Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik di Indonesia

Facebooktwitterredditmail

Software ERP manufaktur pergudangan terbaik, apakah ada?

Adakah sahabat ismi yang pernah melihat gudang obat dan alat kesehatan (alkes) rumah sakit? Atau gudang supermarket? Bila belum, aku mau cerita kepada sahabat ismi.

Gudang rumah sakit merupakan salah satu tempat yang membuatku tercengang. Tak seperti apotek atau depo obat (tempat penyimpanan dan penyiapan obat dan alkes dalam jumlah kecil), gudang rumah sakit lebih besar dan ruwet.

Pertama kalinya aku melihat gudang rumah sakit adalah ketika PKL di RSUD. Dr. Soetomo, Surabaya. Aku lumayan terkaget-kaget dan terkagum-kagum dengan begitu banyaknya obat dan alkes yang tersimpan di sana.

Aku dan teman-teman yang sedang mengikuti program pendidikan profesi apoteker melihat sendiri bagaimana rumitnya manajemen gudang. Manajer atau koordinator gudang harus memastikan bahwa sistem gudang efektif untuk memastikan pemasukan dan pengeluaran obat dan alkes.

Aku yakin, di perusahaan atau industri manapun, manajemen gudang menjadi perhatian serius. Karena ketersediaan stok dan pengeluaran berkala yang efisien merupakan keharusan. Manajemen gudang memiliki peran besar dalam siklus perputaran barang.

Bayangkan bila manajemen gudangnya kacau. Berapa banyak barang yang kadaluwarsa yang tidak diketahui keberadaannya di gudang. Atau ketika bagian sales membutuhkan barang tertentu, ternyata stoknya habis dan tidak terdeteksi. Wah, bisa kacau balau.

Beberapa Masalah pada Manajemen Gudang

Kali ini aku ingin sahabat ismi mengetahui beberapa masalah utama pada manajemen gudang dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Lokasi Penyimpanan

Lokasi penyimpanan barang baik berupa obat dan alkes, kosmetik, makanan dan minuman, baju, dan sebagainya haruslah disesuaikan dengan kebutuhan barang. Misalnya saja, ada obat tertentu yang membutuhkan suhu spesial. Sama halnya dengan makanan, minuman dan kosmetik.

Lokasi penyimpanan alias gudang harus didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Perlu adanya pengaturan temperatur, dan jarak antar barang misalnya.

Lokasi penyimpanan juga harus bebas banjir, dan mudah diakses oleh pihak yang berkepentingan seperti kurir/pengantar barang masuk, kurir pengambil barang yang dipesan.

software erp manufaktur pergudangan terbaik di Indonesia

Selain itu, besarnya lokasi penyimpanan perlu dipertimbangkan. Semakin banyak barang yang akan dijual atau dibutuhkan oleh konsumen, tentunya membutuhkan gudang yang semakin besar. Jangan sampai karena gudang terlalu kecil, tata letak investaris menjadi berantakan.

2. Tata Letak Gudang yang Efisien

Tata letak gudang sebaiknya disesuaikan dengan manajemen sistem yang diterapkan pada gudang. Setiap perusahaan menentukan tata letak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja menggunakan sistem FIFO (First in First Out), atau bisa juga menggunakan sistem FEFO (First Expired First Out).

Tata letak gudang obat

Pada sistem FIFO, barang yang masuk belakangan diletakkan di belakang sehingga barang yang masuk duluan akan keluar lebih dulu. Sedangkan pada sistem FEFO, barang yang waktu kadaluwarsanya lebih cepat/dekat, diletakkan di depan, sehingga ia akan dikeluarkan lebih dulu.

Biasanya, sistem FEFO ini diterapkan oleh perusahaan makanan dan minuman, atau perusahaan farmasi dan kosmetik. Perusahaan dapat mengkombinasikan kedua sistem ini. Misalnya saja, bagi barang yang tingkat perputarannya rendah (jarang diorder), menggunakan sistem FEFO. Sedangkan barang yang perputarannya cepat, menggunakan sistem FIFO.

Dengan begitu, produk yang paling sering terjual dapat diletakkan di bagian depan, atau letaknya harus mudah diakses sehingga dapat diambil dengan cepat. Dengan demikian, setiap perusahaan yang belum gudangnya belum mempunyai tata letak gudang yang efisien, perlu menata ulang tata letak dan memastikan akses mudah ke barang paling popular sehingga bermanfaat bagi perputaran barang

Pada beberapa perusahaan atau industri, diperlukan pula pengkategorian barang untuk meminimalkan kesalahan dan meningkatkan keakuratan pencatatan. Misalnya saja, pada gudang obat dan alkes dapat dibuat kategori berdasarkan bentuk sediaan seperti kategori sediaan cair (sirup, infus, elixir, injeksi, dsb), kategori sediaan padat (tablet dan kapsul), kategori sediaan semi padat (krim, salep, dsb).

Tata letak barang juga bisa lebih didetailkan misalnya sesuai huruf abjad agar obat dan makanan mudah ditemukan.

3. Keakuratan Sistem Pencatatan Barang

Stok barang di gudang perlu dijaga keakuratannya agar sistem pergudangan dan suply chain dapat berjalan dengan baik.

Perhitungan awal, perhitungan stok regular, atau kesalahan dalam pengambilan pesanan dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam perhitungan dan berpengaruh pada manajemen sistem gudang.

Ketepatan pencatatan barang memang merupakan salah satu masalah yang paling menantang dalam menajemen gudang. Penyebab utama dari kesalahan dalam pencatatan adalah human error atau kesalahan perhitungan. Selain itu juga karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan SDM/petugas gudang dalam pengelolaan gudang.

Sistem pencatatan gudang

Bagaimana mengatasi masalah ini? Karena biasanya penyebab utama adalah human error, maka perusahaan perlu mengadakan pelatihan intensif bagi semua petugas gudang agar mereka memiliki pengetahuan yang lebih baik untuk mengelola gudang.

Edukasi dan informasi mengenai bagaimana sistem pada pergudangan perlu disampaikan kepada semua SDM gudang sehingga mereka dapat mengetahui apa yang dikerjakan dan apa dampaknya pada sistem gudang.

Penggunaan software manajemen gudang bisa menjadi solusi efektif untuk mempermudah dan memperkecil tingkat kesalahan yang dilakukan oleh petugas gudang.

Saat dulu bekerja di rumah sakit, setiap sebulan sekali, ada yang namanya stok opname. Stok opname ini berfungsi untuk mencari perbedaan stok barang pada pencatatan. Bahkan, kami membandingkan pencatatan manual vs pencatatan pada komputer.

Salah satu penyebab perbedaan stok barang dapat terjadi karena ada barang yang tidak berada pada tempatnya. Misalnya krim obat X nyasar ke tempat salep, dan sebagainya.

Tidak semua perusahaan melakukan stok opname setiap bulan. Ada yang tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali. Padahal jarak setiap stok opname bisa mempengaruhi keakuratan pencatatan barang vs jumlah barang real.

4. Proses Penyiapan Barang Sesuai Orderan

Proses penyiapan barang sesuai pesanan amat penting. Ketepatan penyiapan barang akan menentukan benar tidaknya barang yang akan di kirim dan mempengaruhi stok barang real dan pencatatan.

Masalah pada manajemen gudang

Masalah bisa terjadi pada proses ini karena kesalahan selama menerima atau pencatatan order.

Software manajemen gudang akan sangat membantu, walaupun beberapa aktivitas kadang tetap membutuhkan pencatatan manual.

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan dalam proses penyiapan barang adalah SDM perlu meningkatkan fokus dan ketelitian. Kadang diperlukan kroscek/cek silang dari petugas lain.

5. Pentingnya Quality Control

Quality Control (QC) harus dimiliki oleh semua perusahaan. Apabila terjadi overload atau overwork pekerjaan, maka QC menjadi garda terakhir yang memastikan semua berjalan dengan baik.

Misalnya saja bila satu petugas harus melakukan semua pekerjaan seperti pengambilan barang, pengepakan, pengiriman barang, dan pencatatan, maka terjadinya kesalahan akan berisiko sangat tinggi.

