Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Tahun lalu, hasil medical check up suamiku menunjukkan angka kolesterolnya di atas normal. Meskipun tidak terlalu tinggi, aku tetap khawatir karena kolesterol tinggi bisa menjadi pemicu banyak penyakit lainnya. Alhamdulillah setelah beberapa bulan menjalankan cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat, kolesterol suamiku kembali normal. Bonusnya, berat badannya turun 10 kg.

Oleh karena itu, hari ini aku ingin membagikan cara menurunkan kolesterol yang mudah dan aman. Baca tulisan ini sampai akhir ya. 

Sekilas Tentang Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol pada membran sel dan didistribusikan dalam plasma darah. Apabila kolesterol yang dihasilkan tidak diatur, kolesterol akan mengendap pada tubuh dan kadarnya akan semakin meningkat.

Lalu, apakah ada cara menurunkan kolesterol dengan mudah? Tentu ada banyak cara untuk menurunkan kolesterol, baik cara alami maupun medis.

Kolesterol tinggi bisa menimbulkan bermacam-macam penyakit beresiko, seperti stroke dan serangan jantung. Kolesterol terdiri dari dua macam, diantaranya adalah kolesterol jahat atau lebih sering disebut Low-density Lipoprotein (LDL), dan kolesterol baik atau lebih sering disebut High-density Lipoprotein (HDL).

Angka kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja, dari mulai anak sampai orang tua. Kolesterol tinggi disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang termonitor, dan kebanyakan makanan yang dikonsumsi mengandung banyak lemak.

Bila kalian sering mengonsumsi makanan berminyak, kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkat secara drastis. Contoh makanan yang berlemak antara lain gorengan, daging kambing, susu kental manis, dan masih ada banyak lagi.

Jika kolesterol jahat yang ada dalam tubuh semakin tinggi, maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang menuju jantung akan terhambat oleh lemak sehingga kolesterol bisa menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

Penyebab Tingginya Kadar Kolesterol pada Tubuh

Kolesterol tinggi pasti ada penyebabnya. Tak hanya dari faktor makanan saja, tetapi banyak faktor bisa mempengaruhi tingginya kadar kolesterol. 

Berikut ini penyebab terjadinya kolesterol tinggi:

  • Kurang olahraga dan tidak aktif bergerak
  • Konsumsi camilan, alias ngemil
  • Makan malam dan langsung tidur
  • Istirahat tidak teratur
  • Kebanyakan minuman mengandung alkohol dan bersoda
  • Banyak konsumsi gula atau makanan manis
  • Konsumsi makanan cepat saji (junk food)
  • Kurang minum air putih
  • Badan kurang serat dan BAB tidak teratur, maka sisa makanan menjadi lemak

Ada banyak cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Tentunya cara alami ini lebih sehat dibanding dengan menggunakan obat-obatan medis. Jika gaya hidup diubah dengan tidak terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, kadar kolesterol akan lebih mudah dikontrol.

Pentingnya Olahraga untuk Mengatur Kadar Kolesterol

Diet ketat untuk menurunkan kolesterol menjadi percuma jika tidak dibarengi dengan olahraga rutin. Toksin dan lemak tidak akan bisa keluar melalui keringat.

Oleh karena itu, sangat disarankan berolahraga minimal 30-60 menit per hari secara teratur untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. 

olahraga untuk kolesterol tinggi

Berenang juga baik untuk pernapasan dan jantung

Contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah lari, push-up, sit-up, renang, naik sepeda, senam, dan olahraga ringan yang lain yang mudah dilakukan. Olahraga merupakan cara termudah dan alami untuk menurunkan kolesterol yang membandel.

Dengan melakukan olahraga yang rutin setiap hari, maka kalian bisa terbebaskan dari serangan kolesterol jahat.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Sayur dan Buah-buahan

Cara menurunkan kolesterol

Buah-buahan segar sekaligus menyehatkan

Selain olahraga, ada cara alami lainnya yang direkomendasikan, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran. Sayur dan buah punya kandungan serat tinggi yang larut air. Kandungan tersebut dapat mengikat asam empedu sehingga penyerapan lemak dan kolesterol pada darah akan menurun.

Berikut ini adalah variasi buah dan sayur yang bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh:

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara alami untuk menurunkan kolesterol adalah dengan minum air jeruk nipis atau lemon. Keduanya memiliki kandungan senyawa flavonoid. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. 

Mengonsumsi segelas air jeruk nipis atau lemon setiap pagi terbukti efisien untuk meluruhkan lemak dan kolesterol yang membandel pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi air jeruk nipis dapat mendetoks toksin pada saluran cerna dan membantu kerja liver.

Kalian bisa memeras sebutir jeruk nipis atau lemon, lalu campur dengan satu gelas air hangat. Atau bisa juga dengan membuat infuse water dari buah jeruk nipis dan lemon.

2. Jambu Biji

Jambu biji merah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang bekerja sebagai pelindung jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Jambu merah juga memiliki kandungan kalium dan serat larut air untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Sebuah riset medis di Malaysia menunjukkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji sekitar 400 gram per hari, dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada darah dan kandungan antioksidan pada tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah jambu biji antara lain antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kalian sebaiknya mengkonsumsi jus jambu merah secara teratur.

3. Buah Anggur

Tak hanya buah jambu biji dan jeruk nipis yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, anggur juga memiliki serat larut air yang bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus.

Senyawa antioksidan dalam anggur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dengan mengonsumsi buah anggur,  kadar kolesterol dapat turun secara alami, karena kandungan yang terdapat pada anggur terbukti efektif dalam mengatur kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

4. Apel

Makanan yang cepat menurunkan kolesterol

Apel, sumber energi yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi

Buah apel juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol karena buah apel memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Fungsi senyawa pektin adalah bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat dalam usus halus, selanjutnya dibawa keluar tubuh melalui urin dan feses.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan termasuk apel, secara tidak langsung akan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh juga akan selalu terpenuhi jika rutin mengonsumsi apel setiap hari.

5. Sayur Brokoli

Brokoli adalah salah satu tipe sayur yang memiliki kandungan serat tinggi untuk menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. Sayur ini bisa membantu proses detoksifikasi tubuh dengan cara alami. 

Cara mengonsumsi sayur brokoli cukup dengan merebusnya dalam air, atau bisa juga dibuat sayur sebagai bagian dari kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Semoga cara menurunkan kolesterol dengan cepat secara alami di atas dapat kalian praktikkan dan benar-benar membuahkan hasil. Semoga tulisan ini bermanfaat. Kalian boleh cerita di komentar, tentang apa yang dirasakan oleh tubuh setelah rutin berolahraga dan mengonsumsi buah serta sayur.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!