Aplikasi Investasi Terpercaya, Optimalkan Pengelolaan Keuangan

Facebooktwitterredditmail

Aplikasi investasi terpercaya, apakah ada? Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti sebuah webinar tentang pengelolaan uang dapur agar tetap ngebul. Pembahasannya sederhana, enggak yang berat gitu. Narasumber menyampaikan bahwa untuk mengelola keuangan, terlebih dahulu perlu mengelola emosi. 

Aplikasi catatan keuangan pribadi

Mengapa? Karena dengan pengendalian emosi maka akan tercipta pengendalian perilaku konsumtif. Yup, keinginan untuk FOMO yang menggebu sehingga bikin keuangan berantakan, bisa banget ditekan bila sahabat ismi telah berhasil mengendalikan emosi pribadi.

Begitu pula penggunaan kartu kredit atau hutang untuk produk konsumtif. Apalagi sekarang mudah banget semua orang, siapa saja bisa mengambil pinjaman online. Jatuhnya jadi gali lubang tutup lubang. Padahal ada solusi lain, misalnya mencari penghasilan tambahan. Atau berinvestasi tanpa hutang.

Cara Mengelola Keuangan dengan Bijak

Lalu bagaimana caranya agar sahabat ismi bisa mengelola keuangan dengan bijak?

  1. Catat pengeluaran

Untuk tahap pertama, mulailah mencatat pengeluaran bulanan. Termasuk pengeluaran rutin dan non rutin seperti lifestyle. Tujuannya agar ketahuan berapa rupiah yang keluar setiap bulannya. Nanti juga bisa terlihat jika ada “kebocoran” dalam pengeluaran. Misalnya terlalu banyak keluar uang untuk ngopi di cafe. Atau terlalu banyak pengeluaran belanja online yang sebenarnya tidak perlu.

  1. Bikin budgeting

Setelah ketahuan berapa rupiah pengeluaran dan pemasukan (cash flow), sahabat ismi bisa mulai untuk budgeting. Berapa rupiah yang seharusnya dikeluarkan untuk makanan (misal lebih murah memasak ya lebih baik masak tiap hari). Berapa rupiah pengeluaran rutin yang tidak bisa diganggu gugat (SPP sekolah anak, iuran satpam dan sampah, biaya listrik dan gas). Bikin pula budget untuk sedekah dan infak bulanan.

Untuk pengeluaran yang tidak rutin, sahabat ismi bisa membuat budget fixnya. Misalnya lifestyle maksimal 300 ribu rupiah per bulan. Jangan lupa beri porsi untuk pengeluaran tidak terduga semisal kado nikahan teman, atau kado teman yang melahirkan.

Bagaimana dengan biaya kesehatan? Nah, khusus biaya kesehatan sebaiknya buat pos tersendiri yang sudah disisihkan tiap bulannya. Persis kayak BPJS kesehatan itu lho. Kalau ada biaya yang tidak tercover oleh BPJS (misal untuk imunisasi tertentu, atau biaya estetika ke dokter gigi dan dokter kulit), sahabat ismi bisa sisihkan sekian puluh ribu atau sekian ratus ribu rupiah per bulan. Boleh juga menggunakan persentase, seperti 2% dari gaji.

Budgeting dana pensiun, dana pendidikan anak, dan dana darurat juga jangan dilupakan. Setelah menghitung kebutuhannya, baru deh sahabat ismi bisa memikirkan bagaimana cara memenuhi target kebutuhan tersebut. Misalnya untuk dana darurat dengan menyisihkan sekian persen dari gaji, atau menambah penghasilan. Begitu juga dengan dana pensiun dan pendidikan anak, bisa saja dipenuhi dari investasi.

  1. Rencanakan investasi

Sampailah pada rencana investasi. Sebelumnya, sahabat ismi perlu memahami kita tipe investor yang seperti apa? Tipe investor konvensional (bukan risk taker)? Atau tipe satunya yaitu risk taker (pengambil risiko). 

Untuk tipe konvensional, sahabat ismi bisa berinvestasi pada emas, tanah, properti dan deposito. Sedangkan tipe risk taker bisa berinvestasi pada reksadana, dan saham.

Saya pribadi sebenarnya masuk tipe konvensional. Makanya selama ini masih mengandalkan tabungan biasa dan logam mulia (LM). Begitu pula suami, yang mengumpulkan LM. Tapi ia juga punya beberapa saham, terutama saham di perusahaan tempat ia bekerja.

Sedangkan saya, selain LM, saya juga berinvetasi pada surat berharga negara seperti ORI dan sukuk. Surat berharga negara termasuk tipe investasi dengan risiko sedang.

Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi

Dalam webinar keuangan yang saya ikuti, narasumber menegaskan bahwa financial planning sebuah keluarga sebaiknya tidak langsung melompat ke investasi. Mengapa? Karena kita perlu terlebih dahulu mengatur cash flow, membereskan hutan, dan membenahi mindset tentang uang. Bila semuanya sudah beres, barulah boleh melirik investasi.

Ibaratnya nih, ada lho orang yang inves saham tapi duitnya dari hutang. Ampun deh! Padahal seharusnya, investasi itu menggunakan “uang dingin”. Bukan uang untuk budget makan keluarga, bukan pula uang untuk SPP sekolah anak. Apalagi kalau uangnya enggak ada alias hasil dari berhutang.

Untuk menghitung pengeluaran bulanan, saya lebih memilih menggunakan aplikasi catatan keuangan pribadi. Mengapa? Alasannya adalah karena lebih praktis, simpel, dan tidak mudah hilang. Kalau mencatat di buku tuh bisa keselip soalnya. Pakai excel biasa juga rasanya kurang gimana gitu.

Begitu pula saat ingin mencapai impian keluarga, saya juga menggunakan aplikasi perencanaan keuangan. Dengan aplikasi ini, rencana keuangan keluarga jadi lebih terarah.

Pengalaman Menggunakan PINA, Aplikasi Investasi Terpercaya

Saya mengenal PINA dari teman. Ia sudah terlebih dahulu mencoba Pina dan pernah mengulasnya di media sosialnya. Ia menggunakan aplikasi ini karena terpercaya.

Mengapa PINA merupakan aplikasi investasi terpercaya?

  • Terdaftar dan diawasi oleh OJK

Alasan utamanya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Ini menunjukkan bahwa PINA merupakan aplikasi investasi terpercaya.

  • Menggunakan enkripsi data

Selain itu, PINA juga menggunakan enkripsi data (Sectigo RSA Domain Validation Secure Server CA) yang melindungi transaksi dan pertukaran data. Penting banget lho perlindungan ini. Karena data klien bisa saja bocor ke pihak lain kalau tidak dilindungi.

Sebagai informasi, PINA tidak pernah menyimpan data login penggunanya. Koneksi dilindungi dengan enkripsi 256-bit.

  • Menggunakan rekening investasi dari Bank Negara Indonesia (BNI)

Penggunaan bank negara untuk rekening investasi, menjamin keamanan transaksi.

  • Server PINA berada di lokasi aman dan tersertifikasi tier 3 ISO

Lokasi server yang aman amat penting. Sama halnya dengan sertifikasi ISO yang dimiliki oleh PINA.

  • Dana pengguna PINA disimpan di Bank Kustodian untuk Reksa dan Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk saham sehingga terjamin keamanannya.

Anyway, setelah men- download dan ter- install di handphone, saya sign up/ registrasi di aplikasi PINA. Tak perlu waktu lama, saya langsung bisa login dan mengisi data yang dibutuhkan. Setelah itu, saya memilih untuk memantau anggaran dan pengeluaran dengan PINA Save.

Kemudian saya memilih untuk mengatur budget. Melalui fitur atur budget ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh PINA. Apa aja? Cek gambar di bawah ini ya.

PINA aplikasi budgeting

PINA memang merupakan aplikasi budgeting yang super lengkap. Ada berbagai kategori pengeluaran yang bisa dipilih seperti pada gambar. Wah, banyak sekali ya.

Aplikasi budgeting

Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan keluarga, tagihan, perawatan dan kesehatan, pinjaman, investasi, sampai donasi dan hadiah. Ada pula biaya lain seperti transportasi, biaya admin, dan keperluan lain. Aplikasi budgeting ini membuat saya tidak akan lupa sepeserpun uang yang telah atau akan digunakan.

Dengan mengisi sesuai kategori, sahabat ismi bisa mengecek pengeluaran mana yang besar jumlahnya. Dari situ biasanya ketahuan, apakah pengeluaran tersebut sifatnya konsumtif dan bisa ditekan? Atau  pengeluaran rutin? Atau malah pengeluaran tak terduga?

Fitur-fitur Oke pada Aplikasi PINA

    • Investasi saham atau reksadana

Aplikasi investasi terpercaya untuk perempuan

Saya juga sudah mendaftarkan diri untuk berinvestasi di PINA aplikasi investasi terpercaya, dan alhamdulillah Rekening Dana Investasi saya sudah disetujui.

Di PINA, sahabat ismi bisa memilih mau berinvestasi berdasarkan goal, investasi saham atau investasi reksadana. Saya memilih berdasarkan goal yaitu dana darurat.

PINA aplikasi perencanaan keuangan

Dari gambar dapat terlihat bahwa dana darurat yang saya butuhkan sebesar 100 juta rupiah, dan akan dikumpulkan dalam waktu 24 bulan.

Kemudian, PINA langsung memilihkan jenis investasi mana yang sesuai. Benar-benar aplikasi perencanaan keuangan yang praktis.

Untuk dana darurat, profil risiko yang disarankan adalah yang paling rendah. Tujuannya untuk menghindari fluktuasi harga yang tidak stabil.

Nah, rekomendasi investasi dari PINA adalah 100% pasar uang dengan penempatan di instrumen deposito dan atau surat hutang yang jatuh tempo < 1 tahun.

Alokasi dana darurat

PINA juga langsung memilihkan alokasi dananya kemana. Berbagai informasi terkait pengelolaan dana bisa sahabat ismi baca di PINA. Sesuai dengan bayangan saya tentang aplikasi investasi terpercaya.

Bagaimana dengan investasi saham?

Aplikasi investasi terpercaya di Indonesia

Sahabat ismi dapat langsung memilih mau berinvestasi di saham mana. Ada saham-saham terkenal beserta returnnya.

Bagaimana dengan reksadana?

Pada reksadana, sahabat ismi bisa melihat ada beberapa tipe reksadana. Mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran, saham, dan syariah. Semua jenis tersebut dilengkapi profil risiko, return, dan fluktuasi harganya.

Aplikasi perencanaan keuangan keluarga

Reksadana syariah

Dari situ, sahabat ismi bisa memilih langsung melalui daftar reksadana yang tersedia. Sebagai informasi, pada reksadana, yang perlu sahabat ismi pelajari adalah manajer investasinya. Apakah kredibel? Termasuk memperlajari dana kelolaan, return, expense ratio (biaya admin), dan produk-produk yang dibelinya.

Aplikasi investasi terpercaya syariah

Teman saya yang sudah lebih dulu terjun berinvestasi pada reksadana bahkan menyampaikan untuk reksadana bisa belajar pelan-pelan. Learning by dong karena uangnya dibelanjakan oleh manajer investasi. Untuk awal, dikit-dikit saja dulu. Misal 100 ribu rupiah. Anggap uang belajar.

    • NetWorth

Pada aplikasi PINA, terdapat fitur NetWorth atau kekayaan bersih. Melalui fitur ini, sahabat ismi bisa menghitung kekayaan bersih yaitu semua aset setelah dikurangi dengan liabilitas.

Liabilitas sendiri adalah suatu kewajiban yang harus dibayar oleh seseorang/ sebuah perusahaan pada pihak yang bersangkutan dengan cara mengeluarkan sejumlah dana. Dengan kata lain, menurut pada catatan akuntansi, liabilitas adalah sebuah hutang.

Melalui fitur ini, sahabat ismi bisa mengkoneksikan akun gopay, ovo, hingga rekening bank yang dipakai untuk menabung dan transaksi. Dari situ, PINA bisa menghitung berapa jumlah pengeluaran, pemasukan dan total uang yang tersisa. Dengan kata lain PINA memang merupakan aplikasi catatan keuangan pribadi yang lengkap.

Untuk aset sendiri saya sudah mengisinya mulai dari uang, properti, dan lainnya. Semua akan dihitung oleh PINA. Bisa terlihat jaminan hari tua sahabat ismi seperti apa. Menjanjikan atau tidak.

Bila belum menjanjikan, jangan sedih. Sahabat ismi bisa berinvestasi dan mengatur keuangan melalui PINA, aplikasi perencanaan keuangan.

    • Fitur Classroom

Belajar investasi

Bagi sahabat ismi yang masih baru dalam mengatur finansial dan berinvestasi, PINA menyediakan berbagai artikel informatif dari ahlinya. Misalnya sistem budgeting yang cocok, menabung atau berinvestasi, bahkan tips meminta kenaikan gaji.

Aplikasi budgeting keluarga

Isi artikelnya lengkap lho. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh orang yang latar belakang pendidikannya bukan dari bidang keuangan.

Fitur ini jelas bermanfaat untuk meningkatkan literasi keuangan pengguna PINA. Kapan lagi dapat ilmu gratis dari sumber terpercaya?

Oh ya, di aplikasi PINA, sahabat ismi bisa berkonsultasi gratis dengan Certified Financial Planner. Saya sendiri sudah mendiskusikan ke suami agar bersedia mendaftar dan memilih jadwal konsultasi.

Konsultasi dengan financial planner online

Waktu yang disediakan cukup lama lho, hingga 45 menit. Duh, enggak sabar deh berdiskusi dengan CFP supaya ketahuan keuangan kami sehat atau tidak.

Setelah mengenal PINA, saya semakin aware dengan budgeting rumah tangga, dan investasi. Jadi makin semangat mengumpulkan dana pendidikan anak dan dana pensiun. Terutama karena saya adalah freelancer, dan anak saya ada tiga. Masih kecil-kecil semua sehingga perjalanan pendidikannya masih panjang.

Saya bahkan berdiskusi dengan suami soal dana darurat. Mau disimpan dalam bentuk apa? Tabungan kah? LM kah? Atau investasi lainnya?

Bagi saya, PINA merupakan aplikasi catatan keuangan pribadi yang mumpuni. PINA juga merupakan aplikasi perencanaan keuangan yang dinamis dan menyeluruh, karena bisa menetapkan goal/ tujuan keuangan tiap penggunanya.

Yuk, coba juga aplikasi PINA dengan cara mendownload Aplikasi PINA untuk iOS, dan Aplikasi PINA untuk Android.

Menyusun keuangan rumah tangga

Saya berharap sahabat ismi juga dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangannya. Salah satunya dengan cara mencatat cash flow, dan mulai melek investasi. Tentu saja semuanya bisa optimal bila direncanakan bersama dengan PINA, aplikasi investasi terpercaya.

PINA akan bantu meraih apa pun tujuan keuangan yang kamu inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Buat tujuan keuanganmu di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun, PINA akan memberikan cashback untuk kamu! Pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA.

(Visited 209 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

49 thoughts on “Aplikasi Investasi Terpercaya, Optimalkan Pengelolaan Keuangan

  1. Palupi Reply

    Aku juga pakai aplikasi ini mbak sejak merasa terlalu ribet kalau nulis pengeluaran di buku. Alhamdulillah seneng banget soalnya ini bisa nyatat pengeluaran online otomatis juga.

  2. Arai Amelya Reply

    Kayaknya PINA ini emang aplikasi yang cocok banget buat aku, secara sering lupa duit mengalir ke mana aja dan hampir selalu tarik ulur dana darurat huhuhu. Penasaran mau coba ah, makasih infonya kak

  3. Mita Reply

    Ternyata gak cuma untuk pencatatan keuangan aja ya mbak. Aplikasinya juga ada soal investasi dan media pembelajaran juga tentang literasi keuangan. Lengkap banget sih ini dalam satu aplikasi. Wajib punya

  4. YSalma Reply

    Aplikasi PINA benar-benar lengkap dan optimal untuk pengelolaan keuangan.
    Uang masuk dan keluar bakal jelas banget pos-posnya untuk apa aja. Secara ada fitur untuk investasi juga dan tentu saja informasi tentang cara pengelolaan keuangan seperti nasehat keuangan gitu ya. Kudu punya aplikasinya ini.

  5. Dyah ummu AuRa Reply

    Wah, sama nih mbak. aku juga sudah pakai aplikasi PINA, cuma sejauh ini baru digunakan untuk mencatat keuangan pribadi. Next, mau coba juga ah berinvestasi di aplikasi ini.

  6. Ayu Natih Widhiarini Reply

    Aku sudah download aplikasinya berkat baca-baca review dari rekan blogger. Pengen explore sendiri dan buktiin fitur-fitur pengelolaan keuangannya. Disamping itu memang butuh banget aplikasi keuangan seperti PINA ini

    • Fadmala Reply

      Keren ya bisa buat janji konsultasi juga dengan para ahli.. Saya jg sudah coba PINA, dan suka dengan fitur SAVE nya nih.. Bisa melihat pengeluaran kita dan memaksimalkan agar tidak over budget ya.. Bisa ngerem saat jajan deh.. Hihii,,

  7. atiq Reply

    wah jadi makin mudah belajar nabung dan investasi nih.. ngebantu banget ya, biar pengeluaran keuangan rumah tangga bisa terencana jadi gak kebobolan terus hihi

  8. Yuni Handono Reply

    Wah sangat recomended nih aplikasi PINA. Fitur-fiturnya sangat lengkap sehingga dapat membantu kita mengelola keuangan dengan baik. Dengan demikian kita bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung, karena berapapun besarnya penghasilan kita kalau kita sendiri asal menggunakannya untuk kebutuhan yang tidak begitu penting niscaya cepat habis juga…maka butuh aplikasi keuangan yang tepat untuk mengelola keuangan kita.

  9. lendyagassi Reply

    Masa kini mengatur keuangan dengan cermat adalah sebuah kewajiban. Apalagi dengan kebutuhan keluarga yang bisa jadi sering ada pengeluaran tak terduga. Jadi inget kalau jelang liburan sekolah dan kenaikan kelas. Hehhe, kudu banget menggunakan bantuan Aplikasi Pina yang bisa dipergunakan gratis.

  10. Shyntako Reply

    Bagus ya mba aplikasinya, kayanya ak harus mulai melakukan pencatatan keuangan deh apalagi ada aplikasi yang praktis dan mudah digunakan ya

  11. Jihan Reply

    Yeeeyy! Akhirnya aku jg pakai PINA mbaa, karena ini keren banget bisa langsung terintegrasi sama bank dan gopay yakk wkwk jadi ngga bisa boohong dah tuh pengeluaran sesungguhnyaa

  12. hamimeha Reply

    Fitur classroom bikin pinter ya mbak.
    Aku pribadi cukup minim literasi terkait keuangan. Dan gak pandai nyatet2 karena suka nyatet manual juga

    Wah aku jadi pengen nyoba nih aplikasi PINA

  13. Lintang Reply

    Aku juga udah nyobain PINA ini mba buat financial goalsku. Cocok banget buat yang masih berantakan ngatur keuangan sih ya. Semakin nyoba fiturnya juga makin ketagihan buat bikin perencanaan keuangan lebih baik lagi.

  14. Elisa Reply

    Paling suka dengan fitur catatan keuangannya, Mbak. Bisa disinkron kan sama e wallet jadi pengeluaran dan pemasukan uangnya bisa dideteksi secara otomatis, kita tinggal masukin ke kategori pengeluaran masing-masing. Bisa jadi Idola baru emak-emak nih kayaknya si PINA 😅

    • Lintang Reply

      Iyah bener, jadi bisa tracking yah karena udah disinkron. Jadi makin cinta ama PINA. Cocok buat yang mau mengatur keuangan pribadi yang sering boncos.

  15. Siska Dwyta Reply

    Lengkap banget ya aplikasi PINA ini. Fitur-fiturnya juga sangat menarik. Selain catat rencana anggaran atau budgeting bisa juga buat investasi. Termasuk pantau kekayaan bersih dan belajar finansial. Bermanfaat bangetlah kalau pake aplikasi ini.

  16. Fenni Bungsu Reply

    Pakai uang dingin atau intinya bukan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari² yang mbak buat investasi. Makanya penting perencanaannya dan bisa gunakan aplikasi ini juga biar simple

  17. Gina Nelwan Reply

    Aplikasi PINA nih kayanya bagus ya mba, aku jadi penasaran deh mau coba donlot ah, apalagi fiturnya kayanya lengkap juga utk bantu pengelolaan keuangan keluarga nih

  18. Anita Makarame Reply

    Mesti di highlight nih “KELOLA EMOSI SEBELUM KELOLA KEUANGAN.” Karena betul sih, kadang saat kita mau sesuatu entah itu terkait pemasukan atau pengeluaran, kalau terburu-buru kadang hasilnya ga maksimal atau kadang zonk. Harus ada pertimbangan matang baru bertindak 😀

  19. tukang jalan jajan Reply

    Aplikasi PINA ini menarik juga untuk dipelajari, diunduh dan dinstal. Pengelolaan keuangan penting banget sekarang dan jadi kunci untuk sukses

  20. lianny Reply

    Baru tau nih tentang PINA, app investasi yang sudah terpercaya.
    Mengelola keuangan dengan bijak memang penting ya, aku masih suka tidak disiplin nih mencatat pemasukan pengeluaran. Duh jangan sampai ternyata keuangan tidak sehat.
    Mau juga ah nyobain app PINA, membantu sekali nih buat emak-emak yang baru belajar mengelola keuangan sepertiku.

  21. eni rahayu Reply

    Wahhh aplikasi pengelola keuangan ya ini? Sangat membantu banget ya, apalagi kalo masih bingung gimana cara pembagian uang untuk ini itu dan lain sebagainya. Cocok nihh

  22. Jiah Al Jafara Reply

    Boleh juga coba aplikasi PINA apalagi aku kurang pintar atur keuangan. Kudu mulai pisah ini itu dan bikin budgeting. Jadi tahu dari mana uang masuk dan keluar. Jangan lupa buat investasi juga

  23. Pertiwi Yuliana Reply

    Keren banget nih aplikasi Pina, lengkap ya. Bisa buat bikin catetan keuangan biar lebih rapi, bisa buat investasi juga. Harus install nih kayaknya.

  24. Rudi Soedjono Reply

    Wah ini aplikasi yang dibutuhkan semua keluarga Indonesia, Mbak. Kadang perencanaan keuangan, termasuk budgeting bulanan, dianggap sepele akhirnya keuangan boncos deh karena ga terpantau pengeluaran apa saja. Kalau ada aplikasi financial planning plus bisa investasi canggih kek gini, ya maulah. Top!

  25. Lia Yuliani Reply

    Baru tahu tentang PINA, emang kayanya butuh sih aplikasi pengelolaan keuangan biar lebih teratur dan balance aja

  26. lendyagassi Reply

    Salah satu ketakutan terbesarku ini..
    Ketika mencatat keuangan bener-bener bisa detil seperti pada apps PINA, maka ketauan semua latte factor yang aku lakukan.
    Huhu..
    Tapi demi kondisi keuangan yang lebih baik, maka bagus banget untuk melatihkan diri mengelokasikan dana pada keperluan masa depan.

  27. Arenga Reply

    Setuju banget, masalah keuangan adalah masalah emosi. Biar pun gaji besar, penghasilan bikin orang takjub melihat angka-angkanya, kalau tak bisa mengendalikan keinginan belanja yah bencana keuangan juga yang akan dituai. Nah setelah mengendalikan emosi, download aplikasi pengelolaan keuangan deh. Dari sana kita bisa membuat pos-pos yang diperlukan. Dengan seiring waktu, dari aplikasi ini akan kelihatan pola perilaku kita dalam memenej dan memperlakukan uang

  28. DailyRella Reply

    Yeay aku pun pakai PINA, kak. Aku suka dengan fitur classroom dan edukasi finansialnya. Jadi nggak cuman user, tapi juga teredukasi dengan baik soal keuangan. Menurutku PINA ini gabungan dari platform keuangan sejenis yang kemudian jadi satu aplikasi super lengkap di PINA.

  29. Nurul Sufitri Reply

    Bagus banget manfaat aplikasi Pina ini. Urusan pengelolaan keuangan udah ga bikin pusing lagi deh. Terutama untuk investasi maupun tabungan pendidikan anak2 mesti terjaga jangan sampai terpakai untuk hal2 keinginan semata.

  30. Okti Li Reply

    Ibu rumah tangga harus berkenalan dengan PINA . Sebagai menteri keuangan dalam negara, sudah seharusnya bisa memanage keuangan dan biar praktis dan lancar pakai aplikasi Pina bisa jadi pilihan

  31. Nyi Penengah Dewanti Reply

    Aplikasi yang bikin cerdas ini sih
    Pengelolaan keuangan jadi lebih aman ya nggak seenak sendiri karena ada yang ngebantuin mikir hehehhe. Jadi penasaran kepoin inst deh kak

  32. HM Zwan Reply

    Semakin banyak informasi tentang finansial, makin kita melek ya mbak. Apalagi untuk urusan keuagan rumah tangga, harus bener-bener ditata, direncanakan keuangannya biar nggak bocor dimana-mana. Aplikasi PINA ini sangat memudahkan sekali ya,praktis

  33. Dian Reply

    Dengan adanya aplikasi pengelola keuangan seperti PINA ini, kita jadi sangat terbantu ya mbak
    Mengelola keuangan jadi makin mudah

  34. Dzulkhulaifah Reply

    Buatku budgeting adalah kunci. Meskipun aku nggak suka jajan-jajan cantik di coffee shop atau belanja, tetap saja pengeluaran bisa terjadi terus menerus kalau nggak dibatasi. Seru banget nih aplikasi PINA, ada fitur Classroom. Pasti cocok nih sama aku yang masih harus banyak belajar mengelola keuangan.

  35. echaimutenan Reply

    tosss aku dah pake ini lumayan banget buat sehari-hari bisa ngetrack banyak banget agar ga boncos ya
    lumayan banget apalagi aku yang minim pencatatan huhu
    pakai ini jadi bikin tahu kalau ternyata enak banget kalau pemasukan dan pengeluaran terarah

  36. lendyagassi Reply

    Aku gak jago bikin budgeting. Tapi sejak memiliki anak-anak, semua laporan keuangan kudu jelas. Pencatatan keuangan keluar dan masuk kemudian rencana keuangan anak-anak minimal keperluan sekolah dan printilannya.
    Alhamdulillah banget ya.. kalau kini ada aplikasi yang membantu seperti PINA apps ini.
    Cuss langsung cobain.

  37. Siti Hairul Reply

    Mau ah nyoba aplikasi ini. Bagus ini untuk membantu para orang tua mengatur budget keuangan untuk pendidikan anak-anak. Apalagi sekarang biaya pendidikan bisa dibilang tinggi

  38. Dedew Reply

    Lengkap ya fitur aplikasi Pina ini ya Mbak, jadi kita bisa mengecek kondisi keuangan keluarga, aku kendalanya pemasukan tidak tetap karena pekerjaan freelance jadinya jarang bikin budget hehe yang penting SPP dan les anak terbayar juga iuran listrik air dll. Tapi pakai ini bisa tahu kebocoran anggaran dari mana ya..

  39. Uniek Kaswarganti Reply

    Kayaknya aku juga tipe konvensional nih, masih mengandalkan yang kayak tabungan, deposito dan emas gitu. Tapi baca2 tentang review PINA, boleh juga nih nyobain investasi yang risk taker. Kan udah ada panduan ya dari PINA, sekaligus menggunakannya sebagai pencatat segala macam aktivitas finansial.

  40. Nurul Dwi Larasati Reply

    Mau coba pakai aplikasi PINA juga biar teratur nih pendapatan dan pengeluaran keuangan keluargaku. Kalau ada catatan kan bisa tahu mana yg bisa dikurangi atau ditambah investasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.