Aplikasi Siap Kerja QuBisa untuk Persiapan Kerja

Facebooktwitterredditmail

Aplikasi siap kerja, apa ada aplikasi seperti itu? Di usia yang sudah tidak muda lagi, yaitu 35 tahun, membuatku berpikir bahwa untuk memasuki dunia kerja tidak semudah saat masih muda dulu. Sama halnya dengan mahasiswa yang baru lulus (fresh graduate) ada pula yang tidak pede untuk memasuki dunia kerja.

Cara Meningkatkan Kemampuan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Biasanya hal ini terjadi karena merasa kurang kompeten, kurang keahlian, banyak saingan, dan sudah lama tidak menampakkan diri di dunia profesional. Oleh karena itu, para pelamar kerja memerlukan cara belajar efektif untuk meningkatkan kemampuan.

Bagaimana caranya? Yuk, simak terus artikel ini.

  1. Sekolah Lagi

Bila sahabat ismi merasa kurang dalam hal keilmuan, maka sekolah lagi merupakan opsi yang bisa diperhitungkan. Mau mengambil S1 yang berbeda dengan S1 yang sebelumnya dijalankan? Boleh saja. Mau melanjutkan S2 yang linier dengan S1 atau tidak linier? Bisa banget. Yang penting tahu apa tujuan dari sekolah lagi tersebut.

  1. Ikut Sertifikasi Formal

Saat sahabat ismi merasa kurang kompeten, ada cara untuk meningkatkan kemampuan. Salah satunya dengan mengikuti sertifikasi formal yang diadakan oleh institusi yang berwenang. Sertifikasi sangat bermanfaat bagi pelamar yang memerlukan keahlian khusus. 

Kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi tentu lebih disukai oleh perusahaan dibanding hanya sekadar nilai perkuliahan.

  1. Pelatihan Berbayar

Upskilling dan reskilling diperlukan bagi pelamar yang ingin lebih menonjol atau diperhitungkan saat melamar pekerjaan. Dengan upskilling, keahlian sahabat ismi akan setingkat lebih tinggi dibanding sebelumnya. Dengan reskilling, maka kemampuan sahabat ismi bertambah sehingga akan berdampak positif bagi posisi yang dituju.

Pelatihan berbayar bisa sahabat ismi temui di berbagai aplikasi belajar online. Di sana, sahabat ismi akan menemukan berbagai tema menarik sesuai kebutuhan. Misalnya cara meningkatkan personal branding, atau cara meningkatkan penjualan. 

  1. Kursus Online Gratis

upskilling dan reskilling

Sahabat ismi ingin belajar gak ribet? Kursus online gratis menjadi solusi karena bisa diikuti dimana saja dan kapan saja. Aku pribadi menggunakan aplikasi siap kerja di QuBisa. Seperti apa pengalamanku menggunakan QuBisa?

Pengalaman Menggunakan Aplikasi QuBisa

Aku men- download aplikasi QuBisa dari Playstore. Lalu mendaftarkan menggunakan e-mail. Setelah itu akan muncul verifikasi melalui e-mail. Proses selanjutnya tinggal login saja. Aplikasi QuBisa sangat mobile friendly sehingga memudahkan pengguna.

aplikasi siap kerja Qubisa

Di halaman utama (home) terdapat kolom kelas terpopuler, webinar terdekat, kelas siap kerja, kelas pengembangan karir, kelas terbaru, dan artikel.

Lalu di bagian bawah halaman utama, terdapat tombol KursusQu yang berisi pilihan kursus, paket kursus, dan microlearning. Di home juga ada tombol search untuk mencari kursus dan webinar dengan tema tertentu. 

Sedangkan di bagian lainnya, terdapat kolom dompetQu, voucherQu, poinQu, undang teman, produk QuBisa, vrifikasi sertifikat, riwayat transaksi, riwayat webinar, apa yang kamu dapat, dukungan/FAQ, syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, tentang QuBisa, dan logout (keluar).

Secara keseluruhan sangat mudah registrasi di QuBisa, dan sangat mudah menggunakan QuBisa sebagai aplikasi belajar online. 

Pengalaman Mengikuti Proses Pembelajaran di QuBisa

Bagaimana pengalamanku setelah mengikuti pembelajaran di QuBisa? Tema yang pertama kali aku cari (melalui tombol search) di QuBisa adalah “interview.” Mengapa? Karena hari itu aku sedang bersiap untuk mengikuti sebuah interview terkait mentorship. Alasan lainnya adalah beberapa bulan yang lalu aku sempat tidak lolos sesi interview saat melamar sebuah pekerjaan. Padahal aku merasa proses wawancaraku mulus-mulus saja. 

Aplikasi siap kerja

Ternyata ada beberapa hal yang baru aku ketahui. Padahal aku bukan lagi fresh graduate yang asing dengan sesi interview. Aku kasih salah satu rangkumannya ya.

Tips anti gagal menghadapi interview

1. Alasan resign tidak masuk akal

Alasan resign yang tidak masuk akal, apalagi menjelekkan perusahaan lama jelas membuat interviewer bertanya-tanya mengenai attitute pelamar. Jawabannya yang bisa sahabat ismi gunakan bila ditanya mengenai alasan resign dari kantor sebelumnya antara lain untuk mengembangkan diri,  atau ingin karir yang baru.

2. Menceritakan diri berlebihan

Tujuan interview adalah mencocokkan antara CV dengan yang sebenarnya. Oleh karena itu, sebaiknya pelamar tidak overselling. Cukup informasikan skill yang dikuasai, pengalaman bekerja, kelebihan dan kekurangan, serta informasi penting yang berkaitan dengan pekerjaan.

3. Tidak ada visi jangka panjang

Biasanya interviewer akan bertanya bagaimana dirimu dalam 5-10 tahun ke depan. Jika sahabat ismi tidak bisa memberikan jawaban yang meyakinkan kalau punya visi ke depan, akan membuat dirimu kurang menarik untuk interviewer. 

Memberikan visi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar juga harus dihindari. Mulai hari ini, siapkan jawaban jika recruiter menanyakan soal visi. Termasuk keinginan yang ingin diraih, dan sebagainya. Perusahaan biasanya senang dengan orang yang punya visi jangka panjang. 

4. CV atau resume yang salah

Tipo atau salah ketik, menunjukkan bahwa kita adalah orang yang kurang teliti. Cek isi CV ada yang salah tidak, ada yang ambigu/ membungungkan atau tidak, dan lain-lain.

Selain itu, bila terdapat informasi yang tidak valid, misal persyaratannya harus tersertifikasi keahlian tertentu, tapi ternyata tidak terbukti (bukan sertifikasi tapi hanya kursus keahlian), maka interviewer akan merasa bahwa pelamar tidak jujur. CV juga harus detail (pengalaman, ketrampilan kerja, dihubungkan dengan lowongan yang dituju).

5. Kurang persiapan interview

Yang dimaksud dengan kurang persiapan contohnya tidak punya pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar. Pelamar harus tahu apa saja yang dilakukan di perusahaan tersebut. Kuasai mengenai posisi yang dilamar dan industrinya. Beri kesan kita punya minat mengenai perusahaan.

Selain itu, gugup saat interview juga dinilai sebagai kurang persiapan. Pelamar tidak harus pintar ngomong, tapi jangan gugup.

cara meningkatkan personal branding

Selain mengikuti kursus online gratis tentang interview, aku juga menonton video bertema career, dan cara meningkatkan personal branding. Karena personal branding yang baik akan berdampak pada karir.

Qubisa benar-benar aplikasi siap kerja yang bermanfaat untuk para pencari kerja, ataupun lulusan baru yang hendak mencari kerja untuk pertama kalinya.

Mengapa Belajar Online di QuBisa?

  1. Video pembelajarannya lengkap

Ada dua kelas besar di QuBisa yaitu KSM (Keterampilan Sukses Milenial) dan KDM (Keterampilan Digital Milenial). Dua kelas ini terdiri dari beberapa kategori yang meningkatkan kemampuan para milenial di berbagai bidang. 

  1. Mobile dan user friendly

download aplikasi siap kerja

Belajar gak ribet merupakan salah satu dari keunggulan QuBisa. Aplikasi dan websitenya sama-sama mudah digunakan. Siapapun bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Belajar tidak lagi terbatas tempat dan waktu.

  1. Banyak video gratis

Menonton video merupakan cara belajar efektif dan efisien. Apalagi jika aplikasi belajar online ini menyediakan video gratis. Pengguna tidak ditarik bayaran sama sekali meskipun sudah mengakses puluhan video.

  1. Kursus berbayarnya terjangkau

Bagi pengguna yang ingin belajar lebih, tersedia kursus dan webinar berbayar yang harganya bervariasi. Aku bisa memastikan biayanya terjangkau. Bahkan ada yang hanya 20 ribu rupiah saja.

  1. Pengisi materinya profesional/ahli di bidangnya

Kursus online gratis dan berbayarnya diisi oleh pemateri yang ahli di bidangnya. Kebanyakan adalah akademisi, dan praktisi/ profesional. Kapan lagi bisa belajar kepada ahli sekelas nasional kalau bukan di aplikasi siap kerja QuBisa.

  1. Terdapat banyak hadiah menarik (dari poin QuBisa, kode referral)

Pengguna bisa mengumpulkan poin dengan cara menonton kursus gratis, dan berbayarnya. Selain itu, kode referral yang dibagikan ke teman-teman atau kenalan juga akan memberi cuan.

aplikasi belajar online

Aku yakin, plikasi QuBisa bisa membantu banyak orang untuk belajar mengembangkan diri baik dalam segi cara meningkatkan personal branding, upskilling dan reskilling, upgrade ilmu melalui coaching dan mentoring.

Bagi sahabat ismi yang ingin meningkatkan ilmunya sehingga lebih siap memasuki dunia kerja, yuk unduh aplikasi siap kerja QuBisa di App Store dan Play Store. 

Oh ya, QuBisa sedang mengadakan lomba blog lho. Hadiahnya puluhan juta rupiah. Cuzz para blogger dan mastah lomba ikutan yuk!

(Visited 193 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditmail Nih buat jajan

58 thoughts on “Aplikasi Siap Kerja QuBisa untuk Persiapan Kerja

  1. Bibi Titi Teliti Reply

    Untunglah sekarang ada Qubisa aplikasi yang bisa membantu kita untuk upscalling dan rescalling supaya bisa lebih meningkatkan kualitas diri kita yaah. Apa lagi semuanya bisa dilakukan secara online, jadi berasa dimudahkan banget nih

  2. Wiwied Widya Reply

    Makin penasaran ama aplikasi Qubisa ini, banyak yang merekomendasikan karena katanya banyak video belajar gratisnya. Kalau belajar bahasa korea gitu ada juga nggak sih?

  3. Dian Reply

    Sambil menunggu undangan interview, nggak ada salahnya untuk mengasah skill di Qubisa ini ya mbak
    biar makin mantap saat bekerja nantinya

  4. Arenga Reply

    Peribahasa mengatakan Banyak jalan menuju Roma, seperti juga banyak cara untuk menambah skill. Poin-poin yang sudah ditulis di atas dan semuanya bagus dan jelas. Dan aplikasi Qubisa pun dapat membantu teman-teman yang ingin memperluas dir atau menajamkan skill yang sudah ada. Mari terus belajar.

  5. nurulrahma Reply

    aplikasi Qubisa ini membantu bangeett
    bisa utk upgrading skills juga
    jadi walopun pandemi, kita tetep bisa dapat ilmu yg sarat faedah

  6. diane Reply

    Meningkatkan kemampuan sebelum amsuk dunia kerja emang udah wajib deh..karena persaingan makin ketat ya..perusahaan pasti pilih yang punya kemampuan lebih

  7. Cindy Vania Reply

    misal ga punya waktu banyak, ikut kursus online ini ngebantu banget loh. aku pernah ikut 15-25 menit sehari tp jd punya skill baru. ngefek banget dan bikin makin siap kerja loh

  8. Keke Naima Reply

    Semakin punya bilai plus kalau kualitas diri meningkat, ya. Jadi harus terus semangat meningkatkan skill. Biar semakin dilirik banyak perusahaan

  9. cicifera Reply

    asik ya skr bisa kursus lewat hp sajaa.. ga perlu dateng, kita udah bisa belajar untuk upgrade skill yang kita minati. aplikasi qubisa ini membantu kita untuk meningkatkan potensi diri untuk persiapan kita masuk dunia kerja. kereen!

  10. unggulcenter Reply

    Ini baru ni Qubisa. Ada promo2 gak yaaa atau mau jadi tutor di belajar disitu hihi.. makin banyak pilihan utk belajar ya! apalagi ini lifeskill untuk persiapan dunia kerja.

  11. Dedew Reply

    Iya memang kemampuan menjawab saat wawancara kerja penting banget untuk calon pekerja ya biar bisa diterima bekerja untungnya sekarang ada kelas persiapan kerja di Qubisa ya kita jadi siap tempur sebagai pencari kerja

  12. Rudi Soedjono Reply

    Aku paling suka kalau bisa belajar pakai aplikasi kayak QuBisa gini, Mbak. Praktis banget karena bisa belajar kapan pun dan di mana pun saat kita punya waktu luang tanpa harus meninggalkan rumah untuk kuliah atau kursus secara offline. Aku udah cobain sih udah install aplikasinya terus coba daftar kelasnya dan emang bagus banget narasumbernya sangat profesional & kompeten dengan artikulasi yg jelas pas penyampaian materi lewat video.

  13. Tuty Queen Reply

    Aku pernah ikutan webinar gratisnya di QuBisa lumayan jadi nambah informasi seputar dunia pekerjaan serta tips beradaptasi dengan dunia kerja yang baru

  14. Aswinda Utari Reply

    Wah, dengan aplikasi ini paling enggak para lulusan kuliah jd punya skill buat lapangan kerja ya mba. Krn smua perusahaan kdg butuh yg berpengalaman. Aplikasi ini menjembatani antara fresh graduate n lap kerja.

  15. Milda Ini Reply

    Sekarang marak banget ya yang ngadain kursus online. Yah, zamannya bikin kita melek digital juga. Jadi tidak ketinggalan ilmu dan skill lewat aplikasi qubisa ini ya Mak. Selain efisien pasti hemat juga

  16. Sri Widiyastuti Reply

    Mbak, aku kok gak bisa ikutan Live streamingnya Qubisa ya? apa emang gak bisa lewat desktop ya? harus di aplikasinya. Padahal aku udah daftar growth mindset. Sayang banget sampai kelas berakhir, aku gak bisa masuk ke kelasnya huhuhu ntar coba lagi deh.

  17. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Reply

    Zaman sekarang sangat beda dengan dulu yaaa. Dulu org masuk perusahaan ada yang krn nilai ijazah ada yang krn koneksi.
    Sekarang kalau cuma itu aja kyk kyrang modal kalau emang gak punya kemampuan lebih kyknya cepat tersingkir #imho apalagi org pikirannya udah terbuka gtu…
    Makanya kudu selalu upgrade skill ya, apalagi skrng banyak kursusan bisa pilih offline atau online, yg berbayar atau free, tinggal niat cari ilmunya mau berkembang atau gak

  18. antung apriana Reply

    jadi ingat dulu pas melamar kerja aku gugur melulu di bagian wawancara karena nggak nyari ilmu dulu soal persiapan wawancara. untung akhirnya keterima di perusahaan yang sekarang. kalau sekarang tentunya fresh graduate nggak bingung lagi nih buat nyari tips persiapan wawancara karena sudah ada aplikasi qubisa ini

  19. Maria Tanjung Sari Reply

    Point tidak boleh menceritakan diri sendiri terlalu banyak ini saya setuju banget. yg ada HRD nanti jadi illfeel ya mba. Mending jadi diri sendiri saja dan aplikasi Qubisa membantu banget kita menemuka jati diri

  20. najwa zachrani Reply

    kalo mau cari kerja tuh emang perlu banget buat ikutan kursus online gini biar terus update skill yang dibutuhkan di dunia kerja

  21. Phai Yunita S Wijaya Reply

    Bener banget nie tips interviewnya. Kadang banyak pelamar yang kurang memperhatikan bagaimana cara dia memperkenalkan diri didepan orang lain. Harusnya itu yang utama dipelajari. Aku punya pengalaman menginterview karyawan, ya mereka ga ada persiapan saat sesi personality.

    Untung ada aplikasi Qubisa ini ya, harusnya sudah banyak yang terbantu, agar siap kerja siap berkarya.

  22. Nurul Fitri Fatkhani Reply

    Belajar untuk meningkatkan keahlian di QuBisa merupakan pilihan yang tepat, ya. Karena di QuBisa pilihan materinya beragam, waktu yang dipilih pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  23. Diah Kusumastuti Reply

    Bener, belajar di QuBisa gak ribet dan banyak kursus gratisnya. Aku udah coba juga soalnya. Hehe.
    Memang penting banget ya Mbak meningkatkan kemampuan untuk dapat bersaing di dunia kerja.
    Btw tip-tip interview-nya menarik 🙂

  24. Lintang Reply

    Enak banget sih pake aplikasi QuBisa ini selain banyak materi daging, sumber ahlinya juga sangat kompeten dengan memberi edukasi yang mudah dipahami.

  25. nunu amir Reply

    yes, skrg byk sarana utk meningkatkan skill salah satunya denga belajar lewat aplikasi. wah sekarang sdh ada qubisa ya. pengen install ah

  26. Nurrahmah Widyawati Reply

    Upgrade skill sekarang nggak lagi keluar rumah ya Mba. Di rumah aja bisa upgrade. Wah aku belum pernah coba nih. Jadi pingin download 🙂 pingin belajar juga dan penasaran sama topik2nya apa aja

  27. lendyagassi Reply

    Sangat membantu sekali ketika akan memasuki dunia kerja, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang. Salah satunya dengan kursus online di Qubisa dan dapatkan sertifikat keahliannya agar bisa digunakan sebagai nilai plus saat bekerja di bidang yang kita sukai.

  28. Ghina Rahma Reply

    untuk bisa siap kerja memang memiliki kompetisi dan softskill yang mumpuni bisa jadi nilai dan kepercayaan diri sendiri bagi kita yaa mbak. Jadi ikutan kelas pun sekarang aku upayakan, malah senang sih, selalu upgrade skill seperti kursusnya aplikasi siap kerja qubisa ini

  29. Sapti nurul hidayati Reply

    Aku juga pernah belajar pakai QuBisa mbak.. Meskipun bukan lagi pencari kerja.. Hihi.. Materi di QuBisa beragam soalnya. Jadi cocok buat ibu rumah tangga juga.

  30. Raja Lubis Reply

    Persoalan ‘menceritakan diri berlebihan’ apalagi yang nggak sesuai dengan posisi yang dilamar memang bikin bingung si interviewer. Saya pernah hire untuk content writer bidang entertainment, tapi di cv-nya banyak tertulis pengalaman kerjanya di bidang tata boga. Jadi dari CV saja sudah nggak bisa lolos.

    • dian.ismyama Post authorReply

      Waduh, aku jadi tertohok. Soalnya rasa ingin terlihat kompeten itu tidak bisa dihilangkan begitu saja. Pdhl kompetensi nya ternyata beda dg kompetensi yg dilamar

  31. Dirman Reply

    Percaya diri atas keyakinan dengan kemampuan yang dimiliki ini memang paling penting. Selain tetap upgrade skill secara berkala. Manusia tempatnya lupa, untung ada Qubisa!.

  32. Mechta Reply

    saat ini, pendidikan formal saja sepertinya kurang ya sebagai bekal melamar pekerjaan, mesti ada skill tambahan yg aksn meningkatkan daya jual kita. untung ada aplikasi Qubisa ini ya..

  33. Ulfah Aulia Reply

    Penting nih belajar meningkatkan skill kita. Terutama yang ingin upgrade skill sblm masuk dunia kerja, seperti aku hehehe. Terima kasih tips2nya mba.

  34. Ulfah Aulia Reply

    Penting nih belajar meningkatkan skill kita. Terutama yang ingin upgrade skill sblm masuk dunia kerja, seperti aku hehehe. Terima kasih tips2nya mba.

  35. hallowulandari Reply

    aku pun cobain nih nampah2 ilmu dari QuBisa dan gampang banget yaa belajar di QuBisa bisa belajar gratis lagi banyak webinarnya dan materi2nya juga bebas pilih deh mau belajar apa

  36. Fenni Bungsu Reply

    QuBisa itu kursus online yang mengasikkan, karena ada yang berbayar ada juga yang gratis. Jadi pilihan buat kitanya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

  37. Dila Reply

    Emang paling penting saat melamar pekerjaan itu, mempelajari perusahaan tempat kita melamar.

    Mendengar penjelasan di tulisan ini, aplikasi Qubisa benar-benar membantu orang-orang untuk mempersiapkan diri untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

  38. Kata Nieke Reply

    Wah keren sekali ada aplikasi yang bisa memberikam kursus-kursus kayak gini di kala pandemi. Bisa membantu banyak orang, enggak hanya yang baru lulus sekolah tapi juga buat siapapun yang butuh pengembangan skill ya. Tentunya membantu orang yang tinggal di daerah yang enggak banyak fasilitas pelatihan. Selama ada akses internet, mereka bisa ikut belajar.

  39. Echaimutenan Reply

    Seru ya ada aplikasi yang mengerti kebutuhan buat kita upgrade di mana aja
    Qubisa buat karyawan juga bikin tenang dan jadi tambh ilmu

  40. Ayu Natih Widhiarini Reply

    Upgrade diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman memang salah satu syarat mutlak untuk kita bisa mengembangkan karir. Seperti misalnya melanjutkan pendidikan, ikutan kursus, upgrade skill dan lain-lain. Qubisa adalah salah satu platform yang tepat untuk kita bisa belajar secara kompeherensif. Saya juga sering menggunakan aplikasi ini untuk belajar hal-hal baru yang ingin dipelajari.

  41. Lasmicika Reply

    Nambah skill itu nggak ada ruginya ya. Makin expert di satu bidang, makin berkualitas pula pekerjaan kita. Hasilnya pasti akan mengikuti nantinya.

  42. prim. Reply

    Helpful banget nih aplikasi qubisa, selain yang berbayar, yang gratisan juga bagus2…worth it lah.

    Lagian jaman sekarang kalau nggak mau upgrade diri, ya siap2 aja tersingkir.

  43. Henny Reply

    Jadi pengen melatih diri juga pake QuBisa nih. Walaupun sudah kerja, tetap perlu meningkatkan keahlian. Kali aja bisa dipromosikan untuk naik jabatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *