5 Cara Menghilangkan Bosan, Nomor 5 Mudah dan Murah

Facebooktwitterredditmail

Cara menghilangkan bosan dengan mudah. Siapa bilang kerja di area publik itu enggak jenuh? Siapa pula yang bilang mengerjakan domestik rumah tangga enggak jenuh? Apapun pekerjaannya, semua orang bisa mengalami kejenuhan.

Oleh karena itu, penting bagi seorang individu untuk mengatasi rasa bosannya. Mengapa? Karena jika tidak diatasi, maka bisa berdampak pada tingkat stres, produktivitas, bahkan kesehatan fisik dan mental.

Seorang ibu rumah tangga mungkin bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Sama halnya dengan pekerja kantoran yang jenuh dengan runititas pekerjaan yang sama setiap bulannya. 

Jadi, apa yang bisa sahabat ismi lakukan saat dilanda kebosanan?

  1. Baca Buku

Buku adalah jendela dunia sehingga buku yang menarik akan membuat seseorang lupa dengan rasa bosannya. Bayangkan, dengan membaca buku, sahabat ismi bisa berada dimanapun. Di Paris, di Nepal, di Yogyakarta, bahkan di Afrika.

cara menghilangkan bosan

Saat membaca buku, sahabat ismi bisa memahami perasaan siapapun, seorang CEO, seorang guru, pengacara, pengangguran, bahkan dokter.

Dari buku, banyak ilmu baru yang bisa dipelajari. Mulai dari leadership, entrepreneurship, loyalitas, public speaking, hingga baking. Dengan demikian, membaca buku jelas menjadi cara menghilangkan bosan yang jitu.

  1. Nonton Film

Saat ini, nonton film tidak perlu pergi ke bioskop atau menyalakan televisi. Hanya bermodal handphone dan kuota internet, film sejak tahun berapa pun bisa sahabat ismi tonton. Film bergenre romance, komedi, horor, thriller, melankolis, semua ada di aplikasi film berbayar.

Bahkan serial hollywood, atau drama korea dengan episode yang panjang, bisa sahabat ismi tonton kapan saja. Film-film yang tayang di bioskop dan telah habis masa tayangnya juga dapat ditonton di aplikasi lho. Mantap, kan?

  1. Travelling

Alhamdulillah kasus positif corona sudah sangat menurun sehingga travelling bisa menjadi opsi untuk menghilangkan rasa bosan. Bila masih merasa ribet untuk tes PCR/ antigen, sahabat ismi bisa travelling di dalam kota.

candi cetho di solo
Jalan-jalan ke Candi Cetho di Karanganyar

Namun bila dirasa perlu untuk menjauh dari hiruk pikuk kota, tidak ada salahnya berwisata ke negara lain. Asalkan memenuhi semua persyaratan bepergian, dan jangan lupa tetap taat prokes.

  1. Bertemu Teman

Katanya silaturahmi membuka pintu rezeki. Menurutku sih benar adanya. Dengan bertemu teman, kita menjalin hubungan baik. Dengan bertemu teman, kita menjalin koneksi. 

cara menghilangkan bosan
Menginap bareng sahabat

Saat bersilaturahmi, sahabat ismi bisa ngobrol hal-hal receh, atau deep talk. Pastikan punya lingkaran pertemanan yang sehat ya. Jangan malah jadi insecure ketika ketemu teman. Yang seharusnya refresh, bisa-bisa jadi tambah jenuh kalau bertemu teman yang toksik.

  1. Main Game

Cara kelima yang bisa sahabat ismi lakukan adalah bermain game. Game memang bisa menghilangkan rasa bosan. Pilihlah game yang mengasyikkan dan tidak membuat kecanduan.

Aku jadi ingat saat masih kuliah dulu. Setiap ada jam istirahat pergantian antar perkuliahan, aku pergi ke warnet kampus. Selain bermain friendster dan yahoo messeger, aku juga bermain game. 

Game apa hayo? Kala itu, game yang aku mainkan adalah solitaire. Ya, anak kuliah tahun 2000-an pasti kenal dengan game kartu ini.

Selain di warnet, aku juga memainkan solitaire di kantor bapakku saat menunggunya pulang kerja. Yang aku mainkan biasanya adalah classic solitaire. Seru sekali hingga aku tak merasa jenuh saat menunggu perkuliahan berikutnya, atau menunggu bapakku pulang kerja.

game Solitaire
Aku pilih mode easy

Ternyata, sekarang aku bisa memainkan solitaire lagi. Bahkan enggak hanya ada classic solitaire saja. Ada berbagai variasi game kartu yang lain, seperti klondike, freecell, spider, pyramid, tripeaks, dan golf. Aku sudah cobain yang klondike nih. Seru!

Game kartu
Ini adalah game klondike alias solitaire klasik

Keenam versi game kartu diatas merupakan versi paling populer. Apa saja bedanya?

  • Klondike: dikenal sebagai solitaire klasik.
Klasik Solitaire
Yeay, sedikit lagi menang
cara menghilangkan bosan dengan game
Yeay! Menang. Habis ini lanjut ke mode medium
  • Freecell: game yang memiliki 4 sel gratis tempat pemain dapat menyimpan kartu untuk sementara.
  • Spider: game di mana pemain membuat royal flush di papan untuk mengeluarkan kartu dari lapangan bermain. Mainkan 1, 2 atau 4 rangkaian.
  • Piramida: jumlah pasangan kartu menjadi 13, dengan raja bernilai 13.
  • Tripeaks: tiga piramida yang tumpang tindih, di mana pemain dapat menghapus kartu satu di atas atau di bawah kartu teratas di tumpukan sampah.
  • Golf: 35 kartu di 7 kolom di papan dengan 17 kartu di tumpukan stok. Pemain dapat bermain menggunakan mode mudah atau sulit. Terdapat pula versi game ini dengan wildcard

Dimana main game solitaire? Saya mainnya di Solitaire.org . Selain 6 versi populer Solitaire, di website tersebut tersapat banyak versi game kartu lainnya. Misalnya 3 keys, a deck of fish, ace of hearts, ace of spades, alibaba, alhambra, black hole, dan sebagainya.

Tak hanya game kartu saja, di website tersebut juga ada permainan penghilang jenuh lainnya, seperti mahjong hames, hidden object games, logic puzzle games, word games, match-3-games, dan free online games. 

Sahabat ismi bisa cobain main game di sana, siapa tahu bisa menghilangkan bosan. Oh ya, game nya gratis ya, enggak perlu bayar selain kuota internet. Mantul, kan? Sekarang mau main solitaire enggak perlu ke warnet lagi. Cukup buka handphone, dan sahabat ismi bisa ngegame dari mana saja.

Semoga kelima cara menghilangkan bosan di atas bisa menjadi jalan mudah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sahabat ismi:)

(Visited 118 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

30 thoughts on “5 Cara Menghilangkan Bosan, Nomor 5 Mudah dan Murah

  1. Ayu Wardani Reply

    Wah.. iya Kak Isma, emg butuh banget kita refresh biar ga jenuh.. Aku jg suka bgt baca buku, nntn film, traveling… ketemu shabat juga sng.. Kalo traveling aku tuh suka bgt ke wisata alam, rasanya plong lihat keindahan alam 💕💕

  2. Phai Yunita S Wijaya Reply

    Hebat mba bisa menang main klondike.. Aku gagal mulu! Hahaha payah aku emang.

    Kalau yang pyramid, udah agak bisa lah.. Agak yaa, belum bisa banget.. Tapi mayanlah wkwk

  3. Maria G Reply

    auto buka Solitaire.org karena udah lama banget butuh games untuk refreshing

    tapi malas kalo harus install aplikasi

    ngabis-ngabisin memori HP 😀

  4. Fanny_dcatqueen Reply

    Naaah di saat pandemi ini memang harus pinter2 supaya ga jenuh ya mba.. aku sendiri jadi memperbanyak waktu untuk mengerjakan hobi, atau malah cari kegiatan baru yang bisa bikin lupa Ama kondisi skr :D. Kalo dulu aku rutin traveling, tapi skr harus sabar dulu … Stress pastinya Krn ga pernah aku vacum jalan2 selama ini. Tapi mau gimana lagi. Jadi mencari aktifitas baru bener2 berguna buat ga jenuh.

    games solitaire ini juga favoritkuuuuu :D. Paling sering dimainin, termasuk dulu Mario Bros dan Pacman :D. Tapi kalo Solitaire aku cuma bisa klondike nih. Penasaran pengen belajar yg tipe solitaire lain.

    Mahjong juga seruuu.. cepet2an nemuin connection nya Ama temen :D. Siapa yg duluan selesai jadi winner :D.

  5. Dian Restu Agustina Reply

    Asyik semua nih kelima cara menghilangkan bosan dengan mudah…yang nomor 5 beneran murah dan bikin happy. Main di Solitaire mau juga ah. Ya ampun, fisik dan mental bisa terjaga kalau gini

  6. Nurul Sufitri Reply

    Wah, main game ternyata berlaku juga buat kita emak2 rempong ya mbak hahaha 🙂 Kirain buat anak2 doang hihihihi 🙂 Iya dong, kita juga butuh relaksasi otak biar ga jenuh apalagi selama pandemi di rumah melulu. Mau coba juga ah main kayak mbak Ismy 😀

  7. Soleh Reply

    Aktivitas paling menyenangkan untuk mengusir rasa bosan untuk saya adalah traveling.. Traveling berpengaruh untuk mereset otak saya yang jenuh dengan tumpukan pekerjaan

  8. Ana Ike Reply

    Freecell tu game favoritku dari jaman kuliah, haha. Bahkan niat banget ngechallenge diri sendiri dan kalau ada yang susah wajib diulang sampe bisa.
    Beneran menghibur banget deh buat ngisi waktu luang dan melepas stress.
    Cuma akhir-akhir ini udah jarang ngegame karena nggak seru main freecell di hp tuh.
    Jadi mau coba main di solitaire.org ahh

  9. Dian Reply

    meskipun emak emak, nggak ada salahnya main game ya mbak
    apalagi main game di solitaire ini
    banyak pilihan gamenya
    main game nggak hanya untuk hiburan tapi juga bisa mengasah otak

  10. diane Reply

    hahayyy bener banget kak… main game sekarang gak perlu ribet install ini itu ya… Aku pun sering mampir ke website free game ini ..mainnya santay gak perlu ngoyo ..

