10 Aktivitas di Rumah Aja Selama Bulan Ramadhan

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Aktivitas di rumah aja. Alhamdulillah sebentar lagi Ramadhan tiba. Sedih karena corona masih ada. Rasanya Ramadhan harus dilalui dengan tetap #dirumahaja. Artinya enggak bisa tarawih di masjid. Enggak ada TPA (Taman Pendidikan Al Quran) buat anak-anak di sore hari di masjid. Enggak ada ritual cari takjil dan mendatangi pengajian di berbagai tempat. Enggak ada acara buka bersama teman-teman. Bisa-bisa juga enggak ada Salat Ied. Hiks.

Saya tahu bahwa semua itu demi keselamatan dan kebaikan kita bersama. Sudah saatnya sepakat untuk tidak meributkan keputusan para ulama. Karena bahkan Mekkah pun ditutup. Mari fokus pada apa yang bisa kita lakukan selama di rumah saat bulan Ramadhan tiba.

Saya bertanya kepada teman-teman di media sosial, apa yang akan mereka lakukan bila masih di rumah aja karena corona. Kita lihat yuk sharing mereka dan siapa tahu bisa dipraktikkan di rumah agar Ramadhan enggak gabut dan lebih bermakna.

Aktivitas di Rumah Aja Selama Puasa:

1. Memasak untuk Sahur dan Buka Puasa

Kalau di hari biasa para Moms memasak untuk makan 3 kali sehari, selama bulan Ramadhan menjadi dua kali saja. Tapi buat keluarga yang masih ada anak kecilnya tentu tetap masak untuk anak-anak yang belum berpuasa ya.

Ketika belum ada corona, tak jarang kita sahur beli di luar. Dan buka puasa makan di luar. Maka saat harus di rumah aja, sebaiknya kita memasak sendiri untuk menu buka dan sahur. Boleh – boleh saja sih beli sesekali. Untuk melarisi para pedagang makanan. Sedih juga enggak bisa keliling nyobain takjil khas Ramadhan. Tapi kita masih bisa bikin atau beli dibawa pulang ke rumah.

Saya paling tertarik mencoba membuat takjil untuk buka puasa. Aneka kolam, gorengan, atau es buah penambah selera. Tak lupa sedia kurma dan madu agar badan lebih bugar meski sedang berpuasa. Darmini MA berkomentar hal yang sama ketika saya bertanya mau ngapain jika bulan Ramadhan masih di rumah saja? Dia bilang akan masak-masak.

Enggak bisa masak? Jangan sedih! Ada banyak resep yang bisa dicontek. Googling saja atau buka aplikasi cook pad. Banyak juga influencer yang sering berbagi resep misalnya akun favorit saya yaitu @ayudiahrespatih dan @sarahcandra.

Aktivitas di rumah aja selama bulan ramadhan

Bikin kue untuk buka puasa bareng anak-anak

Oh ya, kita bisa libatkan anak-anak untuk membantu lho. Mereka pasti senang jika diajak memasak. Makin semangat deh menyantap hidangan buka puasanya.

2. Mengaji dan Tarawih Bersama Keluarga

Sebelum ada corona, anak-anak biasanya mengaji di masjid. Tarawih sekeluarga juga berkeliling dari satu masjid ke masjid lain. Bila bulan Ramadhan esok masih ada corona, semua aktivitas tersebut sebaiknya dilakukan di rumah saja.

Aktivitas di rumah aja selama bulan puasa

Kakak mengaji dipandu Ayahnya

Saatnya para ayah mengajar ngaji anak-anak. Lalu menjadi imam tarawih. Tak lupa Moms ikut tadarus. Agar rumah penuh dengan lantunan Al Qur’an.

3. Belajar dan Bermain Bersama Anak-anak

Bila masih di rumah aja, maka sekolah juga di rumah saja. Bahkan suami yang kantoran juga bekerja dari rumah. Saatnya Moms berkreasi belajar dan bermain bersama anak-anak. Ada banyak permainan dan aktivitas di rumah aja yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Pastikan tidak terlalu menguras energi ya. Kalau mau olahraga juga boleh, tapi lakukan pada sore hari menjelang buka.

Moms bisa mengeprint printable yang telah dibagikan oleh banyak orang. Ada pula website khusus untuk printable. Main catur, halma, ular tangga bersama anak-anak juga bisa. Mau lebih asyik? Moms bisa ajak anak badminton atau petak umpet menjelang buka puasa.

4. Membuat Konten Bersama Anak

Salah satu teman saya, @innaistantina merupakan seorang dubber, youtuber dan podcaster. Anak-anak nya memiliki channel Youtube sendiri. Ia berencana akan tetap membuat konten bersama anak-anak selama bulan Ramadhan. Seru juga ya.

Aktivitas di rumah aja

Membuat konten video bersama anak. Sekaligus mengerjakan tugas sekolahnya

Saya membayangkan kontennya terkait dengan puasa atau suasana Ramadhan. Agar anak-anak lain semakin bersemangat untuk beribadah termasuk puasa. Kalau Moms juga ingin mencoba, bisa banget membuat video bersama anak-anak. Misalnya video memasak bersama, atau bermain bersama.

5. Bercocok Tanam di Halaman

Tukang sayur mungkin saja mudik saat lebaran. Sebagai antisipasi susah mencari sayur, Moms bisa mulai menanam. Yang mudah dulu, seperti kangkung, bayam dan sawi. Siapa tahu saat lebaran tiba, sayur Moms sudah bisa dipanen.

Berkebun juga dapat menjadi aktivitas di rumah aja yang menyenangkan bersama keluarga. Ayah mencangkul, anak-anak menanam benih dan menyiram. Moms kebagian mendokumentasikan kegiatan.

6. Menekuni Hobi Baru

Siapa yang selama libur lebih mudah menekuni hobi baru? Buat Moms yang ingin punya nilai lebih, bisa banget belajar hal baru selama libur Ramadhan. Salah satu aktivitas di rumah aja misalnya belajar menulis, menjahit, crafting, atau memasak kue.

Seperti yang ditulis oleh Nhie Wahyuni Mua di komentar status FB saya, selama Ramadhan di rumah saja, ia ingin belajar membuat mi organik menggunakan terigu tinggi protein, belajar membuat cake dan pastry. Ada banyak media online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Promo ramadhan

Hobi memasak yang bisa mendulang cuan

Siapa tahu setelah menjadi lebih ahli, hobi tersebut bisa mendulang cuan di masa paceklik akibat corona. Misalnya saja jadi open order kue kering untuk lebaran. Lumayan, kan?

7. Mempelajari Ilmu Baru

Era digital memungkinkan semuanya dilakukan secara online. Beberapa teman saya mengadakan kulwap financial, kulwap bermain, dan kulwap parenting. Sungguh, mempelajari ilmu baru sangat bermanfaat. Moms juga bisa belajar ilmu baru yang berhubungan dengan agama.

8. Ibadah Lebih Baik

Seperti ditulis oleh Marni Kuboni dan Danan Wahyu Sumirat, mereka akan beribadah lebih baik jika Ramadhan di rumah saja. Nhie Wahyuni Mua juga mengatakan ia akan mengkhatamkan Al Quran, dan membuat program sedekah everyday atau untuk sekitar yang membutuhkan. Masyaallah ternyata di rumah saja membuat puasa kita lebih bermakna ya.

9. Sedekah dan Donasi

Tidak semua orang bisa makan enak selama bulan puasa. Bahkan sekarang, banyak orang yang di PHK atau kehilangan pekerjaannya karena wabah corona. Pekerja harian juga berkurang pemasukannya. Gerobak makanan banyak yang gulung tikar karena sepi. Oleh karena itu, alangkah indahnya jika kita dapat berbagi kebahagiaan untuk mereka.

Sedekah makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Bila kita khawatir untuk turun ke jalan, kita bisa transfer donasi. Cari relawan yang bersedia memasak dan membagikan makanan ke jalan atau orang-orang yang membutuhkan. Oh ya, tak lupa untuk donasi APD termasuk masker bagi tenaga kesehatan.

Bila belum bisa keluar rumah, teman-teman dapat Top up OVO untuk membeli makanan ke para penjual online dan minta ojek online yang mengambil agar menerima makanan tersebut.

Dengan kata lain, kita membelikan makanan untuk pekerja harian seperti ojek online. Bahkan teman saya pernah membelanjakan ratusan ribu ke temannya yang jualan bubur. Lalu meminta teman tersebut membagikan bubur yang dibelinya tadi. Banyak cara bersedekah yang bisa dipilih.

10. Belanja Online

 Belanja online

Belanja online cukup lewat handphone

Sebelum ada corona, saya lebih sering belanja online terutama untuk keperluan anak-anak. Tetapi bahan makanan, dan baju lebaran masih sering offline. Tapi begitu ada corona, jelas saya semakin beralih ke belanja online.

Setali tiga uang dengan yang dilakukan oleh Inna Istantina. Ia mengatakan bahwa bila bulan Ramadhan nanti masih di rumah saja, maka ia belanja 80% online. Apalagi bakal ada Promo Ramadhan. Wah, tambah semangat belanja online nya.

Anyway, belanja online enggak harus buat diri sendiri lho. Teman-teman bisa banget kasih ke orang lain yang membutuhkan, atau kirim ke sanak keluarga di kampung halaman sebagai pengganti hadiah lebaran karena harus di rumah saja saat lebaran nanti.

Selain itu, ada banyak hadiah dan penawaran menarik lainnya yang akan hadir untuk menyambut Ramadan. Apa saja ya?

1. Bebas Ongkir

2. Crazy Deals (Mulai 1 April)

Promo menarik dengan kategori berbeda-beda setiap harinya.

3. Brand Deals (Mulai 1 April)

Penawaran menarik dari brand-brand ekslusif di Tokopedia.

4. Flash Coupon (Mulai 1 April)

Kupon-kupon promo yang bisa dipakai untuk transaksi.

5. Kejar Diskon (Mulai 1 April)

Promo flash sale.

6. Tokopedia Play – Live Shopping (Mulai 20 April)

Untuk menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seru serta mendapatkan promo ekslusif, diskon dan cashback.

7. Kotak Kejutan (Mulai 6 April)

  • Kotak Kejutan (tap di app untuk dapat hadiah)
  • Scan QR (user bisa menemukan tanda QR yang bisa di- scan untuk mendapatkan hadiah pada setiap partner offline store Tokopedia)
  • Kotak Kejutan dan Scan QR berkesempatan mendapatkan hadiah berupa Kupon Diskon + Ovo Points, Kupon Cashback + Ovo Points, dan Kupon Undian Grand Prize (1 mobil, 5 motor, 50 smartphone, 500 emas 1 gram & 1.000 powerbank) + Ovo Points.

8. Gajian Ekstra (27-29 April)

Gimana? 10 aktivitas di rumah aja tentunya dapat menjadi referensi agar enggak gabut selama bulan Ramadhan.

Aktivitas di Rumah Aja, Silaturahmi Virtual

Oh ya, saya ada tambahan ide kegiatan lainnya nih, yaitu Zoom bareng teman-teman atau keluarga di kampung halaman. Bila tidak bisa buka bersama teman main atau teman kantor, tetap bisa kok buka bersama secara virtual.

Silaturahmi dengan keluarga besar selama bulan Ramadhan juga dapat dilakukan via video call dan telepon. Setidaknya tetap ada silaturahmi dan komunikasi, meski sedang di rumah saja.

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan ya. Jangan lupa berdoa agar wabah corona segera berakhir. Kencangkan lagi doa dan ikhtiar kita dalam menjaga diri dan keluarga.

(Visited 82 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

16 Comments

  • demia April 8, 2020 Reply

    semenjak work from home aku juga jadi rajin banget masak dan nyobain beberapa resep yang baru au cobain ehhehehe, semoga kondisi ini segera ber akhir yaa huhu

  • Rismayani April 8, 2020 Reply

    Point no. 10 aktivitas baru aku nih mbak sejak #DirumahAja lumayan terbantu sih beli kebutuhan yang penting tanpa harus keluar rumah.

  • Rita Asmaraningsih April 9, 2020 Reply

    Wah.. Tak terasa ya ramadhan sudah di depan mata. Bersyukur banget ya kita masih dipertemukan dengan ramadhan tahun ini walaupun memprihatinkan karena bersamaan dengan pandemik corona. Semoga musibah ini cepat berlalu agar kita bisa beribadah dgn khusuk selama ramadhan nanti..

  • Untari April 9, 2020 Reply

    sedih memang ya ramadhan ga berburu takjil ga taraweh di masjid. hiks pengen nangis

  • Desri Desri April 10, 2020 Reply

    kakak cantik setia menemani bundanya di rumah ya, seneng banget deh liat foto si kakak lagi mengaji al quran, seru ya kalo anak perempuan sudah besar jadi ada temannya mba.

  • Bambang Irwanto April 10, 2020 Reply

    Iya, ya, Mbak. Sepanjang hidup saya, baru kali ini memasuki Ramadhan dengan sikon seperti ini. Banyak aktivitas Ramadhan yang mungkin tidak diadakan, termasuk tarawih bersama, dan pasar takjil
    Tapi Insya Allah selalu ada keberkahan di bulan Ramadhan.

  • Mei April 11, 2020 Reply

    belanja online ini sungguh menarik mba Dian, pengennya belanja mulu liatin smeua serba diskon ya hehehe

  • Uniek Kaswarganti April 12, 2020 Reply

    Kondisi seperti ini memang bisa kita isi dengan banyak hal bermanfaat, terutama terkait dengan ibadah ya. Semoga lebih khusyu’ meskipun tidak bisa sholat berjamaah di masjid saat Ramadhan ya. Ini ujian yang luar biasa berat, harus bisa kita lalui bersama yaa..

  • Nurhilmiyah April 12, 2020 Reply

    Wah gak terasa insyaallah tgl 24 kita udah masuk bulan Ramadhan ya Mbak… Ya Allah semoga kita semua sehat2 selalu dan bisa beribadah dg optimal di bulan mulia ini

  • Yuniari Nukti April 12, 2020 Reply

    Baca ini bau-bau Ramadhan sudah sangat dekat. Biasanya di luar sudah mulai tampak pameran baju muslim, jualan kue kering, jualan makanan untuk menyambut bulan Ramadhan. Tapi sekarang gak terlalu nampak.

    Baiklah, belanja online saja kalau gitu hehe

  • Hida April 12, 2020 Reply

    Belanja online kalo banyak promonya emang menggoda sekali yaa..

  • Meilia Wuryantati April 12, 2020 Reply

    Bener mba, 10 aktivitas itu dilakukan dirumah saat Ramadhan nanti.ma kasih mba, aku juga mau terapkan nih. Untuk belanja online boleh juga di Tokopedia , ah mau catat tanggalnya biar ga lupa.

  • Memasak untuk sahur dan buka itu memang sudah pasti dikerjakan ya kan mbak. Ibadan lebih baik nih pengen banget kulakukan tahun ini biar lebih fokus dan totalitas ibadahnya. Hmm,belanja online juga menarik tuh untuk menambah stock di rumah.

  • Jeanette Agatha April 12, 2020 Reply

    Ramadhan tahun ini cukup berbeda ya mbak dari tahun kemarin. Tapi harus selalu bersyukur, karena masih bisa menjalani Ramadhan tahun ini 😊

  • Dewi Nuryanti April 12, 2020 Reply

    Sekarang aja aku rajin belanja online Mba. Krn biasanya sblm ramadhan sowan ke kerabat yg sepuh,sekarang aku order di tokped dan lgsg kirim. Mikirin ramadhan thn ini,ambyar hatiku Mba

  • Yesi Intasari April 12, 2020 Reply

    Tetep ya mbak belanja online gak boleh kelewat hehe.. sekaranh apa2 emang paling enak dan nyaman kalo belanja online, apalagi keadaan seperti sekarang sedang pendemi corona lebih baik online dulu aja deh

Leave a Reply

error: Content is protected !!