Bedak Bayi Bikin Happy Sepanjang Hari

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Suasana hati bayi menentukan suasana hati ibu, begitu juga sebaliknya.

Halo Ibu, Bagaimana kabarnya hari ini? Apakah sang buah hati bahagia sepanjang hari? Atau ada kalanya ia rewel dan cemberut?

Hmm, mempunyai bayi memang menguji kesabaran ya. Ibu kadang masih begadang sehingga kurang tidur. Ditambah harus mengerjakan urusan rumah tangga. Dan segudang aktivitas lainnya, terutama sejak corona datang mengubah hidup banyak orang.

Sebagai ibu dari tiga orang anak, saya paham sekali dinamika seorang ibu. Terutama jika ada bayi yang masih bergantung pada ibu. Bagi bayi, ibu adalah seluruh dunianya. Saya sendiri sampai kadang jadi bad mood karena dikejar-kejar bayi mulu, hehe.

Anyway, apakah mungkin mood bayi bisa bagus sepanjang hari? Jika mungkin, bagaimana caranya agar hal tersebut tercapai?

Ternyata oh ternyata, sentuhan lembut yang dilakukan secara terus-menerus dari ibu atau pengasuh kepada bayi, dapat menaikkan mood bayi dan pengasuh. Kok bisa ya?

Manfaat Sentuhan untuk Bayi

Sentuhan merupakan pondasi utama sistem kekebalan tubuh serta perkembangan otak bayi. Dari penelitian yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional seseorang.

Sentuhan juga dapat menurunkan hormon kortisol yang diketahui dapat menurunkan imunitas tubuh. Secara ilmiah, sentuhan memang berperan terhadap pertumbuhan anak yang optimal. Efek sentuhan ini bahkan bisa dirasakan sejak bayi masih dalam kandungan, yaitu meningkatkan bonding dengan orangtuanya. 

Luar biasanya, efek sentuhan ini bukan hanya terjadi pada anak-anak dan bayi, tapi juga pada orang dewasa. Saya jadi ingat ketika dulu membawa anak pertama untuk dicek kondisi psikologisnya karena kerap tantrum. Pada akhirnya, psikolog menyarankan untuk memperbanyak sentuhan lembut pada anak. Terutama di area tulang belakang, dan kepala. Sentuhan lembut dapat menurunkan emosi anak yang sedang tantrum. Dan membuat dirinya merasa disayang. Sentuhan adalah salah satu bentuk verbal dari kasih sayang.

Penelitian Mengenai Sentuhan Lembut

Riset membuktikan bahwa Neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. Bagi yang belum tahu, Neurofibre atau Neurofibril adalah bagian terdalam dari akson yang berupa serabut- serabut halus. Bagian- bagian Neurofibril inilah yang memiliki fungsi utama untuk meneruskan impuls pada sel saraf.

Neurofibre sendiri banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan juga area perut. Dalam jangka panjang, efek sentuhan dapat mempengaruhi sistem genetik pada otak bayi, sehingga ia dapat lebih meregulasi stres di berbagai tahap pertumbuhan selanjutnya.

Masyaallah, efek sentuhan bahkan berhubungan dengan tingkat stres seseorang ya. Pantas saja sentuhan lembut baik dalam bentuk belaian, pelukan dan sebagainya sangat dibutuhkan oleh semua orang, apalagi anak-anak dan bayi.

Virtual Launching Cussons Baby Powder

Virtual launching Cusson Baby Powder

Berbagai narasumber yang kompeten membuat saya mendapat banyak insight dan informasi baru

Pada tanggal 15 Desember 2020, saya berkesempatan untuk mengikuti Virtual Launching Cussons Baby Powder yang dihadiri oleh berbagai narasumber profesional sehingga menambah wawasan saya mengenai efek sentuhan.

Pada acara tersebut, PZ Cussons Indonesia secara resmi memperkenalkan Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla dan Mixed Berry. Cussons Baby Powder baru merupakan produk berkualitas untuk membantu mendukung kenyamanan dan kesegaran pada bayi. Ketiga varian Cussons Baby Powder diformulasikan dengan inovasi Moodscent™. 

Professor Francis Mc Glone

Narasumber pertama adalah Professor Francis McGlone. Beliau adalah Professor of Neuroscience, Liverpool JM University, UK. Selain itu, beliau juga merupakan Visiting Professor, University of Liverpool, UK dan Visiting Professor Dept Neuroscience, Aalto University, Finland. Saat ini Prof. Francis McGlone juga menjabat sebagai Head of the Somatosensory & Affective Neuroscience Group dan President of the International Association for the Study of Affective Touch.

Professor Francis menyelesaikan gelar BSc (Hons) dalam bidang Neurobiology, dan PhD dalam bidang Sensory Neuroscience di University of Sussex. Setelah mengemban tugas pasca-doktoral di Manchester University, beliau bergabung sebagai Senior Neuroscientist di Pain Research Institute, yang merupakan bagian dari fakultas kedokteran Liverpool University, dimana Professor Francis banyak meneliti soal mekanisme rasa sakit neuropati kronis. 

Bedak bayi untuk dewasa

Professor Francis menjelaskan manfaat dari sentuhan lembut

Saat acara Virtual Launching Cussons Baby Powder, Profesor Francis McGlone memaparkan temuannya tentang efek sentuhan pada bayi:

“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, tetapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, mempengaruhi suasana hati, tingkat stress dan banyak manfaat yang lain. Bersama dengan tim riset dari Cussons, kami juga memahami bahwa memori terawal kita terbentuk lewat reaksi dari sentuhan lembut orang tua yang disertai dengan aroma yang menyenangkan.”

Dengan kata lain, Profesor Francis McGlone juga menyatakan bahwa sentuhan yang lembut dapat mempengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespons sentuhan orang tuanya.

Dr Haryono Hartono, PhD

Narasumber kedua yaitu Dr Haryono Hartono, PhD yang saat ini menjabat sebagai Head of Research & Development, APAC di PZ Cussons, yang berlokasi di Singapura. 

Dr. Hartono memiliki gelar PhD dalam bidang Material Science & Engineering dari The National University of Singapore and The Massachusetts Institute of Technology. Ia aktif berkecimpung di berbagai penelitian dan pengembangan yang berfokus pada perawatan kulit dan perawatan tubuh selama lebih dari 10 tahun sehingga memberikannnya pengetahuan yang mendalam tentang fisiologi kulit, produk perawatan kulit, serta desain produknya. 

Dr. Hartono juga pernah menjadi Sensory Trainer di salah satu merk perawatan kulit ternama di Asia, yang bertugas memberikan penilaian serta pemahaman terhadap dampak suatu produk pada kulit.

Produk terbaru Cussons Baby Powder mengandung inovasi Moodscent™. Apakah Ibu sudah tahu yang dimaksud dengan inovasi Moodscent? Berikut ini penjelasan dari Dr. Hartono:

“PZ Cussons Indonesia bekerjasama dengan para ahli perfumer memperkenalkan sebuah inovasi yang telah dipatenkan, yaitu Moodscent™. Moodscent™ merupakan pengembangan teknologi dengan wewangian tertentu yang membantu meningkatkan emosi positif saat digunakan, dan juga membantu meningkatkan ikatan yang lebih kuat antara bayi dan orang tua. Teknologi Moodscent™ telah terbukti melalui sebuah metode analisis yang melakukan pembuktian korelasi antara suasana hati dengan aroma atau wewangian tertentu.”

Korelasi antara Sentuhan dengan Wewangian

Bila sentuhan lembut dari orangtua/pengasuh berefek positif bagi perkembangan bayi dan anak, maka wewangian dari Cusson Baby Powder dengan inovasi Moodscent- nya dapat melipatgandakan efek tersebut.

Cusson Baby Powder terbaru tidak hanya menyerap kebasahan pada kulit bayi, tapi juga membuat wangi. Cusson Baby Powder yang digunakan dengan sentuhan lembut, terbukti meningkatkan rasa nyaman pada bayi. Efeknya sampai ke sensori di otak, yaitu mengeluarkan hormon bahagia sehingga meningkatkan perasaan bahagia. Efek ini terjadi baik pada bayi yang disentuh, maupun pada care giver -nya.

Cusson Baby Powder terbaru merangsang Neurofibre lebih optimal karena efek tekstur dari bedak bayi akan lebih menghidupkan efek sentuhan (sentuhan menjadi lebih lembut). Aroma  wangi yang menyertai sentuhan dapat membuat bayi lebih mengenali hubungan positif antara sentuhan dengan aroma yang menyenangkan.

