Perlindungan Ekstra di Masa Pandemi, 5M Apakah Cukup?

Facebooktwitterredditmail

We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act, but a habit- Aristotle

Kata Aristotle, kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Bukan hanya sesuatu yang dipraktikkan, tetapi yang akhirnya menjadi kebiasaan.

Menurutku, quote dari Aristotle itu cocok untuk dipraktikkan selama pandemi. Mungkin enggak cuma aku yang merasakan, tapi kamu juga. Semakin banyak orang yang aku kenal, bahkan orang dalam lingkaran terdekat yang positif corona. 

Bila dulu diawal pandemi, orang yang positif corona masih berada di luar lingkaran keluarga. Kini sebaliknya. Bila dulu yang positif adalah temannya teman. Sekarang justru teman sendiri.

Kadang bila sedang keluar rumah, enggak semua orang mematuhi protokol kesehatan. Jangankan 5M, 1M yaitu memakai masker saja enggak dilakukan. Padahal justru semakin lama, jumlah kasus semakin tinggi. Artinya, bukan hanya mempraktikkan 5M sesekali, tapi seharusnya sudah menjadi sebuah habit atau kebiasaan. Bahkan, aku pribadi mulai melakukan perlindungan ekstra, tambahan selain 5M.

5M, Ada yang Sudah Lupa?

Sebelum membahas tentang perlindungan ekstra yang aku lakukan, mari ingat-ingat lagi tentang 5M. Takutnya ada yang lupa.

1. Memakai Masker

Penggunaan masker enggak hanya ketika berada di luar rumah, tapi juga di rumah ketika berkumpul dengan saudara yang jarang bertemu. Sama halnya ketika ada tamu atau tetangga yang berkunjung ke rumah.

Jadi bukan mentang-mentang berada di rumah sendiri, lalu bebas lepas masker. Tergantung, siapa yang sedang kamu temui, atau dengan siapa kamu berinteraksi di dalam rumah. Keluarga sendiri yang ditemui setiap harikah? Atau orang baru yang kamu enggak tahu dia habis bepergian kemana dan bertemu siapa saja.

Terkait masker sendiri, dulu masih boleh pakai masker scuba. Sekarang masker berbahan scuba sudah dilarang. Lalu di tempat-tempat tertentu seperti rumah sakit, yang diperbolehkan adalah masker medis, bukan masker kain.

Sebagai informasi, pada tanggal 10 Februari 2021, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC (Center for Disease Control) telah memberikan rekomendasi terbaru terkait pemakaian masker untuk mencegah penularan virus corona. Menurut CDC, ada dua metode yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap virus. Dua metode tersebut, 95% dapat mengurangi paparan aerosol yang berpotensi menularkan corona.

Metode apakah yang dimaksud? Metode pertama adalah menggunakan masker ganda atau dobel, yaitu penggunaan masker kain di atas masker medis sekali pakai. Pastikan kawat tipis yang berada di bagian atas masker ditekan ke arah wajah sehingga bentuknya pas mengikuti lekukan hidung.

Eksperimen yang dilakukan oleh CDC untuk menguji keefektifan kombinasi masker menunjukkan hasil yaitu masker bedah tiga lapis memblokir 42% partikel dari simulasi batu, masker kain tiga lapis memblokir 44%. Tetapi masker kain yang menutupi masker medis memblokir sebanyak 92% partikel.

Metode kedua adalah meningkatkan kesesuaian masker dengan wajah. Dengan kata lain, jika masker kurang pas, maka ikatlah kedua bagian tali masker. Kemudian baru masukkan tali ke telinga sehingga mencegah udara/ droplet masuk melalui tepi masker.

Selain itu, CDC juga menyarankan penggunaan kawat masker, mask filter, dan mengecek apakah ada celah diantara hidung, mulut dan dagu. CDC tidak menyarankan mengenakan kombinasi masker-masker medis karena tidak efektif. Termasuk kombinasi masker KN95 dengan masker medis.

Kesimpulan dari rekomendasi terbaru CDC adalah gunakanlah masker yang meningkatkan penyaringan, atau memblokir partikel kecil.