  11. Evi Reply

    Setuju banget Mbak, yang nomor 5 adalah penghilang rasa bosan paling jitu. Karena dengan main game waktu tidak terasa berlalu begitu cepat. Apalagi kalau suka dengan mainannya. Bisa dari pagi sampai pagi lagi. Kalau mainan yang menantang daya berpikir, positif ya. Jadi waktu berlalu pun ada manfaatnya nya

  12. Katerina Reply

    Aku tambahin ya mbak, Wisata Kulineran. Aku soalnya gitu, kalau mulai kerasa bakal bosan, kubawa jalan-jalan dan jajan-jajan. Makan tuh bener-bener bikin lupa ingatan sama yang namanya bosan.

    Main Solitaire juga asyik ya. Dulu aku suka mainin pas komputerku masih pakai monitor tabung. Buat ngisi waktu sekalian hiburan, setelah alat komputasi dan game makin canggih, ga pernah lagi. Nah baru sekarang aku nyobain lagi, itu juga berkat abis baca-baca ulasan kayak mbak Dian ini, jadi pengen reuni sama Solitaire 😀

  13. Ade UFi Reply

    Wohoho.. Solitare nih mainan jaman dulu.. Hahaha. Saya juga kalau lagi puyeng dengan rutinitas emang paling enak main game ya, Mba.

  14. @hm_zwan Reply

    Aku kalo udah bosan biasanya kalo nggak rebahan ya nonton. Tapi boleh juga ini main game solitaere. Ini game jadul ya mbak, dulu sering banget main game ini

  15. Sri Widiyastuti Reply

    Baca buku kayaknya udah gak sesantai dulu mbak, jadi bacanya memang untuk sesuatu yag penting hihihi jadi yang santai memang main game. buat refreshing. Biasanya saya main game sama anak-anak, seru dan menyenangkan

  16. nurulrahma Reply

    Memang kudu pinter2nya kita bersiasat utk melawan dan mengatasi rasa bosan.
    Asik nih kalo nge-games di Solitaire.
    Pilihan games-nya banyaaakkk
    enjoy!

  17. Rach Alida Reply

    Kangen bertemu teman-teman diluar urusan kantor. Tapi karena pandemi ini harus dibatasi ya mba. Sementara ini pilihan nonton film di rumah dan main games bisa jadi pilihan

  18. Eri Udiyawati Reply

    Bermain game memang menjadi salah satu hiburan yang murah meriah dan bisa dilakukan tanpa harus pergi ke mana-mana.

    Main solitaire ini cukup ampuh buat ngembaliin mood yang udah acak adut. Apalagi kita ya, emak-emak rempong dengan segala macam aktivitas sehari-harinya. Beneran butuh me time buat ngegame deh.

  19. Lisdha www.daily-wife.com Reply

    Sejujurnya saya nggak terlalu hobi main game. Lebih suka baca buku atau lainnya. Tapiiiiiii…. bukan berarti saya anti game. Apalagi suami dan anak2 sukak banget main game. Jadi saya main game juga biar menyatu sama anggota krluarga heheheh

  20. Suciarti Wahyuningtyas Reply

    Ini tuh game andalan banget ya kalau lagi di komputer, kayaknya aku suka main Solitaire ini sudah dari sejak SMP karena sudah mainan komputer di rumah. Main game di rumah juga jadi salah satu pelepasan stres juga sih menurutku,

  21. lendyagassi Reply

    Beneran, main games di solitaire ini mudah aksesnya dan bikin hati gembira.
    Meski mikir dkit-dikit yaa.. senam otak sekaligus me time.

  22. Wiwied Widya Reply

    Sebagai anak kuliah tahun 2000-an, aku familiar banget ama solitaire. Dulu di sela ngerjain tugas, pasti main solitaire dulu. Pas suntuk ngerjain skripsi juga gitu. Padahal cuma perkara main kartu aja, tapi nggak tau kenapa kok asyik banget ya

  23. Milda Ini Reply

    Kalo saya lagi bosanan, sukanya nonton sambil ketiduran, atau makan sampai kekenyangan, hehehe. Biar bisa up lagi deh, dan semangat lagi

  24. Rahmi Reply

    Games favorit iniii dari jaman kuliah dulu sampai jadi emak-emak. Di komputer ada, di hp juga ada. Sekarang dah gapernah main game. Jadi kangen mau mainan solitaire lagi.

  25. Uniek Kaswarganti Reply

    Permainan sejuta umat nih ya solitaire. Dulu adanya ya yang model klasik aja, sekarang udah dimodifikasi banyak ragam ya. Pengin juga ah main solitaire untuk nostalgia masa lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *