Super food for Woman (bagian 1)

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Ngedraft ini sudah lumayan lama, karena nggak kunjung selesai kubagi jadi 2 bagian aja ya, he he.

Tahukah kamu, bahwa wanita itu diciptakan dengan fisiologis dan kebutuhan nutrisi yang berbeda dari pria? Proses alamiah menstruasi, kehamilan, menyusui dan menopause merupakan beberapa hal yang mau tidak mau mempengaruhi meningkatnya kebutuhan beberapa nutrisi tertentu. Saya akan coba mengupas zat-zat apa saja sih yang penting untuk wanita.

1. Kalsium
images (3)

Kalsium merupakan zat untuk membangun tulang yang kuat, sangat dibutuhkan oleh wanita. Sumber kalsium bisa didapatkan dari produk olahan susu, minuman mengandung kalsium seperti susu kedelai dan jus. Wanita berusia dibawah 50 tahun, sedang hamil atau menyusui membutuhkan Ca 1000mg/hari. Sedangkan wanita dengan usia diatas 50 tahun memerlukan kalsium 1200mg/hari, setara dengan tiga porsi pemberian susu rendah lemak, yogurt plain atau susu tanpa lemak.

 

2. Zat Besi
images (4)

Zat besi membantu oksigen untuk masuk ke sel. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, yang membuat kita merasa cepat lelah. Sumber terbaik berasal dari daging, kalkun, ayam, termasuk kacang-kacangan dan sereal. Berikut beberapa perhitunhan kebutuhan zat besi.
Wanita usia 19-50 tahun: 18mg/hari= 3/4 cup 100% sereal
Wanita >50 tahun= 8mg/hari=1 cup kacang kedelai
Wanita hamil= 27mg/hari=3/4 cup sereal+ 1cup kacang kedelai+1/2 cup bayam.

 

3. Vitamin D
images (5)

Vitamin D membantu tubuh untuk mengeabsorbsi kalsium. Vitamin D ditambahkan pada produk olahan susu dan juga ditemukan pada lemak ikan seperti salmon dan tuna. Wanita dibawah usia 70 tahun harus mendapatkan 600 iu (internatioanl unit) dari vitamin D harian, yaitu sekitat 3 ons salmon dan 1 cup jus jeruk. Wanita diatas 70 tahun membutuhkan 800 iu setara dengan 3 ons salmon, 2 cups susu dan 1 cup jus jeruk.

 

4.Asam Folat
getty_rf_photo_of_salad_with_raspberries
Asam folat diperlukan untuk pembentukan DNA dan pembelahan sel sehingga sangat diperlukan pada masa kehamilan untuk kesehatan bayi.
Asam folat dapat ditemukan pada sayuran hijau, jus buah, kacang dan polong. Wanita harus mendapat asam folat 400mg/hari. Bisa juga diperoleh dari sereal dan roti. Sementara selama kehamilan dibutuhkan 600mcg asam folat atau 500mcg selama menyusui. Jika anda merencanakan kehamilan, sebaiknya juga mengkonsumsi tablet asam folat.

 

5.Sodium
images (6)

Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko stroke, yang mengakibatkan masalah jantung. Wanita sebaiknya menjaga konsumsi garam dibawah 2300 mg/hari : sekitar 1 sendok makan. Walaupun anda tidak menambahkan garam pada masakan anda, tetapi banyak makanan jadi dan dari restoran mengandung banyak garam. Jika anda berusia 50 tahun keatas, keturunan afrika-amerika, atau mempunyai diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit ginjal, jagalah sodium dibawah 1500 mg.

Jadi, sudah sampai mana nutrisi yang kamu penuhi?:)

Sumber: http://www.webmd.com/health-insurance/aca-womens-health-2014/slideshow-aca-nutrition-women

(Visited 64 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!