Oleh karena itu, diperlukan QC yang terpisah sehingga lebih aware dan valid dalam melakukan tugasnya.

Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik

Bagaimana pun juga, perusahaan atau industri besar memerlukan software agar sistem pergudangan berjalan dengan baik. Akan sangat memakan waktu dan tidak efisien jika semuanya dilakukan secara manual.

Oleh karena itu, sahabat ismi perlu tahu, software ERP apa yang bagus untuk pergudangan.

Mengapa ERP? ERP sendiri adalah sistem dan software yang dirancang oleh SystemEver untuk perusahaan industri manufaktur (manajemen pabrik-i7 series) untuk mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi, mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor dan lain-lain.

Sistem cloud ERP ini dapat memfasilitasi perusahaan manufaktur dengan informasi yang akurat dan real-time sehingga perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang baik didasarkan data yang didapatkan.

Sistem ERP terbukti mampu menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran industri manufaktur.

Mengapa i7?

i7 adalah sistem software ERP yang terintegrasi dan disesuaikan dengan kebutuhan manajemen pabrik.

i7 menjadikan Perusahaan Anda lebih efektif dan efisien.

Siapa Pengguna i7?

1. Pabrik yang sedang berkembang dan kesulitan dalam integrasi data dan sistem manajemen.

2. Pabrik yang memiliki MPS (Master Production Schedule) dan BOM (Bill Of Material)serta ingin mengelola menjadi efektif dan efisien.

3. Pabrik yang ingin melakukan perencanaan produksi dan menerapkan berdasarkan rencana penjualan jangka panjang/pendek.

Manfaat Sistem ERP

Sistem ERP memiliki banyak manfaat bagi industri manufaktur, antara lain:

1. Penyimpanan Data yang Aman

Penyimpanan data industri dengan bentuk kertas sangatlah tidak aman, tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Kertas juga berpotensi rusak dan hilang.

Sama halnya bila data disimpan dalam  flash disk atau hard disk. Keamanan data tidak terjamin, apalagi bila ada banyak orang yang menggunakan data tersebut.

Penerapan sistem ERP pada industri manufaktur, membuat perusahaan dapat memberikan akses kepada karyawan untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja.

2. Pengelolaan Inventaris Secara Keseluruhan

Penggunaan sistem ERP dalam industri manufaktur menjadikan perusahaan dapat memantau stok barang. Dengan demikian, perusahaan dapat melihat produk mana yang populer dan mana yang kurang diminati pasar.

3. Penyediaan Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang karyawan seperti bagaimana pekerjaan mereka, produktivitas, efektivitas dan efisiensi dari setiap kinerja karyawan.

Mengenal SystemEver, Software ERP di Indonesia

Software erp manufaktur pergudangan terbaik

SystemEver, sebuah produk teknologi cloud ERP yang dimiliki oleh Younglimwon Softlab ini berasal dari Korea Selatan. SystemEver hadir di Indonesia sejak tahun 2017, dan SystemEver telah merancang sejumlah produk software manajemen ERP yang disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis dalam skala medium enterprise (UKM).

Salah satu produk Cloud ERP SystemEver adalah produk i7 (Manufacturing) yang bisa menjadi solusi pengelolaan manajemen yang makin kompleks.

Dengan keunggulan fitur tampilan Visual K-Process Map, produk i7 memudahkan pengguna menjalankan tugasnya secara kolaboratif dan terintegrasi dengan lebih simple dan efisien.

Manajemen Pergudangan yang Dapat Dilakukan oleh SystemEver

Berikut ini adalah contoh dari manajemen pergudangan dapat dilakukan oleh SystemEver, software ERP manufaktur pergudangan terbaik untuk perusahaan:

1. Multi-location Inventory

Memungkinkan perusahaan memiliki catatan persediaan yang akurat di masing-masing lokasi toko / gudang. Transfer persediaan antar lokasi dengan lebih mudah.