Dengan kata lain, sentuhan lembut yang disertai aroma wangi akan melipatgandakan manfaat menjadi Super Additive, yang membuat 1+1 bukan menjadi 2, tapi menjadi 10. Ingatan anak terhadap kenyamanan sentuhan akan meningkat saat ia mencium aroma wewangian tertentu. 

Mengapa tiga varian Sakura, Vanilla dan Mixed Berry yang diluncurkan?

Aroma MoodScent™ Sakura menghadirkan mood LOVE, yang membantu bayi merasakan sentuhan ibu yang penuh cinta. Aroma MoodScent™ Vanilla menghadirkan mood RELAX, yang membantu bayi lebih nyaman. Aroma Mixed Berry menghadirkan MoodScent™ JOY, yang membantu bayi lebih ceria.

Dengan kata lain, pihak Cusson dan ibu sama-sama menginginkan ketiga efek tersebut dirasakan oleh bayi. Ada momen bayi perlu berekspresi, dan ia membutuhkan mood yang ceria. Tapi ada juga masa ketika bayi perlu rileks misalnya saat akan tidur. Tiga wangi dengan efek yang berbeda, jadi bisa ganti-ganti sepanjang hari.

Semua ibu ingin anaknya merasa nyaman sepanjang hari

Ketiga efek dari Cusson Baby Powder terbaru, sudah dibuktikan oleh Yuanita Christiani, seorang ibu yang memiliki satu anak dan juga berprofesi sebagai TV Host dan aktris.

“Pagi-pagi, Ariella aku kasih Cusson Baby Powder yang Mixed Berry di lipatan leher dan ketiak. Anakku jadi happy seharian. Mood bagus, makan lahap, tidur juga gampang. Begitu bangun tidur, Ariella aku kasih lagi yang Vanila sewaktu ganti popok, dan ia tetep happy seharian. Wanginya meningkatkan mood, dan aromanya tahan sepanjang hari.”

Bagaimana cara memakaikan bedak bayi, khususnya Cusson Baby Powder?

Kalau dulu, ibu memakaikan bedak bayi hanya sebagai rutinitas saja, sekarang saatnya lebih membangun bonding. Caranya adalah dengan memberikan sentuhan lembut pada bayi di area badan, termasuk perut bayi. Sebagai catatan, bagian tubuh yang sebaiknya dihindari dari pemberian bedak bayi adalah area genital, dan area sensitif lainnya seperti wajah. 

Tuanglah bedak bayi ke tangan ibu atau pengasuh, lalu gosokkan ke badan bayi. Saat menuang bedak ke tangan ibu, jauhkan bedak dari hidung, dan muka bayi. Tidak ada frekuensi atau durasi khusus yang disarankan. Tapi apabila dilakukan secara terus menerus sepanjang hari, maka efeknya akan akumulatif juga.

Oh ya, perlu diketahui bahwa pembuatan Cusson Baby Powder mengikuti standar intern fragnance house, dan bekerja sama dengan international fragnance house. Mengikuti peraturan internasional dan internal policy Cusson. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan semua wanginya aman dan cocok untuk kulit bayi.

Acara Virtual Launching Cussons Baby Powder membuka mata dan pikiran saya untuk selalu memberikan sentuhan lembut kepada bayi dan anak-anak saya. Sentuhan lembut yang tentunya diiringi dengan aroma wangi yang menyenangkan dan menenangkan agar mood ibu dan anak bisa happy sepanjang hari. Bagaimana dengan ibu sekalian? Ingin mencoba hal yang sama?

(Visited 109 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

18 Comments

  • Samleinad January 4, 2021 Reply

    Aroma bedak bayi Cussons ini memang wangi. Orang dewasa aja suka sama aromanya. Apalagi buat bayi, pasti akan bikin nyaman ya.

  • Rahmah January 4, 2021 Reply

    Kalau aku sudah lama nggak pakein bedak karena itu khawatir

    Eh ternyata yang ini beda ya
    Mau coba ah
    Anakku cewek dua duanya soalnya
    Sayang kalau ga pinter pake bedak haha

  • Bambang Irwanto January 4, 2021 Reply

    Krucil saya dulu pakai bedak ini yang warna biru, Mbak. bahkan sampai sekarang masih pakai sabunnya juga. Yang saya suka, ini kemasannya kadang ada bonus ekstranya. Misalnya isinya 500 gram, ada tambahan 100 gram. Jadi semakin happy hehehe. Saya juga suka belikan orang buat kado juga.

  • Yuni BS January 4, 2021 Reply

    Teringat beberapa waktu silam. Yuni pakai bedak bayi cusson itu sampai SMA. Emang wanginya tuh lembut banget.

    Ngomong-ngomong mengenai sentuhan. Kadang bayi rewel tu langsung tenang begitu di puk-puk sama ibu ya. Mungkin inilah efek menenangkan itu ya kak.

  • Iim Rohimah January 4, 2021 Reply

    Paling gemes kalau bayi wangi sehabis mandi. Pakai bedak Cussons yang punya aroma lembut dan wangi pasti bayi makin nyaman dan segar. Kalau saya biasanya pake yang biru karena merasa anak cowok harus biru. Hehe padahal kan pink juga gapapa kalau mau nyoba.

  • Hani January 5, 2021 Reply

    Ternyata varian wanginya macam² ya. Cussons mah udh merek terpercaya deh. Produknya pasti aman yah buat bayi. Pas nih tetangga depan mo punya bayi, bisa buat kado deh…Beli tiga²nya aja deh…

  • Fenni Bungsu January 5, 2021 Reply

    Cussons baby bedak ponakan daku ini, suka dengan aromanya yang seger dan khas bayi gitu. Apalagi lembut saat dibalurkan ke kuli, hihi jadi daku yang curcol ?

  • Marfa January 5, 2021 Reply

    Unik ya sekarang ada wangi moodscent ini, kalau dulu hanya terbatas dua aroma saja ya kalau tak salah? Bahkan sampai usia anak2, aku maish suka aroma wangi dr bedak ini dulu hihihi

  • Yanti Ani January 5, 2021 Reply

    Jadi ingat deh, saat anak masih kecil dulu pakai bedak dan perlengkapan baby lainnya merek Cussons. Bedak Cussons cocok pas banget dan gak bikin alergi

  • Karyati Niken January 5, 2021 Reply

    Bayi memang sangat suka sentuhan hangat ibu. Anakku kalau malam ku selalu pijat2 lembut dan juga kasih bedak seluruh tubuhnya. Mereka akan lelap tidur nih kalau sudah ritual malam seperti itu hehe

  • Heizyi January 5, 2021 Reply

    Jangan salah. Wewangian dari produk² bayi itu emang nyegerin dan menenangkan.
    Sampai sekarang aja, aku masih pakai bedak tabur cusson yang ungu. Suer, wanginya seharian. Bikin mood oke terus-terusan ???

  • Eri Udiyawati January 5, 2021 Reply

    Jadi sentuhan lembut akan menstimulasi anak makin bahagia. Ditambah lagi wangi dari cussons ini enak banget. Dari dulu cussons selalu memberikan yang terbaik untuk bayi. Love banget.

  • Dian January 5, 2021 Reply

    aku dari anakku bayi sampai sekarang da SD tiap habis mandi selalu oake bedak cusson
    wanginya enak, anak pun hepi

  • Anisa Deasty Malela January 5, 2021 Reply

    Bedak Cussons kalau di rumah ga cuma bayi yang pakai 🙂 saya sampai kakek neneknya Azzam juga pakai,, soalnya lembut dan harum

  • Siska Dwyta January 5, 2021 Reply

    Paling suka dengan wangi bedak cussons ini. Sudah gitu kalau ditabur ke kulit bayi juga lembut banget ya Mbak.

  • Ari Santosa Pamungkas January 5, 2021 Reply

    Waah bedak cusson ini baunya sampai saat aku menulis komentar ini, masih teringat banget di ingatan. Sejak ponakan lahir hingga anak pertama saya, masih sedia bedak cusson nih. Andalan.

  • Artha Nugraha Jonar January 5, 2021 Reply

    Setuju banget, bayi bisa tenang kalau kita berikan sentuhan lembut. Bau harum yang tepat juga bisa membuat bayi menjadi tenang, jadi memang harus memilih perlengkapan bayi yang tepat dan sesuai untuk bayi kita.

  • Muna Fitria Hidayat January 6, 2021 Reply

    Sayangnya oh sayang, kulit bayiku terlalu sensitif untuk produk kosmetik bayi semacam bedak. Padahal bau bedak bayi bisa bikin happy sepanjang hari kan ya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!