Ngobrol Blogger DIY Bersama Sakuku

Facebooktwitterredditmail
Foto by Mas Andre

Apa kabar teman-teman semua? Ingat nggak dengan #ngobrolbloggerdiy dan #InovasiBCA yang meramaikan sosial media saya hari Selasa tanggal 5 September lalu? Pada penasaran nggak itu acara apaan sih? Blogger pada ngapain sih? Oke, saya akan bahas satu per satu di sini ya, ditambah info menarik soal aplikasi terbaru dari BCA, dan inovasi menarik dari seorang ilustrator sekaligus artpreneur.

Jadi, bertempat di Roaster and Bear Gowongan, Jetis, Jogja, diadakanlah acara seru bersama para blogger Jogja dan BCA. Acara yang dimulai pukul 6 sore itu sangat ramai sekali, para blogger antusias sejak registrasi dibuka pukul 5 sore. Bahkan tak hanya blogger Jogja saja lho yang datang, tapi juga ada blogger dari Klaten, Solo, dan Boyolali.

http://i38.photobucket.com/albums/e140/lajwania/sakuku%20bca_zpshi0lrfxp.jpg

Blogger Jogja berfoto bersama

Nah, setelah registrasi, kami diminta untuk duduk di tempat masing-masing dan berfoto di booth foto yang telah disediakan. Tahu sendiri dong para blogger selalu heboh saat sesi foto, karena akan diupload ke sosial media mereka. Ada tagline yang keren-keren pula, makin semangat untuk berfoto. Lalu, setelah salat magrib, acara pun di mulai. Dibuka oleh duo MC yang asyik dan lucu, acara #ngobrolbloggerdiy ini semakin meriah. Oh ya sampai lupa, konsumsi pun sudah mulai dihidangkan lho di awal acara. Penjamuan dari BCA dan Roaster & Bear oke punya, lengkap mulai dari appetizer, main menu dan dessert-nya.

Duo MC yang membuat suasana menjadi seru

Sesi pertama

Sesi pertama acara dibawakan oleh Mas Cyndo, seorang ilustrator dan sketser yang sudah melanglang buana karyanya. Beliau bercerita, bahwa dengan background pendidikan di bidang desain, sebenarnya awalnya beliau sendiri kurang yakin bahwa karyanya yang termasuk kebutuhan tersier, akan diminati banyak orang. Tapi yang namanya terus belajar dan berani berinovasi, akhirnya Mas Cyndo ini membuat sesuatu yang beda dari biasanya. Beliau menjajakan desainnya untuk mempercantik blog para blogger. Selain itu, juga ada produk berupa pop up sketsa yang berasal dari kisah di masa lalu yang tidak terabadikan oleh foto, hingga mokumoku (sejenis hiasan imut yang bisa diletakkan dimana saja untuk mempermanis ruangan atau mempermanis foto. Mas Cyndo juga membuat mural di dinding berbagai tempat lho. Sketsanya juga tak jarang menghiasi berbagai acara atau launching produk. Dengan semangat berinovasi, beliau berhasil mengubah kebutuhan tersier akan sebuah desain, menjadi kebutuhan primer. Tentunya dengan membuat karya yang layak jual.

Mas Cyndo memberikan tips agar karya kita dapat dinikmati dan diapresiasi oleh banyak orang, yaitu dengan branding media sosial kita. Jadi, Mas Cyndo sendiri instagramnya berisi karya-karyanya, nggak ada foto personal. Tujuannya, agar kalau ada yang membuka instagram tersebut, ya langsung melihat hasil ilustrasi Mas Cyndo. Menurut beliau, bila media sosial dimanfaatkan dengan baik, tentu akan membuka segmen pasar baru.

Tips kedua adalah percaya pada ketrampilan yang dipunyai. Modal uang Mas Cyndo ini 0 rupiah lho ibaratnya. Tapi beliau percaya bahwa modal utamanya yaitu ketrampilan mendesain, dapat dimanfaatkan untuk membahagiakan orang lain. Dengan memikirkan apa yang membuat orang lain bahagia, ternyata justru merupakan peluang orang lain menerima karyanya. Dengan percaya pada kemampuan diri sendiri dan memanfaatkan media sosial untuk promosi, Mas Cyndo berhasil mengubah hidupnya.

Hiburan musik

Sebelum beralih ke sesi kedua yaitu acara inti penjelasan mengenai Sakuku, ada hiburan musik dari teman-teman musisi. Lagunya lumayan bikin nostalgia deh, hehe. Sambil menikmati hidangan dari R&B yang rasanya sangat menggugah selera. Para blogger juga tetap sibuk dengan smartphone nya masing-masing sambil ngetwit dan liputan ke sosmed lainnya soal acara #inovasibca ini.

Sesi kedua

Nah sesi kedua ini dibawakan oleh Mas Richard Gunawan Jusup perwakilan BCA, dimana ada penjelasan tentang apa sih Sakuku itu? Dengan tagline Bikin Hangout Makin All Out, Sakuku diharapkan menjadi solusi untuk para hangouters yang nggak mau bawa uang cash.
Sakuku adalah dompet virtual, yang dapat kita isi dan kita gunakan di berbagai merchant yang ada di Indonesia. Sakuku bisa Isi Pulsa, Bayar Belanja, Transfer ke Sakuku milik orang lain, Split Bill, serta dapat Tarik Tunai di ATM BCA.

Keuntungannya?

1. Mudah

Cukup dengan mendownload aplikasi di Google Playstore atau App Store untuk membuka dompet elektronik Sakuku.
Saya sertakan gambar mengenai cara mendapatkan dan mengaktifkan Sakuku ya

2. Praktis
Hanya menggunakan nomor handpone untuk mendapatkan kepemilikan Sakuku

3. Gratis
Tidak ada biaya administrasi bulanan ataupun administrasi di setiap transaksi.
Bisa ngapain aja?

Dengan Sakuku, kita bisa membayar belanjaan baik di toko online maupun toko offline, bisa mengisi pulsa sendiri atau pulsa teman. Sementara Sakuku Plus dapat digunakan untuk Transfer uang atau minta uang ke teman yang punya Sakuku Plus juga, bisa Split Bill alias berbagi tagihan ke sesama teman, serta dapat Tarik Tunai di ATM BCA berlogo Sakuku (penarikan kelipatan 50 ribu rupiah dengan maksimal 1,25 juta rupiah untuk setiap kali transaksi)

Merchant dimana saja?

Ada banyak lho ternyata, dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan Sakuku. Ada kaskus, blibli.com, alfamart, alfamidi, American hamburger, Anomali coffe, K24, Bakmi GM, Calais, CGV Blitz, Chatime, D’crepes, Dixie, dan masih banyak lagi. Untuk list merchant Sakuku kamu bisa cek langsung yang paling update di website www.bca.co.id/merchantsakuku

Untuk lebih detailnya soal Sakuku, teman-teman bisa simak video ini:

Wah, Sakuku ini memang bikin hangout jadi lebih all out ya. Nggak perlu bawa uang cash lagi nih. Kalau dompet ketinggalan di rumah juga aman jika sudah punya Sakuku. Saya langsung ngasih tahu ke suami dan keluarga untuk download Sakuku juga nih.

Sesi terakhir

Sesi tanya jawab dan dooprize pun sangat meriah. Banyak blogger yang penasaran dengan Sakuku dan ingin tahu lebih detail. Ada yang bertanya mengenai biaya administrasi, ada yang bertanya mengenai bisakah untuk membayar tagihan listrik, air dan sebagainya. Ke depannya, Sakuku juga akan dikembangkan fiturnya agar semakin mudah dalam pembayaran listrik, air, dll.

Selanjutnya diumumkan pemenang live photo tweet competition dan doorprize. Yakni dimenangkan oleh Mas Sutopo dan Mak Irul, selamat ya. Acara paling akhir adalah foto bersama blogger Jogja dengan seluruh pengisi acara dan MC. Senang sekali rasanya saya bisa menjadi bagian dari acara ngumpul blogger bersama Sakuku-nya BCA.

Teman-teman pingin juga nggak nih punya Sakuku?

(Visited 112 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

3 thoughts on “Ngobrol Blogger DIY Bersama Sakuku

Leave a Reply

Your email address will not be published.