ASI Bernutrisi Tanda Kasih Ibu untuk Buah Hati

Facebooktwittergoogle_plusredditmail

Love is you

Halo pembaca ismyama.com, aku mau cerita tentang proses menyusuiku yang enggak mulus-mulus saja. Tiga anak, tiga cerita berbeda. Kalau disimpulkan, perasaan selama menyusui itu campur aduk. Ada senangnya, ada sedihnya, ada kesalnya, ada bingungnya. Bahkan ada kecewanya. Kok bisa? Ya karena menyusui itu enggak semudah yang digaung-gaungkan. Tapi karena manfaatnya terbukti sangat banyak, tentu saja menyusui harus diperjuangkan.

Pengalaman Menyusui Tiga Buah Hati

Bagaimana denganmu? Apa tantangan menyusui terberatmu?

Kisah menyusui anak pertama bisa teman-teman baca di sini. Intinya, waktu itu aku masih jadi ibu baru. Ilmu tentang ASI dan menyusui masih sedikit. Tapi niat dan usaha begitu menggelora. Aku sempat meringis kesakitan, karena di awal menyusui, putingku lecet akibat pelekatan yang kurang tepat. 

Sempat sedih, karena ketika bayiku menangis, orangtuaku berpikir bahwa bayi masih lapar. Padahal bayi menangis bukan hanya karena lapar. Sempat bingung, saat bayi terus menerus menyusu semalaman tidak mau lepas dari payudara. Ternyata oh ternyata, bisa jadi si bayi sedang growth support. 

Anak kedua sedikit berbeda, karena aku memberikan ASI melalui metode DBF (Direct Breast-Feeding) dan pumping (ASI perah). Jadi ketika aku sedang di kampus atau di luar kota karena harus praktik Farmasi, maka bayiku minum ASIP (ASI perah). Tapi ketika di rumah, aku menyusui langsung. Tentu saja ada suka dukanya. Yang paling menyedihkan adalah si bayi menyapih dirinya sendiri pada usia 1 tahun. 

Tantangan menyusui anak kedua juga lumayan banyak. Mulai dari ternyata bayiku alergi makanan laut sehingga ia pernah bentol-bentol sampai bengkak wajahnya sesaat setelah meminum ASIP (yang diperah sehabis aku makan seafood dalam jumlah banyak). Sampai bayi sempat bingung puting karena ia minum ASIP melalui media dot. 

Bagaimana dengan anak ketiga? Bayi cowok pertamaku ini luar biasa menyusunya. Kayak enggak kenyang-kenyang. Di usia 9 bulan yang sudah MPASI saja, ia masih menyusu dengan kuat. Aku enggak tahu hal tersebut terjadi karena memang badannya butuh ASI banyak. Atau karena ASIku kurang bernutrisi sehingga ia mudah lapar lagi. Tapi yang jelas, berat badannya normal untuk usianya. Usia 9 bulan sudah 9 kg. 

Tantangan menyusui anak ketiga ini lebih kepada badanku yang cepat lelah. Selain karena si bayi sering minta ASI setiap satu jam (terutama saat usianya di bawah 6 bulan), aku juga masih mengurus rumah tangga dan dua kakaknya. Tentu saja badanku cepat capek, karena diforsir. Akibatnya, aku mudah lapar. Kalau sudah lapar, wah, jadi senggol bacok deh. Padahal ibu menyusui harus bahagia biar ASI nya lancar. Ibu menyusui bukan hanya enggak boleh kelaparan, tapi harus makan yang bergizi. 

Dukungan Keluarga dan Lingkungan adalah Koentji

Aku bersama si bungsu, bayi laki-laki yang kuat menyusu =D

Siapa bilang menyusui itu perjuangan seorang diri? Tentu tidak! Menyusui perlu diperjuangkan oleh seluruh anggota keluarga. Kalau di rumah tinggal sama suami, ya suami harus mendukung pemberian ASI. Kalau tinggal dengan orangtua atau mertua, ya mereka perlu diberi edukASI agar menjadi support system terbaik. 

Aku sendiri sempat mengajak Mama dan suami mengikuti workshop tentang ASI dan menyusui. Mereka cukup antusias dan menjadi lebih mengerti mengapa ASI itu penting, apa keunggulan ASI, dan bagaimana cara mendukung ibu menyusui. 

Siapa orang terdekat yang paling mendukungmu saat menyusui?

Paling susah tentu di bagian mendukung ibu menyusui. Salah satu penyebab keluarga kurang percaya dengan ASI adalah karena enggak tega mendengar bayi rewel. Dan akan membuat ibu menyusui semakin sedih, jika ujung-ujungnya menghakimi bahwa ASI seret, ASI enggak enak, atau ASI enggak berkualitas. 

Padahal jika ibu menyusui sedih, marah atau kecewa, hormon oksitosin juga terhambat. Akibatnya produksi ASI menjadi tidak lancar. Ibu menyusui juga bisa stres lho. Pernah dengar tentang Baby Blues, kan? Meskipun bayi minum ASI, tapi kandungan ASI nya juga penuh hormon stres. Bayi bisa rewel, karena merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya. 

Aku termasuk beruntung ketika anak kedua lahir. Sebulan sebelum Sara lahir, aku sudah menemukan pengasuh. Nah, pengasuh ini memang berpengalaman. Ia sudah tahu bagaimana cara menyimpan ASIP, menghangatkan ASIP, hingga memberikan ASIP. Tanpa dukungan dari pengasuh, belum tentu Sara bisa mendapatkan ASI eksklusif. 

Aku juga mendapat dukungan dari teman-teman kuliahku. Mereka mengizinkan aku memerah ASI di jam istirahat. Mereka juga merelakan freezer kulkas (di kontrakan saat praktik di Surabaya) terisi penuh dengan ASIP. Masyaallah, tanpa keikhlasan hati dari lingkungan sekitar, tentu proses memberikan ASI menjadi lebih menantang.

Halo kakak-kakak. Aku sehat berkat ASI=)

Begitu juga dengan anak ketiga. Suamiku mendukung untuk menyusui bayi selama 2 tahun. Ia mau bergantian menyendawakan bayi setelah selesai aku susui. Ia juga mau menggendong bayi jika masih susah tidur. Ia bahkan memandikan dan menyuapi bayi di pagi hari, karena aku masih mengantuk. Suamiku juga beberapa kali melakukan pemijatan oksitosin agar ASI ku makin lancar. 

Bagaimana dengan ibuku? Mama memasak berbagai makanan yang bagus untuk ibu menyusui. Dua bulan pertama sejak kelahiran anak ketigaku, Mama ikut tinggal di Depok. Beliau membantu mengurus kakak-kakak saat aku melahirkan di rumah sakit. Beliau juga membantu memandikan bayi sehingga aku bisa mandi dengan tenang. Beliau juga sesekali menggendong saat aku mau salat atau ingin ke kamar kecil. 

Jadi, sejak hamil, mulailah menceritakan tentang keinginanmu memberikan ASI pada buah hati. Jangan lupa edukASI dan berikan informasi pada keluarga dan lingkungan sekitar agar mereka mendukungmu tanpa diminta apalagi dipaksa. 

5 Tips Lancar Menyusui, Ibu Menyusui Harus Tahu! 

Tips mana yang belum kamu praktikkan?

Tidak hanya dukungan keluarga dan lingkungan terdekat yang membuat ASI lancar. Setidaknya aku punya 5 tips yang akan kubagikan. 

1. Belajar Ilmunya

Menyusui itu memang alamiah, tapi tetap ada ilmunya. Jauh-jauh hari sebelum melahirkan, ibu hamil sebaiknya mencari informasi sebanyak mungkin mengenai ASI dan menyusui. Ibu dan keluarga dekat perlu tahu tentang manfaat ASI bagi bayi dan bagi ibunya. Ibu dan keluarga juga harus tahu bagaimana pelekatan yang benar sehingga bayi meminum ASI dengan lancar. Ibu dan keluarga diharapkan mengerti bagaimana prinsip produksi ASI yang benar sehingga tidak salah dalam menstimulasinya. Mitos dan fakta tentang ASI juga perlu diketahui agar tidak termakan informasi yang menyesatkan.

Lebih lanjut, berbagai kondisi yang menyebabkan ASI belum keluar, beserta solusinya juga penting untuk dipelajari. Begitu juga dengan penyakit yang bisa terjadi pada ibu menyusui seperti mastitis, dan infeksi lainnya, sebaiknya diketahui sejak bayi belum lahir. 

Ibu dan keluarga bisa mendapatkan ilmu tentang ASI dan menyusui dari buku-buku terkait, talkshow dan workshop tentang menyusui, bahkan langsung bertanya kepada bidan dan dokter. Saat ini, setahuku di setiap rumah sakit ada edukasi yang diberikan paska ibu melahirkan.

Saat aku melahirkan anak ketiga, para ibu menyusui dikumpulkan untuk diberikan workshop tentang ASI. Ada alat peraganya segala, yaitu boneka bayi dan alat-alat yang diperlukan oleh ibu menyusui. Bahkan jauh – jauh hari sebelum melahirkan, ada kelas tentang menyusui dan pengasuhan. Keren, kan, rumah sakit masa kini? Sudah lebih aware dengan ASI dan menyusui. Tentu saja teman-teman juga perlu mencari dokter, bidan, tenaga kesehatan, dan rumah sakit yang pro ASI dan IMD. Karena salah satu kunci lancar menyusui adalah dukungan dari tenaga kesehatan saat ibu melahirkan.

Semua ilmu tersebut penting agar ibu lebih percaya diri saat menyusui. Ilmu tersebut juga penting untuk mengedukASI orang lain dan lingkungan sekitar bila kelak ikut campur selama proses menyusui. 

2. Rawat Payudara Sejak Masa Kehamilan 

Banyak yang tidak mengetahui jika payudara harus dirawat sejak kehamilan. Ibu bisa melakukan pemijatan payudara di rumah. Layanan breast care atau breast massage biasanya tersedia ketika ibu dirawat inap di rumah sakit ketika melahirkan. 

Perawatan payudara penting agar ASI terstimulasi untuk keluar. Pemijatan dilakukan untuk merangsang keluarnya hormon-hormon yang memproduksi ASI. Payudara juga perlu dirawat agar puting tidak lecet dan ASI tidak tertahan atau terganjal di bagian tertentu pada payudara. 

3. Percaya Diri dan Keras Kepala 

Ibu yang sudah memiliki ilmu tentang ASI akan lebih percaya diri ketika menyusui. Hal ini penting agar ibu tidak mudah down saat menemukan masalah selama proses menyusui. Perlu diketahui bahwa menyusui itu tidak mudah, butuh niat dan konsistensi. Tanamkan bahwa ASI lancar dan pasti sukses menyusui. Pantang menyerah dan keras kepala kadang diperlukan demi tetap bisa menyusui buah hati. 

Meski demikian, ibu sebaiknya tetap berkonsultasi dengan konselor laktasi atau bidan dan dokter jika ada masalah selama menyusui. Ibu boleh percaya diri dan keras kepala, tapi juga tetap menerima masukan dari orang yang lebih ahli. 

4. Ibu Bahagia

Salah satu hormon yang menstimulasi terbentuknya ASI adalah oksitosin atau hormon kebahagiaan. Hormon ini bisa meningkat jika ibu bahagia. Ibu menyusui harus bahagia, berusaha untuk bahagia. Bagaimana caranya? 

Ibu bisa melakukan me time sesuai kondisi. Misalnya mendengarkan musik, mandi lebih lama, membaca buku, makan cokelat, atau pergi keluar sebentar memotong rambut di salon. Pastikan ASIP sudah disiapkan jika ibu mau me time keluar rumah. Jika tidak ada yang menjaga bayi, ibu bisa melakukan banyak hal lain yang membuat bahagia di rumah. 

5. Penuhi Nutrisi Ibu Menyusui 

Tips penting kelima adalah nutrisi ibu menyusui. Ibu menyusui harus cukup minum, minimal 2 liter sehari. Makanan ibu menyusui harus bergizi agar buah hati juga terpenuhi nutrisinya. Berbagai makanan sehat seperti buah, sayur, dan protein hewani diperlukan oleh ibu menyusui. Semua makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi sejak kehamilan, karena nutrisi bayi perlu dijaga selama 1000 hari pertamanya. 

Terus terang, saat hamil, aku mempunyai asisten rumah tangga yang memasak sehingga nutrisiku terpenuhi. Meski begitu, aku juga minum suplemen kehamilan dari dokter. Ketika melahirkan, Mamaku datang ke Depok dan memasak. Beliau memasak makanan yang dapat melancarkan ASI dan bagus untuk ibu menyusui. 

Begitu Mama pulang ke Jogja, corona melanda. Asisten rumah tangga juga berhenti. Akibatnya, makananku mulai tidak terjaga. Bila sempat, aku memasak. Tapi kalau di rumah sedang repot, aku mengandalkan jualan tetangga atau beli makanan online. Nutrisinya bagaimana? Tidak tahu, yang penting kenyang. 

Oleh sebab itu, aku mulai mencari tahu suplemen apa yang bisa memenuhi nutrisiku selama menyusui. Alhamdulillah, aku menemukan Blackmores. 

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui 

Sebenarnya aku sudah lama mendengar kepopuleran Blackmores sebagai suplemen untuk ibu hamil dan menyusui. Saat hamil, aku mendapat vitamin langsung dari resep dokter. Begitu bayi sudah lahir, aku sudah tidak berkonsultasi lagi ke dokter kandungan kecuali di awal untuk mengecek kondisi jahitan paska VBAC. Otomatis aku tidak meminum suplemen apapun. Termasuk ASI booster apapun. 

Kemudian saat aku merasa bayiku tidurnya tidak nyenyak bahkan setelah usianya mencapai 3 bulan, mulailah aku mencoba Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG). Mengapa Blackmores? Tentu saja karena sudah banyak ibu menyusui yang membuktikan manfaatnya. Volum ASI mereka meningkat. ASI juga bertambah kental. Kalau ASI kental (banyak hindmilk atau lemak) , diharapkan bayi juga kenyang lebih lama sehingga tidur lebih nyenyak.

Keunggulan Blackmores PBFG

Komposisi detail Blackmores PBFG adalah Asam folat 200 µg, Kalium iodide 98 µg (Iodium 75 µg), Fish oil 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 (DHA 125 mg + EPA 25 mg), Fe (II) fumarate 15.7 mg (Zat besi 5 mg), Niasin 7.5 mg, Vitamin C 30 mg, Kalsium karbonat 300 mg (Kalsium 120 mg), Zinc sulfat 20.8 mg (Zinc 7.5 mg), Magnesium oksida 49.8 mg (Magnesium 30 mg), Thiamine nitrate 500 µg (Vitamin B1 405 µg), Riboflavin (Vit B2 750 µg), Pyridoxine HCl (Vit B6 750  µg), Vit B12 1.5 µg, d-alpha tocopherol (natural Vit E 5.21 IU), Dunaliella salina cell extract soft concentrate 72 mg.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui, yaitu:

Keunggulan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold

Dengan berbagai keunggulan di atas, ibu hamil dan ibu menyusui tidak perlu khawatir merasa mual saat mengonsumsi Blackmores PBFG. Selama aku mengonsumsi Blackmores PBFG, aku juga belum pernah mengalami konstipasi. Buang air besar lancar seperti biasanya. 

Dosis kalsium yang tinggi diperlukan bagi ibu hamil karena cadangan kalsium dalam tubuhnya diambil oleh bayi sehingga ibu memang sudah seharusnya meningkatkan asupan kalsium. Kalsium ini penting bagi untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati, serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu. Sedangkan Omega 3 dan DHA bagus untuk pertumbuhan otak dan mata bayi.

Kandungan Blackmores PBFG amat lengkap

ASI bernutrisi, ASI berkualitas, dan lancar menyusui tentu menjadi dambaan semua ibu. Aku yakin dengan kualitas Blackmores PBFG sehingga aku mengonsumsinya selama sedang menyusui. Aku mempercayakan nutrisiku pada Blackmores PBFG. Semua ini aku lakukan sebagai tanda dan bukti kasihku pada buah hati. 

Review Blackmores PBFG

Isinya berupa kapsul lunak

Kemasan Blackmores PBFG berupa botol berwarna gelap. Warna gelap ini bertujuan untuk melindungi kandungan Blackmores agar tidak terkena cahaya matahari langsung. Blackmores PBFG sebaiknya disimpan pada suhu di bawah 30 derajat Celcius dan di tempat kering.

Kemasan luarnya berwarna merah mudah dengan gambar ibu bersama bayinya. Menurutku, nuansa merah muda, putih, dan hitam membuat kemasan ini terlihat elegan sehingga cocok juga dijadikan kado.

Aku mengonsumsi Blackmores PBFG yang berisi 60 kapsul lunak. Tetapi ada juga kemasan yang berisi 120 dan 180 kapsul. Dosis Blackmores PBFG adalah 2 kapsul/ hari. Dosis tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil dan Ibu menyusui. 

Sebagai informasi, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold turut mendukung World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus. Kalbe Blackmores Nutrition bersama para blogger yang pernah atau sedang menyusui, melakukan edukasi dan sharing terkait ASI dan menyusui melalui sosial media @blacmoresid. Tujuannya agar semakin banyak ibu hamil dan menyusui yang memberikan ASI bernutrisi untuk bayinya. Dengan berbagi pengalaman dan tantangan selama menyusui, Kalbe Blackmores Nutrition berharap agar para ibu menyusui tidak merasa berjuang sendirian.

Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat demi nutrisi ibu menyusui

Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk unggulan untuk ibu hamil dan menyusui yaitu Blackmores PBFG memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Oleh karena itu, sejak 2017, Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat (Bumi Sehat Foundation), dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua. Wah, program yang bagus sekali mengingat tidak semua ibu sempat memikirkan asupan makanannya saat hamil atau menyusui.

Untuk detail mengenai Blackmores PBFG, teman-teman bisa langsung mengunjungi website Blackmores dan Instagram @blackmoresid

Aku sangat merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk para ibu menyusui, dan sebaiknya dipersiapkan sejak masa kehamilan. Karena 1000 hari pertama bayi tidak akan terulang kembali. ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa akan menjadi nyata bila ibu menyusui memperhatikan nutrisi yang masuk ke badannya. Semoga, semua ibu menyusui semakin sadar tentang pentingnya nutrisi bagi buah hati.

Oh ya, semua varian produk Blackmores bisa banget teman-teman dapatkan di e-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Pembelian di Official Store menjamin keaslian Blackmores sehingga lebih aman.

Jadi anak ASI sepertiku, yuk!

Ayo, jadi bagian dalam mendukung ibu menyusui, agar dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati.

(Visited 352 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditmail

105 Comments

  • Vicky Laurentina August 16, 2020 Reply

    Kalau para nenek dan kakek sudah mau suportif terhadap ASI sejak kehamilan, itu berkah yang luar biasa.

    Ketika dulu aku hamil dan merencanakan persalinan, aku memilih sebuah RS yang pro-IMD. Sebetulnya ortuku tidak setuju. Mereka ingin aku melahirkan di RS dekat rumah budeku saja, supaya budeku bisa membantu mengasuhku selama nifas. Aku menolak, karena budeku tinggal di luar kota.

    Ternyata pada waktu kelahiran anakku, anakku kena infeksi nosokomial sejak persalinan, sehingga anakku harus diopname selama 3 minggu semenjak lahir. Selama nifas, aku dimarahi oleh ortuku karena tidak mau menuruti melahirkan di RS pilihan mereka. Menurut mereka, lebih penting aku dan anakku selamat bersama budeku, daripada memprioritaskan RS yang pro-IMD.
    (Memang pada 5 tahun yang lalu, RS yang pro-IMD itu baru ada 3 biji, sedangkan RS pilihanku adalah RS pro-IMD yang biaya sewa kamarnya paling sedikit).

    Anakku akhirnya memperoleh ASI-nya beberapa jam setelah lahir. Dia akhirnya sembuh. Dan dia menyusu padaku lama sekali, kira-kira sampai 4 tahun. Dia sangat jarang sakit (sehingga aku jarang banget beli obat anak). Tetapi orangtuaku masih mengungkit-ungkit “kesalahan”-ku dulu karena aku tidak mau menuruti saran mereka yang melahirkan bersama budeku.

    Aku sangat iri kepada ibu-ibu yang kakek-neneknya sangat suportif terhadap proses IMD cucu mereka, karena orangtuaku tidak seperti itu.
    Oh ya, orangtuaku dokter.

  • Elly Nurul August 19, 2020 Reply

    Nutrisi untuk anak memang harus dipersiapkan ya.. dan itu semua berawal dari masa kehamilan ya.. makanya ibu hamil harus terpenuhi nutrisinya dan iyess momen menyusui itu jadi salah satu momen yang harap harap cemas sih, disatu sisi ingin idealis tapi kadang asi ngga lancar dan akhirnya mengalah huhu semoga blackmores ini jadi salah satu solusi agar ibu2 menyusui bahagia ya dan asi lancar

  • gina August 19, 2020 Reply

    Hamil dan melahirkan anak pertama, yah menurutku dmasih kurang informasi dan masih jauh dari kata sempurna. Kurangnya support dari orang dekat soal memberian asi,,membuatku jadi agak stress dimasa-masa tersebut. Nah, next gak mau kek gtu ah…..anak kedua hrs lebih optimal wkwkw (bikin dululah ya ) haha

  • winda - dajourneys.com August 19, 2020 Reply

    saya kalau baca pengalaman ibu-ibu memberi ASI untuk buah hati suka sedih mbak, karena saya gagal memberi ASI untuk anak saya 🙁

  • Okti Li August 19, 2020 Reply

    Nutrisi untuk ibu hamil memang sangat penting. Terlebih di masa pandemi yang konon ibu hamil lebih rentan daya tahan tubuhnya kena penyakit. Semoga jika berkesempatan hamil lagi, bisa menyiapkan diri mental lahir batin supaya bisa mengasihi semaksimal mungkin

  • Mugniar August 19, 2020 Reply

    Benar Mbak, dukungan keluarga adalah kunci. Saya merasakan. Tapi yang paling penting dukungan suami. Soalnya orang tua tidak pro ASI …. alhamdulillah suami saya pro ASI.

  • Nuraini Fitriana August 20, 2020 Reply

    MasyaAllah… semangat mengAsihi…

  • Sari August 20, 2020 Reply

    Belum punya pengalaman sih mbak, karena masih single, tapi kalau black mores, ada produk lainnya untuk tulang dan sendi, meskipun harganya lumayan, tapi manfaatnya luar biasa

  • Bambang Irwanto August 20, 2020 Reply

    Asi memang hal utama untuk bayii ya, Mbak Dian. Makanya asi itu tidak hanya banyak, tapi harus bernutrisi juga, agar bayi mendapatkan kualitas ASI yang baik. Nah, salah satunya mengkonsumsi Blackmores suplemen untuk Ibu hamil dan menyusui.

  • Keke Naima August 20, 2020 Reply

    Keren, Mbak. Suami dan ibu juga diajak untuk ikut workshop. Memang support system itu penting banget, deh

  • Helena August 20, 2020 Reply

    Mba Dian, jadi busui itu perlu belajar supaya lancar menyusui. Di anak pertama Aku ga paham gimana pelekatan yg benar jadinya PD luka. Anak kedua ini alhamdulillah melahirkan di RS yg pro ASI banget sampe Aku diajarin cara menyusui dan pumping yg benar.

  • Miyosi August 20, 2020 Reply

    Luar biasa Mbaa
    Saya baru satu aja pas meng-ASI-hi benar-benar perjuangan
    Btw, saya pun dulu dibilang untuk wolesss rilekss enggak stres biar asi-ny keluar
    Hati yg bahagia memang obat y, Mb
    Semoga anak2 Mba sehat selalu aamiin

  • Iffiarahman August 20, 2020 Reply

    Waktu itu mbak ku juga mengkonsumsi blackmorres ketika menyusui, kata mbak ku memang blackmorres pengaruh banget sama kualitas asinya, edukatif banget ulasannya 🙂

  • Kurnia amelia August 21, 2020 Reply

    Bener banget dukungan keluarga itu penting banget yes, jadi inget adekku waktu lahiran hari pertama sampai ke 3 ASI nya belum keluar tapi dia terus usaha dan Alhamdulillah sekarang malah suka banjir ASI-nya. Btw banyak yang riview Blackmores ini dan katanya memang bagus ya.

  • Shyntako August 21, 2020 Reply

    menyusui tuh momen special banget mba, aku dulu juga enjoy banget saat menyusui sampai anakku 2 tahun. puas rasanya bisa memberikan ASI terbaik untuk anak. makanya kita perlu asupan nutrisi yang oke yaa kaya Blackmores ini

  • Tuty Queen August 21, 2020 Reply

    Bener banget mbak, beda anak beda cerita pengalaman menyusui. Meski aku belum pernah merasakan menyusui tapi aku lihat adikku yang ASI nya nggak lancar saat anak pertama sedangkan anak kedua lancar banget. Aku setuju dukungan keluarga sangat dibutuhkan termasuk menyenangkan hati ibu menyusui.

  • andyhardiyanti August 21, 2020 Reply

    Tipsnya penting banget nih mbak. Terutama bagian untuk terus menjaga agar si ibu tetap bahagia. Ibu yang bahagia adalah awal dari si kecil yang turut bahagia 🙂

  • Demia August 21, 2020 Reply

    Semangat untuk seluruh Ibu yang yang lagi Mengasihi, mood ibu juga wajib banget dijaga biar asinya lancar, beberapa temenku ada yang agak susah buat dapetin asi melimpah jadi harus dibantu dengan susu tambahan

  • Aulia August 21, 2020 Reply

    Aku suka iri deh sama emak emak yg sukses menyusui, kenapa bisa selancar itu asi nya hahahha.soalnya aku dlu keluarnya dikit banget, dah makan sayur katuk, beli jamu dan obat A-Z tetap aja gak keluar hiks

  • Rani Yulianty August 21, 2020 Reply

    Aku juga dulu perjuangan banget buat memberi ASI buat anak-anak karena waktu itu masih kerja, apalagi anak laki-laki emang kayaknya nggak kenyang-kenyang, perlu banget tambahan nutrisi tambahan kayak blackmores agar ibu dan bayi sehat

  • Lidya August 21, 2020 Reply

    Tiap anak memang unik ya begitu juga dengan tantangan menyusuinya tapi sebagai ibu terus belajhar menemukan cara mengatasinya. Waktu anak pertama juga aku belum ngerti apa-apa Alhamdulillah bisa kasih asi sampai 2 tahun juga. Baru tau Blackmores punya produk pregnancy juga ya untuk memenuhi kebutuhan suplement

  • Hidayah Sulistyowati August 21, 2020 Reply

    Suport memang tidak hanya dari suami, tapi juga keluarga besar ya. Aku dulu juga beruntung mendapat suport dari orang tuaku, mertua, dan keluarga besar ibuku yang suka datang ke rumah. Terlebih ibu hamil dan menyusui sekarang makin dimudahkan mendapat suport tambahan dari suplemen sepeprti Blackmores ya

  • lendyagasshi August 21, 2020 Reply

    Aku dulu menggampangkan loo…perjuangan seorang Ibu.
    Ternyata setelah mengalami sendiri, mashaAllah yaa…
    Alhamdulillah,
    Saat ini ada Blackmores yang membantu Ibu dalam mengASIhi dengan sepenuh cinta.

  • indah nuria August 21, 2020 Reply

    aku juga dulu menikmati bangeeet mba saat – saat menyusui anak – anakku tercinta hehehe.. solany amemang menyenangkan sekali masa ituuu

  • Bundabiya.com August 21, 2020 Reply

    ini vitamin andalanku juga, mbak, alhamdulillah sampai sekarang masih setiaa pakai. dan uniknya, aku masih sering ngalamin LDR meski usia anakku sudah 22 bulan hihi

  • Diah Woro Susanti August 21, 2020 Reply

    Alhamdulillah tiga anakku juga kususui sendiri. Selain nambah bonding juga fiaiknya jadi lebih ga gampang sakit lho.

  • lindaleenk August 21, 2020 Reply

    jadi ibu hebat banget ya, itu kalau tiap jam harus menyusu ga bisa dibikin terjadwal gitu ya dilatih? 😐 aku ga kebayang capeknya

  • Mei Daema August 22, 2020 Reply

    ilmunya yang dishare sangat berguna banget dan memberikan pencerahan buat saya mba Dian, secara aku calon ibu juga jadi bisa belajar dulu deh sebelum punya baby nanti. wah kebetulan sodara yang sedang menyusui pakai produk ini juga mba

  • Nurhilmiyah August 22, 2020 Reply

    Bener banged nih Mbak Dian, rumusnya kl mau sukses lancar menyusui ibu harus bahagia karena insyaallah akan mengalirkan ASI yang bahagia buat si buah hati ya. Wah Blackmores pregnancy & breastfeeding helpful ya buat bumil dan busui

  • Uniek Kaswarganti August 22, 2020 Reply

    Nggemesin ya Dek Bintang, badannya sekel dan kenceng gitu. Alhamdulillah diberikan ASI yang cukup untuk anak-anak ya. Memang tiap anak selalu ada perjuangan dan kisah tentang mengASIhi.
    Aku dulu sedih banget, anak keduaku hanya mau menyusu langsung sampai usia 4 bulan aja. Bener-bener ga mau hiks… coba dulu udah ada Blackmores mungkin kualitas ASIku bisa bagus dan si bayi tetap terjaga kebutuhan ASInya.

  • Adriana Dian August 22, 2020 Reply

    beda anak, beda pengalaman menyusuinya ya mak.. Tapi vitamin saat menyusui emang ngga boleh lupa yaaa, blackmores ini emang oke banget yaaaa

  • Joko Yugiyanto August 23, 2020 Reply

    Ini kl anak kecanduan asi gimana ya Mb, anakku udah 3 tahun masih aja minta ASI. Seneng jg sih dia selalu sehat cuma kan aneh aja kl yg lain 2 tahun selesein ini blm jg.

  • Triani Retno August 23, 2020 Reply

    Menyusui bayi itu bener-bener pengalaman luar biasa ya, Mbak. Ahaha….jadi teringat pengalaman waktu menyusui dua anakku (sekarang mereka udah SMP dan kuliah). Masya Allah…. Semoga makin baik nih kesadaran para ibu untuk menyusui anak-anak mereka. Plussss….dukungan lingkungan (terutama suami, mertua, keluarga besar).

  • Kurnia amelia August 23, 2020 Reply

    Semua tipsnya sama banget apa yang aku lakuin dulu waktu masih memberi ASI , Alhamdulillah tanpa kendala juga.

  • Anisah Widyastuti August 23, 2020 Reply

    Wah blackmores ya,aku juga pake nih buat yang promil. Memang yah kalau mengAsihi itu harus dimulai dari hari,jadi pas perawatan ke anak2nya jadi lebih baik,dengan makan2 sehat dan minum suplemen. Sukses ya mba dian meng Asihinya.

  • Fenni Bungsu August 23, 2020 Reply

    Pengalaman mbak Ismy menjadi masukan bermanfaat saat daku nanti mengalami fase tersebut, dimana dukungan keluarga harus tetap ada dan memperhatikan gizi makanan juga ya

  • Lia Lathifa August 23, 2020 Reply

    Pas baca poin keras kepala, aku suka banget nih, karena emang harus gitu, tekad kuat, supaya ASI lancar, apalagi dapet dukungan keluarga dan nutrisi serta vitamin seperti Blackmores gini insyaallah sukses menASIhi

  • Uwien Budi August 23, 2020 Reply

    Aku mengkonsumsi Blackmores sejak kehamilan anak ketiga, karena baru kenal saat itu hingga saat menyusui sampai sekarang.

  • Faradillah August 23, 2020 Reply

    Kalo menyusui setiap ibu beda2 dan pasti nya anak nya juga beda. Semoga Asi nya deres yah kak

  • Meilia Wuryantati August 23, 2020 Reply

    Pengalaman memberikan ASI memang tiada duanya yah kak. Aku dulu sedih pas ASI kurang lancar. Anak rewel. Bingung duh… Beruntung sekarang ada Blackmores yah. ASI lancar. Ibu tenang . Anak sehat .

  • diane August 24, 2020 Reply

    Bener banget nih…dukungan keluarga adalah yang utama…Ditambah dukungan pemenuhan nutrisi yang maksimal.. Jadi makin semangat mengASIhi pasti

  • nurulrahma August 24, 2020 Reply

    WOW, ada 17 nutrisi esensial yg dibutuhkan busui ya Mbaaa
    Kece nih produk emang
    Dokter kandungan banyak yg rekomen BlackMores

  • Ucig August 24, 2020 Reply

    Wah mbaa, formasi anaknya sama nih. Yg terakhir aku mau nangiiiis banget. Aku juga suka blackmores mba, punggung nggak pegel lagi. Tubuhku nutrisinya membaik 🙂
    Smangat mengasihi mbaa

  • Diar Ronayu August 24, 2020 Reply

    Anak saya yg pertama perempuan, tapi nyusunya kayak anak ketiganya mbak. Gak kenyang2. Jadinya sering gumoh karena kekenyangan gitu. Kirain adeknya bakal gitu juga, ternyata beda banget.. Dan emang support system penting banget. Kalo saya terbantu banget sama suami yg selalu aja beli2in makanan buat asupan menyusui istrinya 😀

  • Sam August 24, 2020 Reply

    Si bunda selalu menginspirasi dan mengedukasi dalam setiap tulisannya

  • Jiah Al Jafara August 25, 2020 Reply

    Catat tipsnya. Ini kudu dibaca Bapak-bapak juga karena support sistem pertama kan datang dari suami. Jadi tetap bisa ngeASI dengan bahagia

  • Adriana Dian August 25, 2020 Reply

    menyusui memang membutuhkan support ekstra dan juga vitamin menyusui yang oke ya maaaak.. Blackmores emang nggak diragukan lagi kualitasnya sebagai asupan vitamin hamil dan menyusui yaaa

  • Mugniar August 25, 2020 Reply

    Di antara anak2 saya, yang laki2 menyapih dirinya sendiri hehehe.
    Bener itu, dukungan lingkungan sangat penting , juga adanya suplemen.

  • siti nurjanah August 25, 2020 Reply

    Menjadi ibu menyusui perjuangan tidak mudah ya..harus memperhatikan juga nutrisi yang di konsumsi karena akan berpengaruh ke ASI yang akan diberikan pada bayi.
    sharing dan tipsnya bermanfaat

  • andyhardiyanti August 25, 2020 Reply

    Kalau baca pengalaman mengASIhi gini, jadi ingat anakanak saya. Anak pertama tuh gak full ASI, walaupun ASInya banyak. Huhuhu soalnya ortu kasihan sama saya, dikiranya saya kecapekan..jadi inisiatif sendiri belikan cucunya susu formula. Hiks 🙁
    Bersyukur banget pas anak kedua ini saya kekeuh untuk memberikannya ASI.

  • Lisdha August 25, 2020 Reply

    Berhubung melahirkan di kota kecil, nggak terlalu banyak pilihan Rumah Sakit. Dua kali melahirkan di dua kota yang berbeda, dua-duanya menurutku kurang terlalu support ASI dalam artian tidak memberi tahu/membimbing ibu tentang cara memberi asi. Nggak ada pendampingan proses IMD juga. Bahkan RS yang pertama malah bayi langsung dikasih sufor tanpa minta izin ke orangtua. Tapi itu sepuluh dan enam tahun lalu sih. Mudah2an sekarang sudah lebih baik.

  • Juliastri Sn August 25, 2020 Reply

    Anak lanangku juga paling kuat menyusu waktu masih bayi. Sampai aku kewalahan dan dibantu dengan sufor. Duh, sebenarnya aku pengin bisa full ASI namun apa daya, ASI ku cuma keluar sedikit..

  • umimami August 25, 2020 Reply

    dulu pas baru lahiran, saya agak bingung menyusui anak pertama, alhamadulillah dokter dan perawat support ASI, diajari cara menyusui yang betul dan ahirnya bisa, mengASIhi memang harus keras kepala tekad kuat ya mba
    seneng ada suplemen untuk busui yang bikin sehat untuk busui dan debay

  • umimami August 25, 2020 Reply

    dulu pas baru lahiran, saya agak bingung menyusui anak pertama, alhamadulillah dokter dan perawat support ASI, diajari cara menyusui yang betul dan ahirnya bisa, mengASIhi memang harus keras kepala tekad kuat ya mba
    seneng ada suplemen untuk busui yang bikin sehat untuk busui dan debay, sehat sehat terus mba

  • Caroline Adenan August 25, 2020 Reply

    Setuju banget mba, kuncinya kita harus percaya diri ya.
    Btw, aku juga konsumsi Blackmores juga nih di rumah.

  • Elly Nurul August 26, 2020 Reply

    Sebagai seorang ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk sang buah hatinya ya mbak, termasuk saat memberikan ASI dengan asi bernutrisi, InshaAllah tanda kasih sayang kita kepada buah hati dan ingin selalu yang terbaik untuknya

  • Samleinad August 26, 2020 Reply

    Tumbuh kembang anak yg baik bisa bersumber dari asupan ASI yg baik juga ya. Jadi memang nutrisi perlu diperhatikan agar sang ibu bisa memberikan ASI berkualitas

  • Iim Rohimah August 26, 2020 Reply

    pengalaman saya menyusui adalah ketika begitu bahagia mendekap dedek bayi. Namun tidak dipungkiri ada hal-hal yang membuat saya tidak nyaman seperti rasa sakit lecet, ada masa di mana ASI sedikit dan orang komentar “kok ASI nya sedikit? Bayinya ngempeng doang dong itu.”

    Tapi, meski nano-nano, alhamdulillah tantangan itu bisa dilalui dengan menjaga stabilitas emosi, jaga happy, dan makan makanan bergizi tinggi.

  • Firsty Ukhti Molyndi August 26, 2020 Reply

    sehat2 selalu untuk dedeknya aamiin. bahagia pasti mamanya nih liat anaknya tumbuh cerdas dan bahagia.. happy ngemong momm,,

  • Marita Ningtyas August 26, 2020 Reply

    Senangnya jika berhasil mengASIhi eksklusif. Anakku dua-duanya harus campur sufor, meski tetap lanjut sampai 2.5 dan 3 tahun baru disapih. Padahal sudah minum aneka booster nggak ada yang mempan. Waktu itu nggak kenal Blackmores, nanti kalau hamil lagi perlu minum ini deh kayanya.

  • Bener banget, merawat PD kudu saat sblm anak lahir jd saat anak lahir udah siap ya? Kalau biosa juga belajar menyusui dengan benar secara teori.
    Selama ini calon ibu suka lupa nyiapin menyusui, malah lbh sering ribet masalah baju hehe.

  • Mutiara Sy August 26, 2020 Reply

    Aku selalu salut sama ibu yang bisa ngasih ASI sama anaknya. Ini anaknya 3 dan ASI semua. Meski banyak rintangan dan cerita berbeda, tapi keren banget kak bisa ngasih ASI semua. Meski aku belum jadi ibu, tapi kayaknya penting nih buat ingat-ingat tips dalam menyusuinyabuat nanti-nanti.

  • Yanti August 26, 2020 Reply

    Aku punya pengalaman menysui yang sulit saat anak kedua Asi tidak lancar dan sulit keluar jadi memang asupan nutrisi yamg bagus seperti Blackmores ini sangat dibutuhkan untuk.ibu menysui agar Asinya lancar ya mom

  • Kurnia amelia August 26, 2020 Reply

    Percaya diri itu pengting banget yes jadi kita yakin bisa memberikan ASI terbaik. Dan mengenai blackmores ini memang banyak yang bilang bagus ASI nya jadi banyak dan ke ibu nya juga ga gampang lelah gitu.

  • Diah Kusumastuti August 26, 2020 Reply

    Gemes deh sama si bayi laki-laki yang kuat menyusu, hihihi.. dan sedih denger kisah si nomor dua yang menyapih dirinya sendiri.
    Yah, tiap anak memang beda-beda pengalaman menyusunya ya, Mbak.
    Btw aku belum pernah konsumsi Blackmores.
    Makasih sharingnya, Mbak 🙂

  • Ida Raihan August 26, 2020 Reply

    Setuju Mak, bagaimanapun mengASIhi itu harus diperjuangkan. Semoga semua sehat ya Mak

  • nyi Penengah Dewanti August 26, 2020 Reply

    Noted kak ehheeh aku kudu persiapan juga nih
    doakan biar bisa menyusulmu punya bocil yang bakal memeriahkan hidup kita

  • lendyagasshi August 26, 2020 Reply

    Memang menjadi Ibu yang baik itu adalah sebuah perjalanan.
    Gak bisa hanya sekedar teori dari buku saja, tapi juga harus mengalami sendiri susah senangnya.
    Terkenang zaman-zaman mengASIhi yang penuh perjuangan.

  • Nova Violita August 26, 2020 Reply

    Konsultasikan soal laktasi sejak awal kehamilan…sehingga kita bisa mempersiapkan produksi asi sejak awal…
    Sedih deh..gak bisa asi in anak….

  • joko yugiyanto August 26, 2020 Reply

    dengan suplemen ini setidaknya para ibu tak terlalu khawatir bila asi akan bermasalah dan menjadi penting kabar baik ini untuk dibagikan bagi mereka yang ada kendala dalam produksi asi

  • Rach Alida August 27, 2020 Reply

    Halo mba Dian, kalau aku sangat terbantu suami yang dukung aku beri ASI. Salah satunya membantu urusan rumah tangga

  • Bambang Irwanto August 27, 2020 Reply

    Suplemen Blackmores ini sangat bagus untuk Ibu hamil dan juga ibu yang sedang menyusui ya, Mbak Dian. Jadi saat ASI yang dihasilkan berkualiatas dan bernutrisi. Sangat bagus untuk perkembangan bayi.

  • Rudi G. Aswan August 27, 2020 Reply

    Perjuangan banget ya Mbak jadi ibu menyusui. Aku mengalami sendiri ketika berhadapan dengan stigma orang tua yang cenderung kolot. Pas anak pertama lahir lewat operasi caesar, ortu cenderung menganjurkan susu formula karena cepat dan praktis. Padahal lebih praktis ASI tanpa harus membersihkan botol yg dijamin steril. Ribet malahan, syukurlah lama-lama ASI lancar dan anak sehat. Jarang sakit yang aneh-aneh sih, ya standar aja. Sekarang ada Blackmores gini enak, yang kutahu asam flat dan kalsium aja memang yg wajib dipenuhi banyak-banyak. Selamat ya Mbak, semoga lancar menyusuinya.

  • Marfa August 27, 2020 Reply

    Masha allah dedek, gemesnyaaa, sehat2 yaaah 😀 setuju kak, ibu yang bahagia juga berprngaruh ke asi yah, jadi penting juga support system di sekelilingnya selain belajar mandiri, jadi lah pertumbuhan anak bisa maksimal jika asi terpenuhi 😀

  • Mei Daema August 27, 2020 Reply

    kalau udah tahu produk kalbe sih udah ga diragukan lagi kualitasnya mba DIan, meski harganya lumayan pricey tapi memang kualitasnya sangat bagus, temans aya banyak yang minum ini

  • Eno August 27, 2020 Reply

    Selalu ada pengalaman istimewa saat menyusui anak-anak ya, Mbak. Akan jadi kenangan saat anak-anak mulai besar nanti 🙂

  • Euisry Noor August 27, 2020 Reply

    Banyak banget emang tantangan menyusui. Aku yg baru jadi ibu baru ngalamin menyusui 1 anak nih. Dukungan lingkungan dan keluarga iya penting banget. Kalo aku, keluarga dukung ASI, tapi tetep saat bayi nangis terus dikira masih lapar dan suruh dibackup pake sufor. Mitos2 seputar menyusui jg masih kuat disini. Yah, banyak suka duka, masih Alhamdulillah bisa nyusuin sampai sekarang udah mau jelang sapih. Blackmores ini bagus ya nutrisinya buat busui…

  • Akarui Cha August 27, 2020 Reply

    Yap. Saya setuju dengan pernyataan bahwa Ibu perlu percaya diri dan tetap keras kepala sepanjang menyusui. Mendukung diri sendiri biar nggak gampang down, ditambah adanya support system dari keluarga, juga minum booster seperti Blackmore ini.

  • Pringadi August 27, 2020 Reply

    bener, dukungan keluarga adalah kunci. apalagi dari suami
    jangan sampai malah bikin tambah stress ketika awal2 ga keluar
    apalagi dijustifikasi macammacam

  • Siska Dwyta August 27, 2020 Reply

    Menyusui memang perjuangan yamg nggak mudah. Karena itu benar banget seperti yang Mbak singgung adanya dukungan dari keluarga itu penting banget kalau nggak ada itu yang bisa memicu terjadinya baby blues hingga PPD. Tapi ya bukan cuma itu saja yang dibutuhkan ibu untuk lancar menyusui, memenuhi nutrisi selama masa menyusui juga gak kalah pentingnya. Saya juga sempat nih konsumsi blackmores saat masih menyusu anak pertama dan lagi hamil anak kedua

  • Diah Alsa August 27, 2020 Reply

    dukungan Suami dan juga orang sekitar itu memang penting banget ya Mbak.
    kalau udah dapat dukungan, kita bisa fokus dan yakin kalau bisa memberikan ASI untuk anak.
    anak keduaku juga menyapih dini Mbak, drama puting lecet juga udah jadi biasa ya selama ngASI apalagi kalau bayik udah tumbuh gigi 😀
    Saya baru kenal Blackmores ini dan nyesal kenapa baru tahu sekarang tapi better late than nothing kan ya 🙂

  • Wian August 27, 2020 Reply

    Pengalaman menyusui anak pertama emang luar boasa ya. Semangat banget kasih asi exclusive. Rasa perih pun di lawan. Dulu blm kenal blackmores ini, jadi aku minumnya teh yang rasanya gak enak banget. Hiks.

  • Khoirur Rohmah August 27, 2020 Reply

    Sebuah pembelajaran baru dan penting buat bekalku nanti saat dikasih momongan. serta menerapkannya, huhuhuhu.. Dukungan orang terdekat saat MengASIhi termasuk salahsatu hal yg penting ya mbak,, ehh sisanya udah disebutin di atas. Karena aku pun hanya mendengar pengalaman MengASIhi dari kakak2 yg udah lebih dulu hamil dan menyusui.
    Semoga dedek Bintang tumbuh dengan sehat yahh.
    BTW TFS MbakDian

  • Anisa Deasty Malela August 28, 2020 Reply

    Karena kualitas ASI jadi penentu pemenuhan kebutuhan gizi 1000 HPL anak ya Bunda

  • Emma.malika August 29, 2020 Reply

    MengAsihi merupakan momentum yang luar biasa antara ibu dan Anak itulah mengapa dukungan sangat di perlukan agar interaksi berjalan dengan baik.

  • Eno August 30, 2020 Reply

    Insya Allah anak-anak ASI ini tumbuh sehat dan cerdas, jadi kebanggaan orangtuanya 🙂

  • Annafi August 30, 2020 Reply

    Alhamdulillah sekarang ada Blackmores ya mba sekarang, jadi melengkapi nutrisi untuk asi lebih mudah. Mau aku saranin ke sepupu juga ah

  • lindaleenk August 30, 2020 Reply

    selain si ibu harus happy dan dibantu dengan suplemen, dukungan dari keluarga juga penting ya agar proses menyusui bisa lancar

  • Diah Woro Susanti August 30, 2020 Reply

    Bersyukur ya Dian bs menyusui tiga anaknya dgn baik. Alhamdulillah aku juga gangsar air asinya. Tp buat yg seret juga skrg udah ada blackmores koq yg praktis

  • Fenni Bungsu August 30, 2020 Reply

    Hadirnya blackmores jadi penyemangat juga untuk ibu yang sedang mengASIhi anaknya ya, karena support dibutuhkan sehingga proses menyusui menjadi lebih menyenangkan

  • Yopi Saputra August 30, 2020 Reply

    Semangat buat para ibu yang memberikan ASI kepada anak-anaknya. Salut banget lihat para pejuang ASI semoga sehat-sehat selalu ya kak. Amiin.

  • Nufazee August 30, 2020 Reply

    Perjuangan banget ya mb perjalanan menyusui ini 👍 tapi dengan niat kuat InsyaAllah bisa. Blackmores jadi andalan

  • Ria Andika August 30, 2020 Reply

    Bisa sukses menyusui itu banyak faktor yg perlu disiapkan ya bahkan di awal kehamilan, emang harus keras kepala dan bahagia biar ASI sukses keluar, semoga aja anak keempatku ini bisa ASi sampai 2 tahun

  • demia August 30, 2020 Reply

    mau aku rekomendasiin ah temenku yang lagi berjuang buat ngASI juga nih, beberapa waktu lalu sempet seret juga dan mau nggak mau dibantu dengan sufor, mau coba rekomendasiin produk ini hehe

  • Mudrikah Stories August 30, 2020 Reply

    Setiap anak punya ceritanya masing2 ya mba saat momen menyusui, katanya sih kalo bayi cwok memang lbh kuat asi nya ya jdi hrus ekstra berjuang juga buat si ibu.
    Blackmores ini rekomendasi banget buat ibu menyusui, nanti aku jg mau coba vit ini klo dberi anugrah punya baby

  • Naqiyyah Syam August 30, 2020 Reply

    sangat diperlukan banget ya suplemen bagi ibu menyusui agar tetap sehat dan kebutuhan nutrisi tercukupi.

  • Rahmah August 30, 2020 Reply

    Tosa
    Kita pakai ASI booster yang sama yaitu Blackmores
    Jadi ingat kalau hari ini belum dikonsumsi karena riweuh sama DL

  • Faradillah August 30, 2020 Reply

    Tipsnya boleh nih mba buat para ibu yang belum tau produk unggulan blackmores buat ASI

  • diane August 31, 2020 Reply

    nutrisi untuk busui emang penting banget karena pengaruhnya ke babynya ya… bagus ada suplemen yang membantu meningkatkan nutrisi.. jadi bisa lebih nyaman ngASI nya nih

  • Meilia Wuryantati September 1, 2020 Reply

    Makasih mba tips nya emang kasih ASI ke anak penting banget dan suatu kebahagian juga, apalagi dengan adanya Blackmores jadi melancarkan kita memberikan ASI

  • Uniek Kaswarganti September 2, 2020 Reply

    Setuju banget jika ada yang bilang dukungan lingkungan amat penting bagi proses menyusui. Busui butuh disupport, baik bantuan tenaga untuk jagain anak maupun hal-hal praktis lainnya. Plus tambahan suplemen yang bagus seperti Blackmores gini, makin meningkatkan kualitas ASI yang diberikan.

  • Risalah Husna September 3, 2020 Reply

    Aku juga minum Blackmores PBFG ini, karena udah ngerasain efeknya ke badan dan ASI. Jadinya ngga mau ganti vitamin lagi.

  • Eva Sri Rahayu September 7, 2020 Reply

    Memang penting banget ASI buat anak. Dulu pernah ngerasin susahnya memberi ASI, Blackmores PBFG ini bisa jadi solusi ya.

  • Tika Samosir October 14, 2020 Reply

    Bener banget ASI memang asupan nutrisi paling utama buat anak ya Mba.

Leave a Reply

error: Content is protected !!