Tempat Liburan Favorit Keluarga di Dalam dan Luar Negeri

Facebooktwitterredditmail

Tempat Liburan Favorit Keluarga di Dalam dan Luar Negeri. Ngomongin soal tempat liburan, mengingatkanku kalau sudah lama enggak jalan-jalan keluar kota. Terus terang, tadinya sebagai travel blogger, aku sering mendapatkan undangan untuk review tempat wisata.

Sebenarnya setelah pandemi pun aku beberapa kali mendapatkan undangan, tapi terpaksa tidak aku iyakan karena komitmenku terhadap keluarga. Apalagi di rumah masih ada bayi. Terlalu riskan kalau aku keluar kota di saat pandemi.

Tren Wisata setelah pandemi memang berubah. Dan aku sudah beberapa kali wisata ke destinasi dekat rumah. Sisanya ya di rumah saja.

Tempat Liburan Favorit Keluarga

Tempat liburan favorit keluarga di Indonesia

Kembali ke tema #BPNRamadan2021 hari ini, lima tempat wisata favorit. Sekali lagi berhasil membuatku bernostalgia.

1. Turki

Turki adalah negara yang masuk di bucket list tiga teratasku. Tentunya setelah Yunani dan Mekah Madinah. Alhamdulillah tahun 2019 lalu, beneran kesampaian ke Turki. Awalnya sama sekali enggak berencana ke sana. Lalu aku melihat promo Bulan April bisa melihat Bunga Tulip mekar di Turki. Wah, langsung pingin banget. Apalagi Bunga Tulip enggak mekar sepanjang tahun, cuma di bulan-bulan tertentu saja

Di Bulan Januari 2019, alhamdulillah aku dan suami bisa melaksanakan ibadah umroh bareng mertua dan ipar. Sepulang dari sana, aku langsung mendaftar untuk traveling ke Turki. Tadinya pingin bareng suami, tapi jatah cutinya sudah habis. Mau ajak Mama tapi kata beliau kejauhan, dan kelamaan (10 hari) jadi takutnya bakal capek. Dan ternyata memang capek banget euy. Karena kami keliling hampir 7 kota di Turki.

Kalau boleh aku simpulkan, sama sekali enggak nyesel ke Turki. Selain bisa lihat Blue Mosque dan Hagia Sofia, aku juga bisa menyusuri Selat Bosphorus yang indah banget. Tentu saja travel and tour yang aku ikuti juga membawaku ke Cappadocia. Bahkan ke Konya, kotanya Rumi.

Terlalu banyak yang aku suka dari Turki. Ya orang-orangnya yang cantik-cantik dan ganteng. Pemandangannya yang indah. Dan tentu saja peninggalan kejayaan Islam yang masih terlihat megah. Rasanya ingin ke sana lagi bareng suami. Ke Istanbulnya saja boleh deh. .

2. Ubud

Ubud kaya akan pemandangan alam yang indah, dan budayanya yang menarik. Ubud sedikit berbeda dengan daerah di Bali lainnya yang banyak hiburan malam atau pantai. Di Ubud justru banyak museum dan wisata seni seperti sendratari.

Ubud menjadi tempat liburan favoritku karena bisa honeymoon sama suami. Hehe. Benar-benar berdua saja selama 5 hari 4 malam. Lebih dari sepuluh destinasi wisata kami datangi di Ubud. Mulai dari gunung, gua, sampai terasering. Rasanya damai banget waktu ke Ubud. Soalnya lokasinya kayak pedesaan gitu. Mengingatkanku pada kampung halaman, di Jogja.

Kayaknya kalau anak-anak sudah agak besar, bisa nih diajak ke Ubud. Tapi kalau anak-anak masih kecil sih mending ke tempat wisata kayak Bali Safari Marine Park, dan pantai-pantai.

3. Belitung

Tempat liburan favoritku yang ketiga adalah Belitung. Sebagai orang keturunan Bangka, aku sudah lama mengenal Belitung. Tapi baru sekali bisa ke sana. Itupun karena menang lomba. Alhamdulillah. Rasanya tiga hari dua malam di Belitung itu cepet banget. Mungkin karena aku ke sana enggak sama keluarga.

Selain itu, karena antar objek wisata jaraknya cukup jauh, beberapa destinasi belum berhasil kudatangi. Misalnya saja gugusan pulau Lengkuas, Kelayang, Batu Berlayar dan Pulau Pasir. Pingin banget sama suami dan anak-anak ke sana. Atau sama suami doang deh. Hehe. Biar menikmati alam bawah laut dan pantainya Belitung.

Kekuatan utama Belitung memang di pantainya. Pasirnya putih bersih dan masih sepi gitu. Enggak kayak cendol. Kuliner Belitung juga juara! Makan seafood di pinggir pantai ala warung kaki lima tapi rasa restoran bintang lima.

Belum lagi oleh-oleh Belitung juga mantap jiwa! Ada kepiting isi, dan tentu saja kopi Kong Djie yang melegenda. Kalau teman-teman ke Belitung, wajib mampir ke Kopi Kong Djie buat icip kopi susunya.

4. Citumang

Tempat wisata favorit keempat jatuh pada Citumang di Jawa Barat. Aku pertama kali ke Citumang bareng teman-teman blogger. Dan ternyata tempatnya tuh bagus banget. Bisa rafting di sungainya. Masyaallah seger dan jernih airnya.

Pingin ke sana lagi suatu hari nanti. Ajak anak-anak ketika mereka sudah remaja. Pasti senang sekali. Pas nginep juga lokasinya tanpa sinyal gitu. Jadi bisa fokus menikmati suasana dan kemurnian alam. Benar-benar definisi tempat liburan favorit keluarga yang sebenarnya. Kalau kalian ada budget dan waktu, harus ke sini!

5. Dieng

Tempat liburan favorit kelima jatuh pada Dieng. Kalau ditotal kayaknya aku sudah tiga kali ke sini. Antara dua atau tiga kali lah. Dan langsung jatuh cinta dong. Dieng yang dingin. Dieng yang mengingatkan pada Festival Jazz di Atas Awan. Sahdu sekali mendengarkan musik Jazz di ketinggian Dieng.

Pertama ke Dieng aku dan keluarga menginap di tempat yang kurang proper, sampai kedinginan. Lalu kedua kalinya bareng teman-teman blogger di tempat yang sangat proper, alhamdulillah. Dieng memang menyimpan sejuta keindahan. Sesuai dengan namanya, negeri kayangan.

Yang enggak kalah seru dari Dieng adalah festival rambut gimbal dan candi-candi di sana. Begitu pula dengan objek wisata lainnya seperti Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang dan Telaga Warna. Teman-teman tinggal pilih mau ke mana.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat liburan favorit keluarga di Indonesia seperti Bromo dengan kubah berbintang di Penanjakan, dan Lombok dengan tiga gilinya. Ah semuanya indah banget. Membuatku mengucap syukur akan kebesaranNya. Ya, traveling bagiku bukan hanya sarana refreshing, tapi juga sarana untuk mengingat Allah, Sang Maha Pencipta.

Kalau teman-teman sudah pernah kemana saja dari lima tempat liburan favoritku tadi? Atau ada destinasi wisata favorit teman-teman yang kudu banget aku datangi?

(Visited 44 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

1 thought on “Tempat Liburan Favorit Keluarga di Dalam dan Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *