Ide Menu Mpasi 6 Bulan, Mudah dan Menyehatkan

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Ide menu Mpasi. Makanan pendamping ASI yang biasa disingkat dengan Mpasi ini sangat umum untuk diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Disaat umur 6 bulan, bayi sudah cukup mengonsumsi ASI wajib dari ibu sehingga sangat tepat memberikan mpasi 6 bulan kepada buah hati.

Terkadang ibu dibuat bingung dengan makanan pilihan apa yang bisa disediakan untuk Mpasi 6 bulan ini. Padahal banyak sekali loh, makanan yang bisa dijadikan ide Mpasi 6 bulan ini. Selain bahan makanan yang mudah didapatkan, cara pembuatannya pun mudah

Untuk itu saya merangkum beberapa ide menu Mpasi 6 bulan untuk kamu. Semoga dapat membantu kamu dalam mempersiapkan Mpasi.

Ide Menu Mpasi 6 bulan dengan kacang-kacangan

Foto dari gonutify.com

Kacang-kacangan adalah sumber protein alternatif selain daging-dagingan. Selain harganya yang murah, kacang-kacangan juga mudah untuk ditemukan di pasaran. Sebelum itu, kamu harus yakin bahwa bayi kamu tidak alergi dengan produk dari kacang, ya! Kamu sudah tahu belum, jenis kacang apa saja yang bisa dibuat untuk mpasi ini?

1. Kacang hijau

Iya, kacang hijau sendiri bagus untuk dikonsumsi ketika ibu sedang hamil. Kacang hijau bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh bayi agar maksimal, membantu perkembangan otak dan daya ingat, serta membantu melawan bakteri.

Kacang hijau mengandung protein nabati, serat, serta berbagai vitamin seperti A,B6,C,E, dan K, dan kandungan baik lainnya. Mengolah kacang hijau sendiri juga sangat mudah, kamu bisa mengolahnya dengan menjadikan bubur, atau dicampur dengan nasi tim.

Keunggulan kacang hijau bisa kamu lihat dari banyaknya produk bubur bayi yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan unggulan mereka. Selain rasanya yang enak, kacang hijau juga mudah diolah. Yuk segera mencoba membuat kreasi dengan kacang hijau!

2. Kacang Almond

Kacang almond terkenal memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak. Tidak diragukan lagi bahwa kacang almond dapat menjadi kreasi Mpasi 6 bulan. Selain menjadi camilan sehat, karena rasanya gurih dan kandungan manfaatnya yang beragam, ternyata kacang almond juga bisa menjadi Mpasi.

Almond juga baik untuk daya tahan tubuh anak, karena mengandung vitamin E, riboflavin, niasin, dan kalsium. Serat yang terkandung di dalamnya pun baik untuk pencernaan. Bagaimana tertarik untuk membuat Mpasi 6 bulan dengan kacang almond?

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang telah direndam air dan dikeringkan dengan cara dipanggang sangat bagus untuk menjadi bahan Mpasi 6 bulan. Kacang kedelai memiliki protein yang baik untuk bayi, selain itu terdapat vitamin K yang berfungsi untuk penyerapan kalsium.

Kacang kedelai sangat mudah diolah. Kamu bisa menjadikannya bubur atau tahu kukus. Tahu yang memiliki tekstur lembut namun terdapat sisi yang keras dapat membuat latihan bayi mengunyah makanannya.

Buah yang cocok untuk Mpasi 6 bulan

Selain kacang-kacangan, terdapat buah-buahan yang juga dapat menjadi bagian dari program ide menu Mpasi 6 bulan. Buah-buahan memiliki rasa yang segar, manis dan masam dalam satu gigitan. Oleh karena itu, buah-buahan pun bisa menjadi pilihan yang tepat selain karena alasan manfaat kesehatan yang besar dimilikinya.

Perlu diketahui tidak semua buah-buahan cocok untuk masuk dalam program Mpasi 6 bulan. Untuk itu saya merangkum beberapa buah yang bisa kamu jadikan ide Mpasi 6 bulan.

1. Apel, buah manis penuh manfaat

Buah-buahan seperti apel sebaiknya dikukus, dan dihaluskan saat dikenalkan untuk pertama kalinya kepada bayi. Menjadikannya seperti bubur adalah hal terbaik, karena menghindari anak tersedak saat memakannya.

Apel memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk kekebalan tubuh bayi, karena adanya kandungan vitamin C. Apel juga baik untuk mengurangi resiko diabetes tipe-2, risiko penyakit jantung, kanker, dan juga asma.

2. Pisang, buah bertekstur lembut nan manis

Pisang adalah buah yang ideal untuk diberikan kepada bayi segera setelah mereka mulai menyapih. Menjadi kaya nutrisi, membantu dalam perkembangan anak secara keseluruhan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, membuat bayi senang memakannya!

Dokter menganjurkan agar memberi pisang kepada anak pada usia 6 bulan, tepat pada saat ia mulai makan makanan setengah padat. Pisang kecil per hari untuk bayi berusia 6 bulan sangalaht ideal.

Kamu bisa memberikan pisang dengan cara, kupas pisang dan potong-potong. Hancurkan dengan garpu. Dengan begitu, pisang menjadi sangat empuk. Ini memudahkan bayi untuk menelannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Jangan berikan pisang mentah kepada bayi karena sulit dicerna.
  • Pastikan pisang yang kamu berikan sudah matang dan berwarna kuning.
  • Hancurkan pisang dengan benar untuk bayi yang baru mulai makan makanan setengah padat agar tidak tersedak.

Berikut adalah manfaat buah pisang:

  • Tinggi serat: pisang memiliki kandungan serat tinggi yang membuat seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, serat membantu membersihkan usus.
  • Baik untuk melawan infeksi urin: pisang dikatakan dapat menyembuhkan infeksi urin yang biasanya menyerang bayi dengan membersihkan semua racun dari saluran kemih.
  • Penuh nutrisi: buah sarat dengan nutrisi seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, folat, niasin, dan vitamin B6. Pisang membantu bayi menambah berat badan.
  • Baik untuk tulang: kalium dan kalsium dalam pisang membantu memperkuat tulang.
  • Mencegah anemia: pisang kaya akan zat besi yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam darah.
  • Meningkatkan kekuatan otak: kandungan folat dalam pisang membantu dalam mengembangkan otak dan meningkatkan daya ingat.
  • Meningkatkan penglihatan: vitamin A yang ada dalam pisang membantu meningkatkan penglihatan karena membantu melindungi kornea.
  • Menyembuhkan sembelit: pisang kaya serat. Ini membantu pergerakan usus yang baik, sehingga menyembuhkan sembelit pada bayi.
(Visited 18 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!