Embung Tambakboyo, Tempat Lari Kekinian di Jogja

Facebooktwitterredditmail

Embung Tambakboyo, lari di sini, yuk. Siapa yang sejak pandemi malah makin sering rebahan? Tos dulu yuk. Berbeda dengan suami saya, yang semenjak wfh justru makin rajin olahraga. Yang biasanya pagi hari terburu-buru mengantar anak sekolah,lalu lanjut ke stasiun untuk naik KRL, sekarang berganti dengan lari pagi sambil menghirup udara segar.

Manfaat lari pagi

Suami saya benar-benar konsisten lari. Salah satu caranya adalah ia membuat jadwal mingguan dan bulanan. Berapa kali lari dalam seminggu, dan berapa kilometer setiap lari. Jadi ada lari jarak pendek (2 km-an) , lari jarak sedang sekitar 5 km, dan lari jarak jauh sampai 10 km. Kata suami, masing-masing jarak lari mempunyai tujuan yang berbeda.

Embung adalah

Sewaktu di Jogja, saya diajak oleh seorang sahabat untuk mengunjungi tempat lari warga Jogja. Sebuah embung atau tempat penampungan air hujan di daerah Jogja Utara. Nama tempat itu adalah Embung Tambakboyo.

Sahabat saya Tifa, kerap lari pagi atau sore di Embung Tambakboyo. Dia sering bercerita ada restoran keren dengan pemandangan indah ke arah embung. Tentang pengunjung yang lari bersama anjingnya, menggendong anaknya, atau bersenda gurau bersama teman-temannya.

Embung di Jogja

Saat akhirnya saya mudik ke Jogja, Tifa mengajak ke embung Tambakboyo. Kami tidak hanya berdua, ada kedua anak saya yang ikut. Mereka senang sekali sewaktu melihat embung yang luas.

Tempat olahraga di Jogja

Saya, anak-anak dan sahabat saya berkeliling Embung Tambakboyo sambil berjalan kaki. Dibanding lari, mungkin lebih cocok disebut jogging. Ternyata embung ramai sekali. Banyak orang yang sedang berolahraga, ataupun sekadar duduk-duduk santai menghadap embung.

Mereka berfoto, bercengkrama, sambil makan camilan. Menunggu senja datang dengan perasaan bahagia. Sungguh, pemandangan yang menenangkan. Enggak ruwet kayak pemandangan di danau kota sebelah.

Sayangnya, hari itu Tifa memberi tahu kalau resto favoritnya kebakaran. Dengan kata lain, saya dan anak-anak enggak bisa menikmati es teh manis dan camilan enak di sana.

Sedih sih, tapi gimana lagi. Meskipun resto tersebut kebakaran, saya tetap tertarik untuk mencoba lari sore di Embung Tambakboyo. Alhamdulillah keputusan tersebut tidak salah.

Saya benar-benar fresh selama di Embung Tambakboyo. Kalau di Depok, saya dan suami hanya bisa lari di perumahan, atau di jalan raya. Tentunya dengan pemandangan kemacetan ala Jakarta coret. Mobil dan motor yang lalu lalang, plus para pedagang kaki lima yang berjejer.

Beda dengan saat lari di Embung Tambakboyo. Pemandangannya asri dan sejuk. Angin sepoi-sepoi berpadu dengan senja yang indah. Karena haus dan lapar, kami mampir di salah satu angkringan.

Lumayanlah bisa minum es teh, es leci, kentang goreng dan nasi goreng jawa. Ternyata banyak juga anak muda (baca mahasiswa) yang menghabiskan sore di sini. Baguslah, daripada rebahan di kos, mending olahraga di sini.

Hari itu, kami masih ada agenda lain yaitu cari kado untuk keponakan. Saya tak bisa berlama-lama di embung. Selain itu, kami juga harus segera mencari masjid/ musola untuk salat maghrib.

Tempat lari di Jogja
Track lari di Embung Tambakboyo

Oh ya, suatu hari saya melihat foto di galeri HP suami, dan ternyata ia juga pernah lari di Embung Tambakboyo.

Makan apa di pawon jinawi?

Saya cukup terkejut dengan foto resto tempat ia melepas lelah. Makanan jawa di foto di atas meja. Di hadapannya ada pemandangan ke arah Embung Tambakboyo. Sungguh romantis dan menyegarkan mata.

Ini saya kasih bonus foto-foto dari handphone suami=D

Restoran tradisional di Jogja

Pawon jinawi jogja

Embung di Jogja

Gimana? Keren, kan pemandangannya? Cocok buat olahraga dan melepas penat. Kalau ke Jogja, mampir ke sini ya=)

(Visited 111 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

18 thoughts on “Embung Tambakboyo, Tempat Lari Kekinian di Jogja

  1. Nurrahmah Widyawati Reply

    Vibesnya emang beda ya lari di pemandangan indah sama di Jakarta coret hahaha paksuku pun suka lari, tapi ya cuma di komplek aja. Seru ya kalau lari di situ. Nggak berasa udah banyak bakar kalori ^^ meski kita nemeninnya sambil makan & foto-foto (aku) wkwkwk

  2. Yuni Bint Saniro Reply

    Ah jadi malu. Aku juga lebih sering rebahan sih sekarang. Mau olahraga kok ya rasanya digondeli bantal. Alias malasnya ra umum, kak.

    Astaga. Dasar yuni. Hehehe

    Tapi, kalau di sekitar sini ada track lari yang keren kayak embung tambakboyo gitu bakal rajin nggak ya.

    Secara niatnya kan bisa sekalian jalan-jalan gitu. Hehehe

  3. Anak Kereta Reply

    Ini nih yang dinamakan run with view. Aku yang juga suka lari kayaknya nggak cepet bosen deh kalo lari di sini. Tandain dulu tempatnya deh, nanti kalo ke Jogja mau mampir. Thanks for sharing, Mbak!

  4. Gita Sarrah Reply

    Saya juga lagi coba rutin olahraga nih. Walopun bukan lari minimal jalan kaki atau joging. Btw seru juga ya olahraga di sekitar Embung Tambakboyo. Banyak pemandangan dan kulineran menarik.

  5. Asty Intan Pratiwi Widyanti Reply

    kalo tempat larinya kayak gini sih pasti rajin yaaa, seger banget gitu. olahraga juga jadi gak males kakkk. di kota besar mah lari di komplek perumahan, kalau kesiangan dikit ya barengan sama mobil/motor keluar rumah, harus minggir-minggir banget biar gak ketabrak huhu

  6. Happy Hawra Reply

    wah ini sih kalau jogging pasti rasanya adem dan sejuk ya, mantep jadi pengin. di tempatku jogging tracknya banyak nyamuk :”D

  7. NoNi Reply

    Aduuuh… saya kok yang tinggal di jogja malah belum pernah kesini e, kak! 🙂
    Tapi sekarang banyak lokasi seperti ini hampir di seluruh area yogyakarta, jadi bisa dimulai dari yang terdekat dengan tempat tinggal.

    Besok-besok, tak main kesana, ah 🙂

  8. Nila Reply

    Jalanannya enak sepi ya cocok buat olahraga juga, kalau sepi bisa curi-curi buka masker hehe

  9. Ulfah Aulia Reply

    Pas banget ya, olahraga sembari menghirup udara segar seperti ini… Bisa lebih menikmati gitu dgn disuguhkan oleh pemandangan alamnya yg indah

  10. Ira Hamid Reply

    wahh tempatnya asrii yaa, Mba. Yang lari bisa sekalian cuci mata nih, jadi sehatnya dapat senangnya pun dapat

  11. Fenni Bungsu Reply

    Cocok banget mbak Dian,
    Apik lokasinya.
    Buat healing oke, olahraga mantul, buat hangout bareng temen juga asik karena ada spot pepotoan, teteup hahah

  12. antung apriana Reply

    wah adem banget ya mbak pemandangannya di embung tambakboyo ini. cocok buat jalan-jalan santai sama keluarga. kalau mau ke sana apakah bayar dulu, mbak?

  13. Maftuha Reply

    Asik banget tempatnya… seger apalagi buat olahraga. Duh jogja makin bikin rindu untuk berknjung kembali ke sana

  14. Karina Lestari Reply

    Iri banget liatnya kalau bisa olahraga di tempa asri gitu hehehehe. Terakhir kali di bogor sih jogging sambil menghirup udara segar. Kalau di ibukota suka susah tsay. Mending di rumah aja deh pake matras aja sambil yoga atau pergangan kecil-kecilan. Sayang baru beli di Toko ACE Hardware belum sering dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.