Rekap Transaksi Harian, Memudahkan Bisnis Kuliner

Facebooktwitterredditmail

Beberapa teman saya mulai melirik bisnis kuliner. Mereka mendirikan restoran, cafe, coffee shop, bahkan ada juga yang jualan camilan ringan menggunakan booth kecil di rumahnya dan memasukkan makanan tersebut ke aplikasi online kuliner sehingga jangkauan konsumen menjadi lebih luas.

Tentu saja saya mendukung bisnis tersebut. Sebagai penikmat kuliner, mencicipi makanan teman sendiri dan melihat bisnis mereka berkembang merupakan sebuah kebahagiaan.

Saya menyempatkan datang ke rumah makan mereka, memesan makanan, dan menulis review baik di blog, Instagram, atau membuat video di Youtube. Alhamdulillah, tulisan non sponsored post tersebut malah mendulang view tinggi di antara artikel saya lainnya. Begitu juga dengan video Youtube, justru membawa banyak view.

Saya meyakini bahwa salah satu kunci majunya bisnis adalah sistem pencatatan keuangan yang mumpuni. Seabagai orang yang pernah terjun dalam bisnis online, salah satu kesulitan saya adalah keuangan yang masih bercampur dengan finansial rumah tangga. Atau transaksi tidak terekap dengan baik. Akibatnya, omset dan laba tidak jelas kemana larinya. Entah untung atau rugi karena setiap ada laba bisa jadi langsung saya pakai uangnya, ckckck.

Bayangkan bila hal tersebut terjadi dalam bisnis kuliner yang setiap hari ada pembelinya. Akhir bulan, pemilik bisnis akan kesulitan merekap semua transaksi yang ada. Lama-lama, jika keuangan tidak terdokumentasi dengan baik, tentu akan mengancam kelangsungan dan perkembangan bisnis.

Kenapa Harus Rekap Transaksi Harian?

Produk yang fast moving seperti kuliner jelas membutuhkan rekap transaksi harian. Transaksi pembelian bahan-bahan untuk membuat makanan dan transaksi penjualan sebaiknya direkap harian.

Hal ini juga memudahkan pengecekan oleh supervisor atau pemilik bisnis. Jadi akan ketahuan jika ada hal-hal yang aneh dari segi keuangan. Dengan kata lain, audit akan lebih mudah dilakukan.

Dengan melihat rekap transaksi harian, pemilik usaha juga dapat menentukan kemana arah pengembangan bisnisnya. Mengapa? Karena owner bisa mengetahui produk apa yang disukai pelanggan, berapa jumlah produk yang terjual, dan hasil penjualan maupun keuntungannya. Dengan begitu, owner dapat membuat promo, diskon, bahkan inovasi produk.

Untuk bisnis kuliner yang mempunyai banyak cabang, merekap transaksi harian juga memberi banyak keuntungan. Pemilik bisnis tidak perlu datang ke setiap cabang, tapi cukup melihat laporan rekap transaksinya saja.

Tapi, bukankah kita membutuhkan sumber daya lebih banyak jika harus ada orang yang merekap transaksi harian? Jangan khawatir, sekarang sudah ada sebuah sistem yang dapat melakukan semua hal tersebut.

rekap transaksi harian

Sistem Point of Sales, Solusi Operasional Bisnis Kuliner

Sistem yang saya maksud bernama Point of Sale. Apakah itu? Point of Sale dapat diartikan sebagai titik dimana pembeli atau penjual melakukan pembayaran atas barang yang diterima. Atau dapat dianggap sebagai titik penjualan (check-out) ketika transaksi selesai.

Dengan kata lain, Point of Sale merupakan kombinasi antara mesin kasir dengan aplikasi kasir. Sistem ini tidak hanya berupa aplikasi pembayaran di kasir, tapi juga dilengkapi dengan fitur akuntansi lainnya seperti sistem hutang, piutang, pajak, pembelian dan stok. 

Nah, dengan rekap transaksi harian secara online menggunakan Point of Sale, semua pembelian, termasuk pada bisnis kuliner akan tercatat dengan rapi. Data-data yang tercatat jelas akan memudahkan dokumentasi operasional sehingga omset dan laba terlihat dengan jelas.

SPOTS, Aplikasi Kasir dari GOJEK untuk pelaku UMKM

Banyaknya aplikasi Point of Sale mungkin membuat beberapa pelaku usaha menjadi bingung memilih aplikasi mana yang akan digunakan. Beruntung, GOJEK mengeluarkan perangkat multifungsi bernama SPOTS. 

SPOTS

SPOTS dapat menerima pesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Transaksi pembayaran non tunai tentu mendukung iklim cashless yang sudah lama digaungkan.

