Hotel Terbaik Dekat Pemandian Air Panas Cipanas

Hotel Terbaik Dekat Pemandian Air Panas Cipanas

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Hotel terbaik dekat pemandian air panas Cipanas itu hotel yang seperti apa ya?

Semenjak pindah domisili ke Jawa Barat, saya menyimpan sebuah keinginan untuk mengeksplor wisata di Jawa Barat bersama keluarga. Saya tahu bahwa Jawa Barat menyimpan banyak keindahan yang tidak saya temukan di Yogyakarta atau Jawa Tengah. Terutama karena topografinya yang cukup berbeda dengan dua kota yang saya sebutkan sebelumnya.

Meskipun keinginan tersebut harus saya pendam hingga melahirkan kelak, tapi semangat untuk mencari tahu objek wisata apa yang ramah anak tak kunjung padam. Kalau belum bisa ke sana secara langsung, setidaknya saya membuat rencana terlebih dahulu. Mulai dari nama tempat wisata yang recomended, hotel untuk menginap, hingga transportasi dan biaya yang diperlukan.

Nanti bila saatnya tiba, saya tinggal mengajukan ke Pak Suami selaku kepala rumah tangga. Mungkin jika si bayi sudah bisa berjalan, atau setidaknya berusia 1 tahun, kami dapat mulai piknik berkeliling Jawa Barat.

Selain Bandung yang kaya kuliner, budaya, dan wisata belanja, saya ingin pergi ke Cipanas. Cipanas terletak di Cianjur Jawa Barat. Apa sih keistimewaannya? Dari namanya sudah ketahuan ya. Ci artinya sungai, panas ya panas sehingga wisata yang berhubungan dengan sungai atau air panas jelas menjadi wisata yang direkomendasikan di Cipanas.

Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian air panas Cipanas terletak di Desa Cisolok, Tarogong, Garut. Pemandian air panas ini berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Pelabuhan Ratu. Yang menarik dari tempat ini adalah sumber air panasnya berasal dari geyser, yaitu air panas yang keluar dari kerak bumi. Wah saya jadi ingat pelajaran geyser ketika SMA dulu.

pemandian air panas di Cipanas

Geyser yang saya pelajari saat SMA

Air panas yang berasal dari kerak bumi dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit seperti nyeri sendi, penyakit kulit dan pegal-pegal. Hal unik lainnya adalah adanya jembatan gantung yang menuju pemandian air panas. Katanya sih seru sekali ketika melewati jembatang gantung ini.

Jam buka pemandian air panas Cipanas adalah 24 jam. Harga tiketnya 20 ribu rupiah per orang untuk kolam renang dewasa, dan 15 ribu rupiah untuk kolam renang anak-anak. Ada pula kolam berendam dengan harga 30 ribu rupiah/ kamar untuk dua orang.

Pemandian air panas Cipanas yang berupa kolam renang bentuknya seperti waterpark yang disukai anak-anak. Sedangkan untuk private room (berendam saja), kolamnya berukuran kecil.

Wisata air panas, anak-anak pasti suka. Lalu, selain pemandian air panas, ada apalagi ya di Cipanas?

1. Taman Sakura

Siapa sih yang tidak ingin ke Jepang untuk melihat bunga sakura? Meskipun saya pribadi sudah melihat sakura di Turki. Tapi ingin dong mengenalkan sakura ke anak-anak. Apalagi anak perempuan pasti kagum dengan bunga-bunga pink yang bermekaran.

sakura di cipanas

Bunga sakura yang cantik

Sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati bunga sakura. Kok bisa? Ternyata di Cibodas, Cipanas ada kebun sakura lho. Bertempat di Kebun Raya Cibodas, saat ini terdapat 435 pohon sakura yang warnanya menyenangkan mata.

2. Istana Kepresidenan Cipanas

Ingin meningkatkan nasionalisme anak? Coba deh sesekali mengunjungi Istana Kepresidenan. Di kaki Gunung Gede, Jawa Barat terdapat Istana Cipanas. Yang menarik, dari luasnya yang sekitar 26 hektare, hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Sisanya bagaimana? Sisanya tertata seperti hutan kecil. Asri, rindang dan hijau karena berisi kebun sayur, dan tanaman hias.

3. Telaga Biru

Telaga biru terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pada ketinggian 1.115 dpl. Warna air telaga dapat berubah-ubah. Mulai dari warna biru, cokelat, sampai hijau. Saya membayangkan anak-anak akan kaget dan bertanya-tanya kok warna telaganya bisa berubah. Inilah kesempatan untuk mengenalkan kebesaran Sang Pencipta. Sekaligus mengajarkan tentang sains kepada anak.

4. Taman Bunga Nusantara

Anak-anak mana yang tidak senang ketika akan diajak berkeliling taman bunga seluas 23 hektar? Pasti semua anak akan gembira. Meskipun tidak mungkin juga berjalan kaki sejauh 23 hektar. Taman Bunga Nusantara namanya, sebuah taman bunga yang terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor.

Terdapat kurang lebih 2000 jenis anggrek di Taman Bunga Nusantara. Serunya, ada fasilitas hiburan untuk anak-anak seperti permainan ketangkasan, mobil mini, hingga restoran. Wah, cukup lengkap ya. Setelah lelah berjalan melihat-lihat bunga, anak-anak bisa makan di restoran. Kalau masih ingin main bisa masuk ke area ketangkasan.

5. Danau Dariza Resort Hotel

danau dariza resort hotel

Keren, kan resort nya? Foto dari dokumen Danau Dariza Resort Hotel

Danau Dariza Resort Hotel terletak di Cipanas Garut. Tempat ini merupakan penginapan sekaligus terdapat objek wisata berupa danau.

Water Park di Cipanas

Waterparknya luas. Foto dari dokumen Danau Dariza Resort Hotel

Anak-anak dapat berenang di waterpark, bermain bola, flying fox, dan menaiki perahu berkeliling danau. Konsep penginapan yang berupa resort sungguh unik dan menarik.

Para tamu dapat menikmati makan malam di atas rakit yang berjalan di danau. Bentuk resortnya berupa rumah panggung yang dibangun di atas air. Ada pula bebek-bebekan yang dapat dinaiki oleh keluarga. Ingin makan di restoran yang besar? Jangan khawatir, Danau Dariza Resort Hotel mempunyai restoran dengan kapasitas untuk orang sekantor:)

Menurut saya, Danau Dariza Resort Hotel termasuk hotel terbaik dekat pemandian air panas cipanas. Selain konsepnya yang unik, harganya juga terjangkau. Mulai dari 599 ribu/ malam untuk kamar twin bed (2 single bed) tanpa sarapan. Bangunan kamar ini berbentuk seperti Kasepuhan Sunda.
Sedangkan kamar twin bed (2 single bed atau 1 queen bed) dengan sarapan harganya 699 ribu/ malam.

hotel Terbaik Dekat Pemandian Air Panas Cipanas murah

Kamar bernuansa Bali. Foto dari dokumen Danau Dariza Resort Hotel

Bentuk bangunannya juga unik, seperti rumah Gadang. Selain nuansa Sunda dan Padang, ada pula kamar yang bernuansa Bali lho. Kamu tinggal pilih mau menginap di kamar yang mana.

Hotel Terbaik Dekat Pemandian Air Panas Cipanas

Danau Dariza Resort Hotel memang hotel terbaik dekat pemandian air panas cipanas. Stafnya yang ramah, ruangan yang bersih, dan ramah anak merupakan tiga keunggulan hotel ini menurut review tamu yang pernah menginap. Bahkan seorang pengunjung bernama Edwin mengatakan bahwa hotel ini merupakan tempat sempurna untuk liburan keluarga, karena anaknya sangat suka menaiki kapal kecil.

Hotel Terbaik Dekat Pemandian Air Panas Cipanas

Penampakan malam harinya cantik sekali. Foto dari dokumen Danau Dariza Resort Hotel

Alhamdulillah, sepertinya saya sudah menemukan hotel yang akan saya tempati bila jadi berlibur ke Cipanas. Agar mudah dan cepat, saya akan booking hotel via Traveloka. Cukup isi data diri dan kontak, lalu lakukan pembayaran sesuai dengan pilihanmu.

Wah, jadi tidak sabar untuk segera melepas penat ke Cipanas. Saya sudah membayangkan serunya menginap di hotel terbaik dekat pemandian air panas cipanas. Lalu berjalan-jalan ke berbagai objek wisata terdekat. Doakan terkabul ya.

(Visited 57 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

11 Comments

  • Gita Siwi September 18, 2019 Reply

    Akh bayanginnya aja udah rileks hahahahaha. Udah lama nggak ke daerah cipanas nuh. Makasih infonya mba

  • Nurul Sufitri September 18, 2019 Reply

    Oh, dari Pelabuhan Ratu masih berjarak 15 km lagi menuju pemandiannya? Btw itu Danau Dariza Resort Hotel kelihatannya mewah ya. Ada water park juga. Manjain para tamu hotel dong ya. Apalagi kamar tidurnya bernuansa Bali gitu. Ah bisa bobo nyenyak deh 😀 Seru juga ya menginap di sini kita bisa order via Traveloka. Mau ah kapan2 ajak keluarga mandi air panas di Cipanas 😀

  • Elly Nurul September 19, 2019 Reply

    Cipanas salah satu destinasi wisata favorit ya kalo ke daerah Jawa Barat, waktu aku kecil orangtua aku sering ajak aku liburan kesini.. masih ingat aku mandi air hangat disini.. dan itu jadi pengalaman banget, secara amazing dengan lingkungan yang masih asri.. sekarang juga sudah banyak penginapan ya mbak disana, tinggal pilih sesuai kebutuhan dan budget tentunya

  • RAch Alida September 19, 2019 Reply

    Aku pernah nginap mba di penginapan dekat air panas cipanas. TApi lupa tepatnya nama hoteknya. Hehhe. Tapi senangnya kalau ke sini bisa skalian liburan nyaman tempatnya

  • Leyla Hana September 19, 2019 Reply

    Wah kece juga ya Cipanas. Aku mah baru sekali ke Cipanas waktu SD. Udah lupa dulu gimana. Seringnya ke Cipanas yang di Garut. Sama ada pemandian air panasnya juga

  • Bunda Lia September 19, 2019 Reply

    Aku pengen juga nih ke Taman Bunga Nusantara, dulu tahun 99 pernah ke sana, belum puas menjelajah, mungkin sekarang makin bagus dan tertata.

  • Eni Martini September 19, 2019 Reply

    Hotel klo anak anak suka dan merasa nyaman atau betah, Insaallah memang rekomend mba. Biasa patokanku begitu

  • Ade UFi September 20, 2019 Reply

    Dari semua yg mba dian tulis, saya belum pernah ke taman sakura, danau dariza dan telaga biru. Ternyata masih banyak ya destinasi wisata dekat puncak. Bisa jadi rekomendasi nih.

  • Nurul Dwi Larasati September 20, 2019 Reply

    Semua wisatanya bagus-bagus dan bikin fresh pikiran. Pengen tuh datang ke taman bunga Cipanas.

  • Hastira October 4, 2019 Reply

    daerah macet ya di sana, kebetulan mertuaku di sana

  • Ipeh Alena October 4, 2019 Reply

    Ya ampun, kepengen banget berkunjung ke taman sakuranya. Semoga aja bisa kesampaian. Sekalian liburan

Leave a Reply

error: Content is protected !!