Pola Hidup Sehat Ideal, Dambaan Setiap Orang

Facebooktwitterredditmail
Foto from pixabay.com

Pola Hidup Sehat Ideal, Dambaan Setiap Orang

Pola hidup sehat ideal itu yang bagaimana sih? Apakah harus menjadi vegetarian? Ataukah harus tidak mengonsumsi garam dan gula sama sekali? Atau harus olahraga setiap hari? Jawabannya, tentu saja tidak. Anda tetap boleh makan daging, boleh memakai gula dan garam dalam masakan, dan tentu saja olahraga secukupnya.

Pola hidup sehat ideal adalah makan dengan gizi seimbang yang berisi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Protein pun tidak masalah bila dari protein hewani, asal tidak berlebihan. Konsumsi daging yang berlebihan, berpotensi meningkatkan tekanan darah (terutama karena bumbu masakan yang tinggi garam), meningkatkan risiko kolesterol tinggi (bisa jadi bentuk olahan yang ditambah santan atau lemak lainnya yang berasal dari gajih hewan), bahkan meningkatkan risiko kanker (pada masakan hewani yang dibakar dan termakan bagian gosongnya, fast food, ataupun makanan hewani yang digoreng dengan minyak berkali pakai) sehingga memang perlu hati-hati sekali dalam konsumsinya.

Sama halnya dengan gula dan garam. Ada batasan konsumsi gula dan garam yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI yaitu 4 sendok makan gula,  dan 1 sendok teh garam. Nah, jadi kita tidak boleh sembarangan atau berlebihan ya dalam konsumsi gula dan garam. Padahal dalam kecap saja sudah ada garamnya, belum lagi dalam kue manis yang kita makan. Bila berlebihan bagaimana? Garam yang terlalu banyak, dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat, sehingga terjadi penyakit hipertensi. Sementara gula yang berlebihan meningkatkan risiko diabetes. Nggak mau kan terserang kedua penyakit tersebut? Yuk, mulai batasi jumlah gula dan garam kita.

Lalu bagaimana dengan olahraga?

Ternyata, olahraga yang diforsir juga dapat berakibat fatal. Mulai dari rentan cidera, tenaga yang terkuras habis sehingga dapat terjadi dehidrasi, hingga kelelahan yang bisa saja memicu terjadinya serangan.jantung. Oleh karena itu, olahragalah sewajarnya. Tiga kali seminggu @30 menit, rasanya cukup ideal di bulan biasa. Sedangkan di bulan puasa, porsi olahraga dapat dikurangi baik intensitasnya maupun berat ringannya. Bila olahragamu bertujuan untuk membentuk otot, pastikan konsumsi proteinmu ditambah. Siapa yang habis berolahraga justru nambah porsi makanan yang berlemak? Nanti sama saja bohong, yang ada bukannya berat badan jadi ideal, tapi malah naik.

Oh ya, ada satu hal lagi yang penting, yaitu pengelolaan psikis, terutama stres. Beban kerja yang tinggi, atau beban keluarga dan rumah tangga yang besar, kadangkala mengakibatkan diri kita menjadi stres. Kalau sudah begitu, penyakit bisa saja muncul. Diare, tekanan darah tinggi, hingga dispepsia atau yang dikenal oleh masyarakat.dengan sebutan maag, merupakan beberapa penyakit yang dapat dipicu oleh stres. Belum lagi penyakit psikis lainnya seperti depresi, juga ada hubungannya dengan pengelolaan stres yang gagal lho. Jadi, mulai dari sekarang pelajari manajemen stres. Sadari bahwa setiap masalah dalam hidup, adalah ujian yang mampu kita lalui.

Pola hidup sehat ideal tentunya adalah dambaan setiap orang. Baik pria maupun wanita, berusaha untuk hidup sehat, sehingga dapat hidup lebih bermanfaat dan tidak membebani orang lain.

Semoga kita semua dapat melaksanakan pola hidup sehat ideal ya=)

(Visited 162 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

3 thoughts on “Pola Hidup Sehat Ideal, Dambaan Setiap Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *