Ayam Ingkung Kuali, Nostalgia Ingkung Sarat Filosofi

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Ayam Ingkung Kuali, kamu haris coba! Mulai tahun 2015- an, kuliner ayam ingkung mulai menjamur. Sebenarnya ayam ingkung sendiri merupakan menu tradisional masa lampau. Dulu, ayam ingkung selalu disajikan saat acara syukuran. Ayam ingkung mempunyai filosofi mengingatkan manusia untuk selalu bersujud kepada Sang Pencipta. Makanya cara mengikat ayam ingkung adalah dari kaki ke badan seperti manusia yang sedang bersujud. Bersujud artinya menerima apa yang diputuskan Allah, sekaligus bersyukur.

Saya pertama kali ke Ayam Ingkung Kuali saat syukuran menjelang wisuda teman-teman di Pascasarjana Farmasi UGM. Lokasinya lumayan jauh dari kota, yaitu di Desa Wisata Kalakijo.  Tapi semua kelelahan terbayar ketika sampai di lokasi.

pic 1

pic 2

Sebuah bangunan dari bambu menyihir mata saya. Arsitekturnya unik, dan semakin cantik karena dilengkapi lampion dengan lampu berwarna kuning. Bamboo Hall ini dapat dipakai untuk acara besar seperti seminar atau pelatihan.

Saya dan teman-teman memilih makan di gazebo. Selain Bamboo Hall dan gazebo, kamu bisa menikmati ayam ingkung di limasan, lincak panjang, atau tengah sawah. Suasananya asri karena banyak pohon dan terletak di desa.

Mata saya terbelalak kala pesanan ayam ingkung datang. Ayamnya utuh, besar sekali. Kami memesan Ayam Ingkung Original sehingga penampakannya terlihat putih seperti ayam rebus biasa. Tapi jangan salah, ketika dicicip, rasanya mantul!

Saya menyuwir ayam ingkung, dagingnya empuk. Ketika saya makan, ternyata bumbunya meresap sampai ke kunyahan terakhir. Hal ini dikarenakan ayam ingkungnya dimasak dalam kuali menggunakan kayu bakar selama empat jam. Wah, pantas saja bumbunya meresap.

Makan ayam ingkung bersama kuah santan, gurihnya semakin terasa. Nasinya juga pulen dan putih, sampai saya kira nasi uduk.

pic 3

pic 4

Pelengkap ayam ingkung yaitu sayuran dan peyek kedelai, menambah kelezatan rasanya. Makan bersama teman-teman kuliah, membuat filosofi ayam ingkung masuk hingga ke jiwa. Kami bersyukur mencapai titik dimana perjuangan tunai sudah.

Selain Ingkung Original, Ayam Ingkung Kuali juga menyediakan Ingkung Bakar, Ingkung Goreng, dan Ingkung Rica-Rica. Total harga sepaket ingkung berisi nasi, ingkung, lalapan, dan sambal mulai dari 125.000 rupiah. Harganya sepadan dengan rasa dan kenyamanan rumah makan Ayam Ingkung Kuali.

Alamat: Kalakijo RT 02, Guwosari, Pajangan, Kedung, Guwosari, Bantul

Jam buka: 09.00- 17.00 wib

(Visited 3 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!