Berapa harganya? Hanya dengan biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari, pemilik usaha sudah dapat memiliki dan menggunakan SPOTS untuk rekap transaksi hariannya. 

Wow, murah sekali. Siapa pun dapat menjalankan usaha kuliner dengan transaksi keuangan tercatat dengan baik. Meski usaha kulinermu terbilang baru dan kecil, penggunaan SPOTS tidak membutuhkan banyak SDM. Alhamdulilah, GOJEK sangat membantu para UMKM kuliner di Indonesia ya.
Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai SPOTS, langsung saja kunjungi website SPOTS.

(Visited 427 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

63 thoughts on “Rekap Transaksi Harian, Memudahkan Bisnis Kuliner

  1. Miss Riana Reply

    Keren. Murah meriah ya mbak. Ini penting banget nih utk meringankan kerjaan si owner. Oh ya, ini bisa dipake utk bisnis apapun mbak? Atau cm kuliner saja?

  2. Latifah Kusuma Reply

    Rekap harian gini memang penting Mbak. Aku pernah bisnis, rekap itu harus cepat dan tepay. Asyik ya, sekarang lebih mudah dibantu oleh aplikasi ?

  3. agi pranoto Reply

    coba spots ini bisa buat petshop :””) alangkah indahnya kehidupan
    ((edisi bini stres nunggu laki rekap kaga balik2))

  4. Mini GK Reply

    Patut dicoba. Soalnya selama ini aku gak jelas antara uang masuk dan keluar. Apalagi kalau pas pegang uang besar dan ketemu buku. Niatnya mau dijual malah habis dipakai sendiri

  5. vika Reply

    Gum, jadi lebih jelas ya tiap transaksi yang sudah diperoleh dalam satu hari. Mempermudah

  6. Hanifa Reply

    Wah makin cakep aja nih produk-produk yang mendukung gerakan cashless sekarang ini! Biaya aktifasinya nggak sampe 300k dan biaya pemeliharaan setiap harinya nggak terlalu mahal. Cucok lah buat para pengusaha yang nggak pengen ribet pembukuan :))

  7. Einid Shandy Reply

    Keren ya aplikasi ini Kak.
    Bisa jadi aplikasi rekapan harian.
    Jadi makin penasaran sama ini tapi nggak punya bisnis di bidang yang butuh rekapan harian.

    Salam.

  8. Eno Reply

    Nah itu dia. Uang jualan kecampur sama uang pribadi karena pencatatan yang kacau balau. Aku juga ngalamin gitu.

  9. Disma Reply

    Ibu kemarin tertarik buat buka usaha kuliner di rumah jadi partner go-food. Bisa nih pakai SPOTS aja buat manage penjualannya. Harganya murah juga ya mb

  10. Mei Reply

    Mba SPOTS ini memang dikhususkan untuk kasir di bidang usaha kuliner saja ya, kalau baca dari tulisannya? kalau iya berarti semua usaha kuliner yang bekerjasama sama Go-Jek berarti sudah pakai ini semua ya, keren ya Go-Jek baca pasarnya, out of the box banget idenya

  11. Nina Reply

    Setuju banget. Kalau punya bisnis memang harus jelas uang keluar masuk ya, biar untung bukannya buntung 🙂

  12. Bimo Aji Reply

    Wah ini mah komplit banget aplikasinya. Berarti aplikasinya bisa online juga dong, apakah ada fungsinya sama kayak hape yah bisa tahu nama pelanggan dan permintaan orderannya?

  13. iidYanie Reply

    Aplikasi SPOTS canggih ya, mampu mengatasi persoalan transaksi harian bisnis kuliner yang biasanya suka ribet kalau dikerjakan secara manual, apalagi kalau konsumennya sudah banyak

  14. Monica Anggen Reply

    Untuk pengusaha, rekapitulasi atau pencatatan keuangan yang dilakukan setiap hari penting banget dilakukan agar progress usaha bisa terpantau dengan baik. Memang sedikit merepotkan kalau dilakukan manual. Makanya perlu pemanfaatan teknologi ya, seperti aplikasi kasir SPOTS ini yang bikin proses rekap bisa cepat dan tepat.

  15. Maskris | www.maskris.co.id Reply

    Aku setuju sama tulisannya mak… Rekap transaksi itu penting tapi selalu merepotkan.. Adannya aplikasi SPOTS bisa jadi solusi untuk mengembangkan bisnis karena rekapannya mudah.. 😀

  16. Rhoshandhayani KT ? Reply

    ntar kalo aku punya bisnis kuliner ya, bakalan aku pake tuh spots. soalnya membuat beres pesanan.
    yaaa semoga disegerakan punya bisnis kuliner. aamiin…

  17. Ruli retno Reply

    Bisa rekap transaksi harian dengan akurat tanpa nambah banyak karyawan itu membantu banget. Apalagi kalo punya banyak cabang ya

  18. Dian Ravi Reply

    Aku mau ngenalin SPOTS ke temen aku yang punya usaha ah, penting ini. Jadi lebih mudah. Kasian dia suka repot dengan pembukuannya, karena masih semua dikerjakan sendiri.

  19. Nova Violita Reply

    Ini bisa untuk warung biasa ya..m, memudahkan banget..

    Biasanya aku dan suami nulis mania gitu..
    Ntar pelajarin lagi soal sports ini kalau dibutuhkan bakal beli juga..

  20. Liza Reply

    Itu spots kepunyaan gojek ya mbak dian. Kirain apalah gitu pas belanja atau makan di cafe yang bisa gofood

  21. Sandra Nova Reply

    Ooh jadi ternyata ini salah satu inovasi gojek juga toh, baru tau akuuu… Buat para pengiat UKM berguna banget nih, praktis & memudahkan apalagi kalau ngga bawa cash 😀

  22. Lina sophy Reply

    Aplikasinya spots ini keren banget ya mbak, membantu sekali buat para pelaku ukm untuk mengelola keuangan mereka.

  23. Nanik Nara Reply

    Sama kayak saya, belum bisa memisahkan antara uang rumah tangga dengan uang buat usaha. Alhasil, untung atau rugi nggak begitu ketahuan. Apalagi nggak ada catatannya. Dengan aplikasi dan perangkat ini, semua bisa tercatat dengan baik ya

  24. Inna Riana Reply

    jadi pengen punya bisnis kuliner juga. kasirnya pake spots. aih transaksi jadi mudah tanpa perlu investasi mahal untuk beli mesin kasir 🙂

  25. Seno Reply

    Setuju, Kak. Saya juga sering amburadul ngurusin rekap keuangan. Akhirnya cashflow berantakan. Wkwkwk…. Ternyata ada aplikasi keren kek gini ya? Wah, mantul banget iki ….

  26. Nia K. Haryanto Reply

    Keren ya aplikasi dan alat SPOTS ini. Bikin hal rumit soal perkasiran jadi sederhana dan ringkes. Kekinian pula bisa cashless. Semoga banyak pelaku UMKM yang mendapat manfaat dari SPOTS ini.

  27. Desy Yusnita Reply

    Enak sekarang ada SPOT jadi yang punya usaha juga ga pusing sama catat penjualan. Biaya perawatannya juga cukup terjangkau ya.

  28. Utie adnu Reply

    Boleh nih inovasi SPOT bikin mudah para umkm mngatur keuangan jugs aplg bisa terhubung dgn GoSend makin berkembang bisnisnya

  29. Cindy Vania Reply

    SPOTS ini memudahkan para UMKM dan pembeli juga ya mbak. Semoga makin banyak deh pedagang2 yg pakai, agar makin cepat juga transaksinya

  30. Lisdha Reply

    keren bgt inovasi gojek nih. kontribusi berharga pada pengembangan umkm yg tak berhenti pada go food.

  31. Dedew Reply

    Bagus ya SPOT jadi pencatatan keuangan usaha jadi teratur, kunci sukses banget buat UMKM, biayanya juga terjangkau

  32. Afifah Haq Reply

    Alhamdulillah spots menjawab kegelisahan aku soal pembukuan dari usaha yang mau aku rintis nanti. Temenku yang bisnis kuliner juga merasa terbantu dengan hadirnya spots ini.

  33. Liswanti Reply

    Gojek makin kece ya dengan menghadirkan SPOTS, ini sangat memudahkan para UKM dalam rekap bisnisnya.

  34. April Hamsa Reply

    Iya kalau punya bisnis mestinya juga setiap transaksi utamanya transaksi harian dicatat ya mbak. Kalau pakai SPOTS ini kyknya enak ya gak usah itung2 manual lagi, transaksi udah ada tinggal cek2 dikit aja

  35. Lidya Reply

    Buat pelaku bisnis memudahkan usahanya, buat pembeli jadi punya bukti pembelian ya dengan adanya aplikasi kasir seperti ini

  36. lendyagasshi Reply

    Jadi…
    Bagi yang gak telaten ngurusin pembukuan endesbre endesbre saat memiliki usaha, terutama kuliner, jadi menggunakan SPOTS adalah keputusan terbaik.

  37. Suciarti Wahyuningtyas Reply

    Pakai SPOTS nih membantu sekali ya mbak untuk para UMKM, karena memang beberapa rumah makan kecil sudah banyak yang pakai SPOTS. Beberapa kali aku selalu bayar online dan mereka pasti pakai SPOTS.

  38. Yurmawita Reply

    Mending pake ini ya bisa buat laporan keuangan juga lengkap dan terekap semua jenis transaksi. Spots memang juara buat pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.