Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi, Cara Nomor 5 Bikin Kaget

Facebooktwitterredditmail

Cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi tanpa perih. Sejak remaja, kulit wajah saya berminyak berjerawat. Jadi di bagian T yaitu hidung dan kedua pipi lebih berminyak daripada di bagian lain.

Kenapa tidak boleh memencet jerawat?

Lebih lanjut, saya justru memencet jerawat menggunakan tangan. Kala itu, saya tidak tahu bahwa hal tersebut tidak boleh. Karena justru mengakibatkan bekas jerawat.

Bekas yang telah lama, telah berubah menjadi bopeng. Kalau sudah begini, akan semakin susah untuk diobati. Bekasnya sudah cekung, dengan jaringan parut. 

Terang saja hal ini membuat kepercayaan diri saya menurun. Bopeng hanya bisa ditutupi dengan foundation dan make up lainnya. Benar-benar menyusahkan jika akan bepergian atau bertemu orang. 

Oleh karena itu, sebaiknya ketika jerawat matang, jangan dipencetin. Biarkan kempes dengan obat jerawat sehingga bekasnya juga tidak parah. Bekas jerawat yang tidak parah biasanya berwarna merah. 

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi? Tentunya butuh perawatan rutin menggunakan skincare yang sesuai dengan tingkat keparahan bekasnya. Setidaknya ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi, yaitu:

  1. Stop make up untuk sementara waktu

Untuk sementara waktu, jangan gunakan make up. Karena pori-pori yang tertutup make up akan mengakibatkan komedo dan jerawat tumbuh lagi dan lagi. Make up memang bisa menutup bekas jerawat, tapi tidak menghilangkannya. Bila sahabat ismi ingin benar-benar sembuh dari bekas jerawat, cobalah untuk no make up dulu.

  1. Double cleansing, kalau perlu triple cleansing

Penting bagi orang yang berjerawat untuk membersihkan wajah secara teratur. Agar wajah benar-benar bersih dari sisa debu, kotoran dan make up yang menempel, lakukan double cleansing. 

double cleansing

Double cleansing yang dimaksud adalah membersihkan wajah menggunakan dua tahap dengan bahan yang berbeda. Tahap pertama menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak seperti cleansing oil, susu  seperti milk cleanser, dan air seperti micellar water. Tujuannya untuk menghindari penyumbatan pada pori-pori wajah di lapisan pertama kulit.

membersihkan wajah dua tahap

Tahap kedua adalah membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih. Semakin lembut busa dari sabun yang dipakai, maka semakin efektif partikel dari busa tersebut membersihkan pori-pori wajah.

Untuk triple cleansing, sahabat ismi bisa bisa menambahkan pembersih yang mengandung oil seperti cleansing oil atau cleansing balm. Triple cleansing direkomendasikan ketika sahabat ismi menggunakan make up waterproof (tahan air), atau memakai full make-up.

Caranya adalah pertama-tama aplikasikan micellar water, lalu gunakan cleansing berbahan oil untuk membersihkan sisa-sisa make-up. Terakhir, pakailah facial wash.

  1. Tidak berpanas-panasan di bawah sinar matahari

Kulit wajah yang memerah akibat bekas jerawat bisa semakin parah bila terkena sinar matahari langsung. Dengan kata lain, sebaiknya jangan berpanas-panasan dulu, atau gunakan pelindung dari sinar matahari seperti payung dan masker.

Jangan lupa tetap menggunakan tabir surya baik saat di dalam rumah maupun ketika keluar rumah.

  1. Pilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit

Skincare yang sesuai jenis kulit amat penting agar permasalahan kulit bisa diatasi. Saya sendiri membutuhkan skincare yang bisa mengurangi sebum, dan cocok untuk kulit sensitif. Karena selain berminyak dan berjerawat, kulit wajah saya juga mudah mengalami break out jika ada kandungan skincare yang tidak cocok.

Paling aman tentu saja datang ke dokter kecantikan, atau dokter kulit dan kelamin sehingga bisa mendapatkan resep racikan skincare yang cocok.

  1. Menggunakan skincare racikan khusus sesuai kebutuhan

cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi

Apa benar skincare khusus bisa menghilangkan bekas jerawat? Tentu bisa! 

Diri Skincare solusinya! Skincare dari Diri akan mengangkat sel kulit mati, lalu merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat, menghambat pembentukan melanin, mencerahkan dan meratakan warna kulit, skincare yang dipersonalisasi (khusus), serta adanya konsultasi dokter dan follow up dari tim Diri. 

Apakah bahan-bahan dari Diri Skincare aman? Untuk menjawabnya, mari kita intip apa saja bahan-bahannya. Bahan utama dari Diri Skincare antara lain retinoid, azelaic acid, asam traneksamat, hidrokuinon, vitamin C, niacinamide, dan AHA.

Apa saja manfaat dari tiap bahan utama tersebut?

  1. Retinoid

Mempercepat pembentukan sel kulit yang baru dan merangsang pembentukan kolagen. Selain itu, retinoid juga memudarkan flek hitam, mencerahkan dan mencegah penuaan dini.

  1. Azelaic acid

Azelaic acid bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi flek hitam pada wajah.

  1. Asam traneksamat

Asam traneksamat berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin sehingga dapat mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

  1. Hidrokuinon

Hidrokuionon dengan ambang batas tertentu (yang dibolehkan BPOM dan aman), bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi dan penumpukan melanin pada kulit. Bahan ini cocok untuk sahabat ismi yang mengalami melasma. 

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang merangsang pembentukan kolagen. Terutama bagi perempuan usia 30+ dimana kolagen dari tubuh sudah mulai berkurang.

  1. Niacinamide

Niacinamide dapat mengurangi kemerahan pada kulit wajah, memudarkan flek hitam, dan membuat wajah tampak bersinar (glowing).

  1. AHA

AHA bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat mencerahkan dan mengurangi flek pada wajah.

Sahabat ismi pasti penasaran bagaimana sih cara menghilangkan bekas jerawat merah di pipi melalui Diri Skincare? Caranya mudah lho, bisa online juga. Sahabat ismi tidak harus bertatap muka.

Cukup isi kuisioner yang berisi berbagai pertanyaan terkait kondisi kulit, lalu foto wajah tanpa filter, kirimkan foto tersebut ke Diri Skincare untuk dievaluasi oleh tim dokter. Kemudian, sahabat ismi akan mendapatkan rekomendasi treatment / skincare. Lalu paket skincare dan obat (bila dibutuhkan) akan dikirimkan ke alamat rumah. 

Selanjutnya, dokter akan terus memantau perkembangan treatment. Yang paling menyenangkan adalah selama perawatan, sahabat ismi bisa chat dengan dokter bila ingin bertanya/ berkonsultasi terkait treatment. 

Wah, baru kali ini saya mengetahui ada tempat untuk menghilangkan bekas jerawat dengan skincare yang dipersonalisasi, tanpa harus tatap muka dengan dokter. Gimana? Tertarik? Saya sih yes!

(Visited 21 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

Leave a Reply

Your email address will not be published.