleh Kema Mochtar, ternyata sebuah studi dari SMERU menunjukkan tren anak-anak yang semakin sering mengkonsumsi cemilan/jajanan, yang pada umumnya mengandung gula, lemak jenuh, dan kalori lebih dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian anak. Orang tua di Indonesia juga mengaku kesulitan membedakan cemilan yang baik atau enggak di pasaran, serta kesulitan menyediakan alternatif cemilan yang lebih baik, dengan rasa yang disukai anak-anak.

Cara Memilih Cemilan Baik

Saya tahu bahwa enggak semua cemilan itu baik sehingga orang tua harus cermat memilihkan cemilan untuk anak. Tentu orang tua enggak mau memberikan cemilan yang enak tapi kosong gizinya. Atau bahkan memberikan cemilan yang tinggi  gula sehingga anak berisiko mengidap diabetes di kemudian hari. Sama halnya jika kalori pada cemilan terlalu tinggi sehingga anak berisiko mengalami obesitas di masa depan. 

Saya dan orang tua lainnya, harus mempunyai pengetahuan mengenai kriteria cemilan baik untuk anak. Karena tanpa disadari, cemilan sudah menjadi bagian yang enggak terpisahkan dari asupan yang masuk ke tubuh anak.

Kriteria Cemilan Baik

Cemilan snack

dr. Attila Dewanti Sp. A(K) kanan bawah

Alhamdulillah, dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) salah satu pengisi talkshow pada zoom “Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak” berama Paddle Pop, menyampaikan apa saja sih kriteria cemilan baik untuk anak.

“Yang utama adalah kandungan kalori, gula, lemak jenuh dan garamnya tidak berlebih. Selain itu, sebaiknya cemilan juga mengandung vitamin dan mineral”

Dokter Attila juga menjelaskan bahwa jumlah kalori ideal untuk cemilan anak adalah 330 kkal per hari. Jumlah tersebut dibagi menjadi dua kali pemberian. Dengan kata lain, setiap mengonsumsi cemilan, jumlah ideal kalorinya <115 kcal. Orang tua juga disarankan untuk menghindari cemilan yang tinggi garam, dan perisa yang data membuat anak menjadi kecanduan.

Lebih lanjut, bagaimana kriteria cemilan baik untuk anak:

1. Cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak

Berdasarkan rekomendasi dari WHO, dalam satu hari sebaiknya anak-anak dan orang dewasa membatasi konsumsi gula < 50 gram dan lemak jenuh < 10% total energi (misal, sekitar 18 g untuk anak usia 7-9 tahun). 

Cemilan untuk anak juga disarankan mengandung < 20% kebutuhan energi harian atau sekitar 330 kalori untuk anak usia 7-9 tahun. 

2. Mengandung kebaikan susu

Susu mempunyai berbagai manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan kalori dan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan tulang anak secara optimal. 

3. Mengandung serat tinggi

Contohnya adalah buah-buahan yang mudah dicerna anak. Selain mengandung serat, buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang bermanfaat bagi tumbuh- kembang anak. 

Kemenkes RI merekomendasikan balita dan anak usia sekolah untuk mengkonsumsi seenggaknya 2-3 porsi buah/ hari. 

4. Cemilan yang memiliki izin edar dari BPOM dan enggak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM

BTP berbahaya yang dimaksud antara lain asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B.

5. Porsinya sesuai 

Porsi cemilan penting untuk diperhatikan. Jangan sampai anak ngemil berlebihan sehingga akhirnya justru sudah kenyang dan enggak mau mengonsumsi makanan utama 

Cemilan untuk anak enggak hanya harus memenuhi kriteria cemilan sehat, tapi orang tua juga perlu menerapkan smart snacking atau kebiasaan ngemil sehat. Maksudnya bagaimana? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2017 menunjukkan bahwa orang tua yang sejak dini memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan sehat, pada akhirnya akan mewariskan kebiasaan baik pada si kecil, dimana anak terbiasa mengkonsumsi makanan dan cemilan sehat pula. 

Dengan kata lain, bila anak dibebaskan mengkonsumsi cemilan kapan saja, maka akan berakibat membentuk kebiasaan ngemil yang buruk. Kebiasaan ngemil yang buruk ini dapat mengakibatkan  nutrisi yang masuk ke tubuh anak menjadi berlebih atau enggak seimbang. lalu, jika jarak waktu ngemil dengan waktu makan terlalu dekat, anak akan menjadi kurang berselera untuk mengkonsumsi makanan berat. Akibatnya, protein dan nutrisi lain yang dikandung oleh makanan berat menjadi kurang optimal didapat oleh anak.

Terus terang, melihat kriteria cemilan baik yang begitu banyak dan detail, saya pribadi merasa kesulitan untuk menemukan cemilan baik tersebut. Terutama dalam memilih cemilan kemasan yang baik bagi anak. 

Pada cemilan dengan kemasan, informasi nutrisi memang ditulis pada kemasan, Tapi jujur, tulisannya kadang terlalu kecil dan rapat-rapat. Belum lagi, kalau belanjanya sekalian dengan kebutuhan rumah, wah otomatis pinginnya cepat karena banyak yang harus dibeli.

Bila dulu sebelum pandemi, saya punya lebh banyak waktu untuk membuat cemilan sendiri di rumah saat anak-anak sedang bersekolah. Tapi sekarang, saya harus mendampingi mereka bersekolah. Otomatis, saya lebih banyak membeli cemilan jadi baik berupa jajanan basah, maupun cemilan kemasan.

Kebiasaan Ngemil Baik ala Sophie Navita

Cemilan kekinian

Sophie Navita salah satu narasumber zoom (kanan bawah)

Sophie Navita adalah narasumber berikutnya pada acara zoom yang saya ikuti. Ibu dua anak sekaligus presenter ini menjelaskan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking pada anak.

” Tantangannya tentu setiap hari, terutama bagaimana agar orang tua tetap konsisten. Orang tua harus kasih contoh, melatih anak kenapa enggak boleh jajan ini, dan kenapa enggak baik”, kata Sophie.

Sophie meyakini bahwa orang tua sebaiknya sebisa mungkin menanamkan kebiasaan yang baik bagi anak,termasuk kebiasaan ngemil yang baik. Oleh karena itu, Sophie selalu memberikan alasan ketika melarang atau membolehkan anak saat memilih cemilan. Kebiasaan baik ini diharapkan akan tertanam sejak mereka kecil, dan terbawa hingga dewasa.

Tantangan lainnya adalah Sophie harus super teliti saat memilih cemilan yang tersedia di pasaran. Ia dengan cermat membaca dan memeriksa label gizi pada cemilan anaknya. Sebagai orang tua, ia merasa bertanggung jawab terhadap semua makanan yang masuk ke tubuh anak.

Selain itu, Sophie juga menyampaikan bahwa ia mengatur waktu konsumsi cemilan pendamping diantara jam makan utama. Termasuk jumlah cemilan yang dimakan.

” Jadi kalau ada teman yang bilang anaknya makan tiga loyang kue, kita jangan minder. Karena kita tahu bahwa ngemil itu ada batasannya,” ucap Sophie sembari tertawa.

Benar juga ya Moms, sesuatu yang berlebihan itu jatuhnya enggak baik. Pasti ada dampak ke depannya bagi anak. Kebiasaan ngemil baik ala Sophie Navita menyadarkan saya bahwa orang tua memang harus menjadi teladan bagi anak.

Logo Cemilan Baik Untukmu, Permudah Memilih Cemilan Anak

Paddle Pop Rainbow

Logo Cemilan Baik Untukmu

Logo Cemilan Baik Untukmu diperkenalkan oleh Paddle Pop melalui Virtual Presscon “Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak”, pada tanggal 22 Januari 2021. Tujuannya tentu saja untuk memberi standar cemilan baik dan agar orang tua serta caretaker teredukasi untuk memilih cemilan yang baik bagi anak.

Paddle Pop sudah 28 tahun hadir di Indonesia sehingga melalui kampanye #CemilanBaikUntukmu, saat ini semua es krim Paddle Pop dirancang khusus dengan standar nutrisi tinggi.

Standar nutrisi tinggi seperti apa yang dimaksud?

