Cak Koting, Rajanya Bebek Goreng Kremes

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Cak Koting selalu menjadi tempat pilihan ketika saya ingin makan bebek goreng. Warung makan di dekat Jembatan Layang Lempuyangan ini menyajikan bebek goreng kremes yang khas. Rasanya selalu ingin kembali ke tempat ini.

Siang itu, saya dan keluarga makan di Cak Koting. Antrian belum terlalu ramai, karena kami datang pukul 11.00 wib. Berbeda jika datang di malam hari, saya pastikan kursi-kursi di Cak Koting penuh. 

Saya memesan bebek goreng, dan suami memesan bebek bakar. Ketika makanan datang, piringnya besar. Dalam satu piring berisi bebek goreng, kremes, seporsi nasi uduk (karena saya pesan uduk), urap, kering tempe, dan sambal.

Bebek Goreng Kremes

Di atas nasi terdapat bawang goreng. Saya mengigit daging bebek goreng, dan ternyata lembut. Tidak seperti bebek goreng lain yang sulit digigit atau dikunyah. Meski lembut, tekstur daging bebeknya tetap terasa. Iya, lebih alot dibanding daging ayam tentunya. Kremes dan sambal membuat rasa bebek goreng Cak Koting semakin mantap.

Tak lupa saya mengambil urap dengan tangan, lalu memasukkannya ke mulut. Sayuran berupa kecambah, kacang panjang, dan potongan kubisnya memang mentah. Tapi parutan kelapa yang diberi bumbu membuat urap enak disantap. 

Apalagi ditambah kering tempe yang pedas. Rasa bebek goreng kremes semakin menggoyang lidah. Pantas saja Cak Koting menyandang status rajanya bebek goreng kremes di Jogja. Rasanya juara!

Bagaimana dengan bebek bakarnya? Setali tiga uang dengan bebek goreng kremes, dalam satu piring terdapat banyak menu. Antara lain bebek bakar, urap, sambal, dan semangkuk kuah  berwarna kecokelatan.

Bebek Bakar 

Jika kamu memesan menu bebek bakar, tidak akan mendapat kremes. Sebagai penggantinya, kuah berbumbu gurih dan pedas dapat dijadikan cocolan. Rasa bebek bakar Cak Koting sungguh aduhai. Manis dan pas asinnya, bumbunya meresap hingga ke daging. Daging bebeknya juga lembut, mudah disuwir. Ditambah urap dan sambal, semakin sempurna rasa bebek bakarnya. 

Oh ya, kalau kamu ingin memesan menu lain, Cak Koting menyediakan burung dara goreng/bakar dan aneka ikan goreng/bakar (lele, nila, gurameh). Untuk sambalnya ada tiga pilihan, yaitu sambal terasi, bawang, ijo, dan sambal matang.

Burung Dara Goreng

Seporsi bebek goreng dan seporsi bebek bakar ditotal 50.000 rupiah. Sedangkan burung dara goreng dihargai 32.500 rupiah. Untuk nasi biasa 4000 rupiah, sedangkan nasi uduk 6000 rupiah. Saya sangat merekomendasikan bebek goreng kremes Cak Koting bagi penggemar bebek yang sedang mampir ke Jogja.

Alamat: Jalan Doktor Sutomo No.57, Bausasran, Danurejan, Kota Yogyakarta.

Jam buka: 09.00- 23.00 wib

pic 5

(Visited 15 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!