Tirana House, Berbelanja Senyaman di Rumah

Facebooktwitterredditmail

Tirana House tas kipling

Tirana House, Berbelanja Senyaman di Rumah.

Kalau lagi nyari baju, teman-teman nyarinya kemana? Kalau saya sih ada beberapa pilihan, baik online maupun offline. Online jelas ke e commerceย atau teman-teman dekat yang jualan. Offline ke mall, factory outlet atau butik. Sewaktu hamil anak kedua kemarin, jelas saya prefer belanja online, tapi ketika sudah pulih dari persalinan, sesekali mengunjungi butik sih sah-sah saja. Seperti yang saya lakukan kemarin Selasa, main ke Tirana House Kotabaru.

Saya pikir, Tirana House adalah butik biasa, sama seperti butik lainnya, tapi ternyata dugaan saya salah. Tirana House Kotabaru sudah berdiri selama 6 bulan, sementara sebelumnya, ada Tirana House Suryodiningratan yang sudah duluan berdiri sejak 4 tahun yang lalu. Uniknya, ada juga Tiara House yang menjejakkan diri di Lombok.

Saat memasuki butik ini, saya berkenalan dengan Mbak Nunuk, owner Tirana House Kotabaru. Beliau bersama Mbak Christin Effendi membangun Tirana House sebagai butik dengan konsep Home Shopping, belanja senyaman mungkin di rumah. Dan konsep ini memang terasa sekali, fasilitas butik begitu lengkap seperti di rumah sendiri. Ada wastafel untuk cuci tangan, bisa shalat di ruang serbaguna, ada sofa mungil di depan ruang ganti dan meja kursi di ruang utama, pun lengkap dengan toilet dan dispenser untuk tempat air minum. Uniknya, ada wifi juga di sini! Udah mirip cafe, kan ya? Jarang banget saya menemukan butik yang seperti ini=). Pantesan Mbak Nunuk bilang bahwa konsumen bisa berlama-lama di sini.

Suasana homy membuat betah para blogger
Suasana homy membuat betah para blogger

Sebagai butik homy, tak hanya fasilitas yang dibuat senyaman di rumah, tetapi juga manajemen, desain serta servis yang diberikan. Bila butik lain dijaga oleh penjaga toko, maka penjaga Tirana House lebih dikenal dengan istilah “Among Tamu”, yang fungsinya memang menemani customer belanja, sekaligus menjadi teman belanja. Wah, seru juga ya kalau terpaksa belanja sendirian nggak perlu bingung lagi memilih produk misalnya, among tamu butik ini akan dengan senang hati membantu segala kebingungan kita.

Sebenarnya, Tirana House menjual apa saja?

Tirana House produk

Apa aja nyaris ada nih di sini. Mulai dari dress, baju, jaket, sepatu olahraga, kaos, baju olahraga, jam tangan, tas, dompet, parfum, hingga aksesoris. Buat penggemar tas kipling, produk tersebut ada lho di Tirana House! Sebagian besar produk yang dijual adalah merk internasional yang original. Tapi bukan berarti Tirana House nggak cinta produk dalam negeri lho, justru semenjak 21 April kemarin, Tirana House Kotabaru melaunching dua rak khusus designer lokal. Kali ini, yang digandeng adalah karya Mbak Betsy. Nih, teman-teman bisa lihat seperti apa karyanya.

Karya designer lokal
Karya designer lokal

Seperti dijelaskan oleh Mbak Nunuk, designer lokal yang dimaksud tidak harus dari Jogja, tapi bisa dari mana saja di seluruh Indonesia. Sedikit berbeda dengan yang Kotabaru, Tirana House yang di Suryodiningratan menjual pakaian dewasa dan anak, termasuk underwear seperti lingeri, bra dan baju renang. Semua produk butik ini, berasal dari stok lot pabrik, yang artinya adalah barang sisa pabrik. Tapi bukan berarti kualitasnya nggak oke lho, karena Tirana House sendiri memiliki bagian Quality Control yang mengecek kualitas produk sebelum dijual di butik mereka.

Para customer stok lot umumnya juga tahu bahwa barang yang ada biasanya terbatas, terutama untuk size-nya. Jadi memang tergantung keluaran pabriknya adanya size apa dan warna apa misalnya. Jadi kalau kamu memang benar-benar minat terhadap produk di Tirana House, pastikan langsung dibeli, sebelum diborong orang lain dan sedih karena ternyata cuma satu-satunya.

Selain berasal dari sistem stok lot, butik ini juga menerima sistem konsinyasi, misalnya saja aksesoris, tentunya yang berkualitas bagus atau memang perlu disuport (dengan tetap memperhatikan kualitas)

As i said before, Tirana House bukan butik biasa. Lalu, apa yang membuat berbeda? Homy? Yes! And they have an unique motto! FASHION, ART, CREATIVITY, DAN DEDICATION. Fashion jelas dong, namanya juga butik. Nah kalau art ini, Tirana House menyediakan ruang untuk pameran seni, baik lukisan, tekstil, foto, bahkan seni pertunjukkan. Yang pernah dilakukan Tirana House antara lain mengadakan workshop kaligrafi china dan pertunjukkan teater. Untuk creativity, ketika membuat sebuah promo, pasti beda dari yang lain. Mungkin intinya sama-sama buy one get one free, tapi menuju ke promo tersebut dibikin something different.

Dedication, Tirana House pernah ikut berperan di dunia pendidikan, dengan mengadakan program 55 rupiah dari setiap pembelian akan disisihkan untuk sekolah yang membutuhkan. Butik ini juga mendukung gerakan go green alias ramah lingkungan. Salah satunya dengan less plastic dan lebih memilih menggunakan paperbag untuk membungkus produknya. Semua lampu di butik ini juga LED, dan agar hemat listrik, lampu baru akan dinyalakan bila ada customer. Mbak Nunuk juga memilih menggunakan fresh flower dibanding bunga plastik. Ada juga program sosial yang mensuport panti asuhan dengan menjual botol-botol bekas minuman ke bank sampah (dilakukan oleh Tirana House Suryodiningratan).

Bisa dicicil?

Ya! Untuk produk >500ribu rupiah, bisa banget dicicil, tetapi barang baru dibawa pulang setelah lunas ya =). Untuk pembayaran, mereka menerima cash, debet/kredit dan transfer. Untuk diketahui, setelah saya puterin melihat -lihat seluruh produk, range harganya lumayan luas lho, t shirt mulai dari 128 ribuan, baju perempuan mulai 145 ribuan, tas kipling jelas jutaan, ya bervariasi lah. Dari segi bahan, jelas kualitasnya bagus, namanya saja merk internasional, hehe. Poin plusnya, owner-nya ramah pula=)

Jadi, kalau kamu sedang mencari produk yang berkualitas dan menginginkan suasana nyaman saat berbelanja, Tirana House adalah tempatnya.

(Visited 249 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

25 thoughts on “Tirana House, Berbelanja Senyaman di Rumah

  1. cputriarty Reply

    Wow butiknya emang didesain unik,elegan bikin nyaman yg berkunjung ya mbak.ntar aku share info Tirana House ke temen2 grup yg demen shopping?
    (@cputriarty)

    • dian.ismyama Post authorReply

      Menurut ownernya, kalau stok lot bisa saja ada yang sama di toko lain, tapi biasanya size terbatas, dan ada juga yang model terbatas, nggak bisa dipastikan Mbak. Kalo yang designer lokal, kebetulan produknya memang dibuat hanya 1 biji untuk 1 modelnya=)

    • dian.ismyama Post authorReply

      Iya suasananya nyaman, Mbak Nunuk bahkan bilang, boleh lho nongkrong di sini atau ngadain launching buku misalnya=)

  2. Ihwan Reply

    Wah Mama Ivon pasti betah neh, sementara dia belanja saya bisa streamingan yutub sama Aiman.

  3. Lusi Reply

    Kok nggak ada alamat lengkapnya ya? Sebelah mana sih? Kali bisa mampir kalau jemput anak. Sekolah anakku di Kotabaru.

  4. Amir Reply

    Wah keren banget, home shoping dengan konsep yang berbeda nih. Dengan konsep ini kita bisa di mudahkan dalam melakukan sesuatu hal, misal melaksanakan sholat yang umumnya tidak ada di tempat sejenisnya. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih ๐Ÿ™‚

    • dian.ismyama Post authorReply

      Ga semua Mbak, ada juga yang diambil dari kerjasama dengan desaigner tertentu, lalu ada juga yang sisa ekspor atau impor gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published.