2. Mencuci Tangan

Mencuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun dan air mengalir. Hand sanitizer digunakan bila tidak ada sabun dan air mengalir. Jangan pegang area wajah Sebelum mencuci tangan ya.

3. Menjaga Jarak

Kalau kamu terpaksa harus keluar rumah, selalu ingat untuk menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain. Biar saja dibilang sombong, yang penting taat protokol kesehatan. Demi kesehatan semua orang.

4. Menjauhi Kerumunan

Ketika berada di luar rumah, jauhilah kerumunan atau keramaian dan jauhi pula ruangan yang ventilasinya buruk. Mengapa? Karena semakin banyak bertemu banyak orang, dan semakin buruk ventilasi ruangan, maka risiko terinfeksi corona juga semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas

Bila tidak ada keperluan yang penting dan mendesak, lebih baik tetap di dalam rumah. Walaupun kamu merasa sehat, tidak ada yang bisa menjamin kamu akan pulang dalam keadaan yang sama, karena virus corona dapat menular dengan cepat.

CDC dan para ahli sepakat bahwa pelaksanaan 5M harus dilaksanakan seluruhnya, bukan hanya sebagian. Itu artinya penggunaan masker harus dibarengi dengan mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi keramaian dan ventilasi dalam ruangan buruk, dan mengurangi mobilitas.

Pertanyaan berikutnya, dengan masih tingginya kasus corona di Indonesia dan mulai meningkatkan mobilitas semua orang, apakah 5M saja cukup?

Terus terang, aku juga mendisinfeksi barang-barang yang pernah dibawa keluar rumah. Seperti saat kemarin aku pergi ke rumah sakit untuk imunisasi bayi, handphone dan dompet aku masukkan ke dalam alat desinfeksi yang menggunakan sinar UV. Sedangkan barang-barang lain yang lebih besar, aku semprot dengan desinfektan khusus yang sifatnya aman bagi bayi.

Selain desinfektan, bagaimana bila ada pelindung ekstra yang dapat menghalau kuman ketika udara kotor terlanjur masuk melalui celah pada masker? 

Apakah ada perlindungan seperti itu?

Ternyata ada lho! Kamu bisa menggunakan nasal spray sebelum menggunakan masker. Kenalan yuk dengan nasal spray tersebut, namanya adalah QUIXX Nasal protection.

QUIXX Nasal Protection, Pelindung Hidung untuk Perlindungan Ekstra

QUIXX Nasal Protection adalah produk semprotan hidung pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berbentuk powder (bubuk) sehingga praktis dipakai. QUIXX berasal dari Inggris, dengan merek dagang asli NASALEZE (nasaleze.com) yang telah dipasarkan ke lebih dari 30 negara di dunia.

QUIXX adalah spray pelindung hidung yang berfungsi untuk membantu mencegah masuknya udara kotor, kuman dan bakteri ke dalam hidung. QUIXX membentuk lapisan pelindung pada permukaan hidung yang dapat menjebak partikulat berbahaya dari polusi (PM10 hingga PM2,5), alergen, dan efektif memblokir bakteri, kuman patogen, dan virus seperti influenza.

Kandungan QUIXX

Kandungan QUIXX adalah Hypercellulose Powder (natural ingredients from plants) dan Peppermint sehingga saat produk sudah bekerja di hidung, akan terasa segar dan pernapasan menjadi lega. Kandungan tersebut bersifat alami sehingga bisa dipakai dalam jangka panjang dan tidak terserap ke dalam tubuh/ paru-paru. 

Selain itu, QUIXX juga tidak menyebabkan kantuk sehingga dapat digunakan oleh siapapun yang akan terpapar polusi saat bepergian menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

QUIXX tidak hanya melindungi pernapasan dari partikel asing, tapi juga terbukti secara klinis mengurangi bersin, hidung berair, dan hidung tersumbat karena udara kotor, polusi dan debu. Dengan kata lain, QUIXX juga dapat digunakan untuk membantu mencegah dan meredakan alergi bagi penderita alergi rhinitis dan sinusitis.

Kapan Waktu Pemakaian QUIXX?

