Liburan Nyaman, Keuangan Tetap Aman? Ini Dia Caranya!

Facebooktwitterredditmail

 

Liburan nyaman? Mungkin nggak ya?

Apa yang ada di benak teman-teman saat mendengar kata liburan atau travelling? Refreshing kah?perlu biaya banyak kah? Kalau saya sih yang terbayang adalah bisa kumpul dan bersenang-senang bersama teman atau keluarga, ditambah jadi ada bahan buat nulis wisata, hehe. Eits tapi memang liburan itu ternyata membutuhkan perencanaan yang matang lho. Kita kan inginnya liburan nyaman, keuangan tetap aman, ‘kan?  Seperti yang disampaikan oleh Mbak Donna Imelda (dosen, travel writer, Co-founder Indonesia-Corners) dan Mbak Atanasia Rian (travel blogger, photographer) dalam acara “Seminar & Exhibition Roadshow di Plaza Ambarukmo, House of Balcony, bersama Sun Life Financial, bahwa jangan sampai kantong jebol karena liburan. Acara lengkapnya ngapain aja? Dan bagaimana tips agar liburan nyaman, keuangan tetap aman? Kita simak yuk rangkuman saya. 

Acara hari itu, diawali dengan sambutan oleh Pak Caisar mengenai maksud kampanye Indonesia #LebihBaik dan pengenalan portal online terbaru Sun Life, yaitu Bright Advisor. Pak Caisar menerangkan bahwa untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik, maka salah satu caranya adalah dengan meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia terlebih dahulu, sehingga masyarakat menjadi lebih sadar bahwa merencanakan keuangan itu penting. Nah hal ini selaras dengan tema liburan yang diangkat, yaitu juga butuh perencanaan keuangan. Pak Caisar menyampaikan bahwa beliau senang bertemu dengan para blogger, dimana blogger dianggap sebagai orang yang memiliki pengaruh melalui tulisannya (ehem), sehingga beliau sangat berharap blogger menulis hal-hal yang meningkatkan kebaikan, bukan sebaliknya membuat perpecahan atau memprovokasi.

Setelah Pak Caisar, ada sepatah dua patah kata dari Pak Fahmi sebagai penanggung jawab Bright Advisor. Pak Fahmi menegaskan bahwa melalui Bright Advisor, beliau berharap masyarakat Indonesia tidak malu lagi bertanya soal keuangan. Portal online dianggap menjadi solusi untuk merangkum pertanyaan dan diskusi antara masyarakat awam dengan pakar keuangan. Wah, sampai dengan penjelasan Pak Fahmi saya jelas tertarik nih, secara saya sendiri termasuk yang buta soal financial planning. Boro-boro perencanaan, mencatat pemasukan dan pengeluaran rumah tangga saja masih acak adut, hiks. Padahal ternyata merencanakan keuangan itu penting lho, apalagi buat yang doyan liburan kayak saya.

Lanjut ke materi tentang liburan yang dibawakan oleh Mbak Donna Imelda. Mbak Donna menekankan pentingnya perencanaan atau planning. Jangan sampai kita mau liburan tapi malah kacau dan baperan. Planningnya apa saja? Paling tidak, rencanakan tempat tujuan, gaya liburan (koper traveler atau backpacker), pilihan liburan (solo travelling atau family trip), jadwal liburan dan budgeting. Wah banyak juga ya yang mesti dipikirkan. Tagline Mbak Donna antara lain adalah well prepared, dan harapkan yang terbaik tetapi persiapkan untuk yang terburuk. Wah persis yang saya alami nih, beberapa kali liburan nyaris batal karena satu dan lain hal. Pernah juga liburan ganti lokasi karena berbagai sebab. Para traveler pasti nggak asing dengan kondisi liburan yang bisa saja tak sesuai yang dibayangkan. Bila hal itu terjadi, kita harus mengakalinya dengan men-switch mood secepat mungkin, agar liburan tetap asyik.

Soal budgeting, Mbak Donna juga menekankan agar tidak berhutang, nggak banget trip keluar negeri atau luar pulau tapi ngutang hingga bertahun-tahun ke depan belum lunas. Mending menabung dari sekarang, sisihkan sebagian penghasilan untuk budget liburan. Oleh karena itu, merencanaan keuangan di Bright Advisor penting banget agar liburan nyaman, keuangan tetap aman.

Sebelum masuk ke materi berikutnya dari Mbak Rian, ada selingan stand up comedy dulu nih. Lucu dan seru deh bikin ketawa ngakak.

Selanjutnya masuk ke materi berikutnya dari travel blogger Mbak Rian yang sudah melanglang buana ke Belitung, anak Gunung Krakatau, dan sebagianya. Mbak Rian membagi tips liburannya menjadi step 1 sampai 6, yaitu: planning, budgeting, browsing tiket murah, susun itinerary, packing, dan time to go.

1. Planning (Step 1)

Sama seperti Mbak Donna, planning ini kita perlu merencanakan apakah akan solo travelling atau family trip, kemudian kapan mau liburan (cek kalender, perlu ambil cuti nggak, dll).

2. Budgeting (Step 2)

Soal budgeting, kita perlu me-list biaya apa saja yang akan muncul, kayak transportasi, akomodasi, konsumsi. Mbak Rian punya tips irit soal budget, yaitu pesan tiket sedini mungkin agar mendpata harga murah, dan pilih hotel yang bisa bayar di tempat/bisa di-refund.

3. Browsing (Step 3)

Browsing tiket murah dengan cara subscribe maskapai, cek email setiap hari. Pantengin deh jam 2 siang ke atas, atau habis maghrib sering banget ada tiket murah. Sekali lagi, merencanakan keuangan jadi terlihat perlu ‘kan ya?

4. Susun itinerary (Step 4)

Jangan lupa untuk mengecek jarak hotel ke lokasi wisata. Dapat harga hotel murah tapi jauh dari lokasi tujuan wisata, justru akan memakan banyak biaya transportasi dan lama di jalan. Akibatnya jadi nggak hemat waktu, ‘kan?

5. Packing (Step 5)

Jangan lupa untuk menyusun daftar bawaan (nanti diceklist sewaktu packing berangkat dan pulang), gulung pakaian, scan dokumen pribadi dan kirim ke email (jaga-jaga kalau dokumen ilang atau tertinggal), pisahkan uang di berbagai tas/ dompet, dan timbang terlebih dahulu bawaan sebelum ke bagasi pesawat.

6. Time to go (Step 6)

Kunci step 6 adalah jangan telat, dan persiapkan diri di hari keberangkatan, termasuk kondisi fisik dan hati.

http://i1180.photobucket.com/albums/x413/dianfaridaismyama/Mobile%20Uploads/PhotoGrid_1475204016534_zps915afbyq.jpg

Wah seru ya materi dari Mbak donna dan Mbak Rian, saya ajdi lebih melek soal merencanakan liburan. Dulu saya sih nyari gampangnya gitu, ngikut travel agent, tapi ternyata setelah dipikir-pikir lagi kalau family trip enakan travelling sendiri ya, tentunya harus menyusun itinerary juga yang pas buat keluarga.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang sangat meriah. Saya tertarik dengan pertanyaan Mas Jarwadi soal kerahasiaan data pengisi Bright Advisor, dan Pak Caisar menjawab bahwa data yang didapatkan pihak Sun Life tidak akan dimanfaatkan dengan tidak baik. Tentunya ketika menghubungi masyarakat melalui email, Sun Life akan pilih-pilih orangnya, dan berdasarkan pertanyaan yang diisi oleh masyarakat di Bright Advisor. Kalau orang tersebut nggak butuh info asuransi, ya Sun Life nggak akan repot-repot menjelaskan produknya, karena yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah meningkatkan knowledge tentang keuangan terlebih dahulu.

Tiga penanya terbaik yaitu Mas Jarwadi, Mas Kun, dan Mbak Arni mendapatkan hadiah. Sementara pemenang live twett yaitu Manda, Mas Wawan dan Mas Sitam juga mendapatkan hadiah. Acara Sun Life hari itu ditutup dengan berfoto bersama blogger dan pengisi acara. Terimakasih Sun Life, Bright Advisor dan Balcony House, acara Minggu kemarin sangat menyenangkan dan membuat saya jadi sadar untuk merencanakan keuangan, demi liburan nyaman, keuangan tetap aman=)

(Visited 153 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

7 thoughts on “Liburan Nyaman, Keuangan Tetap Aman? Ini Dia Caranya!

  1. Agung Han Reply

    waaw ada mbak Donna Imelda, bloger ketjeh dan kereen
    btw emang sangat penting pengelolaan keuangan
    agar tidak kedodoran

  2. echaimutenan Reply

    Nah itu kadang aku jatuh dibudgeting apalagi kalau jauh2 beli akomodasinya. pas deket2 uangenya dah kepake…
    secara bawa rombongan :”)
    Maacii sharingny a:*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *