Cara Membuat Podcast Melalui Anchor

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Cara Membuat Podcast Melalui Anchor. Halo 2021, hari pertama di tahun 2021 ini mau saya isi dengan mengunggah satu artikel yang insyaallah bermanfaat. Pagi tadi, saya memulai aktivitas dengan sarapan nasi goreng teri telur dan  cokelat hangat. Lalu bermain bersama anak-anak, dan membuat pie susu untuk camilan nanti sore.

Setelah itu,supervisi urusan domestik di rumah, menanam bayam dari akar sayur bayam yang mau dimasak, menyiram tanaman, dan sekarang menulis artikel ini.

Beberapa teman sempat bertanya, saya pakai mikrofon apa untuk rekaman podcast? Kok suaranya bisa jernih dan renyah gitu? Bahkan ada yang bertanya apakah dulu saya pernah jadi penyiar radio? Tentu saja jawabannya tidak. Saya cuma pernah siaran di radio sekolah karena ikut ekstrakulikuler teater. Itupun hanya satu kali saja seingat saya.

Meski demikian, saya memang suka cuap-cuap. Sayangnya, dulu saya pemalu dan susah berkata-kata di depan umum. Jadi sering membeku gitu kalau harus presentasi atau melakukan public speaking.

Tapi lama-lama saya belajar untuk menjadi orang yang lebih berani dan percaya diri. Ekskul teater membukakan jalan untuk itu. Saat pentas, saya dan teman-teman teater sering tidak pakai mic sehingga suara harus lantang, bulat, dan terdengar jelas. Kami berlatih teknik pernapasan dan olah vokal.

Walapun sekarang saya sudah tidak pernah latihan lagi, tapi efeknya masih terasa hingga sekarang. Menjadi lebih percaya diri dan bersuara keras:D

Kembali ke podcast, terus terang saya enggak pakai mic eksternal. Dengan kata lain, saya hanya menggunakan mic bawaan handphone saja. Tapi sewaktu saya cek mengisi suara menggunakan aplikasi editing video dibandingkan dengan mengisi suara melalui anchor (untuk podcast), ternyata suara yang di anchor lebih jernih.

Wah, keren juga nih anchor, batin saya. Makanya saya ingin menuliskan pengalaman membuat podcast melalui anchor. Selain itu, ada juga teman blogger yang bertanya gimana caranya membuat podcast yang simpel dan enggak ribet? Cucok banget lah dengan prinsp saya, anti ribet apalagi saya masih ada bayi.

Walau harus saya akui, mungkin editing dan backsound podcast saya tidak sewah teman-teman podcaster lainnya. Tapi saya cukup puas dan bangga dengan hasil podcast di tengah keterbatasan. 

Cara membuat Podcast

Podcast parenting Indonesia

Oh ya, untuk yang belum tahu podcast saya, search aja di Spotify ketik Podcast Bincang Bunda. Jangan lupa dengarkan episode-episode nya ya.

Anchor, One Stop Aplikasi Untuk Podcast

Cara Membuat Podcast

Oke, sekarang saya akan membahas lebih detail dan teknis banget. Ikuti langkah-langkah berikut ya:

  1. Download aplikasi Anchor di Playstore
  2. Sign up atau daftar
  3. Setelah verifikasi via e-mail, login kembali
  4. Mulailah membuat podcast
  5. Pilih nama podcast, masukkan gambar untuk cover podcast
  6. Isi profil atau data bio podcast (data ini nantinya akan tampil di Spotify juga)
  7. Mulailah episode pertama podcastmu

Lalu, bagaimana caranya rekaman menggunakan anchor?

  1. Klik tombol + menandakan episode baru
  2. Klik tombol berbentuk mic untuk rekaman
  3. Rekaman bisa didelete atau diedit langsung di anchor
  4. Isi background musik bila perlu
  5. Save rekaman segmen pertama. Beri judul tiap segmennya.
  6. Bila ingin menambahkan interlude (backsound diantara segmen, cukup klik tombol + dan klik library lalu klik interlude, add interlude to episode
  7. Bila ingin menambahkan segmen (rekaman berikutnya, alias part berikutnya), tinggal klik tanda + tanpa berganti episode
  8. Bila ingin menghapus segmen, klik titik tiga di judul segmen, lalu klik delete
  9. Bila ingin mengubah urutan segmen, pencet lama judul segmen lalu bawa ke urutan yang diinginkan (didrag gitu)
  10. Setelah selesai rekaman semua segmen, klik tombol publish di kanan atas
  11. Isi judul episode dan deskripsinya
  12. Isi sesion dan episode dengan angka
  13. Masukkan gambar custom bila perlu
  14. Publish saat itu juga, atau ganti tanggal publish jika menginginkan dipublish di hari lain secara terjadwal
  15. Episode pertama podcastmu sudah siap untuk dibagikan (share) melalui link
  16. Tunggu sekitar 10 menit lalu buka Spotify dan episode pertama podcastmu akan muncul sehingga bisa dibagikan di media sosial (Facebook, Instagram, Whatsapp, Twitter, dll)

Bagaimana, apakah cukup jelas? Jika kurang jelas, saya sudah membuatkan video tutorialnya. Klik langsung videonya ya.

Oh ya, selanjutnya saya akan menuliskan Q & A tentang podcast ya.Teman-teman bisa menuliskan pertanyaan di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya.

(Visited 52 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Leave a Reply

error: Content is protected !!