– Sebelum memakai masker 

– Saat akan terpapar udara kotor (dalam ruangan)

– Saat akan ke luar rumah 

QUIXX dapat dipakai 2-3 x sehari. QUIXX bisa dipakai semua umur, yaitu anak diatas 2 tahun, ibu hamil dan menyusui, serta sebagai terapi pendamping pada penderita alergi.

Cara Penggunaan QUIXX

1. Kocok dahulu sebelum digunakan agar bubuknya tercampur kembali. Karena saat disimpan, bubuknya mengendap. 

2. Arahkan bagian atas botol ke dalam lubang hidung. Lalu pencet QUIXX 1-2 kali sampai powder/ bubuk keluar dan masuk ke lubang hidung. Hirup secara perlahan. 

3. Produk sudah bekerja jika terasa aroma Peppermint.

Bagaimana Cara Kerja QUIXX?

QUIXX Nasal Protection yang berbentuk bubuk akan berubah menjadi gel saat disemprotkan ke dalam hidung. Gel inilah yang akan menempel atau melapisi mukosa rongga hidung untuk memblokir alergen/partikel udara kotor sehingga tidak masuk ke saluran pernapasan. 

QUIXX bekerja cepat dalam 2 menit sudah melindungi hidung. Proteksinya hingga 6-8 jam. Wah, lama juga ya, sampai 480 menit perlindungan.

Cara Penyimpanan QUIXX

Tutup rapat dan simpan pada suhu ruang. QUIXX tidak boleh terkena matahari langsung.

Kemasan

Saat ini hanya ada satu ukuran, yaitu kemasan 800 Mg. Satu botol QUIXX untuk 200 kali semprotan (2 lubang hidung), kurang lebih bisa dipakai selama 1-1,5 bulan.

Review QUIXX Nasal Protection

Sampai hari ini, aku keluar rumah sesekali saja, antara lain imunisasi anak atau harus ke dokter gigi saat tambalan gigiku lepas. Selain itu, aku juga belanja keperluan pokok rumah tangga di minimarket terdekat. Saat anak ulang tahun, aku dan keluarga makan di luar dengan mencari tempat makan yang menggunakan protokol kesehatan.

Tentu saja ada perasaan was-was saat keluar rumah, tetapi dengan melaksanakan 5M aku merasa lebih terproteksi. Nah, begitu tahu ada QUIXX Nasal Protection, langsung aku coba dong. Aku semprotin QUIXX ke hidungku sebelum keluar rumah. Terlebih saat harus ke rumah sakit mengantar anak imunisasi. 

Awalnya aku agak deg-deg an saat harus menyemprotkan QUIXX ke hidung, karena takut ada rasa sakit begitu bubuknya terhirup. Alhamdulillah, ternyata aku enggak ngerasain apapun. Malah terasa nyaman dan rileks. Kandungan Peppermint nya memang membuat pernapasan lebih lega.

Setelah menyemprotkan QUIXX, aku tetap memakai masker dong. Karena aturan di rumah sakit harus memakai masker medis, maka aku memakai masker medis. Aku juga mengikuti rekomendasi CDC yaitu mendobel masker medis dengan masker kain.

Oh ya, saat ini sedang ada promo di Tokopedia lho. Untuk setiap pembelian QUIXX Nasal Protection akan mendapatkan masker origami katun. Maskernya tuh bahannya adem, dan nyaman dipakai. Bentuk maskernya menutupi hidung, mulut dan dagu dengan sempurna. Benar-benar pas ketika dipakai. Untuk tali maskernya sendiri bila kegedean, tinggal diikat saja seperti rekomendasi CDC.

Kemasan QUIXX yang kecil dan handy, membuatku nyaman membawanya. Karena praktis dan bisa masuk ke dalam tas kecil. Jadi jika kamu bepergian seharian, bisa semprot QUIXX lagi hingga 2-3 kali. Setelah berwudu, bila bagian dalam hidung tergosok, maka penggunaan QUIXX boleh di ulang ya.

Oh ya, anak pertamaku mempunyai alergi terhadap debu dan bulu kucing. Padahal di rumah kami memelihara kucing. Saat hidungnya mulai tersumbat, aku menyemprotkan QUIXX. Hasilnya, pernapasannya lebih lega. Alhamdulillah. 

Kamu bisa mendapatkan QUIXX Nasal Protection di apotek terdekat seperti di Guardian, Century, Viva Health, Kimia Farma, K24, dan Apotek Roxy. Selain itu, QUIXX juga tersedia di official store Menarini di e-commerce seperti  Shopee, Lazada, Blibli, dan Tokopedia. Harga sendiri berkisar 95- 120 ribu rupiah. 

5M + QUIXX= Perlindungan Ekstra

Dengan menggunakan QUIXX Sebelum memakai masker, aku merasa lebih tenang. Karena bila udara kotor masuk melalui celah pada masker, maka di dalam hidungku sudah ada gel yang melindungi, dan membuat polusi, debu, alergen, kuman, bakteri serta virus terperangkap sehingga tidak akan masuk ke saluran pernapasanku.

Perlindungan ekstra memang diperlukan selama pandemi masih ada. Semoga usaha untuk melindungi diri berbuah manis. Kesehatanku dan keluarga tetap terjaga, jauh-jauh deh alergi dan corona.

Bagaimana denganmu? Apa saja perlindungan ekstra yang sudah dilakukan?

(Visited 498 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

80 thoughts on “Perlindungan Ekstra di Masa Pandemi, 5M Apakah Cukup?

  1. diane Reply

    Wah perlu pakai Quixx juga nih biar makin yakin untuk melindungi tubuh.. Pakainya juga gampang ya..

  2. Andiyani Achmad Reply

    perlindungan di masa pandemi memang harus ekstra ya, biar optimal dalam menjaga tubuh dari serangan bakteri dan virus, makanya perlu sekali menambahkan QUIXX Nasal Protection

  3. indah nuria Reply

    aku mencoba tetap disiplin dan menerpakna 5M yang merupakan pengembangan dari 3M ya mba. Semoga kita selalu terlindung yaa dari virus ini

  4. Nurul Sufitri Reply

    Produk Quixx sangat mendukung gerakan 5M ini ya. Btw pakai masker 1 aja udah gimanaaa gitu rasanya. Kini sebaiknya jadi dobel hihi… Makanya pernapasan mesti diatur sebaik.mungkin ya. Kalau mobilitas mau ga mau susah juga nih. Orang2 banyak yang masih berkeliaran ke mana2. Quixx boleh juga kucoba mau ah punya 😍😍

  5. nurulrahma Reply

    Setujuuu banget mba Dian.
    Quixx ini sangat dibutuhkan oleh kita semua.
    soalnya kadang suka gateell juga kelamaan pake masker, haha
    jadi butuh nasal spray deh

  6. Ucig Reply

    Mbaaa, selama pandemik itu aku ke pasar bisa dihitung dengan jari. Hiks. Padahal suka banget ke pasar. Alhamdulillah dkt rumah ada yg jual sayuran dan ikan..
    5M ini memang kuncinyaaa yaa dan berdoa
    Sehat2 yaa mba buat kita smua

  7. Dian Restu Agustina Reply

    Wah bagus ya Quixx hanya butuh waktu 2 menit lalu melindungi selama 6-8 jam. Wajib punya ini sebagai bagian dari perlindungan extra diri saaat pandemi. Apalagi untuk suami dan aanakku yang memang dasarnya ada alergi debu

  8. Syanaka Reply

    Ini produknya unik banget deh, udah lama aku liat banyak yg review tapi gak tau belinya dimana. Pengen juga sedia quixx biar kalo pada alergi debu tinggal semprot aja

  9. sarahjalan_ Reply

    Kalo ada rasa pappermint nya bagus ni pasti bisa bikin pernafasan jauh lebih segar, apalagi yang memang ada alergi debu, asap dll,

  10. Fenni Bungsu Reply

    Kandungan peppermint nya yang bikin seger hidung pasca disemprotkan ke hidung, maka memang asiknya digunakan sebelum pakai masker atau sebelum beraktivitas

  11. Nanik Nara Reply

    Pas lihat kemasannya, kirain QUIXX ini berbentuk cair, ternyata berbentuk bubuk ya.