  1. Paddle Pop membatasi kandungan ≤ 110 kkal, ≤12 gram gula dan ≤3 gram lemak jenuh, serta terbuat dari susu dan buah. 
  2. Standar komposisi dalam produk Paddle Pop telah mengikuti standar internasional dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI. 
  3. Es krim Paddle Pop juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & sertifikat Halal MUI sehingga orang tua dan para caretaker bisa lebih tenang dalam memilih cemilan terbaik untuk anak-anak. 
Kriteria cemilan baik

Ngemil Paddle Pop bareng Kakak

Saya dan keluarga memang mengonsumsi es krim Paddle Pop sejak dulu. Dengan adanya logo Cemilan Baik Untukmu diikuti dengan standar nutrisi di atas, saya pribadi sepakat bahwa Paddle Pop merupakan cemilan yang baik bagi anak. Paddle Pop membawa standar cemilan es krim yang lebih baik dengan mengutamakan rasa yang enak dan kandungan nutrisi yang tepat. 

Logo Cemilan Baik Untukmu mempermudah saya dalam memilih cemilan yang baik untuk anak. Saya juga merasa lebih tenang saat mengambil cemilan dengan logo Cemilan Baik Untukmu karena nutrisinya sudah dipastikan sesuai untuk anak.

Selain itu, Paddle Pop juga telah meluncurkan kampanye #PaddlePopMainYuk sejak bulan November 2020. Paddle Pop tahu betul bahwa tumbuh kembang anak Indonesia dapat menjadi optimal bila didukung dengan kreativitas dan keceriaan bermain, serta disempurnakan dengan pemilihan cemilan yang baik. 

Saya sebagai orang tua menjadi terinspirasi untuk ngemil dan bermain seru bersama anak. Apalagi momen ngemil dan bermain dapat menjadi waktu bonding bagi orang tua dan anak. Nutrisinya dapat, stimulasinya dapat, bonding -nya juga dapat.

Paddle Pop Rainbow kalori

Special Edition boks dari Paddle Pop

Seperti ketika boks Paddle Pop Special Edition dibuka oleh anak-anak. Mata mereka langsung berbinar saat melihat berbagai permainan menarik, antara lain ular tangga, susun kata, TTS, dan permainan menarik garis lalu diwarnai. Ada juga magnet kulkas dengan tema “Ngemil Apa Hari Ini?”. Magnet kulkas tersebut dilengkapi dengan Treat-O-Meter untuk bermain tebak-tebakan berapa jumlah kalori cemilan yang akan atau telah dikonsumsi.

Permainan anak usia 9 tahun

Bermain ular tangga bersama Ayah

Lihat deh keseruan Kakak Najla bermain ular tangga bersama Ayahnya. Main bareng sambil ngemil es krim Paddle Pop di sore hari. Seru sekali!

Semoga cara memilih cemilan baik ini bisa dipraktikkan dan bermanfaat ya untuk teman-teman semuanya. Yuk, berikan teladan kebiasaan ngemil baik pada anak.

(Visited 1,241 times, 3 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

88 Comments

  • Helena February 4, 2021 Reply

    Memilih cemilan anak yang baik itu perlu perhatikan AKG-nya ya. Noted buatku karena tiap minggu siapin stok cemilan buat anak-ank.
    Btw, Asyik yah ada paket mainan dari Paddle Pop. Abis main ular tangga bisa lanjut ngemil es krim

  • Fenni Bungsu February 4, 2021 Reply

    Dengan adanya logo baru yang segar, makin senang menyantap es krim kesukaan nih, soalnya selain enak, kandungan gizinya bermanfaat sehingga jadi pilihan baik untuk camilan

  • Sari February 5, 2021 Reply

    Masih jadi PR nih kalau beliin cemilan keponakan, harus liat label kandungan gizi, kalau aku lihat kadar gulanya terlalu tinggi atau nggak, nah masih cari cemilan yg berserat. Kalau cemilannya Paddlepop, aku juga mau dong :)) seru ya Paddlepop special edition

  • Dian February 6, 2021 Reply

    wah bener banget mbak
    pipih camilan anak emang g boleh sembarangan ya
    nggak hanya lezat, tapi juga harus sehat, seperti es krim paddle pop ini

  • Jasmi Bakri February 6, 2021 Reply

    Untuk anak nggak bisa sembarangan ya kak. Harus milih yang sehat dan berserat tinggi. Paddle Pop emang udah jadi pilihan masyarakat dari dulu sih. Jadi nggak perlu ragu lagi soal kandungannya. Dijamin sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh anak.

  • Iim Rohimah February 6, 2021 Reply

    Nah, ini nih yg saya cari. Pengen ngasih cemilan yang sehat dan baik untuk anak-anak. jangan sampai saya hanya senang dengan banyaknya asupan mereka tanpa memperhatikan nutrisi. Khususnya persoalan pengawet dan gula itu lho…

  • Samleinad February 6, 2021 Reply

    Wah eskrim Paddle Pop ini legendaris banget sih. Jangankan anak2, orang dewasa aja suka. Apalagi eskrim ini terbuat dari bahan2 berkualitas, tentunya sehat untuk dikonsumsi ya

  • Amanda r February 6, 2021 Reply

    ini es krim yang paling ditunggu2 kalau siang, abang walls itu legend banget dari jaman aku masih kecil dengan gerobak merahnya :D, trus aku pasti beli paddle pop dong yang murah meriah

  • Fachrur Rozi February 7, 2021 Reply

    yang pastinya cemilan anak jangan banyak mengandung gula karena bisa menyebabkan kegemukan, malas beraktivitas dan lambat menangkap untuk memahami sesuatu. Dan pastinya rendah kalori

  • Fenni Bungsu February 7, 2021 Reply

    Dalam membelikan cemilan nggak hanya lihat segi harga nya saja ya, memperhatikan angka kecukupan gizi yang biasanya tertera di belakang kemasan paling penting sehingga camilan yang dikonsumsi adalah yang sehat dan bergizi

  • Lidya February 7, 2021 Reply

    Melalui logo camilan baik untukumu Paddle Pop membantu para orang tua memilih camilan yang baik untuk keluarga yang mengandung kebaikan susu & buah

  • Bambang Irwanto February 7, 2021 Reply

    Jangankan anak-anak, saya juga suka ngemiil hahaha. Hanya memang di rumah saya menerapkan 70 % ngemil makanan dari rumah, dan 30 % bisa beli di luar. Tapi untuk krucil, harus seleksi ketat, jangan sampai beli cemilan yang terlalu asin atau manis. Tapi kalau es krim, kebetulan krucil saya cocoknya memang walls, Mbak. Termasuk Paddle Pop ini.

    • dian.ismyama February 10, 2021 Reply

      wah keren sekali ada 70% nya segala. bisa kucontek nih

  • Triani Retno A February 7, 2021 Reply

    Ahahaha…iya, nih. Aku masih sering sembarangan kalo nyediain camilan. Kalo dipikir-pikir, memang kelebihan gula dan garem sih 🙁 Mesti lebih cermat lagi nih milih cemilannya.

  • Hani February 7, 2021 Reply

    Wadudu, cemilannya es krim. Seger banget deh. Tadinya kupikir es krim banyak gulanya, jadi engga kukasih ke anak-anak. Kalau Paddle Pop aman ya, gulanya masih terjaga. Oke deh…kalau anak-anak pengen, akan kubolehin. Sip…

  • Rudi G. Aswanr February 7, 2021 Reply

    Kalau ada logonya begini, sangat terbantu deh Mbak para ortu buat pilih camilan bermutu. Ga asal murah tapi bahannya ga jelas. Paddle Pop dari dulu disuka anak-anak, rasanya nikmat sih, ternyata kandungan boleh juga. Jadi pengin beliin buat anak-anak.

    • dian.ismyama February 10, 2021 Reply

      bahannya berkualitas dan nutrisinya sudah terjamin

  • Sita February 7, 2021 Reply

    Wah kabar baik buat anak-anak nih. Camilan sehat itu ternyata eskrim padlepop nggak bakal menolak lah mereka. Malah minta tambah, pasti. Hihi…

    Iya sih mbak, pilihan untuk anak-anak harus yang terbaik

  • DailyRella February 7, 2021 Reply

    Waahh saya baru tahu ada logo ini untuk cemilan anak sehat. Sepakat, untuk memberikan teladan ngemil baik pada anak karena akan terus kebawa ke masa gedenya sampe mereka punya keluarga.

  • Annafi February 7, 2021 Reply

    Untungnya ada paddle poo ya, sebagai orang tua ataupun orang dewasa bisa memberikan cemilan untuk anak tanpa takut anak kebanyakan Konsumi gula /kalori dari cemilannya

  • Karyati Niken February 7, 2021 Reply

    Camilan baik untuk anak kita harus diperhatikan kandungan gizinya ya mbak. Btw Paddle pop semakin banyak inovasi produknya ya. Ehh itu ular tangga seru pasti main bareng ya.

  • Anisah Widyastuti February 7, 2021 Reply

    Bener banget nih,kita gak boleh asal kasih camilan ya kak,kalo bisa yang bergizi kaya es krim yang satu ini. Akupun suka banget loh sama es krim paddle pop,semua rasnya,yummy dan menyehatkan.

  • Kurnia amelia February 7, 2021 Reply

    Ice cream paddle pop ini ice cream favorit keluargaku lho dari dulu soale selain enak rasanya, bergizi dan terjangkau banget harganya.

  • Tukangjalanjajan February 7, 2021 Reply

    Cemilan untuk anak emang kudu bener dipilih yang sehat sehingga kebutuhan gizi anak bisa optimal dan orang tua juga tenang

  • Yurmawita February 7, 2021 Reply

    Camilan sehat menyenangkan membuat anak jadi tambah kreativitas dan semangat belajar ya bund

  • Nurhilmiyah February 7, 2021 Reply

    Saya sering juga beliin anak-anak es krim Paddle Pop ini Mbak, karena kandungannya susu kan udah pasti bergizi ya, setuju banget kl kita harus memberikan camilan sehat buat anak-anak yaa

  • Dede Ariyanto February 7, 2021 Reply

    Mantaf banget ini infonya secara anak-anak sekarang sekarnah sangat mengkhawatirkan sekali cemilannya ya sukanya banyak micin sama gula hadeh! 😭

  • Siti Mustiani February 7, 2021 Reply

    Intinya kalau untuk anak gak boleh sembarangan ya bun, walau pun cuma snack saja tapi juga harus pilih yang terbaik.

  • apura February 7, 2021 Reply

    Aku juga masih batesin anak aku ngemil. Takutnya nanti makanan utama gak disentuh. Apalagi camilannya suka yang manis dan gurih. Ngeri nanti gedenya gimana kalau dibiarkan. Tapi kalau eskrim dia emang suka dengan paddlepop.

  • Fionaz Isza February 8, 2021 Reply

    memilih cemilan anak memang harus bijak ya mbak, salah kasih camilan bakal gak baik untuk tumbuh kembangnya, btw kalo nyemil es krim aq juga suka lho mbak, favorit keluarga kami ini.. hihi

  • nurulrahma February 8, 2021 Reply

    Daku demen banget nyemill mba
    Mending ngga makan berat, ketimbang kagak nyemil hehehe
    Es krim ini cemilan favorit aku bangeett
    sering rebutan sama anakku wkwkwkwk

    • dian.ismyama February 10, 2021 Reply

      wkkka aku makan berat dan ngemil Mbak. iya jadi rebutan ya

  • Adriana Dian February 8, 2021 Reply

    wah seru banget ini maingames bareng sambil nyemil es krim bareng ayah yaaaaa.. Akupun juga rada bingung nih kalo mau ngasih cemilan anak, mesti pinter-pinter cari cemilan yang bvaik untuk anak ya mak. Untung ada Paddle Pop yang jadi cemilan baik favorit anak anak yaaaa

  • Nurul Sufitri February 8, 2021 Reply

    Horeeeee! Anak2 kegirangan deh yaaa dapetin paket spesial dari Paddle Pop! Sambil ngemil es krim sekalian mainin ular tangga dan isi TTS nya hihihi. Kita sebagai orang tua semakin yakin deh memberikan cemilan baik untuk kesayangan… Yang penting disesuaikan dengan sikon aja ya. Anak2ku mah ga cukup 1 malah nambah mamam es krimnya 😀

    • dian.ismyama February 10, 2021 Reply

      wkkka, ini anak-anak kubatasi makan es krimnya, yg penning ga lebih dr 330kkal per hari

  • Lidya February 8, 2021 Reply

    Camilan itu penting juga dan bermanfaat asalkan memilih kroteria camilan yang baik ya. Paddle Pop bantu banget dengan memberikan logo Cemilan Baik Untukmu

  • Ophi Ziadah February 8, 2021 Reply

    hahaha itu seru banget sih lihat Kak Najla main ular tangga sama ayahnya mba…
    pasti makin seru karena mainnya sambil nyemil paddle pop juga yaa…

  • Ade UFi February 9, 2021 Reply

    Kalau ada paddle pop dengan logo cemilan baik untukmu, semua syarat untuk membeli cemilan lewat yaaa.. alias terpenuhi semua. Plus enak pula.. xixixi

  • Faridilla Ainun February 9, 2021 Reply

    Ada logo camilan baik jadi memudahkan orang tua dalam memilih camilan untuk anak…Kita pun bisa bilang ke anak, kalau mau cari cemilan, boleh asal ada logo yang camilan baik 🙂

  • Ruli retno February 9, 2021 Reply

    Seneng ya, selama ini emang uda pelanggan walls, pas tau gizinya sesuI Akg anak, jadi makin seneng

  • Suciarti Wahyuningtyas February 9, 2021 Reply

    Aku kalau beli cemilan di supermarket gitu pasti konsen mak, bacain kandungannya itu yang suka lama. Pokoknya apa yang akan dimakan untuk anakku, itu aku teliti banget. Makanya ini senang banget tau Paddle Pop ada logo “Cemilan Baik Untukmu” jadi gak worry.

  • Dian February 10, 2021 Reply

    wah serunya busa main ular tangga bareng ayah ya,
    apalagi klo habis main bisa menikmati camilan yg enak dan sehat dari paddle pop.
    es krim yg sudah terkenal dari dulu
    nggak hanya anak anak yg suka, aku pun suka
    apalagi yg es krim pelangi itu

  • Heizyi February 10, 2021 Reply

    Eh, cemilan baik ada logo khususnya?
    Ini untuk semua produk cemiln atau yng hanya produksi padle pop aja kak?

  • Nanik Nara February 10, 2021 Reply

    Asyik banget nih, main ular tangga sambil ngemil es krim paddle pop.

    Iya ya, kebiasaan makan pada anak ini akan terbawa sampai mereka besar nanti, jadi memang sejak kecil harus dibiasakan makan camilan yang sehat, bukan hanya enak dan asal mereka doyan aja

  • Iya mbak selama ini kalau milih cemilan kemasan sering gak perhatian sama bahan2 dan kandungan kalorinya ya.
    Eh untung selama ini anak2 makannya juga es krim Paddle Pop buat cemilan di rumah. Jadi seneng krn gak merasa salah pilih ehehe

  • areacewe.com February 10, 2021 Reply

    wah aku baru tau kalau Paddle Pop mengandung serat juga loh ka. Bagus dong yah untuk anak-anak yang doyan banget es krim.

  • Wiwied Widya February 10, 2021 Reply

    Noted mbak. Aku aga rewel si untuk urusan camila. Sampai sekarang camilan utama anakku ya buah atau kacang2an gt. Sekarang boleh deh sesekali kukasih es krim juga supaya dia senang. Toh udah ada label camilan baiknya

  • Dawiah February 10, 2021 Reply

    Kalau Paddle Pop mengandung serat maka tak salah kalau es krim ini mengusung jargon “Cemilan Baik.” Pastinya juga disukai anak – anak.

  • Damar Aisyah February 10, 2021 Reply

    Dulu nggak kepikiran sampai sejauh ini bahwa untuk memilih cemilan anak juga ada banyak kriterianya. Baca informasi produknya pun belum tentu paham wong istilahnya bagiku persis bahasa planet. Jadi emang udah paling bener ada logo khusus begini. Lebih aman saat belanja.

  • Nurul Fitri Fatkhani February 10, 2021 Reply

    Gak hanya anak-anak, saya juga sama senang ngemil. Apalagi di masa pandemi ini, malah makin sering ngemilnya hihihi
    Tapi kalau ngemilnya paddle pop mah gak usah khawatir ya, soalnya cemilan sehat untuk semua.

  • Lina W. Sasmita February 10, 2021 Reply

    Kalau eskrim aku percaya memang itu cemilan baik untuk aku dan anakku. Karena banyak kandungan susu termasuk vitamin dan mineral di dalamnya.

  • Rahmah February 10, 2021 Reply

    Pada rame-rame makan es krim dan menikmati permainan seru untuk keluarga bikin makin kuat kasih sayang sesama anggota keluarga pastinya

  • Larasati Neisia February 11, 2021 Reply

    Paddle Pop ini cemilan favoritku dari jaman kecil, paling suka sama yang rainbow. Keren sih sekarang ada logo cemilan baiknya, selain memenuhi standar nutrisi jadi nggak bikin worry ortu ya buat kasih cemilan ke anak.

  • Herva Yulyanti February 11, 2021 Reply

    Sama mba kalau sekolah anakkubdapat cemilan dan catering makan siang sejak di rumah aja ya tugasku deh makanya stock buat cemilan sehat ehehehe

Leave a Reply

error: Content is protected !!