2. Mengontrol Inventory dengan Cerdas

SystemEver memberikan kontrol persediaan dengan cerdas atas pemesanan ulang persediaan. SystemEver juga membantu memastikan gudang memiliki cukup persediaan untuk mengantisipasi pemenuhan pesanan, tetapi menjaga stok berlebih seminimal mungkin.

3. Stock Opname

software ERP manufaktur pergudangan terbaik untuk perusahaan

 

SystemEver membuat stok opname menjadi lebih sederhana dan efisien. Petugas gudang dapat mengerjakan stok opname di gudang atau toko dengan barcode scanner dan iPad untuk menambah jumlah barang langsung ke dalam sistem.

4. Perakitan Produk

Proses pencatatan perakitan produk menjadi lebih cepat dan mudah. SystemEver mencatat semua biaya produksi untuk pelaporan margin yang lebih akurat.

5. Bill Of Materials

SystemEver dapat melacak persediaan bahan baku di Turboly. Bahan baku secara otomatis dikonversi menjadi barang jadi setelah bahan baku tersebut dirakit. Dengan SystemEver, modul akuntansi secara otomatis melakukan penyesuaian dan akan menghilangkan kesalahan manual.

6. Kontrol Persediaan Konsinyasi

SystemEver membuat perusahaan memiliki informasi pada persediaan konsinyasi sebagai pemilik barang.

Setelah barang keluar dari gudang, lebih mudah untuk mengontrol apakah partner pengecer memiliki tanggung jawab dan dapat melakukan penjualan serta memastikan bahwa semua produk perusahaan dijual.

Turboly membantu melacak pergerakan persediaan konsinyasi meskipun barang tidak berada di gudang perusahaan.

7. Perhitungan HPP

Turboly mengadopsi metode pencatatan nilai persediaan rata-rata, perhitungan biaya produk otomatis berdasarkan perusahaan (pusat) atau toko.

Dengan kata lain, semua data terintegrasi secara otomatis ke modul akuntansi membuat harga barang dan penilaian persediaan selalu terbaru.

8. Alokasi Stok Gudang

Turboly memiliki kemampuan yang kuat dalam pelacakan persediaan di beberapa lokasi dalam satu gudang. Ini memungkinkan perusahaan untuk membuat sub-lokasi baru (misalnya: Zona, Rak, atau lorong) dan ketika sub-lokasi ditentukan, item apa pun dapat dialokasikan dan disimpan di sub-lokasi ini, yang memberikan informasi tingkat persediaan di semua lokasi fisik.

Testimoni Salah Satu Pengguna SystemEver

Jung Saem Mool adalah brand kecantikan ternama asal Korea Selatan, bagi Anda pecinta #Kbeauty tentu tidak asing dengan #jsmbeauty . Sebagai salah satu brand ternama, Jung Saem Mool memiliki kebutuhan untuk mengintegrasikan proses penjualan, ketersediaan barang, capital flow, hingga Analisa data yang dapat membantu karyawan bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

Mengapa Jung Saem Mool memilih SystemEver?

Menurut Mr. Kwon Ki-deok (SCM Team Leader), “SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikannya, karena memiliki excel interface. SystemEver memiliki cost structure yang transparan dan jelas. Sehingga cost analysis data menjadi lebih akurat dan membantu manajemen dalam menentukan keputusan.”

Dari tulisan di atas, aku harap sahabat ismi dapat memperoleh kesimpulan bahwa Sotware ERP Manufaktur membantu bisnis yang sedang tumbuh dan berkembang menjadi lebih berkinerja dengan sistem informasi manajemen yang akurat dan realtime.

Kapan saja dan dimana saja, pemimpin perusahaan tetap dapat membuat keputusan bisnis terbaik karena menggunakan SystemEver, sebuah software ERP manufaktur pergudangan terbaik.

Aku yakin, SystemEver Indonesia siap dan bisa menjadi mitra bisnis yang terpercaya. Bagi sahabat ismi yang ingin pengelolaan  bisnisnya #jadimudah langsung saja bergabung di https://systemever.co.id/id/join-partner.

Semoga dengan adanya software ERP manufaktur pergudangan terbaik ini, manajemen gudang perusahaan menjadi lebih efisien dan efektif.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *