Hidup Sehat itu Simpel

Facebooktwitterredditmail

Kesehatan adalah hal berharga yang jarang kita syukuri. Kita pikir sehat itu anugerah, padahal sehat adalah amanah. Perlu dijaga, harus dirawat, bukan didiamkan begitu saja.

Benar, bahwa kita berhak melakukan apapun pada tubuh kita. Benar, bahwa kita adalah pemilik badan yang selalu kita bawa kemana-mana. Tapi bukan berarti kita berhak untuk tidak menjaga tubuh yang ketika lahir masih sehat organ-organnya. Bukan berarti kita bebas melakukan apa saja terhadap sel-sel sehat di dalam darah kita. Kita perlu menjaganya…

Tahukah anda bahwa gaya hidup ternyata merupakan faktor resiko dari sebagian besar penyakit degeneratif (diabetes, hipertensi, jantung, dan kolesterol)? Termasuk kanker juga. Gaya hidup seperti apa yang dimaksud? Tentu saja gaya hidup tidak sehat, misalnya merokok, minum alkohol, kurang olahraga, hingga diet yang tidak seimbang.

Padahal sebenarnya penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah, dengan mengubah pola hidup. Penyakit diabetes contohnya, meskipun individu dengan turunan genetis orangtua pengidap diabetes, tetapi bila sang anak mau menjalani pola hidup sehat, maka resiko terkena diabetesnya pun akan berkurang.

Zaman sekarang, pasien stroke usia muda pun mulai mudah ditemui. Sama halnya dengan pengidap kolesterol dan hipertensi. Sementara itu, penularan berbagai bakteri dan virus  ternyata juga ada hubungannya dengan gaya hidup tidak sehat. Bila anda sering terserang diare atau flu misalnya, mungkin ada gaya hidup yang perlu dirubah. Insomnia pun dapat dipengaruhi oleh gaya hidup lho.

Fakta-fakta di atas merupakan motivasi saya untuk menjalankan gaya hidup sehat. Nggak mudah sih, tapi bisa dilakukan bila kemauan kita kuat. Bila dirangkum, apa saja motivasi saya?

1. Saya nggak ingin di usia produktif malah sering sakit-sakitan.

2. Saya tidak mau di usia lanjut mengalami berbagai komplikasi penyakit.

3. Saya ingin tetap bugar sehingga dapat melihat anak cucu saya bertumbuh.

4. Saya ingin sehat agar tidak merepotkan orang-orang yang saya sayangi.

5. Di dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.

Banyak orang berdalih bahwa pola hidup sehat itu sulit untuk diwujudkan. Ah masa sih?

Padahal gaya hidup sehat justru berawal dari sesuatu yang simpel. Hal simpel yang bila dikerjakan secara konsisten akan menampakkan hasilnya.

Mau tahu tips hidup sehat ala saya?

1. Tidur cukup

Untuk yang satu ini saya memang agak strike. Tidur siang minimal 1 jam/hari dan tidur malam minimal 6 jam/hari adalah kebutuhan bagi tubuh manusia. Karena tubuh juga perlu istirahat. Fase istirahat ini digunakan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, untuk mengeksresi atau membuang zat racun, dan sebagainya. Semua dilakukan oleh tubuh di malam hari. Oleh karena itu, tidur cukup amatlah penting. Kalaupun mesti begadang karena deadline, maka utang tidur sebaiknya diganti di lain waktu.

2. Minum air putih hangat+jeruk nipis di pagi hari

Pernah dengar mengenai metode food combining? Salah satu tipsnya adalah dengan memasukkan zat penetral tubuh di pagi setelah bangun tidur. Alih-alih minum segelas kopi atau teh hangat,  meminum air jeruk nipis merupakan hal baru bagi saya yang ternyata banyak manfaatnya.

Jeruk nipis mudah didapat, bisa dengan menanamnya sendiri atau beli di mbak tukang sayur. 3000 rupiah dapat 3 buah, murah kan?:)

3. Olahraga minimal 2 x seminggu

Saya rutin berolahraga untuk menyegarkan tubuh. Renang, senam aerobik, jogging, dan badminton adalah jenis olahraga yang biasa saya lakukan. Renang bersama anak pun menjadi momen menyenangkan yang mendekatkan kami, sekaligus saya bisa menyalurkan hobi dan bonusnya badan terasa refresh.

Aerobik dan jogging jelas merupakan latihan pernapasan dan jantung. Bila hari hujan atau malas keluar rumah, kebetulan sekali Adik dan Mama saya punya peralatan kardio sendiri di rumah, yaitu sepeda statis, asyik nih tinggal pencet mau berapa lama/ berapa jarak tempuhnya. Kalau ada yang rumahnya lebih dari 1 lantai, bisa juga lho olahraga naik turun tangga 30 menit misalnya.

4. Batasi konsumsi kafein

Kafein dari kopi kalau buat saya bikin kebelet ke kamar mandi terus, hehe. Selain itu juga bikin susah tidur, bahkan yang paling ekstrim sampai ada yang jantung berdebar. Tapi nggak semua orang sih mengalami efek tersebut. Jadi karena efek-efek nggak enak tersebut, saya lebih memilih membatasinya.

5. Selalu sarapan

Sarapan penting sebagai tenaga untuk otak. Orang yang terbiasa sarapan, terbukti lebih fokus dan konsentrasi di dalam pekerjaannya/aktivitasnya. Hal ini yang saya pegang dari usia sekolah hingga sudah berkeluarga. Ibu saya memang memastikan anak-anaknya selalu sarapan entah buah, roti, nasi, apa pun sebagai pengganjal perut. Saya menerapkannya di keluarga kecil saya. Bahkan suami yang tidak terbiasa sarapan, saya paksa sarapan, hehe.

6. Makan buah dan sayur minimal 2 porsi/hari

Buah dan sayur bagus untuk pencernaan dan sumber vitamin. Dalam menu harian pun saya usahakan selalu terdapat sayur baik yang ditumis atau berkuah. Buah yang berwarna-warni mengandung antioksidan yang tinggi. Seporsi sayur dan seporsi buah setiap hari sudah cukup untuk mencegah sembelit dan sariawan. Najla juga jadi #HealthAgent anak-anak:)

7. Menjaga kebersihan badan, gigi dan tangan

Mandi 2x sehari, sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, serta selalu cuci tangan. Beberapa orang menganggap sepele hal di atas, padahal kesehatan itu diawali dari kebersihan. Badan yang bersih, bebas dari penyakit kulit, membuat kita lebih percaya diri.

Kuman-kuman yang tertinggal di gigi selain mengakibatkan  masalah mulut tenggorokan, bisa lho menyebar ke pembuluh darah bila memang penyakitnya serius.

Tangan menjadi pangkal masuknya makanan ke dalam tubuh. Bila kita lupa cuci tangan sehabis bersin, sehabis buang air, ataupun setelah bepergian, maka sangat mudah bakteri masuk ke dalam tubuh kita.

Saya pikir tadinya cuci tangan tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan, tapi pengalaman membuktikan lain. Saat anggota keluarga lain terkena flu atau diare misalnya, saya kerap tidak tertular sendiri, ternyata semua itu karena kebiasaan cuci tangan baik setelah bepergian, sebelum dan sesudah makan, dan sebagainya.

Semua tips di atas bila dikerjakan secara konsisten tentu saja akan terasa manfaatnya. Paling tidak yang saya rasakan adalah tidak mudah tertular sakit flu, batuk dan sebagainya. Bila tertular, maka tidak sampai sehari sudah sembuh, karena istirahat cukup dan makan teratur juga. Dulu sewaktu zaman sekolah, saya cukup sering terkena sariawan. Belakangan saya baru tahu bahwa kemungkinan besar karena kekurangan vitamin C, vitamin B, dan stres. Bila zat-zat vitamin tersebut tercukupi dari makanan/minuman, insyaallah daya tahan tubuh pun kuat.

Tubuh yang kuat dan sehat tentu saja membuat kita lebih produktif dalam menuntut ilmu, bekerja, dan berkarya.

Hal ini, tentu saja sejalan dengan konsep sehat yang digaungkan oleh Undang-undang negara,

yaitu, UU No.23,1992 tentang Kesehatan menyatakan bahwa:

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Menurut pengertian tersebut maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan utuh terdiri dari fisik, mental dan sosial yang mempengaruhi produktivitas seseorang di kehidupan sosial dan ekonominya.

Menurut WHO (1981): Health is a state of complete physical, mental and social well-being, and not merely the absence of disease or infirmity.

WHO mendefinisikan pengertian sehat sebagai keadaan sempurna, baik jasmani, rohani, sejahtera secara sosial .

Tidak hanya sekedar sehat secara jasmani dengan olah fisik dan nutrisi dengan Nutrifood, tapi juga sehat jiwa dan pikiran. Sehat jiwa ini pun diimbangi dengan sehat spiritual. Artinya apa? Harus ada keseimbangan dengan menambah tips ke delapan.

8. Berkumpul dengan komunitas positif.

Sehat jiwa dan pikiran ternyata mempengaruhi kondisi fisik kita lho. Bayangkan bila setiap hari ketemunya sama orang yang ngajak berantem, iri, dengki, sirik atau suka ngegosip, lama-lama jiwa kita ikutan nggak sehat. Energi negatifnya bakal nular! Makanya penting banget punya komunitas positif sesuai hobi misalnya. Yang hobi masak ya komunitas masak, hobi pelihara hewan ya komunitas perhewanan mungkin. Hobi nulis kayak saya, ya gabungnya ke komunitas nulis. Dijamin deh dapat booster energi positif terus. Nggak ada istilah stres denger omongan orang, apalagi sampai jantungan karena ada yang memfitnah. Jauh-jauh deh dari lingkungan kayak gitu.

Khusus sehat spiritual atau sehat rohani, saya kasih bonus tips ke sembilan:)

9. Untuk yang muslim, pastikan tidak meninggalkan salat dan tilawah.

Berasa banget nih kalau perempuan kan setiap bulannya ada masa-masa nggak boleh salat. Nah biasanya saat tersebut udah deh gampang banget terbawa emosi. Dikarenakan hormonal juga tentunya, ditambah kering secara spiritual. Tipsnya apa donk kalau lagi datang bulan? Tentu saja kerjakan amalan lain yang boleh dilakukan, seperti zikir, sedekah, datang ke majelis ilmu, wah banyak deh. Pastikan waktu teman-teman tidak terbuang ke hal yang sia-sia.

Nah, bila kesehatan fisik, rohani dan spiritual sudah tercapai, maka sehat secara sosial dan ekonomi juga akan mengikuti. Sehat secara sosial saya ada tips ke sepuluh, sedangkan sehat secara ekonomi tips ke sebelas.

10. Terlibat dalam kegiatan sosial setidaknya 1 bulan sekali

Bisa berupa membantu posyandu, jadi relawan baksos/pengobatan gratis, atau paling mudah ya bersedekah di mana pun berada.

11. Menabung dan investasi

Sehat secara ekonomi artinya hidup berkecukupan sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan. Beda-beda tipis memang ya. Agar keuangan kita sehat, tentunya diperlukan perencanaan keuangan. Salah satunya dengan memiliki cadangan financial (tabungan) dan memutar uang yang ada (investasi)

Wah panjang ternyata ya tipsnya. Mulai sekarang,  yuk hidup sehat untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

17 thoughts on “Hidup Sehat itu Simpel

  1. Ika Puspitasari Reply

    Kalo sudah sakit baru terasa betapa mahalnya sehat itu ya mak….setuju banget bahwa kesehatan itu amanah

    • dian farida Post authorReply

      Iya mak..sehat itu murah, sakit itu mahal ya..

  2. Grace Melia Reply

    Sebenernya cara-cara sehat itu nggak susah ya Mak, asal mau dan konsisten aja. PR banget buatku. Terutama utk nomor 3. Nomor terakhir… susah kalau pas musim sale. Hahahaha. Payah dah. Harus lebih bertekad nih 😀

    • dian farida Post authorReply

      No 3 ada tips senam sehat 10 menit udah tahu belum mak?:). Wkkka kalo yg terakhir itu emg banyak godaannya ya:p

  3. donna imelda Reply

    Setuju banget, kalau sehat ibadah lancar. Jangan tunda deh punya gaya hidup dan pola makan yang baik. Ingat sehat sebelum sakit, ingat tua selagi muda.
    Btw, tulisan ini bagus banget.

    • dian farida Post authorReply

      Kalo sehat semua aktivitas lancae ya mak…makasih mak donna apresiasinya:)

    • dian farida Post authorReply

      Iy mak.itu kata UU dan WHO malahan..Kayaknya PR sehatny rakyat indonesia masih jauh ya..hmmm

  4. Hidayah Sulistyowati Reply

    Setuju mbak, sehat itu wajib kita jaga. Cuma menjaga konsiten itu yang rada susah, hihiii

    • dian farida Post authorReply

      Konsisten itu gampang2 susah sih..bulatkan tekad dulu mak..trs cari teman jalanin pola hidup sehat bareng..entah suami, atau sahabat misalnya:)

  5. murtiyarini Reply

    Terimakasih tipsnya. Btw, utk satu jeruk nipis dicampur segelas air atau setengah ya?

    • dian farida Post authorReply

      Kalo tiap pagi cukup seperempat atau setengah jeruk nipis dg secangkir air aja mak:)

  6. Yuniar Khairani Reply

    Makasih sharingnya Mak.
    🙂
    Suka dengan keseimbangan jasmani dan rohani nya.

  7. anjarsetya1 Reply

    mudah2an kita termasuk orang bijak dalam menjaga kesehatan mak…,

Leave a Reply

Your email address will not be published.