    Iya nih, di lingkungan rumah saya juga tetangga udah biasa aja keluar rumah tanpa masker. padahal seminggu yang lalu ada aparat desa yang meninggal karena covid-19. Tapi warga santai aja, karena nggak boleh tahlilan di rumah duka, akhirnya malah menyelenggarakan tahlilan di masjid dekat rumah

  12. Siti Mustiani Reply

    Yap, intinya kudu extra yaa. Karena kesehatan itu penting, ah produk ini pasti bermanfaat ya terutama yang sering alergi sama debu dan dingin. Saya jadi ngebayangin cara pakenya seperti apa.

  13. Didik Reply

    Quixx sangat cocok dipakai saat pandemi seperti ini ya kak. Aku juga akan pakai ah untuk menjaga agar tidak terkena COVID-19, setelah harus menaati 5M sesuai protokol pemerintah itu.

  14. Yulia Rahmawati Reply

    Menjaga kesehatan sangatlah penting, apalagi di musim pandemik begini. Dengan pencegahan seperti QUIXX akan turut membawa tenang dalam beraktivitas sehari-hari

  15. Bambang Irwanto Reply

    Dari 3 M, sekarang meningkat jadi 5M ya, Mbak. Dan sayangnya masih banyak orang yang belum melaksanakan protokol kesehatan. Masih banyak yang tak memakai masker atau menjaga jarak. Diingatkan malah sewot hahaha.
    Jadi kita sendiri yang harus menjaga diri dengan ekstra ketat, termasuk harus pasang tameng agar tubuh terus sehat dan terhindar dari virus.

  16. Eri Udiyawati Reply

    Penerapan protokol kesehatan harus benar-benar dipatuhi ya, 5M. Enggak hanya pakai masker saja atau cuci tangan saja. Bahkan kalau perlu, agar hidung bersih kita mesti pakai QUIXX Nasal Protection. Jadi perlindungan ganda agar kita terhindar dari Covid-19.

  17. Eni Martini Reply

    Perlindungan hidung sangat diperlukan ya mba, aku belum pernah coba produk ini tapi lihat temen-temen pakai kayaknya penasaran deh.

  18. @hm_zwan Reply

    Kalau dulu 3M,sekarang bertambah jadi 5M ya. Nasal Quixx ini bisa ya buat yang alergi debu, suka bersin bersin gitu. Mau ceki ceki di Tokopedia, kebetulan mas ku ini alergi debu. Bisa ya pake ini

  19. Sapti nurul hidayati Reply

    Bermanfaat sekali ya quixx nasal ini. Cara pakainya gampang nggak mbak? Ini fungsinya sebagai pembersih saluran hidungkah?

  20. Nia Haryanto Reply

    Jika disiplin, perlindungan 5M bisa membuat kita selalu sehat. Tapi buatku, di masa pandemi ini hidung jadi sensitif. Jadinya harus dikasih ekstra perlindungan. Butuh Quixx nih aku kayaknya.

  21. Ria Nugros Reply

    Selain menerapkan protokol kesehatan, memiliki QUIXX Nassal ini juga sama pentingnya ya ikhtiar biar tetap sehat saat pandemi. Wajib dibawa juga nih saat berpergian.

  22. Adriana Dian Reply

    Aku juga pake quixx nih mba, cocok banget buat perlindungan ekstra sebelum pake masker yaaaa. Buat yang punya laergi debu juga cocok banget yaaa

  23. Dian Reply

    ah benar sekali ya mbak, pandemi yang tak kunjung usai ini membuat kita harus ekstra melindungi diri
    ternyata, tak cukup hanya dgn 5 M ya mbak, tapi perlu juga dilindungi oleh Quixx Nassal Protection ini

  24. Syarifani Keluargamulyana.com Reply

    Oh, jadi masker medis yang didoble sama masker KN dan kawan kawannya itu ngga direkomendasikan sama CDC. Mungkin karena jadi pemborosan masker ya mba.

    Buat petugas medis, rekomendasi nih pakai Nasal Spray supaya saluran nafasnya bersih.

  25. Munasya Reply

    Saya setuju kalau 5M saja tidak cukup buat mencegah datangnya virus dan penyakit. Harus ada perlindungan ekstra untuk dipakai diri sendiri salah satunya QUIXX. Ini emang perlu banget

  26. susie ncuss Reply

    Serius nih 1 botol kecil kayak gitu bisa dipake sampai 1,5 bulan?
    wah… mantul banget nih si quixx, cocok buat siap sedia di rumah.

  27. Fenni Bungsu Reply

    Jaga kondisi tubuh, jalani terus prokes dengan 5M dan sebelum pakai masker gunakan QUIXX biar lebih nyaman lagi kalau ke luar rumah

  28. Lasmicika Reply

    Wah, ternyata da peppermint nya. Pasti segar ya dan bikin plong. Kalau yang ada alergi seperti asma gitu masih aman ngga ya mba kira2, secara bentuknya powder gitu?

  29. Dian Reply

    ternyata 5 M belum cukup ya mbak, perlu Quixx Nassal Protection juga, biar makin optimal perlindungannya

  30. Karyati Niken Reply

    Jadi QUIXX digunakan sebelum memakai masker ya kak.
    Btw iya benar dulu 3M sekarang 5M.
    Btw buat penderita asma apakah aman menggunakan QUIXX ini kak?

  31. Yulia Reply

    Aku pakai ini juga mba karena hidung aku gampang alergi kalau terkena debu. Seneng banget jadi ada extra perlindungan selain menggunakan masker.

  32. Yuni BS Reply

    Sebenarnya pemakaian masker sudah yuni lakukan sebelum pandemi. Kemana-mana apalagi naik angkutan umum semacam bis atau kereta api ya sukanya memakai masker. Biar nggak mabok dulu sih alasannya. Sekarang alasannya lebih kompleks lagi.

    Yah, kadang menggunakan masker saja nggak cukup. Kita memerlukan perlindungan ekstra lainnya, seperti quixx nasal misalnya. Cara pakainya juga gampang banget. Jadi, nggak ada alasan nggak bisa makenya kan. Hehehe

  33. Euisry Noor (isrinur.com) Reply

    Pakai Quixx jadi tambah mantap ya, perlindungan ekstra selain menerapkan 5M. Aku blm coba sih, penasaran gimana rasanya itu disemprotkan ke hidung. Praktis ya makenya, dan bisa dibawa-bawa alias travel friendly

  34. Nunung Reply

    5 M di masa pandemi. Sepertinya aku susah untuk mengurangi mobilitas. Huhuhu….masih kemana-mana tapi pakai masker dan prokes sih.

    Waah dari kemarin baca kegunaan Quixx Nasal ini. Berguna banget buat yang sering alergi ya

  35. Uniek Kaswarganti Reply

    Makin melengkapi perlindungan bagi keluarga ya. Quixx sangat membantu memproteksi tubuh dari kemungkinan terpapar virus yang masuk melalui hidung. Seger tuh ya rasanya karena ada kandungan peppermint, hidung jadi berasa lega.

  36. Rudi G. Aswan Reply

    Kalau 5M sih insyaallah selalu kami terapkan, Mbak. hanya saja orang sekeliling disayangkan mengingat mereka ga mau ikut protokol kesehatan. Kalau ada Quixx Nasal Protection, beneran bagus ya Mbak Dian, penggunaannya mudah dan bahannya teruji klinis. Makin aman mau keluar rumah. Bisa juga ya dipakai buat orang yang aalergi debu kayak istriku, makasih banayak sharing infonya.

  37. Mina Megawati Reply

    Berarti karena Quixx langsung menyentuh bagian dalam hidung, 1 botol itu khusus buat pribadi aja ya Bun. Lebih baik tidak di-share ke pengguna lain misalkan ke anak ya.
    Makasih sharingnya bun, jadi tau ada jalan mencegah alergi.

  38. Adriana Dian Reply

    Setuju banget. Walaupun udah melakukan 5M, kalo masih bisa melakukan pelindungan ekstra, lebih baik tetap dilakukan seperti menggunakan Quixx sebelum pakai masker yaaa

  39. thya Reply

    wah, baru tau ada produk seperti ini.
    cara pakai nya juga mudah dan praktis. jadi kepingin coba juga karena aku masih keluar rumah setiap hari, naik kereta pula. huhu..
    Semoga kita semua selalu dilindungi dan diberi kesehatan ya mba. Semoga covid cepat pergi, Amiinnn..

  40. lianny Reply

    Wah bener-bener perlindungan ekstra ini, sudah 5M ditambah dengan QUIXX bikin kita merasa lebih tenang ya. Aman dan cukup mudah digunakan. Aku baru tentang produk ini, makasih infonya.

  41. Sovi Nur Wakhidah Reply

    Enak nih kalau ada perlindungan ekstra. Soalnya aku rutin bolak-balik RS buat kontrol. Seenggaknya udah nggak was-was lagi kalau harus bertemu banyak orang.

  42. Dian Reply

    ah iya ya mbak, nggak hanya 5M, tapi kita butuh perlindungan ekstra, ya dgn memakai Quixx Nassal Protection ini ya

  43. Arinta Adiningtyas Reply

    Tanya, Mbak.. Itu kan bentuknya serbuk, ya? Saat menyemprotkan ke hidung, serbuknya ngga bikin bersin-bersin ya? Aiih, jadi penasaran nih, pengen ngerasain Quixx juga jadinya.

  44. Demia - Beauty Blogger Bandung Reply

    5 M itu udah jasi suatu kewajiban dan harus dibiasakan terus menerus yaaa, aku belum cobain ini nih, jadi penasaran dan emang butuh juga kayanya yaa lagi kondisi kaya gini tu, mau cobain juga ah aku

  45. Andy Hardiyanti Reply

    Wah..perlu sedia QUIXX Nassal nih di rumah, biar tambahan perlindungan selain 5M di masa pandemi gini. Coba cari deh di sini, tumben lihat produknya.

  46. Emanuella Christianti Reply

    Bener mbaaaa, jangan kasih kendor ya…. 5 M wajib hukumnya, bahkan kalau perlu pakai nassal spray ya mbak biar extra ikhtiarnya…. semoga kita semua sehat selalu ya mbaaa….

  47. Nia Haryanto Reply

    Disiplin adalah kunci. Tapi jika dibarengi dengan alat tempur yang lengkap, tentu bisa maksimal ya. Kayak pake Quixx ini. Pastinya perlindungan akan bisa lebih baik.

  48. Bundabiya.com Reply

    aku juga berusaha melengkapi dengan minum vitamin,mba. wong aku tuh yaa udah minum vitamin aja masih bisa sakit apalagi nggak minum haha.. dan tentunya juga menjaga asupan makanan sehari-hari 😀

  49. Dwi Koesmiranti Reply

    Baru denger ttg quixx ternyata baik dan manfaat bgt ini ya, klo saya selain 5m plus wedhang uwuh selain meracik sendiri , saya jual jg agar manfaatnya bisa dirasakan temen2 dlm menjaga daya tahan tubuh masa pandemi.begini. Terima kasih infonya mb dian

  50. Didik Reply

    Ternyata 5M aja ngga cukup ya kak. Bs dibarengi dengan Quixx ini utk mencegah bakteri/virus yg msk ke tubuh kita. AKu jg baru denger sih QUIXX ini. Smg bs dijual bebas di apotek/toko terdekat. Jadi agar aku bs segera coba keampuhannya.

  51. iidYanie Reply

    Masa pandemi seperti ini memang butuh perlindungan ekstra buat jaga2 ya mba, Quixx menjawab pertanyaanku jadi penasaran kan pengen coba juga, cuss ah langsung ke marketplace 🙂

  52. Iim Rohimah Reply

    Awalnya saya merasa bersalah ketika di awal menekankan soal masker. Soalnya saya jarang pake masker. Namun, ketika mengingat 5M, justru yg 4M nya juga memang saya lakukan. Tidak berkerumun, selalu mencuci tangan, jarang berinteraksi dengan orang lain karena di rumah terus. Jadi, nggak papa ya nggak pake masker di tempat sepi. Hihi

    • dian.ismyama Post authorReply

      Kalau di rumah gapapa mba ga pakai masker. Tapi begitu ada tamu atau bertemu orang lain ya harus pakai masker

  53. Yuni Bint Saniro Reply

    Belakangan ini di sekitar rumah mulai longgar. Banyak orang yang nggak make masker lagi. Tapi emang di desa sih. Sayanya yang mengurangi mobilitas.

  54. Euisry Noor (isrinur.com) Reply

    Di masa pandemi berguna banget ini Quixx buat perlindungan ekstra saat mau bepergian.
    Bentuknya mini ya, gampang dibawa2 juga

  55. Eri Udiyawati Reply

    5M harus ketat, plus jaga imunitas tubuh dan lkalau perlu cuci hidung secara rutin dengan QUIXX. Jadi penasaran hidung dicuci, apa kayak dimasulin cutton buds saar swab? Hehe

  56. Nurhilmiyah Reply

    Sangat dibutuhkan nih Quixx Nasal ya sebelum kita memakai masker kesehatan. Suka ngeri ya Sis zaman now entah benar entah salah tuh barusan baca share di WAG, ada tsunami Covid-19 di India, ribuan orang meninggal dunia per harinya. Ya Allah semoga Indonesia gak sampai kayak gitu ya Sis…

  57. Fenni Bungsu Reply

    Perlindungan saat pandemi ini memang perlu dilakukan, jadi kolaborasi 5M dan penggunaan Quixx nasal bisa memberikan proteksinya

  58. hani Reply

    Iya nih serem banget baca berita kasus Covid di India. Duh, semoga kita engga ceroboh kayak gitu deh.
    Tetep patuhi protokol kesehatan walaupun udah vaksin juga.
    Sekarang bukan 3M lagi ya, tapi 5M. Mantap lah…

  59. Karyati Niken Reply

    Hidung lebih steril kalau pkai QUIXX dulu ya kak. Aku belum pernah pakai. Btw kalau untuk orang penderita asma, kira-kira apakahbisa pakai QUIXX ini?

  60. Alfa Kurnia Reply

    Sampai hari ini masih berusaha taat 5M. Tapi setelah setahun pandemi ya beberapa kali keluar rumah juga sama anak-anak. Kalau pakai Quixx bisa mengurangi was-was ya, karena bisa melindungi juga. Kayanya perlu sedia di kotak obat. Sebagai persiapan kalau anak-anak harus kembali sekolah luring lagi.

  61. Jiah Al Jafara Reply

    Sekarang harus membiasakan diri sama 5M ya. Terus buat kesehatan hidung, Quixx ini boleh banget dicoba. Aku juga mau deh soalnya memang hidung suka gak beres

  62. Artha Nugraha Jonar Reply

    Rasanya aku harus cobain produk ini nih. Anakku juga punya alergi terhada udara. Kadang baru masuk mobil aja yang ber-AC langsung deh hidungnya meler. Selain itu, sepertinya produk ini cocok buat aku juga yang masih harus beraktifitas bekerja di kantor. Nanti mau nyoba beli deh.

  63. Marfa Reply

    Tadi sempat bertanya2, kalau bentuknya bubuk apa tidak bikin bersin ya? Ternyata berubah jadi gel kalau sudah di semprotkan ya.

    Bagus sekali ini QUIXX untuk semakin melindungi diri ya, Mbak. Mana tahan lama juga jadi nggak perlu berkali2 atau sering semprot. Karena melihat di lapangan sekarang malah justru tambah kendor, udah banyak kerumunan, dan berasa menghadapi pandemi sendirian karena jarang ke luar rumah, hiks. Semoga selalu diberi rezeki dan nikmat sehat

  64. tukang jalan jajan Reply

    Memenag butuh ketelatenan dnan disiplin untuk % M , karena kalau teledor artinya kita dalam masalah. BTW aku penasaran dengan cara pake QUIXX ini, sampe hunting di youtube

  65. enny Reply

    Untuk yang mobilitasnya tinggi karena tuntutan pekerjaan butuh banget emang pelindungan ekstra. Semoga kita semua terus sehat dan terhindar dari virus Covid-19. Amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.